Meliani Siti Sumartini : METAL yang tidak SEMETAL penampilan

Meliani Siti Sumartini.
Meliani Siti Sumartini.
Gambar dari Internet
Catatan Asep Haryono

Saya baru tau ada Bintang Youtube Indonesia paling hangat dibicarakan di sosial media saat ini.  Siapa lagi kalau bukan Meliani Siti Sumartini.  Pertama kali saya tau informasi ini memang sangat terlambat.  Baru tadi pagi (Rabu , 28 Januari 2015) secara tidak sengaja saya membuka channel salah satu channel TV Swasta terkenal di Indonesia , program Sapa Indonesia sekitar jam 09.00 WIB pagi

Pertama saya liat tayangan Meliani Siti Sumartini saat diwawancari oleh Host Sapa Indonesia hari itu. Dalam wawancara sekitar 30 menit (diselingi iklan tentunya-red) juga menghadirkan ayahanda tercinta Meliani Siti Sumartini.  

Dalam wawancara itulah diperlihatkan tayangan Video Youtube aksi lincah jari jemari Meliani Siti Sumartini saat memainkan lagu Metal "Hourglass" yang memukau.  

Seolah tidak percaya apa yang saya liat, maka saya pun langsung membuka Youtube dengan mengetikan keyword "Hijab Metal" dan nama "Meliani Siti Sumartini" langsung ke luar banyak sekali video videonya.  Mulai dari Video aksi Meliani Siti Sumartini dalam memaikan Gitar Listrik dengan lagu Metalnya, maupun wawancara Meliani Siti Sumartini di berbagai TV swasta di Indonesia.  Awesome.  Decak kagum saya melihat tayangan tayangan ini.


Dalam salah satu videonya yang memainkan lagu "Hourglass" jelas sekali  adik kita Meliani Siti Sumartini yang masih duduk di bangku SMA ini dengan lincahnya memainkan jari jemarinya di tus Gitar Listrik pemberian sang Ayah tercinta.    Hebatnya lagi Meliani Siti Sumartini merekam aksinya sendiri itu dengan tetap mengenakan Busana Sekolahmya, berHIJAB.  Ini semakin unik. Seolah menjungkalkan stikma yang berlaku selama ini kalau METAL harus urakan dan cuek dandanannya.  
 
Meliani Siti Sumartini,
Salah satu cuplikan Video aksi Meliani Siti Sumartini yang mendapat pujian musisi manca negara.  Simak Pemampilannya di YouTube, Banyak sekali.     Gambar dari Internet

Meliani Siti Sumartini - Hourglass (Lamb Of God Cover)
Sumber Youtube


Dari informasi yang saya dengar langsung dalam wawancara Meliani Siti Sumartini di program Sapa Indonesia itu diperoleh berita bahwa sebuah komunitas di daerah asal Meliani Siti Sumartini memberikan apreasiasi atas prestasi musiknya yang mandiri namun mencuri perhatian Netizen sekarang ini.  Apresiasi dalam bentuk Beasiswa Pendidikan yang menjamin Meliani Siti Sumartini bisa melanjutkan pendidikannya hungga S1 dan S2.   Luar biasa.

Apa hikmah yang bisa didapat dari fenomena Meliani Siti Sumartini ini?  Haruskan dengan sosial media atau dengan menggunakan Platform Video Sharing bisa mengorbitkan nama orang setinggi langit? 

Banyak memang artis "karbitan" produk YouTube yang tidak bertahan lama. Sebut saja femomena Norman "chayya chayya" Kamaru , Sinta "Keong Racun" Jojo , misalnya    Keduanya sempat menjadi buah bibir di masyarakat dan ramai dibicarakan di Sosial Media. 

Namun banyak pula yang meraup sukses hingga menjadi Artis manca negara yang mendunia seperti Justin Bieber yang memang pertama kali mengawali "karir" musiknya melalui Video Share di YouTube ini.   Semuanya kelak akan kembali kepada Masyarakat yang akan menilainya  Seberapa jauh mereka akan mampu bertahan.  Semakin berkembang kah? atau semakin terpuruk?

Haruskah kita memperlihatkan kepiawaian atau Skill tertentu kita di sosial media hanya untuk pamer kemahiran atau pamer kepandaian tertentu?  Apakah menampilkan skill di Youtube hanya untuk sensasi, iseng belaka sambil berharap menjadi terkenal mendadak? Tentu ada banyak pandangan dan sudut pandang dalam menganalisanya.

Yang jelas seperti yang disampaikan Prof Mindy MCadams yang saya pernah ikut seminarnya beberapa tahun yang lalu di Kampus UNTAN Pontianak.  Bahwa Sosial Media atau platform Online manapun jika pandai menggunakannya bisa mendatangkan benefit (keuntungan) yang berlipat ganda bagi penggunanya. (Asep Haryono).

92 comments:

  1. Wah kebetulan saya juga dah punya videonya kang, maen gitarnya keren banget...sangat jauh berbeda dengan tampilannya yang berhijab, mungkin banyak orang gak bakal nyangka kali...udah gitu gak tangung-tanggung musiknya itu lho, metal banget....

    Wanita remaja asal Bandung ini berbeda dengan wanita kebanyakan yang biasanya cenderung lebih suka musik K-POP, liat aja beberapa unggahan videonya salah satunya In Dying Days dari As Blood Runs Black, Grace dari Lamb of God, dan Say Goodnight dari Bullet for My Valentine.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Marnes Kliker : Iya nggak nahan kepiawaian dia dalam memainkan gitar listrik dengan membawakan lagu ROCK metal waaa keren bangeds/ Iya video video yang mas Marnes Kliker sebutkan juga sudah saya liat TOP banged sama adik kita yang satu ini ya. Awesome

      Delete
    2. Bullet for May Valentine? hehe, nih sekarang mau saya setel deh di sini

      Delete
    3. nih udah saya setel sekarang
      album Road to Nowhere

      Delete
    4. @Zach Flazz : memang fans berat Metal sejati bang Zach. Top abis dah. Keren uhuyyyyyyyy

      Delete
    5. Kalau saya suka K-POP yang girl band Kang Asep. Walaupun saya ndak ngerti bahasa yang diucapkan itu apa, namun saya suka aja ngelihatnya. Kira-kira kenapa ya Kang Asep.

      Delete
  2. Gak nahan liat jemari lentiknya kalo lagi maenin gitar, bawain lagu metal arrrrghhhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7:19:00 PM

      pengen juga mas? privat nyok ke youtube

      Delete
    2. @Marnes Kliker : HEiheihe iya unik banged ya. Sebenarnya yang mahir main Gitar seperti ini cukup banyak. Namun entah kenapa yang ini malah jadi booming. Mungkin keunikkannya yang HIJABER ya

      @Makinudin : Wahahahah wah wah sudah ada yang ngajak private tuh.Wahahhahaa

      Delete
    3. nih saya bawain icik-icik

      Delete
    4. saya bawain angklung

      Delete
    5. saya bawa doa yang tulus

      Delete
    6. lalu saya bawa apa donk
      Masa disuruh bawa Celana sih
      yang bener donk

      Delete
  3. Anonymous7:23:00 PM

    sebener nya banyak wanita yang punya keahlian seperti ini tapi dia punya nilai plus nya karena penampilan mengunakan jilbab nya itu adalah identitas dia bahwa dia muslim, untuk kaum adam yang mau coba keberuntungan mungkin bisa mengunakan peci dan maen gitar mode rock
    nb: harus tamvan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahah kalau sudah urusan ketamvanan harus memasang alat pengukur kegantengan ,CAKEPMETER, yang harus ditera ulang agar bisa berfungsi dengan baik Hiehiheiheie.

      Delete
    2. cakepmeter kan pake seismograf

      Delete
    3. kalo cakepmeter pake seismograf. berarti semakin ganteng kang asep, maka bumi semakin bergoncang hebat. begitukah alat kerjanya?

      Delete
    4. Hiehiheiei wowwwwwwwwwwwwww

      Delete
    5. Kalau saya sih sudah tamvan, tapi sayang ndak bisa mainin gitar. Bisa nya cuma main yang lain. uhuuuy

      Delete
  4. kalau ngeliat sosoknya sih nggak akan nyangka kalau do'i pandai main gitar yakang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari sorot matanya, sih musisi banget

      Delete
    2. @Yanto CUngkup : Iya kalem tapi metal. Makanya dijuluki Hijab Metal

      @Zach Flazz : Heheiheiheei yoii

      Delete
  5. Keren badai. Mengagumkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. badai itu keren ya?

      Delete
    2. @Alris : Heiheeh Badai Keren

      @Zach Flazz : Keren mengerikan hiehiheie

      Delete
  6. Meliani Siti Sumartini, dari nama, busana yang di kenakan (hijab yang dikenakan), dan wajahnya yang terkesan kalem, tentu orang tidak akan menyangka kalau si do'i sangat lihai memainkan gitar beraliran metal.

    Jujur Kang Asep, saya baru tahu informasi ini. Maut banget main gitarnya tuh do'i kang Asep. Kebetulan juga saya sangat suka musik beraliran heavy metal dan band fav saya adalah Power Metal (Satu Jiwa; Lagu Kebangsaan; Timur Tragedi; Angkara; Sirna; dan banyak lagi yang saya suka dari Power Metal ini). :D

    Jika pingin membandingkan Meilani ini dengan gitaris metal luar negeri, coba saja bandingkan dengan bunyi gitarnya "Saxon - Princess of the Night". 11 - 12 dach kalau menurut saya Kang Asep. Ahaaay

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya penasaran Mei main petikan deh

      Delete
    2. @Mas Dory : Kalay saya sih suka nya malah bukan FULL METAL tapi lebih kepada aliran yang Slow Rock gitu dh Metal tapi indah dan merdu melow meloww. Seperti Scorpions gitu deh Hiehiheiheiheiheheheiee

      @Zach Flazz : Wowwww

      Delete
    3. Saya juga suka tuh Kang Asep sama wind of change, You and I, Still Loving you nya Scorpion. Benar-benar band legendaris tuh Scorpion.

      Kalau slow rock dalam negeri, saya suka "Gank Pegangsaan", "Andromedha", dan Godbless. hehehehe

      Delete
    4. wah jadi TOSSSSSSSSSSSSSSSs kita sama sama fans nya SCORPION donk hiheheheiee

      Delete
  7. memang keren tuh cewek, kemarin sempat liat di acara tv hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cakep juga kan?
      bisa buat calon menantu tuh

      Delete
    2. @Update Campuran : Iya keren

      @Zach Flazz : Beuuhhh

      Delete
  8. baru lihat tayangnya di tv, keren ngejam nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngejam kata dasarnya kejam bukan?

      Delete
    2. tuh kan
      apa saya bilang

      Delete
    3. @Wongcrewchild : Alhamdulillah
      @Zach Flazz : Hahhaa
      @Romli NET : Hahhahahaa

      Delete
  9. kamaren pas nonton acara dia di Net TV sama di RCTI, anak saya Arien minder habis ngeliatnya main gitar listrik dengan riff yang keren begitu. sementara anak saya kan masih acoustic minded. tapi boleh tuh buat nambah semangat anak2 bahwa berkreasi bisa dengan cara apa saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zach flazz : Iya kah wah sekaliber Arien minder ya. Wowwwwwww hayo semangadd semangadssssssss

      Delete
    2. Wah sekaliber Arien saja masih Minder
      Hayoo semangadssssssssssssssss

      Delete
  10. gimana Kang, Abbie sama Tazkiya udah diajarin gitar belom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhahaa Tazkia masih 4 tahun Dia taunya es krim sama Boneka teddy Bearnya aja. Hiehiehieie Mas Abbie masih kelas 1 SD

      Delete
  11. Ngga di ragukan lagi bakat yang di miliki meliani ini sudah sangat terlihat sekali ketika memaikan gitarnya itu. Luar biasa kemampuannya untuk memainkan dan mengcover lagu-lagu rock asal luar negeri. Salut kepada meliani dan 2 jempol untuk meliani :) (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tambahin jempol 4 nih

      Delete
    2. @Ai Wida : Hiehe iya memang adik kita itu berbakat di musik. Salut dah dengan prestasinya dan skillnya yang unik itu

      @Zach Flazz : Saya nda perlu nambah jempolnya lagi deh

      Delete
  12. Yang jadi unik dari video tersebut adalah.. dia gak pake headbanging.. coba kalo pake headbanging pasti beda tanggapan pemirsanya.. \m/

    ReplyDelete
  13. Pertama lihat beberapa minggu lalu disalah satu media lalu liat di youtube heeee

    ReplyDelete
  14. semoga jadi musisi terkenal dia,..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah masuk tv... pasti jadi terkenaaaal

      Delete
    2. @Zulham Efendi : Amin Semoga bakat musiknya tidak menganggunya Pendidikannya di sekolah. Karena sekolah yang utama

      @Zach Flazz : Hehiehie Amin di doain

      @Ocha Roshandha : Hahahah Aminnn. Di doain terus sama orang eui

      Delete
  15. keren ya, sayangnya tidak terlalu suka musik yg kaya gitu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru yang kayak gitu itu yang menyukai kita semua

      Delete
    2. @Vania Desfriani : Heihehe iya gak apa apa kok. Selera memang tidak dapat diperdebatkan

      @Zach Flazz : Hiehheie topppppppppp

      Delete
  16. saya juga liat tayangannya di hitam putih, semoga saja hobi stii tak mengganggu pendidikanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya harap demikian mak. Karena konon produk Youtube itu nda bertahan lama Contohnya sudah banyak. Pendiidikan adalah hal yang utama dan penting

      Delete
  17. Anonymous2:31:00 PM

    yang saya salut bang...penjariannya yang lancar diatas rata-rata gitaris perempuan kebanyakan. sebenarnya di pontianak juga ada perempuan yang gitaris dan termasuk mempunyai skil bagus, sekarang kuliah di prodi tari dan musik untan. kebetulan pernah juga tergabung dengan dia, dan skilnya lumayan bang...ok nice info dan hppy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mbah Dinan : Oh ya kah> Wah boleh tuh ditampilkan aja reviewnya sama mbah Dinan. Saya juga penasaran mau liat langsung ke kampusnya kalau ada waktu. Wah keren bangeds. Pontianak memang menyimpan banyak potensi anak muda yang berbakat

      Delete
  18. wah..wah, keren pak.. saya jadi penasaran mau ikutan nonton youtube nya juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. IEhiehie iya silahan eh silahkan. Hiehiheie. Saya sudah banyak liat di youtube

      Delete
  19. saya sih belum pernah liat tayangan nya baik di video atau di TV, pengen tau juga sih , kalo liat dari riview nya sih keren juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya orangnya berbakat. Dari beberapa tayangan Video yang saya liat di Youtube sih sepertinya adek kita ini memang mahir bermain Gitar listrik. Ada yang julukin the Next Megadeth

      Delete
  20. Kang... kalo di Lumajang, ada tuh cewek cantik imut manis lihai main drum. Sama imutnya dengan si meliani dan saya~~~ lalalalalaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa iya sih. Saya kirain yang jago main Drum itu Bang Zach Flazz aja. King Of Klepon itu. Hiehiheiheiheiheie

      Oh ya Imut bener bener. Sama sama

      Delete
  21. @Uda Awak : Iya bener banged. Uda Awak. Saya juga berharap akan semakin banyak lagi anak muda yang berbakat yang memberikan contoh prestasi yang membanggakan

    ReplyDelete
  22. 4 jempol untuk sumartini, luar biasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah SWT. Terima Kasih sudah berkenan hadir di sini. Senang rasanya

      Delete
  23. klo saya menyebutnya, lady rocker berhijab...keren banget Meliani

    ReplyDelete
  24. Klo gak mampir kesini jg sy gak bakal tahu ttg si adek ini pak Asep....

    ReplyDelete
  25. aku lihat juga saat dia siaran langsung di acara nya hitam putih, keren banget nih cewek emang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sy tw nya talkshow di Net TV ,,, :D

      wajah kalem tapi hobi rock ,,,, :D

      Delete
    2. Wahahahah saya malah belum tau Net TV

      Delete
  26. Aku udah nonton videonya ini,
    keren banget main gitarnya...

    ReplyDelete
  27. Weeeeeh ... ada yg seger2 tuh keknya ... kg asep kok gk bilang2 sih ...hehe

    ReplyDelete
  28. belum liat videonya tapi belakangan ini sering liat Meliani ini hadir di talkshow-talkshow televisi. Emang kece mainnya. Metaaaaal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba silahkan liat di Youtube dengan keyword "Hijab Metal" dan atau pake nama lengkapnya aja sudah muncul banyak sekali URL Videonya

      Delete
  29. luar biasaaa yaaa...masih mudaaa dan berbakat bangeeet..jadi penasaran penen liat videonyaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heii ya mbak Silahkan saja diliat liat Videonya. Banyak tersedia di Youtube

      Delete
  30. Kalau dilihat dari permainan di videona sih keren banget nih Kang, apalagi yang main perempuan he, he, he,,

    ReplyDelete
  31. Dia, bukan yg pernah tampil di hitam putih T7 itu ya mas?
    Lupa juga aku namanya..

    ReplyDelete
  32. Keren ya.. Skill tingkat tinggi.. :D

    ReplyDelete
  33. Tadi pagi saya liat di tv emang anaknya kalem, Tapi skill gitarnya keren abis... enak sekali dapat beasiswa sampai S2...

    ReplyDelete
  34. Saya pernah liat meliani tampil di Tukul bukan empat mata, memang keren permainannya. Disandingkan sama gitaris Padi Band juga. Kolaborasi gitu deh... Media sharing semisal YouTube memang memberikan secercah harapan bagi kita yang ingin eksis, namun juga harap diperhatikan porsi kemampuannya juga ya kang Asep, yang penting bermanfaat

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia