Pemilihan Font Dalam Blogging

Catatan Asep Haryono

FONT dalam penulisan dalam blogging memiliki keunikan tersendiri dan diyakini menjadi salah satu daya appealing (memikat) dari sebuah blog.  Sama seperti halnya perlu tidaknya memasang Captcha di blog yang merupakan selera masing masing admin, maka pemilihan jenis huruf (font) juga merupakan hal masing masing admin blog. Ada yang suka dengan pemilihan huruf tertentu dengan tingkat besaran huruf yang normal, atau besar,  Tujuannya tentu satu : memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya.
ANeka huruf
LUSTRASI :  Ini hanya ilustrasi saja.  Design by Asep Haryono

Terdapat 8 (delapan)jenis Font dalam plarform blogspot yang sudah kita kenal bersama sama yakni Arial , Courier ,, Georgia , Helvetica , Times , Threbuchet, Verdana, dan Default Font itu sendiri.  Nah untuk memudahkan dan membedakan seperti apa karakter dan jenis huruf tersebu saat online dalam blog bisa dilihat pada contoh kalimat pendek yang tersusun di bawah ini

  • Arial
    Presiden terpilih hasil Pilpres 2014 adalah pasangan Jokowi-JK yang akan segera dikukuhkan dan dilantik oleh MK.
  •  Courier
    MK telah sepakat menolak seluruhnya gugatan pasangan Prabowo-Hatta sekaligus menetapkan presiden Terpilih hasil Pilpres 2014.
  • Georgia
    Disinyalir masih banyak pedagang makanan yang curang memakai bahan minyak goreng bekas yang didaur ulang sedemikian rupa demi meraih keuntungan yang maksimal.
  • Helvetica
    Lebih dari sejam petugas pemadam kebakarang bekerja keras memadamkan api yang menjalar dari komplek perumahan tersebut kemarin
  • Times
    Walau tidak sampai memperoleh juara  I, pasangan bulu tangkis tersebut sudah bangga bukan main bisa masuk ke dalam putaran Semi Final.
  • Trebuchet
    Gol tunggal yang dicetak oleh striker Bambang Pamungkas di laga final tersebut mengundang decak kagum para penonton yang memenuhi Gelora Bung Karno Jakarta. 
  • Verdana
    Perayaan 17 Agustus tahun ini cukup meriah diselenggarkan di berbagai elemen masyarakat di tanah air
  • Default Font
    Menjadi orang terkenal di Indonesia tidak semudah membalik telapak tangan karena ada banyak syarat yang harus dipenuhi
     
Sedangkan mengenai besaran Font terdapat 5 (lima) size yakni smallest (terkecil), small (kecil), Normal (normal), large (besar) dan largest (terbesar).   Nah seperti apa tampilan sesungguhnya dari ke 5 (lima) ukuran tersebut bisa diliha dalam contoh kata di bawah ini sebagai bahan perbandingan :

  • Garuda Indonesia (smallest)
  • Burung Garuda (small)
  • Garuda Mitra (normal)
  • Mitra Anda (large)
  • Anda Menjawab (Largest)

Nah kalau sudah begini, tentu akan banyak pilihan font dan size dari font yang bisa sahabat blogger gunakan.  Bagi penulis sendiri  secara pribadi, tidak fokus pada satu FONT saja, melainkan bervariasi.  Misalnya hari ini lagi senang dengan jenis huruf Verdana, mungil eh mungkin bisa berhari hari menggunakannya   Baru kemudian menggunakan font yang lain egitu juga seterusnya.  Bagaimana dengan Sahabat Blogger sendiri? (Asep Haryono)
  ..................

41 comments:

  1. Maaf ye bapak, ibu, Sodara2, Saya koment Pertama ... Asiiiiikkk :D
    pemilihan font dalam penulisan Blog memang sangat unik pak, apalagi yg seneng pake kayak aksara sambung ... tipe font apa ya pak ? ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EKA IKHSANUDIN : Hihiehiheiheie yayayaa. Wahahaha. Sudah kayak postingan saya setiap kali PERTAMAX> Heihiehiehiee. HEIheihie. Wah wah jam jam segini enaknya ngapain ya. Tadi sempat liat THE RAID : Berandal 2 tayang di RCTI Namun males ah. Enak blogging sambil nyeruput Susu coklat. HEihehiee. Kalau ngantuk ya turu alias tidur heiheihiehiee

      Delete
    2. hehehehe.... kopinya sudah habis pak, jadi tinggal seruput air putih aja nih :D
      Saya jarang nonton tivi kalo gak pilem eksen :D

      Delete
    3. @EKA IKHSANUDIN : Hieiehiehie iya sama . Oaheeem.. Udah mau jam 3 dinihari. Udah ah turu. Tidur dulu heihiehiehiehiheiee

      Delete
    4. saya tadi malam dong tidurnya

      Delete
    5. tidak tidur tidur katanya bisa bikin turu..
      eh kuru deng

      Delete
  2. Kalau saya memakai font Goudy Old Style ukuran 14 pada program pengolah kata Microsoft Word, lalu saya salin-eratkan pada blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Lutfi Hakim : Oh ya kah? Wah bole juga ditiru nih. Hiehiehiehe. Kapan pulang ke INdonesia nh mas Muhammad Lutfi Hakim? Hieiehiee. Jangan lupa pesanan ya ya. Songko, atau kopiah. Buat dipake sholat 5 waktu hiehiehiehheiheiee. Nekad dot com

      Delete
    2. ini yang namanya nekad isdebes

      Delete
    3. @bang Zach : Wah jadi langsung ingat sama Mas Indrayana ya. Kemana mereka ya? Kemana Mas Rudy Arra? Hiks dunia KPK akan sepi nih

      Delete
  3. Saya selalu jatuh cinta
    pada font Georgia atau carninova
    karena indah dan mempesona
    cocok buat yang sedang berbunga-bunga

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, saya sepakat

      Delete
    2. @Anisayu Nastutik : Hiehieie iya mba. Wah mantaf nih pagi pagi sudah disuguhi puisi nan Indah dari mba Anisayu. Heiheieie. Selamat berbunga bunga deh hiehiehiheiheiee

      Delete
    3. @zachflazz : Begitu kelar saya ketik reply buat mba AnisAyu lalu klik "PUBLISH" eala langsung berderet deret ke bawah. Heiheihiee. Iya bang zach flazz. Saya juga sepakat

      Delete
  4. kalau saya malah cenderung tidak suka menggonta ganti font di blog saya kang, selain karena rapi juga agar blog saya punya ciri khas font tersendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Psychosocial : Wah keren keren. Bisa Konsisten sama satu jenis FONT> Beda dengan saya yang sudah sering gonta ganti FONT.

      Delete
  5. oh iya kang, saya kan udah follow blog ini kenapa ya feed nya tidak muncul di dasbor saya, katanya link tidak benar padahal udah saya cek sama kok. saya jadi agak kesusahan utk tau update terbaru ttg blog kang asep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake jompa jampi dulu deh Mbak kayaknya

      Delete
    2. @Psychosocial : Oh ya masa sih. Biasanya kalau sudah FOLLOW sebuah blog, otomatis kita akan dapat notifikasinya muncul dalam DASHBOARD setiap kali ada blog update baru dari blog yang kita follow itu, Bingung juga saya. Hiehiehiheee. Mungkin harus bikin langganan kali ya. Waa tambah puyeng saya

      @zach flazz : Apa nda sekalian pake Jurus "kodok mati menahan nafsu" disingkat "KMMN"

      Delete
  6. saya sama kayak Mbak Anis, pake Georgia. ya alasan cocok aja. lebih ke wonder woman style aja sebenarnya, hehe.
    hiehiehie

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zach flazz Wow GEORGIA ya. Hmmm. Cuma yang jadi pertanyaan saya apakah Browser juga mempengaruhi tampilan hurufnya ya. Misalnya blog dibuka di FIREFOX bisa jadi berbeda tampilan dengan Internet Explorer. Lalu beda lagi tampilan fotnya dengan CHROME. Kira kira mempengaruhi nda ya

      Wonder Woman sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam diri bang Zach Flazz. Mendampingi kLEPON

      Delete
    2. nah itu yang saya pasti nggak tau. pokoknya bisa kebaca bagi saya udah bagus, hehehe
      hiehiehie

      Delete
  7. sepertinya aku arial saja deh kang,,,lebih seneng yang Arial,,cucok bget ama aku,,simple bget kang,,,kang Asep arial juga kan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwiex'z Someo : HIehieiheie iya kadang pake ARIAL juga. Kadang juga pake VERDANA. Kadang juga pake TREBUCHET. Hiehiehihee. Gonta ganti aja hiehiehiheiheiee

      Delete
    2. berarti kang asep nggak konsisten,,,hayoooo,,,,jangan2,,,kang asep???? #kabooooooorrrrr

      Delete
  8. tpi terkadang dalam template blog yg d bkin orang sdah di sesuaikan oleh tmplate nya mas, kdang2 kalau di ubah sendiri jadi jelek kliatan nya ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fananie Official : Iya memang tergantung sama TEMPLATE nya Juga. Tepat sekali. Exactly. Thanks ya sudah berkunjung

      Delete
  9. selama ini saya pakai verdana dengan ukuran normal, udah PW sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, saya udah ikutan votenya Pak Asep.

      Delete
  10. kalo saya kurang begitu merhatiin kang karna kebetulan pas kalo ganti template fontnya udah sesuai dengan keinginan saya, tapi kalo pun ada jenis font yang kurang srek baru deh diganti tapi karna kurang paham masalah utak-atik template, terkadang kalo jenis fontnya gak cocok terpaksa ganti template lagi hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Marnes Kliker : Wah kalau saya sih kalau nda salah udah 3 kali ganti TEMPLATE. Dan memang kata orang sih FONT bawaan dari Template juga banyak memberi andil sih. Kata orang loh.

      Delete
  11. kang,,aku udang ngevote yaaaa,,,aku pilih yg paling bawah sepertinya,,,,hidup gratisaaaaannnn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwiex'z Someo : Oh ya kah Hiehiehihee. Saya mau tau para pengunjung blog saya ini maunya saya nulis artikel apa yang dibanyakin hiehehiee. Eala gimana susunan kalimatnya ya

      Delete
  12. dipersilahkan dengan sangat hormat kepada teman-teman untuk memilih font apa yang adna sukai.
    saya mah tetap konsisten...tetap pilih no. 2.

    maaf yea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cilembu thea : Wah pilih nomor 2 ya. Itu nomor 2 sudah terbukti piilihan rakyat Indonesia kan. Wah sudah jelas sekarang Indonesia memang suka sama nomor 2. Terbukti nomor 2 yang Unggul. Ngomong apa sayah *plak

      Delete
    2. kalau istri dua pilihan siapa coba

      Delete
  13. Aku paling suka pake Verdana .... keren bentuknya .... sekeren artikelmu mas ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @astri damayanti : Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah SWT. Terima Kasih mba. Artikel mba juga keren bangeds.

      o ya Wah ternyata fave kita sama. Penggemar huruf VERDANA.

      Delete
  14. Saya cenderung lebih suka pake sans-serif dan arial

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Virlyz Nyzam : Oh ya. Wah ada ARIAL juga ya. Sepertinya sudah ada beberapa blogger yang suka atau fave nya huruf ARIAL. Saya catat

      Delete
  15. ga pernah merhatiin pon saya. mau pon wage ataupun kliwon ga pernah mempermasalahin sih..

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia