Catatan Perjalanan Ke Kulon Progo Jogjakarta 5 - 12 Desember 2023- BAGIAN PERTAMA

Pontianak Alhamdulillah. Bermula dari pertanyaan istri saya tadi pagi mengapa sudah jarang lagi menulis (artikel) di blog? Dari situlah saya seperti diingatkan kembali. Kebetulan baru baru ini saya baru kembali dari perjalanan di Kulon Progo dari tanggal 5 hingga 12 Desember 2023, dan kebetulan sudah cukup lengkap dokumentasinya,

Kebetulan tujuan saya melakukan perjalanan ke Kulon Progo sebenarnya ada keperluan keluarga dan tidak sepenuhnya merupakan perjalanan wisata, namun In sha Allah pada episod yang akan datang akan saya tulis dalam artikel yang berbeda  Ok baiklah untuk kesempatan edisi kali ini, saya mau mencobabaik berbagi pengalamannya dalam bentuk diary atau catatan harian di sini.

DISCLAIMER : Mengingat cukup panjangnya artikel yang saya susun dalam bentuk bertutur atau DIARY kali ini, maka skan saya buat tulisan secara bersambung.

Selamat membaca



Selasa 5 Desember 2023

Siang itu, Saya berangkat dari Bandara Internasional Supadio, Kubu Raya, Kalimantan Barat dengan menggunakan Maskapai Peneberbangan Super Air Jet Flight IU 661 menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sekitar jam 11.30 WIB. Saya memesang Tiket Pesawat SUPER AIR JET melalui TIKET.COM, dan kamu bisa juag langsung order Tiketnya di sini

Ditemani Istri dan anak yang melepas saya di Bandara Supadio, terbanglah saya menuju Jogjakarta

Ada sedikit accident saat check in. Saat saya memesang (booking) tiket pesawat dari TIKET.COM, saya salah memilih tanggal keberangkatan.

Maksud hati ingin berangkat pada tanggal 5 Desember 2023 flight jam 11 siang ke atas, namun yang saya order ternyata untuk berangkat untuk tanggal 7 Desember 2023, hari Kamis. Saya tau saat di meja check in dan dikonfirmasi oleh petugas keberangkatkan saya ke Jogjakarta bukan hari itu, melainkan hari Kamis, 7 Desember 2023, sartimya 2 hari lagi. Saya lihat di file PDF e-ticketnya memang tercantum tanggal 7 Desember 2023 keberangkatannya. Waduh gimana ini,

Ada sedkit "DRAMA" juga

Karena saya “ngotot”: mau berangkat hari Selasa 5 Desember 2023 siang itu juga, oleh petugas Check in saya diminta ke loket khusus dan akhirnya bisa berangkat hari itu juga (5 Desember 2023) yang seharusmya berangkat tamgga; 7 Desember 2023. Artinya bisa ganti tanggal, namun dikenakan DENDA sebesar 50 persen. Artinya saya harus menambah biaya lagi (Biaya DENDA) sebesar 50 persen dari harga Tiiketnya (Rp.1.400.000m-)/ Arimya besaran DENDA yang harus aya bayarkan adalah sebesar Rp.540.000,-

Hikmah yang mungkin bisa dipetik adalah jika kamu akan berangkat PASTIKAN dan PERIKSA kembali TANGGAL keberangkatannya sebelum MEMBOOKING tiket, Sebab jika BERGANTI TANGGAL, besar kemungkinan akan mengalami apa yang saya alami yakni terkena DENDA sebesar 50 persen


Alhamdulillah setelah urusan adminiustrasi beres, saya pun bergegas menuju pesawat karena tinggal beberapa menit lagi pesawat akans segera take off


Jam 13.30 WIB

Kurang lebih 1 jam setengah waktu yang ditempuh SUPER AIR JET yang menerangkan saya dari Bandara SUPADIO Pontianak ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA),  saya langsung melanjutkan perjalanan menuju Rumah Sakit SARDJITO Jogjakarta untuk menengok putri kami, Tazkia Montessori Putri Haryono (13 Tahun) yang melakukan OPERASI di RUmah Sakit Tersebut.  Dan inilah primary mission atau tujuan utama saya melakukan perjalanan ke Kulon Progo.   

DISCLAIMER
Untuk detailnya apa dan bagaimana di Rumah Sakit Sardjito dan apa yang dialami oleh putri kami hingga harus dilakukan OPERASI,  In sha Allah akan dituangkan dalam artikel yang berbeda.   In sha Allah

Rumah Sakit Sardjito di JOGJAKARTA.  Foto Asep Haryono
Rumah Sakit Sardjito di JOGJAKARTA.  Foto Asep Haryono




Bagaimana RUTE Perjalanannya dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Menuju Rumah Sakit SARDJITO?

Hampir tidak ada masalah bagi saya yang baru kali ini merasakan dan mengalami sendiri betapa MEGAH nya Bandara Baru Yogyakarta ini     Saat menjelang landing , saya lihat dari window (Jendela), oesawat melewati atau melintasi LAUT dahullu baru menyentuh Bandara,  wah ini memiliki kemiripan yang sangat tinggi dengan Bandara Internasional NGURAH RAI Denpasar Bali.    Saya cukup mengenal BALI, karena sudah sering melakukan perjalanan ke Denpasar, Bali10

PERTAMA :  NAIK KERETA API
pUntuk menuju Rumah Sakit Sarjdito dari Bandara Yogyakarta,  saya menggunakan TRAIN (Kereta Api) yang terminalnya berada di lantai 2.   Jalan saja menyusuri, karena mudah untuk diikuti, dan Petunjuknya.  

Nah begitu  sampai di Stasiun Kereta, maka segera bergegas menuju LOKET PENJUALAN TIKET nya yang mudah dan  bisa dilihat karena besarnya.   Nah kamu bisa dibantu oleh Petugas yang semuanya wanita yang memandu anda atau para pengunjung untuk memesan dan membayar TIKET nya.   Nah khusus untuk loke KAI ini sistim pembayarannya cashless atau menggunakan QRIS.  Mohon maaf kalau salah dalam penyebutkan>

Saat itu saat saya sudah selesai memesan tiket (Yang dipandu oleh petugas yang berdiri di sisi sebelah kanan saya-red), saya diminta untuk memasukkan kartu ATM Bank Rakyat Indonesia (BRI), namun sayangnya saya salah memasukkan PIN ATM saya hingga dua kali.  Mengetahui saya salah memasukkan PIN ATM BRI saya sudah 2 (dua) kali,  mba petugasny langsung sigap MENSTOP saya

Kuatir jika salah ke 3 kalinya maka ATM BRI saya akan ter BLOKIR, maka saya dibantu untuk memnbayar TIKEYT KAI nya secara CASH atau TUNAI.     Murah tiketnya hanya Rp.20.000,-  Bingung juga saya kok bisa saya lupa PIN ATM BRI yang sebenarnya saya hafal luar kepala.  Entah kenapa tiba tiba jadi BLANK setelah di depan mesin tiket KAI.     Nah lucunya PIN ATM BRI saya langsung INGAT begitu duduk di set saya di dalam kereta.  Nah loh huaaaaaaa.  
BRI Sangat cocok dan tepat buat saya.

Mengapa saya memilih BRI?
Pertama Produknya Lengkap, Kedua Jaringan Terbesar di Indonesia, Ketiga Human Capital Kompeten, Keempat Terus Berinovasi dan Kelima Bank BRI menerapkan GCG yang prudent demi menjamin keberlangsungan usaha yang baik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) pada 16 Desember 2023 tepat berusia 128 tahun.  Selamat Ulang Tahun ya BRI selalu melayani dengan Sepenuh Hati.    Happy Birthday BRI

Dah usah repot repot kasih hadiah ke saya, cukup Kalender 2024 BRI aja ya saya tunggu di rumah loh.  HIihihihihi.  Becanda ya,


Airport Railways Boarding Pass (ARBP)
Airport Railways Boarding Pass (ARBP)

  
Ada pengalaman UNIK juga, maklum ini baru kali pertama saya menggunakan KERETA BANDARA YIA,   tadinya saya pikir seat (tempat duduk) nya harus sama persis dengan nomor seat yang ada di Boarding Pass Tiket Kereta saya (Seperti duduk di dalam bang Pesawat), namun oleh Seorang Pemuda yang sayta kenal di Kereta, dan bahkan satu SEAT mas Wisnu Utama kalau tidak salah namanya, kalau duduk di Kereta boleh bebas bebas saja.  Ya udah bebas la..

Tempat duduknya bagus, empuk dan rapih.   Tidak ada orang jualan di dalam gerbong kereta ini, dan cukup nyaman.  Nah jika kamu kehabisan daya di HP. tidak usah kuatir karena setai sudut di seat ada colokkannya, jadi selama dalam perjalanan di kereta api, kamu bisa sambil mengecas HP kamu.   Asyik juga ya.  Jadi HP kamu bisa diisi daya nya selagu dalam perjalanan

DALAM KERETA :  Tempat duduknya bagus, empuk dan rapih.   Tidak ada orang jualan di dalam gerbong kereta ini, dan cukup nyaman. Foto Asep Haryono
DALAM KERETA :  Tempat duduknya bagus, empuk dan rapih.   Tidak ada orang jualan di dalam gerbong kereta ini, dan cukup nyaman. Foto Asep Haryono
 

COLOKAN : Inilah tempat colokan HP yang ada di dalam kereta api yang membawa saya dari Bandara YIA ke Stasiun TUGU.  Foto Asep Haryono
COLOKAN : Inilah tempat colokan HP yang ada di dalam kereta api yang membawa saya dari Bandara YIA ke Stasiun TUGU. Nah ada tangan di foto ini itulah WISNU teman seperjalanan saya di kereta saat itu Foto Asep Haryono


Selama di perjalanan menuju STASIUN TUGU, kami ngoborl biasa saja.  Sempat foto selfie bareng, san saya sudah follow akun IG nya namun sampai sekarang akun IG saya belum juga di approve atau di follow back sama dia.   SIbuk kali dianya  Hahahhahaa.  Wisny mengaku keerja di sebuah perushaan di Makasar, dan sedang mengerjakan proyek di Jogjakarta. 

Saya pikir masih single atau bujangan, tidak taunya setelah saya ngoborl saya tau kalau ida sudah menikah dan memiliki 1 putra yang lucu.  Begitu TRAIN sampai di STASIUN TUGU, kami pun berpisah sesuai dengan tujuan masing masing


KEDUA : NAIK GRAB
Nah setelah turun dari TRAIN (Kereta) di STASIUN TUGU, saya keluar dari Gerbong dan dengan menuntun Koper AMERICAN TOURISTER kesayangan saya (Maklum barang Import alias hadiah dari teman saya di Korea-Red) saya berjalan turun ke bawah untuk memesan GRAB CAR.   

Uniknya walaupun sya sudah siap GRAB Apps di HP Samsung A10s saya, namun saat eksekusi di lapangan tetap dibantu oleh petugas GRAB yang ada di pos yang ada di STASIUN TUGU, jadi ya lebih mudah donk tentunya.  Setalah All SET alias rapih, saya pun berjalan sedikit keluar Statsiun dan tidak beberapa lama kemudian sang SOPIR GRAB pun datang menjemput saya. 

GRAB;  Saya dibantu oleh petugas GRAB saat order untuk tujuan ke Rumah Sakit SARDJITO di Jogjakarta.  Alhamdulillah semuanya lancar dan aman.  Foto Asep Haryono
GRAB;  Saya dibantu oleh petugas GRAB saat order untuk tujuan ke Rumah Sakit SARDJITO di Jogjakarta.  Alhamdulillah semuanya lancar dan aman.  Foto Asep Haryono


Nama driver nya mas ANTOK, yang kalau diliat dari kartu nama yang diberikannya kepada saya, dia berasal dari salah satu  perusahaan Rental Car di Jogjakarta  Lama perjalanan dari STASIUN TUGU ke tujuan utama di Rumah Sakit Sardjito Jogjakarta sekitar 30 Menit, dan membayar biayanya sekitar Rp.32.000,- dan itu cukup terjangkau untuk kantong saya.  Asyik juga pake GRAB bener. 

Selama di dalam perjalanan, saya terus kontak dengan Mas Dedi dan Mbak Nisa (Masih keluarga-Red) bahwa mereka sudah siap menunggu di Masjid As SYIFA yang terletak di dalam Rumah Sakit tersebut.   Tidak berapa lama kemudian Alhamdu.illah sampailah kami di Masjid As SYIFA pas waktunya dengan kumandang Adzan Sholat Magrhib.  Nah bagaimana cerita selanjutnya, tunggu di BAGIAN KEDUA dari tulisan yang berisi dan berjudul Catatan Perjalanan Ke Kulon Progo Jogjakarta 5 - 12 Desember 2023- ini.

To be continue   alias BERSAMBUNG



No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia