Susahnya Ganti Template Blog

Catatan Asep Haryono

Hi semuanya.  This is Asep Haryono.  Bukan maksud untuk selalu mencari excuse (alasan) malas posting dan atau blogwalking tetapi memang saya harus punya alasan untuk "mempertanggungjawabkan" alasan saya ini kepada kawan kawan Komunitas KPK tercinta. 

Sudah sering saya diingatkan oleh Mas Rawins, dan mas Djangkaru Bumi , juga mas Rudy Arra via Twitter, duh duh sungguh diri ini tidak enak rasanya membiarkan blog ku adem ayem aja hihihihihihi.  "Kirain ngeblognya libur panjang" gitu kata Mas Rawins yang wajahnya amat mirip dengan juru bicara Komisi Pemberantas Korupsi Mas Djohan Budi itu.  Sedangkan mas Djangkaru Bumi lebih senang kotak katik blog daripada posting katanya di twitter.  Huaaaaaaaaaaaa

Tapi baiklah sejak awal Ramadhan (Saya selalu ikut jadual pemerintah Republik Indonesia kalau )urusan jadual awal Puasa-red), saya sudah disibukkan oleh segudang ak tifitas baik pekerjaan, urusan keluarga (cieeee) juga bisnis dan proyek yang saya tangani.  Berusaha sedapat mungkin mengisi Ramadhan dengan amaliah yang baik, namun juga balance dengan urusan duniawi hihihiehiee.  Walhasil saya harus excuse lagi kalau sudah urusan blogging atau blogwalking hehehheehe.
 
Salah satu (mungkin salah dua) kesibukan baru saya di paruh kedua, 10 hari kedua  di bulan Ramadhan ini adalah kotak katik template Blog kesayangan saya ini yang sudah 2 tahun terakhir ini belum "ganti baju" atau ganti "kemasan" alias ganti template.   Template blog saya ini sebenarnya terinspirasi oleh desain blognya Miss Dini Haiti Zulfani atau yang lebih kondang dikenal di jagat maya dengan sebutan "the Kupu" ini,  Yah benar sekali dari The Kupu Miss Syahdini inilah awal mula inspirasi templatenya.

Inilah template Blog yang saya pakai sekarang.  Very old fashion template

Memilih template Blog adalah kesukaan dan selera masing masing.  Setiap orang atau blogger punya minat, kesukaan dan fave templatenya masing masing.  Bagi yang mahir bisa membuat sendiri template blognya, tapi bagi bagi blogger kelas kaki lima seperti saya bisa dapat template gratisan yang menurut saya bagus dan keren sudah lebih dari cukup.  Template blog yang saya pakai sekarang ini formatnya semi "news" agak kuno, old fashion dengan navigasi  kiri, kontent tengah dan navigasi kanan.  Sedangkan bagian atasnya banner standar tanpa footer.

Untruk eh salah untuk mempercantik fitur sebuah template, bagi saya pribadi, saya menggunakan script teknik blogging dari mas Reo Adam di Malaysia.  Cowok keren yang wajahnya punya kemiripan yang amat tinggi dengan vokalis Jamrud itu memang referensi saya dalam teknik blogging.   Kalau diperhatikan banyak sekali fitur blog saya yang menggunakan atau memakai script teknik blogging mas Reo Adam seperti misalnya bulatan profil di kolom komentar, dan top koments.

Mengganti template lama dengan template yang baru bagi saya bukan perkara gampang. Dengan kemampuarn membaca bahasa HTML (Hipertext Mark Up Language) yang masih minim, saya cukup berkeringat deras dalam "kotak katik" template blognya.  Kadang juga saking terpesano eh terpesona dengan template blog baru, saya sering lupa menyimpan (save) xml template lama + widgetnya.  Jadi begitu template baru tersebut gagal di edit, otomatis layout blog saya jadi hancur berantakan

Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman saya yang sering gagal total dalam memakai atau menggunakan template baru,  sebaiknya disimpan (save) dulu xml template blog lama anda, dan juga "amankan" HTML atau widget yang lama.  Jadi jika sewaktu waktu template baru gagal dan tidak bisa dipakai, masih bisa restore atau kembali ke template sebelumnya.  Jangan seperti yang pernah saya alami.  Template lama tidak disimpan, template baru gagal dipakai.  Hancur kabeh. (Asep Haryono)

8 comments:

  1. Kalo aku ga begitu peduli ama penampilan blog sih, asal bersih dan mudah dibaca udah cukup buatku.. ga suka yg ribet2...ga pernah juga nyimpen file tampilan blog, kalo ilang ya sudah, cari lagi template yg simpel2...

    Makanya kdg lebih seneng baca via hape, krn semuanya serba bersih...ga ada link aneh2..hehehe

    Sukses kang..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ay Sagira : Terima kasih atas kunjungan mba Ay Sagira. Duh duh saya jadi nda enak sama kawan kawan KPK lainnya nih soalnya sudah jarang sekali melakukan kunjungan balasan dan atau blogwalking. Mudah mudahan alasan yang saya tulis di atas merupakan salah satu bentuk permohonan maaf diri ini yang selalu saja kekurangan hiheihiehiehiee.

      Saya setuju dengan mba Ay Sagira. Bagi orang tertentu ada yang suka yang ribet namun tidak sedikit yang menyukai tampilan yang sederhana dan simple. Dalam hal ini kita sepakat alias we have something in common. Hiheiheiheihiee

      Delete
    2. saya lebih parah lagi. penampilan adalah bukan apa-apa. yang penting sehat.
      hehe

      Delete
    3. Pokoknya aku sepakat dengan anda semua. Itu saja.

      Delete
    4. @zachflazz : Hiheiheie memang KPK sudah menunjukkan kualitas anggotanya terbukti dengan komentar komentarnya yang oke banged. Wekkwkwkwkwkwkwkkww. Yang penting sehat asal rajin menabung ya. Nah bingung kan? saya aja bingung saya ini nulis apaan

      @Rudy Arra : ealaa ada mas Rudy Arra hiehiheihee. Saya sepakat untuk tetap sepakat. Hidup KPK troops hhiehiheihiee

      Delete
  2. saya setuju komen di bawah saya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mau ganti template tuh yang harus di siapkan kopi 2 gelas + rokok magnum 2 bungkus + sedikit cemilan.,.

      Delete
    2. Wah, agan Zachflazz setuju ma ane ya..,

      wakakkakak :D

      Delete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia