POSBINDU DUBAI Gelar Pemeriksaan Kesehatan Remaja dan Lansia di Masjid Babussalam Duta Bandara

Kubu Raya Menjelang akhir bulan Januari 2024 yang lalu, tepatnya hari Selasa tanggal 30 Januari 2024, Pengurus POSBINDU DUBAI yang sudah dibentuk dan diberikan penetapan melalui Surat Keputusan Kepala Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya Nomor 29 Tahun 2024 tanggal 03 Januari 2024 tentang Pembentukan Kader Pos Pelayanan/Pembinaan Terpadu (Yang kemudian disebut dengan POSBINDU Dubai) berhasil melaksanakan Gelar Kegiatan Baksi Sosial berupa Pemeriksaan dan Penyuluhan Kesehatan bagi masyarakat bertempat di Masjid Babussalam Komplek Duta Bandara Kubu Raya Kalimantan Barat.

PERIKSA : Salah seorang warga komplek sedang diperiksa tensi darahnya oleh Petugas Puskesmas Sungai Raya dalam Gelaran POSBINDU DUBAI di Masjid Babussalam DUBAI (Selasa, 30 Januari 2024).  Foto Asep Haryono
PERIKSA : Salah seorang warga komplek sedang diperiksa tensi darahnya oleh Petugas Puskesmas Sungai Raya dalam Gelaran POSBINDU DUBAI di Masjid Babussalam DUBAI (Selasa, 30 Januari 2024).  Foto Asep Haryono

Videonya juga ada Loh
Silahkan diliat ya. Jangan lupa untuk memberikan LIKE, COMMENT,
SHARE dan juga SUBSCRIBE ya.  Gratis semuanya




Kegiatannya sendiri secara khusus di dalam Gedung TPA Masjid Babussalam yang merupakan salah satu UNIT KERJA atau Divisi di dalamnya.  Kegiatannya dimulai pukul 08.00 hingga selesai.  Adapun pelaksana Medisnya yang ditugaskan melayani Masyarakat adalah dr.Yuri Repasa, dan beberapa staf medis /Petugas Kesehatan PUSKESMAS Sungai Raya. 

Untuk kelompok REMAJA yang dilakukan pemeriksaaan kesehatan adalah mereka dari kelompok umur 10 hingga 18 Tahun, kemudian kelompok WARGA yakni mereka yang berusia di antara 19 hingga 45 Tahun, dan yang terakhir adalah Katagori LANSIA yakni mereka yang berusia di atas 50 Tahun.  Berarti saya LANSIA donk  Horeee

Oh ya barangkali kalian belum pernah mendengar kata POSBINDU ya. Saya sendiri juga awalnya baru tau setelah dapat edaran atau undangan dari Ketua RT setempat di komplek saya.   

Nah saya pun coba mencari cari referensi yang banyak tersebar di Jagat Internet ahirnya didapat informasi bahwa yang dimaksud dengan POSBINDU atau kepanjangan dari Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu   Agak 'seram" juga defunisinya ya.

Lanjut ya

Nah sekilas POSBINDU mempunyai kemiripan yang sangat tinggi dengan POSYANDU.  Nah betul apa benar mirip ya kalau dibaca.   Nah begini adapana bedanya antara Posyandu dan posbindu?

  • Beda Posyandu dan Posbindu adalah sasaran posyandu lebih mencakup bayi, balita, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas dan wanita usia subur. Sedangkan untuk posbindu, sasaran masyarakat jatuh ke kelompok masyarkat usia 15 tahun ke atas. Nah kira kria seperti itu bedanya

Ahamdulillah POSBINDU DUBAI berhasil melaksanakan Gelaran Pemeriksaaan Kesehatan bagi Remaja dan LANSIA di Masjid Babussalam Komplek Duta Bandara Permai Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat hari Selasa 30 Januari 2024 kemarin.   Adapun hasil kegiatan POSBINDU DUBAI adalah berupa

Kunjungan warga berjumah 47 orang. Pengecekan yg dilakukan : Berat badan Tinggi badan Lingkar perut Gula darah dan Tekanan darah (tensi) Konsultansi dokter Pemeriksaan didampingi oleh : dr. YURI REPASA 1 org dokter puskesmas 1.org perawat khusus lansia 1 org tenaga lab 1 org tenaga farmasi.

Ketua POSBINDU DUBAI Ibu Sri Mulyani', mengatakan bahwa ada beberapa ruang lingkup kegiatan POSBINDU DUBAI  yang dipimpunnya.

"Ruang lingkupnya meliputi penyuluhan dan pengembangan bagi peningkatan kualitas hidup menjadi lebih sehat di lingkungan POSBINDU DUBAI berada, Pendataan Warga Komplek Duta Bandara Permai yang lebih dikhususkan kepada seluruh warga dengan katagori Rema dan Lansia serta Pelayanan masyarakat, pemeriksaan kesehatan dini serta pengobatan ringan" katanya mengakhiri. (Asep Haryono)



No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia