Menulis Dahulu Blogwalking Kemudian

Catatan Asep Haryono
Penulis sangat terkesan kepada blog Sahabat yang kemriyek atau penuh sesak pengunjung (komentar) yang ada dalam kolom komentarnya.  Terus terang saja mendapatkan banyak traffic kunjungan dalam blog merupakan salah satu idaan atau impian setiap penulis blog (blogger) termasuk penulis tentunya. Siapa sih yang tidak ingin blog-nya ramai penuh sesak oleh komentar atau tanggapan dari para visitor (pengunjungnya).  Siapa pun ingin sekali bukan?

Keasyikan melakukan kunjungan kerja ala blogger atau lebih kondang dikenal dengan nama blogwalking (sebagaian bilang blogrunning biar cepat selesai-red) memang seperti gejala addict atau ketagihan.  Betapa tidak ketagihan jika datang berkunjung ke sebuah blog dan melihat begitu antusias-nya para pengunjung blognya lalu kita samperin satu persatu.   Sudah kah sampai disitu saat disamerin satu satu  Ternyata tidak.

Begitu berkunjung ke seuah blog, maka tangan kita akan tergoda untuk klik lagi blog blog lainnya yang ada dalam kolom koemtar blog  tersebut.  Begitu blog tersebut di klik lalu terlena dengan artike dan tulisannya, mouse kembali tergoda mengklik lagi blog blog di kolom komentarnya. 

Tidak terasa itu yang namanya Open New Window atau membuka tab baru sudah semakin banyak.  Ada banyak alamat URL yang dibuka dalam satu timeline.  Misalnya saat membuka blog Mang Lembu, juga open new window blognya Bang Zach flazz, lalu blogger cantik mba Ranii Novariany, lalu Detik COM, lalu Facebook, lalu Twitter , lalu apa apa.  Panjaaanng sampai berderet deret jendela browsernya 

Akhirnya TERLENA dibuatnya, jadilah melayang layang tidak jelas FOKUSNYA.   Ini mau Blogwalking atau berkelana tidak jelas kemana mana?.  
Inilah yang kini sudah penulis waspadai.  Gejala seperti ini yang senantiasa penulis camkan dalam hati untuk FOKUS terlebih dahulu atas apa yang sudah ada di depan mata kaitannya dengan blog kesayangan penulis ini. Niat untuk 1 jam blogwalking lama lama malah jadi seharian blogwalking.

Kalau blogwalking terus menerus menulis nya kapan donk?  Keasyikan berkunjung ke "rumah" orang , "rumah" sendiri nda diurus.  Baiknya kan "rumah" sendiri diurus.  Dilengkapi "ruang tamu" nya dengan artikel dan tulisan terbaru.  Jadi jika visitor atau tamu datang, para tamu sudah disiapkan "menu" nya. Ibarat kita punya restoran atau rumah makan.  Orang datang mau langsung makan.  Jadi jika visitor datang, ya Tinggal makan "menu" yang sudah disediakan : artikel terbaru.  Ingatlah. Tamu itu mulia loh. Hieheiee


Pada prinsipnya ada 2 (dua) hal yang merupakan kewajiban bagi penulis saat ini adalah Pertama : Menulis artikel atau postingan terlebih dahulu. Aalasan utamanya adalah hakikat seorang Penulis Blog (pinjam sebutan Pak Salman, Pemimpin Redaksi Harian Pontianak Post-red) adalah Menulis. Namanya juga blogger artinya penulis blog, bukan Blogwalker atau pejalan Blog. *halah plak.  So eh jadi Jadi penulis harus fokus untuk membuat artikel atau postingan terlebih dahulu  Misi ini harus tuntas (accomplished).  

laptop dan isinya
BLOGWALKING : Fokuslah untuk menulis artikel terlebih dahulu namanya juga blogger.  Baru kemudian blogwalking.  Foto Asep Haryono

Barulah yang Kedua  adalah melakukan "Kunjungan kerja" ala Blogger atau Blogwalking.  Nah khusus yang kedua ini Penulis tentu saja memiliki banyak keterbatasan (entah waktu, dan lain sebagainya-red). Mengingat Blogging adalah sesuatu yang menyenangkan, jadi penulis tentu akan bersenang senang dengan blogging dan aktifitas blogwalking.  Blog mana saja yang ingin penulis kunjungi sifatnya subyektif. Penulis bebas menentukan blog blog mana saja yang layak dikunjungi . 

Tidak ada kewajiban haru berapa RATUS blog yang penulis datangi satu satu. Juga tidak harus Puluhan Blog yang harus penulis sambangi satu demi satu. Tidak harus 20 (dua puluh) blog sehari, atau berapa saja.  Penulus kurang suka dengan angka angka sejak usia sekolah. Makanya penulis agak alergi sama yang namanya pelajaran Matematika di sekolah.  Pantes aja nilai Matematika penulis di sekolah selalu jelek.

Berkunjung ke Blog Sahabat adalah niat yang harus ikhlas dibangun dari dalam diri sendiri.  NIAT yang harus tulus dan ikhlas untuk membaca tuntas artikel atau tulisan yang dibuat oleh Sahabat.  Bukan kunjungan sekedar "Gugur Kewajiban".  


Bukan sekedar datang just say hi atau cuma mengharap kunjungan balik atau polbek.   Berkunjung ke blog sahabat atau Blogwalking bagi penulis seperti bersilaturahami ke rumah dalam dunia nyata.  Membaca dengan baik dan tuntas tulisan Sahabat adalah salah satu bentuk appresiasi dan penghargaan penulis kepada tuan rumah.   Menjadi TAMU yang baik bukan perkara mudah bagi diri penulis sendiri.

Satu hal yang sudah pasti , penulis berkewajiban mengunjungi balik siapa saja yagng sudah hadir dan memberikan reply atau komentar di blog kesayangan penulis ini.  

Penulis sangat mengharga waktu, tenaga, dan biaya yang dikorbankan oleh Sahabat yang sudah meluangkan waktu berharganya datang ke sini, dan memberikan komentarnya.   Penulis berusaha semaksimal mungkin untuk MEMBALAS kunjungan blog sahabat yang sudah mampir di sini. Kekurangan sudah pasti ada.  Keterbatasan sudah tentu juga mewarnai diri ini.  Manusia memang tidak ada sempurna.  Penuis hanya mencoba menjadi yang terbaik. (Asep Haryono).

73 comments:

  1. Asikkk... dapet pertama Komentnya ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EKA IKHSANUDIN : Hiehiehe iya selamat selamat. Wah wah kayaknya saya yang jarang dapat PERTAMAX di blognya Eka Ikhsanudin nih. Heihiehiehiee

      Delete
    2. saya harusnya yang pertamax, tapi saya seperti biasa, memberi kesempatan kepada para senior.

      Delete
    3. Waaaaaahhahaahaha. Ngeles

      Delete
    4. Kesempatan kedua ..langsung sabet pokoknya :)

      Delete
    5. senior...dianya yang paling senior jeh

      Delete
    6. sayah mah masih Junior xixiiii.... kira2 dapet hadiah apa yah klo koment pertama :D

      Delete
  2. blogwalking dapat mempererat silaturahmi sesema blogger. makanya aku mampir disini untuk kenalan sama adminnya.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indra's blog : Iya benear sekali. Wah senang bisa berkenalan dengan mu. Salam kembali dari Blogger Pontianak. Kalimantan Barat

      Delete
    2. saya salam dari mana ya?

      Delete
    3. mau salam tempel kang??

      Delete
  3. ternyata begitu ya kang, menulis dulu, menjawab, blogwalking langsung ngeluyur ... eh malah blogwalkingnya nyasar, blog yang mau dikunjungi malah terlewatkan diganti sama klikan mous pada gambar atau blog admin cakep heheheeh...

    maaf saya pakai Nama url mas gak bisa loading G+ heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mang Yono : waaah urusan G plus masih bingung saya. Banyak laporan ke saya soal ini, mungkin saya nya aja yang blahau alias kurang paham maksud dan fungsi dari Google plus ini. Iya bener bangeds. Sekarang banyak blogger cantik cantik heiheie. Asyik membaca artikel tulisan terbarunya seklain menikmati paras ayu dan cantik adminnya. HIehiheiheiheee

      Delete
    2. baru tau kalo mamang yono ternyata cantik

      Delete
    3. Waahahaa mang Yono mah Blogger ganteng donk. Hiehiehiehiee. Saya kurang lengkap menulis replynya,. Maksudnya Blogger wanita yang cantik cantik hiheiheiheiheihee

      Delete
  4. Saya malahan lama tidak silaturahmi ke blog-blog sahabat karena sibuk juga dengan pekerjaan di tempat baru, update artikel saja malahan kadang jarang. Akan tetapi memang blogwalking akan banyak manfaatnya bila dilakukan untuk silaturahmi dan juga akan banyak mendapatkan informasi pula kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ferry Nurse : Iya jelas sekali. Ibarat berkunjung ke rumah orang, bertamu dalam artian yang nyata. Berkunjung ke blog sahabat blogger lainnya selain mempererat silaturahmi juga bisa menambah wawasan diri. Karena banyak ilmu ilmu bermanfaat menyebar di mana mana. Itu yang saya suka dari BLOGWALKING. Hanya saja jangan sampai KEBABLASAN. Keasyikan blog walking mengabaikan tujuan utama, hakihat Blogger yakni MENULIS atau membuat postingan artikel

      Delete
    2. itu dia, silaturahim, memperpanjang umur

      Delete
    3. Amin. Memperluas silaturahmi Insya Allah menambah rezeki. Memperpanjang usia, dan memperluas wawasan

      Delete
  5. ngedit yg kang

    paragrap 1 : salah satu idaan atau impian
    paragrap 3 : Begitu berkunjung ke seuah blog


    asik emang blogwalkingan itu,,nambah teman,,apalgi kalo mereka mau nyamperin rumah maya kita juga ya,,,dan krena blogwalking itu juga para visitor blog kita kian meningkat...sama halnya dgn aku jika akan menarik pengunjung kang :)

    kalo aku BW dulu,,baru nulis,,,hehehehe,,,atau kadang ya suka2 aku juga kang,,nggak jelas akunya,,,hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwiex'z Someo : Terima kasih atas koreksinya. Ini memang "penyakit" saya udah lama. Kalau ngetik suka salah salah. Heiheiheie. Mungkin saking semangatnya nulis, salah ketikan terus terusan Wahahahaha. Yang parah pernah nulis "sisi sehat" malah ketulis "susu sehat" Waah bikin PARNO aja. Heiheiheiheei. Makasih koreksinya ya mba. Maklumin aja mungkin admin nya sedang ngantuk. Makasih sudah dikoreksi. Salam

      Delete
    2. saya juga akunya nggak jelas loh

      Delete
    3. ada yang bilang aku ini smart...hiyah gituh...

      Delete
  6. kalo DPR lagi Kunjungan Kerja, berarti bisa kita ganti istilahnya jadi DPR sedang Blogwalking ya Kang, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zach flazz : Heiheihe sepertinya sih Heiheie.

      Delete
    2. Masukan bisa diterima kayak nya :)

      Delete
    3. Tepat sekali mas Purnomo

      Delete
    4. mas pur ini emang selalu tepat ko'

      Delete
  7. Saya suka dengan dua kalimat terakhir: "Manusia memang tidak ada sempurna. Penu[l]is hanya mencoba menjadi yang terbaik."

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Lutfi Hakim : Oh ya kah? Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah SWT

      Delete
  8. Wah waktu dulu masih sering brgelut sama blog yang kehapus, sudah dafyar blogger itu yang paling utama buat sya knjungi... yah termasuk kang Asep ini.. tpi ktaknya sya telah dilupakan.. namaQ gak kesebut.... #hiks #ngarep hehehwhwhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mimin Phou : Hihsiis oh ya kah cup cup cup. Insya Allah akan segera dikunjungi Memang bukan hal mudah melakukan kunjungan ke blog blog Sahabat yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan jumlahnya itu. Suka puyeng sendiri pada akhirnya. Keblinger sendiri

      Delete
  9. Kunjungan silaturahim, Mas. Mumpung ada waktu buat sowan ke sini. Soalnya, biasanya jarang bisa dolan2 menyambangi teman2 blogger. Paling2 cuma bisa kirim doa agar semua sehat wal'afiat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Irham Sya'roni : Selamat datang. Selamat kembali merajut tali silaturahmi kembali ya. Biar kita saling menyapa satu sama lainnya Kita memang semua pada sibuk di tempat masing masing heiheie

      Delete
  10. namun lambat laut seleksi alam akan bekerja, siapa yang konsisten menulis dialah yang bertahan..... ya toh....?
    =========================
    pakan kelinci pedaging

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ahmad Musyrifin : Iya bener sekali. Ada banyak blogger yang sekarang tidak atau jarang update. Dulu masif, sekarang sudah pada sibuk. Padahal menulis blog tidak harus panjang kan ya

      Delete
  11. alhamdulillah masih bisa berkunjung ke blognya kang Asep lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya berkunjung aja dulu nulisnya belakangan kang hehe...

      Delete
    2. @Thanjawa Arif : HIHeehie iya mangap eh maaf. Saya juga khilaf. Sudah lama juga nda mampir ke blognya mas Thanjawa Arifl HIehiehiehei. Insya Allah saya akan segera hadir membahana cetar cetir. Syahrini mode on

      Delete
  12. Bacanya ampe lumayan ngos-ngosan jg nih kang, tapi syaik sih.. :)
    Dan yg saya salud sama kang asep sampe saat ini.. kinsistensinya gak diraguin lagi deh..
    Keren.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Purnomo : Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Kepanjangan ya. Insya Allah lain waktu saya akan pendekin aja. Ini sudah wanti wanti bagi saya agar tidak terlalu panjang di artikel yang akan datang Insya Allah

      Delete
  13. tuh kan kang apa aku bilang... banyak rekan - rekan yang salah alamat alias kalau kata ayu ting - ting Dimana... dimana... dimana... alamatnya kang asep... di share juga dong kenapa kang asep keukeuh gak daftarin blognya ke G+... bikin penasaran deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @George Pisan : huaaa. Saya masih belum paham nih soal Google plus. Tapi sesuai dengan saran saran dari kawan kawan blogger, settingan saya sudah betul yakni mencontrenk "Automatically share after posting ? ", Udah gitu aja. Selebihbta saya bengong dan pasrah aja. Kash tau donk apa ini sudah betul sudah share via google plus?

      Delete
  14. @Uda Awak : Bener sekali uda awak Baiknya seimbang sajalah juga antara dunia nyata dengan maya

    ReplyDelete
  15. Itu Yang sedang saya pelajari sekarang mas :)

    ReplyDelete
  16. Sering pengen BW banyak2 tapi gak sanggup Pak. Tapi rencana menulis saya justru yang banyak dan saya usahakan untuk lakukan.

    ReplyDelete
  17. saya palingan blogwalking sehari setelah ngepost, atau pas ada yang komentar aja.... hehe...

    ReplyDelete
  18. Waah, ada nama saya di artikelnya :D

    Saya juga awalnya suka bingung deh ka, mesti nulis apa mesti blogwalking. Soalnya pengen banyak visitornya jugakan ya, tapi ya gitu blogwalking gak bisa bentar, bacain artikel satu-satu.. gitu deh sehari paling berapa blog yaah yang dikunjungi :D

    Yang penting tugas blogger itu menulis ya kang..

    ReplyDelete
  19. saat ini kegiatan blogwalking sudah jarang saya lakukan mas, terkadang dalam membuat 1 tutorial saja butuh waktu 2-3 hari baru siap untuk di rilis, karena banyak menyangkut tentang kode-kode HTML dalam artikel, dan hasilnya sahabat yang dulu sering berkunjung kini lupa sama SAHABAT BLOGGER 77

    memang benar yang mas tuliskan artikel memang harus kita muat minimal 1/hari tetapi blogwalking tidak kalah penting untuk mendongkrak reputasi blog agar dikenal orang banyak

    ReplyDelete
  20. Ya bener kang, jadi dengan menulis dulu nanti blogger udah siap berkomentar di artikel terbaru kita.

    Nah memang soal manfaat blogwalking luar biasa bisa menurunkan alexa rank, aneh juga kalau yang datang banyak dari pengunjung blog mah malah ga berpengaruh terhadap alexa.

    Semoga aja bapak bisa mengenal saya dari blog saya. Ditunggu kunjungannya

    ReplyDelete
  21. udah lama nih mas saya tidak mampir disini, memang blogwalking juga penting untuk mempererat silaturahmi yah mas Asep :)

    ReplyDelete
  22. kemriyeeekkk iku opooo mas? hehe

    iya juga mas, terlena dgn blog walking. mungkin perlu dijadwal kapan nulis nya. hehe

    ReplyDelete
  23. Setuju banget sama pendapatnya. Berkunjung yg penting tuh bersilahturahmi, bukan semata mata demi kunjungan balasan =)

    ReplyDelete
  24. Kalau masalah keramahan menjalin silaturahmi, kang asep orangnya sama hal dengan beberapa teman blogger aktif. Kalau saya yang mendapat kunjungan padat, saya lebih suka BW untuk menikmati apa wejaan sahabat kali ini. Kalau buat saya menarik, atau sesuai mod saya saat itu, langsung saya share.
    Sebagai pemilik blog, apa yang kang asep sampaikan sepaham dengan saya.

    ReplyDelete
  25. ngeblog tanpa blogwalking menurutku ibarat sayur tanpa garam.tp bener juga kata kang asep kalau kita harus nyiapin dulu menu diruang tamu agar setiap ada kunjungan keblog kita selalu disajikan menu yg fresh

    ReplyDelete
  26. pantesan saya selalu ketinggalan ama artikelnya kang asep,ternyata belum kufollow toh.sekaran saya izin follow blognya yakang

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah kang Asep, aku sudah menetapkan pola seperti itu. Jadi blog punyaku sendiri juga gak keteteran :)

    ReplyDelete
  28. sangat bermanfaat bagi pemula sepertisaya ini matur nuwun infonya kang

    ReplyDelete
  29. Ini kalau baca judulnya aja udah nyindir yang jarang ngepost :))

    ReplyDelete
  30. saya suka banget ama tulisan ini. emg bener2 realita para blogger kok. terutama dalam blogwalking. gak sedikit blogger yg bw hanya utk menunaikan kewajiban semata. kadang biar cepet, mereka gak membaca seluruh artikel. jadi komennya sering gak nyambung sm isi. Tapi kalo kang asep tiap BW selalu baca postingan smpe abis, saya salut banget!

    ReplyDelete
  31. Sekarang aku jugak gitu, Bang.. Nulis dulu, baru blogwalking.. Heheh..

    ReplyDelete
  32. BW memang sudah menjadi kegiatan untuk para blogger ya Kang, selain untuk meperkenalkan blog mereka, juga demi menjalin rasa persaudara'an antar sesama blogger ID

    ReplyDelete
  33. kalau sudah blogwalking memang dapat menjadikan kita lupa waktu karena saking asyiknya. saya juga sebernya pengen selalu didepan monitor untuk melakukan BW dan semacamnya. ntapi sampai saat ini belum bisa karena terbentur kegiatan lain. akhirnya seperti ini, jarang dapat pertamax seperti Pak Asep :D

    ReplyDelete
  34. Hehehe...saya nih, yang malu untuk BW, makanya follower dari dulu masih 9 teruss. Nggak tau kenapa blog orang lain dimata saya selalu bagus, jadi agak minder dengan blog sendiri kalau mereka melakukan kunjungan balik. :)

    ReplyDelete
  35. Aku tuh bingung mau BW ke blog mu tuh yang mana .... akhirnya setelah bertemu seorang teman yang berbaik hati cara menemukan blogmu , baru deh hari ini aku bisa membalas BW ke blog mu ..... *kudet ya diriku :D

    ReplyDelete
  36. bener-bener ... posting dulu biar keteteran, haha ...

    ReplyDelete
  37. Hahaha jadi inget beberapa tahun yang lalu, kalau saya pribadi lebih senang membedakan antara timing buat blogwalking dan waktu buat menulis. Idealnya sih nulis dulu baru blogwalking

    btw salam kenal ya buat kang Asep.

    ReplyDelete
  38. hahahaha au banget mas, kebiasaan BW baru nulis. Mulai sekarang aku harus merngubah kebiasaanku nih. Makasih mas sharingnya

    ReplyDelete
  39. Kalau aku sih : Menulis--> bagikan tulisan --> baru blogwalking jadi lebih berasa dia pak asep hehehe

    ReplyDelete
  40. Benar Mas Asep banyak sekali blogger yang berkunjung hanya untuk meminta dikunjungi kembali, dan seringnya mereka berkomentar ala kadarnya akibat tidak membaca tulisan penulis seutuhnya. Saya lebih suka sahabat blogger yang membaca tulisan saya penuh meski tidak berkomentar apa-apa. Saya juga lebih mengapresiasi mereka yang membaca karena menyukai tulisan saya. Meski begitu, saya sama seperti Mas Asep, tetap akan memberikan kunjungan balik dan meninggalkan komentar di blog teman-teman yang sudah meninggalkan komentar di rumah saya. Sejauh ini ada beberapa blog yang sangat akrab dan selalu saya kunjungi, saya juga mengenal mereka lebih dekat via facebook dan semacamnya. Good sharing Mas...

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia