Selamat Jalan Sahabat ku Muhammad Arif Julianto (MAJ)

Pontianak Bermula dari postingan sahabat saya mba Wulan Apriani melalui akun Instagramnya @wulan_apriliani pada tanggal 6 Februari 2023 yang lalu. Dalam postingannya disebutkan rekan kami, sahabat kami, Muhammad Arif Julianto atau rekan rekan Group SEACHANGE 2009 akrab disapa MAJ meninggal dunia. 

Sontak saya kaget, dan langsung cross check dengan salah seorang sahabat saya Raymon Sembiring via akun Instagramnya @momonz810 (beliau kini bekerja di Bangkok) membenarkan kabar meninggalnya Muhammad Arif Julianto.  Saya pun juga check di akun pribadinya Almarhum MAJ di @m_aje dan banyak ucapan duka cita di sana.  Innalillahi Wainna ilaihi Radjiun (Sesungguhnya manusia adalh mahluk ciptaan Allah SWT, dan kepada AllahSWT pula kami semua akan dikembalikan)

Tulisan sederhana ini saya buat khusus untuk Almarhum Mummad Arif Julianto (MAJ) sebagai kenang kenangan; Mengenang sahabat ku yang baik hati Alm Muhammad Arif Julianto. Bismillah.

Bagi pembaca yang baru menemukan tulisan ini sekilas background tentang Almarhum MAJ ya. Almarhum Muhammad Arif Julianto (MAJ) adalah salah satu dari sekitar 70 an perwakilan Pemuda Indonesia dalam Forum South East Asia For Change (SEACHANGE) yang berlangsung di Kuala Lumpur (Malaysia) tanggal 16-17 November 2009 yang lalu. Tempat atau Venue konferensinya di PutraJaya Convention Centre, dan semua peserta dari INDONESIA ditempatkan di Hotel Malaka.

Pembaca yang budiman

Ada catatan kecil yang berkesan indah terhadap Almarhum Muhammad Arif Julianto.  Saat itu 17 November 2009: saat semua peserta KONFERENSI YES 2009 bersiap berpulang ke negara masing masing, kami dari tim INDONESIA sudah leyeh leyeh di Ground Floor HITEL MALAKA Kuala Lumpur untuk juga bersiap kembali ke Jakarta. 

Saat itulah saya take video kawan kawan.  LINK videonya ada di bagian bawah foto foto di bawah ya      Nah saat itu tanggal 17 November 2009 lah saya minta izin kepada MAJ agar saya diizinkan menginap semalam di rumahnya yang dekat Bandara SOETTA sepulang dari Kuala Lumpur, karena ke esokan harinya (18 Nov 2009) saya harus berangkat lagi ke Denpasar BALI untuk kegiatan KangGuru Indonesia.  Sebab kalau saya harus pulang ke rumah Orang Tua di Bekasi akan beresiko ketinggalan. 

Dan Alhamdulillah saya diizinkan. 

Singkat  cerita sampailah kami semua TIM INDONESIA mendarat di Bandara Internasional SOEKARNO HATTA (SOETTA), dan saya mengikuti MAJ pulang ke rumah MAJ yang memang dekat dengan Bandara SOETTA.  Sayang sekali saya sudah mencari kemana mana fotonya belum ketemu.  

Saya sempat foto foto saat saya menginap semalam di rumah MAJ , dan saya sempat mengobrol dengan ibundanya.  Dan Singkat cerita setelah saya menginap semalam di rumah MAJ kalau tidak salah di lantai atas,  pada keesokan di pagi harinya saya langsung menuju Bandara SOETTA untuk melanjutkan kegiatan KangGuru di Denpasar Bali. 

Itulah penggalan kenangan saya.  Saya berharap suatu hari nanti, Insya Allah saya mau mampir ke rumah Almarhum MAJ.

Wallahu Alam

Pembaca yang budiman
Dua foto yang saya cantumkan di bawah ini adalah momen terakhir saya melihat Almarhum Muhammad Arif Julianto di Ground Floor Hotel Malaka menjelang kepulangan Tim INDONESIA kembali ke Tanah Air.  
 
 
Almarhum Muhammad Arif Julianto.  Photo Asep Haryono
"Nanti sepulangnya saya mampir ke rumah mu ya" tanya saya kepada Almarhum Muhammad Arif Julianto saat itu di Ground Floor Hotel Malaka saat tim INDONESIA semuanya bersiap akan kembali ke Jakarta 17 November 2009. 
"Iya ya" jawab Almarhum dengan senyum disertai anggukan kepala.  Alfatihah. 
Photo dari Akun Youtube Asep Haryono


 
Almarhum Muhammad Arif Julianto.  Photo Asep Haryono
Setelah saya selesai take video, saya meminta rekan INDONESIA lainnya untuk menjepret saya dengan kawan kawan.  Ada Almarhum di dalam foto ini, sudah terlihat dengan jelas kan.  Inilah momen terakhri saya bersama Almarhum-17 November 2009.   Alfatihah. 
Photo dari Akun Youtube Asep Haryono

Video lengkapnya bisa dilihat dibawah ini



 
Selamat Jalan Sahabat ku

Terima kasih atas kebaikan mu.  Semua kawan kawan satu tim INDONESIA di mana saja berada pasti akan merindukan.  Saya secara pribadi turut berduka cita yang sedalam dalam atas berpulangnya dirimu kembali kepada ALLAH SWT. 

Semoga Allah SWT mengampuni dan menerima Almarhum dan ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan, kesabaran dan keikhlasan. Saya tau rasanya kehilangan , karena saya sendiri juga baru ditinggal kakak tercinta beberapa bulan yang lalu.  Mari kita ikhlaskan mereka yang pernah dihati kita untuk kembali menghadap pemiliknya , ALLAH SWT. 

Innalillahi Wainnailahi Radjiun

Selamat Jalan sahabat ku

2 comments:

  1. Innalillahi Wainnailaihi Roji'un. Semoga semua amal baiknya akan menjadi bekal baginya di alam sana. Al Fatihaah

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia