OPINI : Tentang Himbauan Garuda Indonesia Agar Penumpang Tidak Mengambil Foto dan Video Selama Penerbangan

Sedang ramai diperbincangkan oleh Netizen tentang Surat Edaran dari Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia yang pada intinya adalah himbauan kepada para penumpang pesawatnya untuk tidak mengambil FOTO atau Video selama penerbangan.  

Berita nya sudah banyak beredar di berbagai portal berita di tanah air. Salah satunya adalah berita yang terbit di salah satu portal berita terkendal di Indonesia DETIK COM , beritanya berjudul dan berisi " Garuda Imbau Penumpang Tidak Mengambil Foto dan Video DI pesawat".  Namun kemudian dari pihak Garuda Indonesia kembali menegaskan bahwa himbauan itu belum final dan bukan untuk konsumsi publik.    Phak Garudanya sendiri seperti yang dilansir oleh DETIK COM masih mengizinkan para penumpangmya untuk mengambil FOTO dan atau VIDEO di Pesawat dengan catatan asal tidak mengganggu hak dan privacy orang lain dan atau awak crew Garuda Indonesia yang bertugas

Baca selengkapnya Penumpang Garuda Masih Boleh Ambil Foto dan Video di Pesawat asal...

Sebelum saya menyampaikan pandangan dan pendapat saya terhadap himbauan Garuda Indonesia tersebut, izinkan saya  terlebih dahulu memperkenalkan diri.  Saya Asep Haryono. Saya tinggal di Kubu Raya, Kalimantan Barat.  Terbang bersama Garuda Indonesia bukan hal yang baru bagi saya.   Saya terbang bersama Garuda Indonesia mungkin lebih dari 30 kali dari periode tahun 2005 - 2010 terutama rute penerbangan tujuan Denpasar Bali.    Jelasnya adalah dengan rute Pontianak - Jakarta - Denpasar (Perginya) dan Denpasar - Jakarta- Pontianak (Pulangnya).

Saat saya masih aktif "bekerja" sebagai salah satu sukarelawan (volunteer) Kang Guru Indonesia dari tahun 2005 sampai dengan 2010 , kami selalu mengadakan conference dan meeting dengan Indonesia Australia Language Foundation (I/A/L/F) dan Kang Guru Indonesia yang berlokasi di Denpasar Bali. dan selama rentang waktu tahun 2005 sampai dengan 2010 , dalam catatan yang saya punya ternyata saya sudah 10 (sepuluh) kali saya dan kawan kawani para perwakilan Kang Guru se Indonesia berkumpul di Denpasar Bali tepatnya di Gedung I/A/L/F yang terletak di jalan Sesetan Bali, Denpasar Bali.  Dari pengalaman terbang selama ini bersama Maskapai Terbaik Indonesia saat ini, Garuda Indonesia, saya mendapatkan banyak hal indah, kesenangan, kegembiraan, pokoknya seru bangeds.  Selamat membaca ya. 

Apa sih yang menarik jika terbang bersama Garuda Indonesia? 
Wow banyak sekali pengalaman berkesan dan tidak dapat saya lupakan selama "karir"  terbang bersama Garuda Indonesia periode 2005-2010 itu.


  • Fasilitas Yang NyamanSalah satu yang membuat saya kagum dan selalu rindu untuk terbang lagi bersama Garuda Indonesia adalah fasilitas yang sangat nyaman yang saya rasakan terbang puluhan kali dengan Garuda Indonesia sejak tahun 2005 sampai 2010 kemarin.  Sangat nyaman ini memang relatif, dan setiap pengguna maskapai penerbangan ini yang tentu saja mempunyai kesan masing masing dalam hal ini. Namun bagi saya pribadi sangat berkesan dan mendalam. Banyak kenangan indah selama saya terbang bersama Garuda Indonesia. 
  • Menu Nusantara. Menu Indonesian touch atau sentuhan indonesai selalu ada dalam pesawat  walau kadang juga menu yang disajikan khas European yang terdiri dari sandwich, dan lain sebagainya. Saya sendiri agak kurang terbiasa dengan menu "ajaib" ala Europe seperti itu karena lidah saya dari dulu memang lidah Indonesia yang senang dengan cita rasa masakan tanah air , sebut saja Gado gado, Pecel, Bubur Ayam dan bakwan. Walau pada prinsipnya saya fans menu nusantara sangat saya gemari, namun saya tidak menutup diri terhadap menu "bule" dalam Pesawat Garuda.   Buktinya Sandwich ala Australia pun saya lahap.  Sejak kapan sih saya menolak sama makanan? 
  • AVOD (Audio Video On Demand).  Salah satu hal yang saya rasakan istimewa terbang dengan garuda Indonesia adalah fasilitas yang biasa disebut dengan audio & video on demand (AVOD) yakni suatu perangkat dan sistem hiburan di dalam pesawat in-flight entertainment (IFE) yang canggih yang terdapat di setiap kursi, baik di kelas Ekonomi maupun bisnis. Dengan fitur canggih ini maka para penumpang bisa menonton film dan mendengar musik selama penerbangan. 
  • Sering Jumpa Selebritis atau Artis   Mau sering berjumpa dengan Artis atau Selebritis, sering seringlah terbang naik Garuda Indonesia. Dalam catatan saya sudah sering bertemu atau satu pesawat dengan tokoh daerah, pejabat setingkat Gubernur, selebritis dan juga artis yang terbang bersamaan dengan saya atau satu pesawat di Garuda Indonesia. Dan sepanjang ingatan saya rute rute yang banyak disambangi oleh para selebriti tanah air adalah berasal dari rute yang relatif ramai seperti Denpasar - Jakarta, atau sebaliknya dari Jakarta ke Denpasar. Biasanya selalu begitu. Pengalaman sih soalnya

    Saya pernah berjumpa dengan Jodi Superbejo dan Diva Kris Dayanti di pesawat Garuda Indonesia. Spesial jumpa dengan KD, yang tidak pernah saya duga sebelumnya, akhirnya bisa jumpa dengan beliau. Benar benar Saya tidak menyangka sama sekali teryata saya pernah satu pesawat dengan Diva Krisdayanti atau biasa disingkat dengan nama pendek KD. Itu semua karena terbang bersama Garuda Indonesia  Ini hanya contoh saja.  So eh jadi terbanglah bersama Garuda Indonesia, maka peluang ketemu atau satu pesawat dengan Artis atau Selebritis sangat besar. Asyik kan.  Masih banyak lagi lainnya yang Insya Allah akan saya sampaikan pada artikel atau tulisan saya yang akan dayang
Pandangan dan Pendapat saya terhadap Himbauan Garuda Indonesia agar penumpang Tidak mengambil FOTO atau VIDEO selama Di Pesawat
Sebagai orang yang sudah cukup berpengalaman terbang ke Bali bersama Garuda Indonesia periode 2005-2010, saya tidak ada masalah dengan himbauan itu.  Setiap kali saya terbang bersama Garuda Indonesia saya selalu mendokumentasikan baik dalam bentuk FOTO atau VIDEO perjalanan saya bukan saja selama penerbangan namun juga saat saya mulai berangkat dari rumah, dari Taxi menuju Bandara, saat check in, hingga di dalam pesawat (Selama Penerbangan) hingga sampai di Bandara Tujuan (Bandara Internasional Ngurah Rai).

Berikut ini saya cantumkan foto dan video beberapa saja sebagai bukti saya aman aman saja mengambil foto dan VIDEO  selama terbang bersama Garuda Indonesia.   Silahkan dilihat di bawah ini



Garuda Indonesia take off
GARUDA INDONESIA :  Siap take off. Sebuah pesawaGaruda Indonesia bersiap lepas landas di samping kami.  Foto ini diambil dari jendela dalam pesawat Garuda Indonesia yang saya tumpangi.  Pesawat kamii terbang setelah pesawat ini lepas landas.  Foto Asep Haryono

MENU INDONESIA :  Pilihan menu ada di Garuda Indonesia.  Ada European, ada juga selera NusantaraJika punya usul atau saran silahkan isi lembaran suggestion yang ada di majalah Garuda di depan sandaran kursinya masing masing.  Ini pernah saya lakukan.  Foto Asep Haryono
DEKAT JENDELA :  Saya selalu memilih duduk (Seat) selalu dekat jendela jika terbang dengan Garuda Indonesia karena selain asyik bisa melihat ke luar dari jendela, dan posisi sudut (corner) bisa melihat ke ruangan kabin dengan relatif lebih leluasa.  Cuma agak "sengsara" jika mau buang air karens harus "menorobos" barikade penumpang lain di sebelah saya.  Foto Asep Haryono

VIDEO VIDEO


Ini adalah satu satu rekaman penerbangan saya dengan garuda Indonesia rute tujuan Pontianak - Denpasar pada bulan Oktober 2010 lalu

Video pendek tentang fitur fitur keren Audio Video On Demand (AVOD) yang berhasil saya rekam di penerbangan Garuda Indonesia rute Denpasar - Jakarta pada tanggal 14 April 2011 lalu. Pengalaman yang luar biasa. Rekaman dibuat dengan menggunakan kamera

DENGAN KD :  Momen saat saya berjumpa tidak sengaa dengan Diva terkenal Kris Dayanti  pada penerbangan GA 405 Denpasar - Jakarta bulan Oktober 2010. Saat itu KD masih berpacaran dengan Mas Raul. Kenangan langka sekaligus istimewa selalu bersama Garuda Indonesia. Bisa jumpa Seleb/Artis.  Foto Istimewa



Dan sepanjang ingatan saya selama saya terbang puluhan kali dengan Garuda Indonesia tujuan dari Pontianak ke Bali selama periode 2005-2010 tidak ada yang terlewati dokumentasinya baik dalam bentuk FOTO dan atau VIDEO baik sebelum ataupun sesudah penerbangan. 

Namun satu hal yang menjadi pedoman saya adalah setiap FOTO atau VIDEO yang diambil sebelum dan sesudah penerbangan Garuda Indonesia hanyalah bersifat SELFI  ataupun berswa foto.  Selain karena saya juga seorang BLOGGER (penulis Blog) yang senang menuliskan Laporan atau catatan Perjalanan (Travel Notes) ytentu saja saya sering mengambil foto atau VIDEO yang berkaitan dengan tema tulisan atau laporan perjalanan yang saya buat dan selama itu saya aman aman saja.  Dan setiap tulisan atau laporan perjalanan saya itu diterbitkan dalam koran atau online, tidak pernah mendapat KLAIM atau protes dari pihak lain, dan Tidak pernah berurusan dengan aparat Penegak Hukum (Asep Haryono) 

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia