Pengalaman Menukar Voucher Belanja Hypermart Di Pontianak

www.simplyasep.com  Dalam acara Peluncuran All New Honda PCX Hybrid yang diselenggarakan oleh ASTRA MOTOR PONTIANAK di Auto Show samping Wendys di Transmart Carrefour Kubu Raya Sabtu malam (3 Nopember 2018) kemarin saya mendapat banyak hadiah baik berupa door prize dan merchandise, termasuk salah satunya adalah 2 buah @Rp.50.000,- Voucher Belanja Hypermart


VOUCHER BELANJA : Inilah dua buah Voucher Belanja Hypermart sebanyak 2 lembar @50K itu. Foto Asep Haryono
VOUCHER BELANJA : Inilah dua buah Voucher Belanja Hypermart sebanyak 2 lembar @50K itu. Foto Asep Haryono

Saya mengajak serta kedua anak saya Tazkia (8) dan Mas Abbie (10) ke Hypermart Pontianak yang terletak di bilangan Jalan Ahmad Yani Pontianak hari Ahad (Minggu) tanggal 4 Nopember 2018 sekitar pukul 12.30 WIB.  Dengan berbekal catatan yang mau dibeli semaksimal mungkin dan sebanyak mungkin dengan nilai voucher belanja tersebut.   Nilai total voucher belanja Hypermart Rp.100.000,-  mungkin bagi orang jumlah yang kecil namun bagi kami  sekeluarga jumlah itu termasuk jumlah yang besar.


Singkat cerita, sampailah saya dan kedua anak saya di Plaza Parkir Ahmad Yani Mega Mal yang ditempuh dari rumah kami di Komplek Duta Bandara Kubu Raya hanya beberapa menit saja.  Setelah memarkir motor kesayangan kami di Plaza Parkiran Ahmad Yani Mega Mal. saya dan kedua anak saya pun segera bergegas menuju Hypermart yang terletak di lantai II Pusat Pertokoan Terbesar di Kalimantan Barat itu.    

Sesampainya di dalam Hypermart kami pun mulai mengambil beberapa barang yang sudah ada dalam list yang sudah disiapkan dari rumah.  Semua catatan belanja ini nilai nominalnya sudah diperkirakan tidak sampai totalnya melebihi Rp.100.000,-  Untuk menjaiga hal hal yang tidak diinginkan,  saya pun sudah menyiapkan cash di dalam dompet saya seandainya total barang yang diambil ternyata melebihi nilai Voucher Belanja nya.  

Beberapa barang yang saya ambi antara lain tercantum di bawah ini.  Struck pembeliannya pun saya lampirkan di bawah ini juga

  1. POP Mie Instan Cup Rasa Baso sebanyak 3 oc
  2. Roti Sosis sebanyak 2 buah
  3. Sozis Sapi Siap Makan KIMBO isi tiga batang sebanyak 2 pcs
  4. Kental Manis Sacher Cap ENAK sebanyak 1 pcs
  5. Keju Keju mini sebanyak 2 pcs

Inilah struk pembeliannya. Bisa diihat kah? Foto Asep Haryono
Inilah struk pembeliannya. Bisa diihat kah? Foto Asep Haryono



Tidak Bisa Ditukar Semua
Selama proses penganbilan barang di Hypermart Pontianak, saya juga menghitungnya dan semua barang barang di atas setelah kami hitung sendiri totalnya tidak sampai Rp.100.000,- sesuai dengan nilai total Voucher Belanja Hypermart yang saya miliki. 

Dalam Syarat dan Ketentuan di bagian belakang Voucher Belanja Hypermart tersebut memuat hal hal sebagai berikut.  Ini Sudah kami pelajari



  • Voucher tidak dapat diUangkan
  • Voucher tidak berlaku untuk Barang Tenant
  • Voucher berlaku untuk pembelian minimal SENILAI nominal yang tertera
  • Voucher berlaku di seluruh Hypermart

Yang menjadi pertanyaan saya adalah Barang barang yang mana saja yang termasuk Barang Tenant yang dimaksud.   Saya awam, masyarat sipil, orang biasa, Wajar donki kalau bertanya.  Barang yang mana yang ada dalam daftar yang saya ambil  yang tidak termasuk cakupan Voucher Belanja?  Ini yang menjadi tanda tanya besar saya.  Saya harap Pihak Hypermart Pusat bisa menjawab pertanyaan saya ini

Sedangkan jikalau masih ada "sisa" kira kira senilai berapapun sudah saya anggap tidak ada. Karena memang dalam syarat dan ketentuan memang tidak dapat DIUANGKAN. Dengan kata lain jika masih ada "sisa kembalian" itu tidak dapat kembali kepada saya dalam bentuk uang tunai   Saya tahu itu


Lanjut ya.  Ini saat di Meja Cashier
Setelah cukup lama mengantri dalam barisan , sampailah giiran saya di depan Cashier.  Saya keluarkan barang barang yang saya beli seperti yang tercantum di atas itu di depan petugas Cashier beseragam Hypermat.  Saya sebenarnya sudah siap camera ON dalam Handphone saya, namun tidak mungkin donk saya memfoto dua petugas Cashier Hypermart itu. 


Setelah barang dikeluarkan satu persatu kemudian dihitung dengan mesin Cashier dan didapat kesimpulan TOTAL belanjanya Rp.66.500 (Enam Puluh Enam Ribu Lima Ratus Rupiah) dan  yang harus saya bayar sekitar Rp.16.500 (Enam Belas Ribu Rupiah) dan itu harus menggunakan uang tunai (Cash) dan tidak dapat dengan Voucher Belanja yang saya serahkan saat itu.


Dengan demikain saya berasumsi bahwa dari dua lembar Voucher Belanja Hypermat @50.000k yang saya serahkan ke petugas Cashier Hypermart saat proses pengitungan di counter tidak dapat dITUKAR SELURUHNYA.   


Berdasarkan SLIP Pembelian (belanja) didapat kesimpulan bahwa :


  1. Voucher Hypermart yang dipakai 1 lembar saja senilai Rp.50.000,-
  2. Uang Tunai yang dibayar cash sebesar Rp.50.000,-
  3. Kembaliannya Rp.33.500,-
  4. Total NILAI belanja sebenarnya adalah Rp.66.500,-


Kesimpulan
Dari pengalaman menukar Voucher Belanja Hypermart inilah saya bisa menarik beberapa kesimpuan.

Pertama,  bahwa tidak semua ITEM yang saya ambil itu tercakup atau tercover oleh Voucher Belanja.  Ini dugaan saya saja yang bisa saja saya keliru atau salah menafsirkannya.   Apakah ada barang Tenant yang saya ambil itu? 
Mohon pihak Hypermart Pusat dapat membantu menjelaskannya

Kedua, dari 2 lembar Voucher Belanja Hypermart @50K hanya terpakai satu saja. Satu lembar lagi dikembalikan kepada saya. Saya sebenarnya sudah memperkirakan jika total belanjanya adalah Rp.66.500, seharusnya masih bisa dicover oleh 2 lembar Voucher Belanjanya yang nilai totalnya 100.000 rupiah. Jika ada kembalian ya tidak usah dikembalikan. Saya sudah baca Syarat dan Ketentuannya

Ketiga, 1 lembar Voucher Belanja @50.000 dikembalikan kepada saya untuk digunakan berikutnya dengan catatan HARUS SENILAI dengan nomina yang tertera di lembaran tersebut. Ini yang saya masih bingung. Bagaimana caranya agar bisa PAS dengan nilai barang yang diambil senilai nominal yang tertera di lembaran voucher itu? Padahal sederhana saja, Jika Lebih dari nilai Voucher kan saya sudah siap CASH. Sudah siap uang tunai. Tetapi kenyataannya?

Nilai total belanja Rp.66.500,-. Dari 2 lembar Voucher Belanja Hypermart yang saya serahkan itu nilainya Rp,100.000,-. Harusnya kan sudah bisa tercover. Jika ada "kembalian" ya sudah saya anggap hangus. Syarat dan Ketentuannya juga sudah saya pahami. Tidak dapat diuangkan.

Saya sudah mengerti. Tetapi nyatanya saya harus merogoh uang juga untuk membayar kekurangannya Rp,16.500,- itu kan. Dan dari 2 lembar Voucher Belanja Hypermart yang saya serahkan itu nilainya Rp,100.000, hanya satu lembar yang terpakai. Satu voucher lagi @50.000,- dikembalikan lagi kepada saya,

Tadinya saya sudah happy happy bisa belanja FREE senilai nominal yang tertera di dalam 2 lembar Voucher Belanja Hypermart tanpa mengeluarkan uang sepeserpun  Namun kenyataannya saya harus merogoh kocek lagi senilai Rp.16.500,-.  Secara prinsip saya memang tidak dirugikan sama sekali. Saya sudah menganggap ini sebagai DISCOUNT saja.  Tapi kalau bertanya tentu sah sah saja bukan?


Yang menjadi pertanyaan saya adalah : 
  1. JIka Nilai total belanja Rp.66.500,-. Dari 2 lembar Voucher Belanja Hypermart yang saya serahkan itu nilainya Rp,100.000,-. Harusnya kan sudah bisa tercover.  Mengapa hanya ada 1 lembar Voucher Belanja @50.000 saja yang terpakai?  Satu lembar Voucher @50.000 dikembalikan kepada saya
  2. Saya merogoh kocek untuk membayar kekurangannya seniai Rp.16.500,-. Apakah ada barang barang TENANT yang saya ambil dalam keranjang belanja saya di atas yang tidak termasuk dalam Voucher dan itu harus saya bayar sendiri dengan cash.    Adakah barang TENANT yang saya ambil di keranjang belanja saya?:


Mohon pihak Hypermart Pusat dapat membantu menjelaskannya. (Asep Haryono)

37 comments:

  1. Karena tidak dapat diuangkan, sangat disayangkan apabila dipakai ke2 voucher tapi masih tersisa 33.500. Kalau tadinya belanja 116.500, Bapak bisa sekaligus menggunakan ke2 voucher dan membayar kelebihannya. Demikian yang saya ketahui dari pengalaman orang yang antre di depan saya saat berbelajan di hypermart dengan menggunakan voucher.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru dpt voucher, kalo penjelansan Naomi seperti ini benar. Saya mau ke hypermart.
      Lumayan 300k..😀😄

      Delete
  2. nice informasinya kawan,..

    ReplyDelete
  3. Saya juga punya voucer 100k sampai sekarang belum saya tukarkan karena saya tidak tahu apa yang dimaksud barang tenant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudny adalah Barang seperti TAS, Sepatu, Kemeja, Baju itu tidak bisa dibeli dengan menggunakan voucher. Jadi haarus bersifat makanan atau minuman yang bisa ditukar dengan Voucher

      Delete
    2. Kalo untuk kebutuhan rumah tangga seprti sabun dll
      Apakah termasuk barang tenant?

      Delete
  4. Barang tenant mungkin barang yg di ambil dari luar hypermart. Penjual yg Menyewa tempat di area tersebut. Selagi kita ambilnya di area hypermart bisa di untuk di tukarkan..

    ReplyDelete
  5. Iyadong gk bisa, kan itu udah jelas banget, dibalik voucher ada tulisan minimal sesuai dengan nominal yg tertera. Ya kalo kasus anda begini, ya benar dong pihak hypermart nya. Kan sama aja anda membelanjakan 1 voucher itu @50k dengan barang seharga 16.500. Kan yg 50k udah kecover sama voucher 1nya -_- hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah datang dan memberi komentarnya.
      Salam dari Pontianak

      Delete
  6. Saya punya vocer 450k bisakah dibelanjakan sekaligus gitu.

    ReplyDelete
  7. @Indra : Hi Indra. Terima kasih sudah mampir di blog saya. Bisakah voucher 450K di Belanjakan sekaligus? Jawaban saya : Ya Tentu saja bisa. Usahakan belanja bang Indra pas 450 K atau LEBIH besar dari 450 K. Jika belanjanya lebih dari 450K , maka kekurangannya baru pake uang bang Indra sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Pampers itu termasuk barang tenant atau tidak ya pak

      Delete
  8. Terima kasih ntk penjelasannya.. Karna Saya baru dapat voucer hypermat...dan sekarang mengerti bagaimna cara penggunaannya..

    ReplyDelete
  9. saya punya voucher senilai 264.000k, bisakah di belanjakan di hypermart?
    karena di sana tertera berlaku di Boston.
    mohon infonya ya. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dicky : Terima kasih sudah memberi komen. Salam dari Pontianak. VOUCHER HYPERMART yang saya terima memamng digunakan di Hypermart sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlalu. Juga tertera di bagian belakang Vluchernya juga.

      Jika tertera berlaku di BOSTON, dan itu tercantum di syarat dan ketentuan Vouchernya ya tentu bisa digunakan di boston. Bole juga ditanyakan dahulu ke manager boston atau petugas cashiernya. tunjukkan vouchernya apa bisa digunakan atau tidak. Jika bisa ya lanjut shopping

      Delete
  10. Saya ada voucher senilai 250rb apakah bisa dibelanjakan produk separti baju/celana atau sandal yg d jual di Hypermart..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenis barang seperti tas, sepatu, baju TIDAK BISA ditukar dengan Bpucher. Peratiurannya sudah seperti itu sijh

      Hanya makanan dan minuman aja

      Delete
    2. Maap barang seperti tas, baju, sandal,barang elektronik pun tetep bisa di beli dg voucher di hypermart itu pengalaman kami krn stp tahun kami selalu menukarkan poin pembelanjaan semen ke hypermart....

      Delete
  11. Apakah ada syarat harus blnja senilai berapa dulu baru bis d gunakan karna saya baru dapat voucher 2 lbr@50rb,saya bingung karna infonya simpang siurjadi ragu mau menggunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Unknown : Syaratnya bukan barang seperti tas, sepatu, baju ya. Hanya makanan dan minuman aja . Belanjanya minimal senilai sama cengan nilai vouchernya. Lbh baik lagiu lebih

      Delete
  12. Saya juga baru 1 minggu yang lalu dapet voucher 200k
    Berarti harus belanja diatas 200k ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Unknown : Yang amannya biar nda ribet sih diusahakan belanjanya totalnya di atas Rp.200.000,- . Misalnya kamu belanjanya total berjumlah Rp.205.000 sudah aman. Biar enak ngitungnya bawalah selalu kalkulator , boleh pake kalkulator di HP. Hitung sendiri, jadi kamu sudah tau berapa yang harus d bayar saat di meja cashier

      Delete
  13. Sayaa punyaa voucher 1.000.000 apaa bsa dibelanjakann sekaliguss.?atauu haruss sesuai nominal 100k di voucher.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. OOO ini kasusnya sama. Berrti kamu piunya 10 voucher dengan nilai @100 L ya. Nah untuk berbelanjanya bebas saja. Kamu kalau mau belanja sekaligus 10 Voucher berarti sennilai 1 juta Nah usahakan TOTAL bellanja kamu adalah Rp.1.050.000 (Satu juta lioma puluh ribu rupiah) Jadi kamu cukup bayar kekuarangannya 50 ribu rupiah saja

      Delete
  14. Bisa untuk belanja sabun shampokah?

    ReplyDelete
  15. Kalau untuk susu atau pampers anak bisa gak ya saya baru dapat 300ribu,mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  16. Apakah semua jenis makanan dan minuman yang bisa didapatkan dengan voucher belanja tanpa terkecuali?

    ReplyDelete
  17. Apakah semua jenis makanan dan minuman yang dapat ditukarkan dengan voucher belanja tanpa terkecuali?

    ReplyDelete
  18. Saya punya voucher 500k...apakah bisa di belanjakan barang senilai total voucher...atau per voucher per item belanjaan dan apa itu barang tenant..terimakasih

    ReplyDelete
  19. terima kasih sharingnya bang asep :) jadi harus siap uang cash meski ada vocer belanja hehehe

    ReplyDelete
  20. Gimana cara pakainya 😭

    ReplyDelete
  21. Mau tanya dong.. kebetulan hari ini saya mau ke Hypermart.. menggunakan voucher yang sama 50.000

    Apakah gula, sabun, minyak goreng, parfum, bedak, dan katembat itu masuk barang tenant yaa ???? Atau itu bisa dipake dengan voucher ... ? Tolong di jawab yaa terimakasih guys

    ReplyDelete
  22. Apa itu barang tenant?

    Barang tenant adalah suatu barang sewa yang kepemilikannya tidak dapat berpindah, baik secara langsung atau tidak langsung.
    Penjelasan:
    Secara umum, barang adalah benda-benda yang berwujud, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat.
    Kata "tenant" berasal dari kata Bahasa Inggris Kuno yaitu "tenure" yaitu tuan tanah yang menguasai dan mengelola lahan-lahan untuk keperluan pertanian.
    Jadi, barang tenant adalah barang sewa yang tidak dapat kita pindah tangankan kepilikannya. Yang artinya seseorang dapat membeli barang-barang elektronik dan komunikasi atau semacamnya di suatu tempat perbelanjaan seperti dengan voucher belanja.

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia