Bepergian dengan anggaran terbatas

Pontianak Saya suka perjalanan yang berbeda di setiap kegiatannya dan saya  sering mengalami pengalaman yang berbeda budaya di berbagai tempat di Indonesia.  Sayangnya saya jarang bepergian ke luar negeri karena sesuatu dan lain hal.  Terjauh saya hanya mengunjungi Kuala Lumpur (Malaysia) beberapa tahun yang lalu.  Nah sahabat semuanya, dalam episod kali ini saya mau berbagi tips tentang bagaimana saya bepergian dengan dana yang terbatas atau dengan kata lain dengan biaya atau harga murah

Saya telah melakukan perjalanan ke Kulon Progo, Jogjakarta sekitar bulan Desember 2023 yang lalu memang sudah lama berselang sekitar 1 tahun lalu namun demikian pada intinya adalah bagaimana saya mengunjungi saya putri saya di sana dan juga menikmati beberapa tempat di Kulom Progo dengan dana yang terbatas nah. Pada kali ini, seperti yang sudah saya sebutkan di atas , saya mau berbagi beberapa Tips hemat bepergian yang saya gunakan untuk bepergian dengan anggaran yang terbatas


Rumah Sakit Sardjito di JOGJAKARTA.  Foto Asep Haryono
Rumah Sakit Sardjito di JOGJAKARTA.  Foto Asep Haryono


Pertama , Tiket pesawat
Nah untuk urusan TIKET PESAWAT ini ada seni nya juga.  Harga tiket bisa mahal jika Anda Tidak tahu di mana harus mencari dan kapan harus membeli . Aturan praktis sedang untuk memesan setidaknya satu bulan atau lebih Dan saya mencoba menghindari semua liburan Musim puncak seperti Tahun Baru, Idul Fitri dan banyak lagi hari besar lainnya di Kalender IndonesiaZ,  Saya menemukan hari termurah untuk terbang adalah pada Hari kerja Senin sampai Kamis

Teman saya di Amerika pernah bilang kepada saya jika saya ingin melakukan  perjalanan di Amerika Serikat , bisa Temukan penawaran terbaik di kiwi.com Situs ini membandingkan sebagian besar maskapai di dalam negeri dan menemukan penawaran terbaik  Gunakan Skyscanner saat bepergian ke luar negeri. 

Hal yang hebat tentang Skyscanner adalah Anda dapat melihat ke depan sebulan penuh jika Anda Fleksibel pada tanggal Anda untuk penawaran terbaik atau Anda dapat menambahkan tujuan dan menjadi Pemberitahuan saat harga penerbangan turun sana. Tapi siapa yang mau mengajak saya jalan jalan ke Amerika Serikat?  Mimpi kali ye. Tapi tidak ada yang tidak mungkin bukan. Wallahu Alam

Maunya sih berangkat ke Mekah dalam rangka Ibadah UMRAH atau Haji.  Maunya sihAda banyak applikasi Pemesanan Tiket Pesawat dan Pemesanan Hotel tersedia di Gadget, nah silahkan pilih mana saja yang kamu sukai. Oke ya


Kedua, Penginapan
Saya tidak ada masalah selama bepergian ke Kulon Progo bulan Desember 2023 yang lalu, yang saya maksudkan di sini adalah saya tidak repot mencari Penginapan karena tinggal di rumah orang tua Istri. 

Tinggal di rumah Mbah Kung dan Mbah Uti di Kulom Progo. Namaun bagaimana jika Anda bepergian namun tidak ada pilihan lain untuk menginap karena tidak ada sanak keluarga atau famili di lokasi tujuan Wisata anda.  Jangan kuatir ada banyak pilihan yang bisa kamu ambil untuk memilih lokasi atau tempat menginap tentunya dengan DANA atau anggaran yang terbatas.  Jika kamu punya anggaran lebih ya jbebas saja

Mencari penginapan saya menggunakan aplikasi, namun saya tidak dapat menyebutkan di sini karena bisa masuk IKLAN soalnya bukan Endorse sih. Hehheeh. Kalau ada pihak Aplikasi Pemesanan Wisata atau Tiket yang mau di review, bole bole saja kontak ke saya dengan kerja sama yang saling menguntungkan tentunya.   Halah.

Nah ada banyak tempat dan Penyewaan Liburan tersedia di Gadget kamu, atau cari saja di Google pasti akan kamu temukan banyak sekali pilihan dan harga yang menarik, nah tentukan sendiri mana yang kamu suka.  


Ketiga, Shopping dan Kuliner
Saya bisa katakan kalau bepergian tidak akan lepas dari kegiatan Shopping (Berbelanja) dan Makanan atau Wisata Kuliner.  Tidak ada perjalanan wisata di mana pun di jagat dunia ini yang tidak sekalipun berbelanja atau Wisata Kuliner, karena tanpa kedua itu perjalanan akan terasa Hambar ya nggak.   Siapa sih yang tidak senang berbelanja dan Wisata Kuliner.  Saya saja suka sekali. 

Jika dana atau Budget anda terbatas, ya jangan makan makan yang mewah atau Mahal misalnya sandwich yang bisa berharga Puluhan ribu rupiah.   Beda dengan Wisatwan manca negara, yang berkantong tebal.    Saya pernah melihat Review seorang Food Vlogger di Amerika yang saya sering kunjungi akun Tiktoknya yang kerap menampilan review Jajanan Pasar di Loas Angeles (LA) yang sekali makan saja bisa seharga 70 Dollar Amerika atau lebih dari Rp.800.000 (Delapan Ratus Ribu Rupiah).  Luar biasa Mahalnya.   

Yang mencengangkan, dia bilang "cemilan" Burger termurah di LA dia bilang "hanya" 7 Dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp.80.000 lebih.   Burger di Indonesia yang termurah mungkin harga nda setinggi itu.   Itulah memang  Beda. Dan biarkan perbedaan itu ada.  Sesuaikan dengan kantong kamu tentunya.  


KeEmpat- Transportasi Umum
Saya menghindari menyewa mobil kecuali saya tidak memiliki Opsi lain yang saya pilih untuk angkutan umum .  Di seluruh Indonesia, banyak perusahaan  Rental Mobil atau kendaraan yang menawarkan ekstensif transportasi umum dengan harga yang sangat sedikit biaya lebih murah.   Kebetulan selama saya bepergian di Kulon Progo, saya menggunakan Motor milik keluarga Mertua.  So eh jadi saya tidak perlu menyewa kendaraan baik motor atau mobil dari perusahaan jasa atau sewa/

Gunakan Gadget kamu, dan carilah informasi penting tentang mode transportasi yang tersedia di lokasi tujuan wisata kamu seperti Bis, Mobil, Motor bahkan kereta api  dan kamu juga bisa gunakan Google Maps yang bisa memberi kamu arahan langkah demi langkah tentang bagaimana untuk memilih jenis kendaraan umum atau kereta api dan berapa lama waktu yang dibutuhkan dan berapa biayanya

Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk Hal yang dapat kamu lakukan sendiri sesuai dengan anggaran yang kamu punya.   Nah untuk sementara ini saja dahulu TIPS dari saya  bagaimana Bepergian Dengan Anggaran Terbatas pada episod kali.  Terima Kasih atas waktunya membaca artikel ini, dan sampai jumpa pada episode Perjalanan wisata yang akan datang (Asep Haryono)

No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia