Tidak Bisa Login di Hotmail?

Bingun Sendiri Akhirnya Minta Direset
Catatan Asep Haryono

Kemarin sore (Selasa, 31 Juli 2012) sesaat setelah saya mencabut undian Kuis Tebak Foto Berhadiah untuk postingan artikel saya yang berisi dan berjudul "Pengalaman Mengikuti International Youth Conference Tahun 2009 , saya membuka login akun email saya di hotmail dengan alamat email aharyono@hotmail.com itu tiba tiba tiba bisa dikases eh salah diakses.

Bingung juga saya karena sudah lama saya memakai email tersebut dan selalu menggunakan password tersebut tidak bisa diakses sama sekali. Saya memang mengganti password secara berkala bisa setiap 3 (tiga) bulan sekali atau paling lama adalah 6 (enam) bulan sekali.

Jangan tanya soal login ke email hotmail tersebut karena hampir setiap saya saya terhubung dengan jaringan internet broadband di kantor jadi sangat kecil kemungkinan saya member pasif dalam email tersebut. Dahulu saya punya banyak email mungkin sekitar 10 (Sepuluh) email gratisan tapi sekarang banyak yang saya hapus karena nda tertangani.  Saat ini saya punya bebrapa email aktif yang terdiri dari email Yahoo, Hotmail yang sekarang bermasalah, dan email dari domain kantor.  Tapi kenapa tiba tiba email HOTMAIL saya tiba tiba tidak bisa diakses ya?

Minta Direset Sekalian
Tadinya saya mencek apakah saat mengetik papan kibod memakai caps alias huruf besar dan ternyata setelah saya cek tidak ada masalah dengan papan kibod saya, dan password saya pun juga memakai kombinasi yang cukup sulit yakni kombinasi antara angka dan huruf.  Mungkin kelak saya akan buat formasi password yang lebih rumit lagi kelak dikemudian hari. 

Saya berusaha menghindari password yang mudah ditebak orang misalnya tanggal kelahiran, kota kelahiran, nama julukan atau nama kesayangan, nama anggota keluarga, nama sekolah, nama Lembaga atau kantor atau nama apa saja yang kira kira bisa ditebak orang dengan mudah.    Terkait kejadian kemarin yang tiba tiba saya tidak bisa login ke email HOTMAIL saya saya langsung kontak ke admin atau ke bagian Tehnis atau Technical Supportnya via online form yang sudah disediakan.

Sempat kaget waktu diberitah kemungkinan ada orang lain yang telah menggunakan email saya (It looks like someone else might be using your account) wah ada ada aja. Siapa yang make email saya genderuwo hehehehe.  Ooops maaf. Hal kayak gini selalu saya gadang gadang jangan sampai terjadi.  Begitu pula dengan login akun FacebOOk saya yang sejauh ini aman aman saja karena password selalu saya ganti secara berkala dan diacak.   Saya pernah dengar ada kawan saya yang mengaku  tidak bisa login ke  Facebook atau blognya.  Kok bisa ya.  Tentu saja bisa apa sih yang tidak bisa di jagat maya ini.
Ini dia Teknik Phising. Hati hati ya. Liat URL nya.  Gambar dari Internet

Saya sering mendengar teknik Phising yang "nakal" yang bisa membuat kita tertipu oleh akun facebook "aspal" aseli tapi palsu atau dalam bahasa Inggrisnya Fake Facebook.   Begitu kita buka PECEH lalu klik launching FireFox, Internet Explorer atau lainnya tiba tiba muncul "facebook" kawan kawan, dan begitu kawan kawan mengisi nama user name dan passwordnya tiba tiba ERROR tapi the page cannot displayed dan meminta merestart Peceh . 

Atau saat ERROR terjadi sesaat setelah kawan kawan mengisi USER NAME, dan PAssword, maka kawan kawan akan di "redirect" ke halaman Facebook yang aseli.  Nah saat ERROR itulah nama USER NAME dan PASSWORD kawan kawan sudah terkirim kepada si oknum itu, nah jahat sekali bukan.  Itulah yang dinamakan Phising Technique. Agak jadul memang, tapi kalaw kawan kawan tidak berhati hati bisa kena jebakan teknik dodol ini.  Walau teknik ini sudah JADUL tapi masih banyak yang tertipu

Kembali ke cerita soal HOTMAIL, Nah akhirnya setelah saya mengisi komplen ke Microsoft Corporation melalui kontak formnya barulah saya mendapat pemberitahuan lebih lanjut bagaimana untuk mengembalikan (recovery) atas email hotmail saya itu sekaligus diminta submit a new form lagi guna memastikan kepemilikan saya atas akun HOTMAIL tersebut dan ini akan memakan waktu sekitar 72 (tujuh puluh dua) jam dari tanggal dan jam saat formulir komplen itu saya kirim. Okelah kalaw gitu. Wait and See.  (Asep Haryono)

29 comments:

  1. Saya juga beberapa kali ngalami ini dengan yahoo messenger, padahal jls2 saya ingt pswrd. Akhirnya ya last option: reset pswrd deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ririe Khayan : Selamat Hari Rabu. Ya ini kejadian yang sudah kesekian kalinya, dan agak ribet memang sama HOTMAIL. Beda dengan Yahoo email yang relatif lebih mudah direset passwordnya. Terima kasih atas kunjungannya ya mbak Ririe :)))

      Delete
  2. wah aku juga punya alamat imel banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sang Cerpenis bercerita : Iya sama saya juga punya banyak alamat email gratisan tapi jarang saya teruskan soalnya.

      Delete
  3. hotmail masih ada ya? itu alamat email saya saat pertama kali kenal internet tuh!
    Alhamdulilah saya menang ya? **ga-yakin** kemarin waktu ke Gramedia aku lihat buku Dahlan itu dan baca sekilas, tadinya mau beli tapi urung soalnya masih nunggu kepastian pengumuman ini. Yah..syukurlah ga usah beli! hehe..
    btw..Kang, gimana caranya bikin sticky post kayak gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Popi : Iya masih ada HOTMAIL , karena beberapa hari lalu saya masih bisa log in. Meletakkan postingan ala sitcky post ini mudah kok. Cuma pake widget aja pilih "HTML" lalu isi. Kan HTML aktif, kebetulan saya bisa bahasa HTML. Lalu drag aja ke tengah lalu Save. Mudah hehehehhe

      Delete
  4. Saya juga punya banyak alamat email mas , tp bnyak yg nggak kepake lagi...
    Dan saya juga pernah ngalami itu ketika mw login , beruntung akhirnya bisa juga masuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BeeBekkkk : Beruntug sekali Bebek bisa masuk, wah saya belum juga nih. Masih menunggu konfirmasi dari Microsoft 24 jam kedepan.

      soal HOTMAIL saya masih harus menunggu konfirmasi dari mereka 24 jam ke depan. Apakah masih bisa diselamatkan?

      Delete
  5. oh..pake widget. Okelah..saya coba ya!
    eh tapi kalo yg bentuknya postingan panjang bisa juga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Popi : Wah belum tau juga sih apakah bisa atau tidak. Kalaw nda bisa ya di delet aja hieiheieiiehiehie. Cuma pake HTMl aja biar variasi gitu deh

      Delete
  6. emg ribet kalo email ngedadak ngadat...email sma pw nya cocok tapi gak bisa sign in,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Obat Thalasemia Alami : saya juga mengalami hal yang sama. Saya ada email banyak, dan banyak juga yang error, huaaaaaaaaaa

      Delete
  7. sayanya ga punya e-mail hotmail.

    semoga bisa dibuka lagi ya kang e-mailnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : Soal HOTMAIL saya masih harus menunggu konfirmasi dari mereka 24 jam ke depan. Apakah masih bisa diselamatkan?

      Kalaw pun diambil orang, di hack atau tidak bisa digunakan lagi ya sudah. Pasrah mode ON

      Delete
  8. hal seperti itu biasa terjadi,, saya sering mengalaminya.. tapi semua itu dapat diatasi dengan mudah.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Andy Borneo : Iya bener juga. Setiap Email Gratisan seperti Hotmail ini tentu punya technical support atau pengaduan komplen.

      soal HOTMAIL saya masih harus menunggu konfirmasi dari mereka 24 jam ke depan. Apakah masih bisa diselamatkan?

      Delete
  9. saya nggak pernah tau apa itu hotmail.. kampungan banget ya.. tapi saya juga sering ngalamin kejadian yg mas Haryono alami, paswordnya salah mulu, padahal mah betul 100%

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aninda Naima : Itulah saya juga bingung. Lawong password nya udah betaon taon sama eh nda bisa diakses. Hiks hiks hiks.

      soal HOTMAIL saya masih harus menunggu konfirmasi dari mereka 24 jam ke depan. Apakah masih bisa diselamatkan?

      Delete
  10. nah, mulai ada kata gendruwo di sini...
    ntar abis ramadhan cerita hantu di sini ya Kang Asep?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : hahahahaha Itu kepleset aja mangap eh maaf hieiiehiehiehie. Nda ah nda mau cerita seyem seyem. Cerita makanan aja kalii

      Delete
  11. namanya dunia maya kang Asep' apapun bisa saja terjadi. teknologi otaknya tetap manusia. jangankan email, duit aza bisa hilang di dunia maya ini!
    btw, mudah2an hotmail nya bisa kembali ke empunya lagi.
    dan biar gak hilang lagi, ikat pake rantai kang! hehehehe.. just kidding.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bung Penho : Benar juga apa aja bisa dilakukan di jagat maya ini, dan soal HOTMAIL saya masih harus menunggu konfirmasi dari mereka 24 jam ke depan. Apakah masih bisa diselamatkan? I don't know. You tell me

      Delete
  12. kalau saya masih setia pada GMAIL pak... hehehehehe ^ ^


    Mengundang sahabat blogger dalam rangka Persembahan Menulis Untuk Semua
    http://catatan-indrayana.blogspot.com/2012/08/persembahan-giveaway-sahabat-blogger.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Terima Kasih atas kunjungannya. Insya Allah saya akan ikut kegiatan persembahan menulis untuk Semuanya. Insya Allah

      Delete
  13. terima informasinya pak asep..
    semoga aku semakin hati2 dalam perbuatan2 yg tidak bertanggung jawaab itu..
    salam super pak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lukman Hakim : Salam Super juga. Ya memang harus hati hati terutama pemakaian dan penggunaan kombinasi passwordnya harus unik dan tidak mudah ditebak orang

      Delete
  14. Anonymous8:09:00 AM

    akun hotmail saya sekarang tidak bisa dibuka padahal tiap hari saya online. bagaimana cara membuka akun hotmail saya
    berapa nomor pengaduan microsoft ?
    mohon bantuannya, penting sekali
    terima kasih

    ReplyDelete
  15. Hallo Mas Asep.. account hotmail saya juga gabisa dibuka. Muncul tulisan "It looks like someone else might be using your account". Saya udh coba ikutin langkah2 recovery email (submit new form) nya tp tetep gabisa :( Mas wkt itu complain nya hubungin kemana ya? What should I do? Please help..

    ReplyDelete
  16. saya ada daftar fb pake hotmail.kenapa saya coba log in tidak terdaftar ya?

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia