Pameran Metamorfosis Anak Anak

Foto Hak Cipta Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Bulan lalu para orang tua yang anaknya "dititip" kan di sekolah (Anak saya bersekolah TK A Idris di Perguruan Islam Al Azhar Pontianak-red) diminta oleh pihak Sekolah untuk mengumpulkan foto anak anaknya sejak dari lahir hingga usia sekarang ini.

Dalam surat edarannya yang disampaikan kepada para orang tua murid disebutkan bahwa foto foto yang dikumpulkan tersebut boleh bergaya bebas , dan harus dikumpulkan paling lambat tanggal 24 September 2012 kemarin. 

Selain foto foto yang dikumpulkan sejak Bayi sampai sekarang, pihak sekolah juga meminta satu buah foto lagi juga dalam gaya yang bebas untuk keperluan pengambilam rapot. Syukur Alhamdulillah foto fotonya sudah sudah saya susun dan sudah diserahkan kepada guru anak saya di sekolah tepat 1 (satu) hari sebelum "jatuh tempo" tanggal 24 September 2012 lalu.


Pentingnya Dokumentasi
Malam harinya sebelum "jatuh tempo" batas penyerahan foto foto tersebut, saya sempat mengajak anak saya, Abbie Muhammad Furqan Haryono (hampir 5 tahun usianya sekarang-red) untuk mengambil foto di Teknik Foto Jalan Gajah Mada hingga pulang agak larut.   Saya dan Abbie sempat "tertahan" di jalanan karena hujan yang turun agak lebat sedangkan kami tidak menyiapkan jas hujan.  "Wah kalaw tau akan turun hujan begini sudah dari tadi saya siapkan jas hujan dan ditaruh di jok motor" gumam saya dalam hati.

Malamnya saya susun di atas kertas karton dan karena saya kurang mahir dalam mendekorasi dan mendesain lembaran foto fotonya yah jadilah lembaran album foto mini tersebut dengan gaya dan hiasan ala kadarnya. "Ah yang penting foto fotonya sudah mewakili anak saya dari bayi sampai sekarang ini, dan sip lah tinggal diserahkan" gumam saya dalam hati.  Akhirnya singkat cerita lembaran foto mefamorfosis anak saya tersebut sudah diserahkan dengan selamat dan gegap gempita. Hahahaha.

Kemudian, hari kemarin Selasa, tanggal 25 September 2012 saat saya mengantar Abbie ke Sekolah (Tugas negara antar jemput-red) saya kaget juga ternyata seluruh kelas anak saya (Kelas A Idris) dan beberapa kelas lainnya sudah terpasang dan berjejer cukup rapih di halaman dalam TK Islam Al Azhar tersebut. Saya pun segera mengabadikannya buat kenang kenangan

INDAH : Gallery foto metamorfosis anak dipamerkan di sini.  Foto hak cipta Asep Haryono

ANAK SAYA  : Nah yang paling atas itu gallery foto anak saya. Heheheh berantakan hehehe. Foto hak cipta Asep Haryono

PINK : Background warna Pink juga mendominasi galllery foto ini. Cewek cowok juga suka warna pink ini.  Foto hak cipta Asep Haryono

DAFFA :  Salah satu gallery teman sekelas anak saya, Daffa, susunan fotonya indah. Wah rajin bapaknya ya buat dekorasinya. Nda kaya saya kacaw hiehiehiehie. Foto hak cipta Asep Haryono

Dari sinilah saya melihat dan menyaksikan sendiri foto foto yang unik, menarik dan lucu lucu dari anak anak lainnya.  Foto yang indah, dan cantik susunan dekorasinya membuat saya takjut dan segera mengabadikannya dalam foto foto ini.   

Dari sinilah saya juga melihat betapa dokumentasi foto foto anak luar biasa manfaatnya.  Dengan mendokumentasikan foto anak dari Bayi sampai sekarang ini bisa kita lihat metamorfosis perubahan anak anak kita.  Saya jadi ingat jaman saya dulu yang sangat minimal foto foto jaman saya kecil dahulu. Ada memang namun terbatas.  Berasa pentingnya dokumentasi foto keluarga. (Asep Haryono)

22 comments:

  1. keren tuh pak
    displaynya dibikin bebas jadinya ga terkesan formal
    pas dengan dunia anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rawins : Iya terima kasih. Beberapa display yang ditampilkan di sini juga ada perwakilan dari kelas lain, semuanya masih di kelompok TK. Terima Kasih sudah mampir ya mas :)))

      Delete
  2. wow, kreatif ... hmmm ... sayang saya gak punya banyak foto kecil untk di pajang seperti itu, hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Stupid Monkey : Iya sama saya juga. Saya jarang punya foto foto dokumentasi jaman kecil antar usia 1 s/d 5 tahun.

      Saya cuma punya 1 foto waktu masih BALITA aja. Untuk foto saya waktu bayi tidak ada. Sedih memang. Waktu terus berjalan. Semoga ini bisa memberikan pencerahan buat yang lainnnya betapa pentingnya dokumentasi :))))))))

      Delete
  3. kegiatan yang patut ditiru ini sob, salut untuk sekolahan yang mengadakan acara ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif : Terima Kasih sudah mampir. Ya memang Al Azhar 21 Pontianak ini sering mengadakan kegiatan kegiatan untuk menyemarakkan suasana belajar dan mengajar di kelas. Ada permainan, game, bazaar, lomba dan masih banyak lagi. Salut memang buat mereka. Terima Kasih :)))

      Delete
  4. fotonya Abbie kurang besar mas jadi gak jelas ngliatnya disini.
    tapi yg pasti....Abbie mesti gagah seperti bapaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reo Adam : Wah wah foto abbie bisa mudah dilihat di link dinavigasi yang khusus diperuntukkan untuk foto foto keluarga.

      Linknya di navigasi atas blog ini namanya "myfamily" atau langsung ke landing pagenya di alamat -->http://simplyasep.blogspot.com/2008/11/activity-me.html

      Delete
    2. oh gitu ya mas.....
      ya nanti aq lihat

      Delete
  5. bagus banget mas, nanti kalo udah punya anak akan saya foto tiap minggu, biar lebih panjang tuh foto metamorfosisnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Boll : Hiheiehieieie. Terima Kasih sudah mampir. Saya senang kalaw tulisan ini bisa memberikan inspirasi dan juga membuka semangat baru kepada kawan kawan betapa pentingnya dokumentasi kegiatan. Apa saja kalaw didokumentasikan akan sangat membantu kita untuk mengenang kembali

      Delete
  6. :-) inspiratif banget deh :-) setiap moment ada :-)
    .
    kunjungan perdana Pak.. silahkan mampir ke blog saya juga ya Pak dan tinggalkan komentarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sahabat Blogger : Terima Kasih atas kunjungan perdananya di blog saya yang sederhana ini. Insya Allah saya akan kunjungan balik. Salam dari Pontianak

      Delete
  7. wah, kalau zamanku dulu waktuku TK belum ada kegiatan seperti itu ...
    Hehehe ....

    Itu bagus kang. Inspiratif banget ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Iya bener bener. Jadi mengingatkan kita betapa pentingnya dokumentasi kegiatan ya. Apa apa aja kalaw didokumentasikan bisa menjadi kenang kenangan. Soalnya waktu tidak bisa kembali berputar. Salam

      Delete
  8. kalau lihat bayi rasane gemees tenan,
    cukup kreatif pihak sekolah mengadakan momen seperti ini kang,
    Jarang lho ada pihak sekolah yang punya acara sederhana sekreatif ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nedi Arwandi : Saya juga sempat kaget waktu diberikan "PE ER" bawa foto anak dari bayi sampei sekarang. Syukur alhamdulillah saya sempat mendokumentasikan foto anak anak saya dari Bayi sampai sekarang. Bahkan ada foto saat masih dalam Embrio (scan). Hieiehiehiee. Terima Kasih kunjungannya ya. Salam dari Pontianak

      Delete
  9. keren yah, salut deh buat semuanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Paling Asik : Hiehiehiee Singkat sekali komentarnya hihieieiehe. Its okey nda apa kok. Terima Kasih sudah mampir ke blog saya yah. Nantikan kunjungan balik saya secepatnya Insya Allah. Salam dari Pontianak

      Delete
  10. yaha, penting memang ya pak .. saya sendiri gak terlalu banyak poto dari masa kemasanya, jedahnya rata-rata dari sd langsung ke SMP ..
    bagus kegiatannya buat menyadarkan pentingnya poto metamorfosis gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EYSurbakti : Iya bener bangeds. Dari foto foto inilah kita bisa merasakan betapa pentingnya dokumentasi jadi bisa melihat perkembangan diri kita dari waktu waktu hihihihiie. Terima Kasih sudah mampir ya mas. Salam dari Pontianak

      Delete
  11. coba fotonya agak gedean Kang, pasti mencolok dan lebih menarik pengunjung.. hehe.
    anyway tetep keren lah. anak2 pasti termotivasi karena pameran ini. saya kebayang jadi anak kecil lagi, bakalan hepi banget.

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia