Pengalaman Kecil Koneksi Modem

Catatan Asep Haryono

Adakah yang menggunakan internetnya di rumahya masing masing?  Apa ada yang NgeNeT nya dari kantor? Atau bahkan ada yang memakai Net di Warung Internet atau Cyber Cafe?.  Tidak semua mereka yang memakai internet di Warnet itu tidak punya akses sendiri di rumah. Saya sendiri kalau kepepet harus mencek email masuk atau hal mendadak lainnya juga ngacirnya ke Warnet. 

Jaman sekarang untuk akses Net bisa dimana saja dan tidak harus di depan screen PC , Desktop , atau Warung Internet.  Dengan perangkat komunikasi yang ada sekarang pun (PC, Android, dan lain lain) sudah bisa dipakai untuk akses internet. Betapa mudahnya masyarakat berkomunikasi dengan dunia maya sekarang ini.  Untuk akses Modem misalnya.   Sejak saya berhenti berlangganan internet kantor di rumah sekarang praktis hanya memgandalkan koneksi Modem saja. 

Sejak beberapa minggu yang lalu menggunakan Modem dengan berbagai kartu pernah saya cona. Mulai dari Paket Internet Telkomsel Flash, Always On nya 3 , dan yang terakhir adalah Paket internet dari XL mulai dari paket HotRod 3 G sampai Paket Begadang nya.  Ada banyak cerita memang, ada Suka Duka nya memakai kartu kartu tersebut bahkan di "makan" pulsanya pun pernah sama mereka. Hmmm. Mungkin kelak akan dibuat artikel dari masing masing kartu tersebut sebagai bahan perbandingan dan juga berbagi pengalaman.


CEPET :  Ini dokumentasi saat ikut bertanding dalam lomba Blog KKR -HIPMI Juni 2013 lalu.  Saya pake Kartu Telkomsel Flash Ultima harga 20 ribuan untuk digeber selama 2 jam.  Lumayan kenceng. Foto Istimewa

Pengalaman yang mengesankan saya peroleh saat bertanding dalam lomba Desain Blog Kabupaten Kubu Raya (KKR) dengan HIPMI bulan Juni 2013 yang lalu.  Saat itu waktu yang disediakan panitia Lomba Desain Blog hanya 2 (dua) jam. 

Sempat panik juga untuk menyiapkan kira kira kartu apa yang relatif kuenceng speednya karena mau digeber 2 jam non stop tanpa terputus. Akirnya saat itu pilihan jatuh pada Telkomsel Flash Ultima Volume Based, paket 340 MB  (170 MB Tambahan + 170 MB di Network  3G) seharga Rp.20.000,- (Dua Puluh Ribu Rupiah) dengan kecepatan maksimal yang bisa ditawarkan adalah 7.2 Mbps.   Luar biasa.  Amazing.  Saya puas sekali.


Namun ada juga pengalaman yang bikin galau saat pake Akses Internet Paket dari XL terutama paket Kuota Hotrod 3G+ Mingguan Rp10000, 200MB (50MB + BONUS 150MB di jaringan 3G).   Memang awalnya sih lumayan cepat tapi cepat juga habisnya.   Pahadal e padahal saya jarang buka Video Youtube yang konon bisa menghabiskan banyak kuota itu.  


Saat itu pulsa (remaining credit) masih Rp.12.000,-.   Begitu asyik ngenet tiba tiba disconnected.  Begitu saya cek di BB ternyata pulsa sisa Rp.146,- (Seratus Empat Puluh Enam) rupiah. Oala jadi Pulsa di "makan" sama XL tanpa bilang bilang.  Maksudnya kasih notifikasinya dulu kalau kuota sudah habis walaupun masa berlakunya masih laama 7 hari.  Walhasil baru pake 2 hari kuota sudah habis. 

Akhirnya saya coba paket Murah Meriah yang sangat menggiurkan Kuotanya adalah Paket Begadang  XL itu yang menawarkan Kuota 5 GB "hanya" Rp.25.000,- (Dua puluh lima rinu rupiah) seperti yang saya pakai sekarang ini.  Saat saya menulis postingan ini masih memakai Kartu Xl paket tersebut, dan baru berjalan lebih kurang 2 (dua) hari dari masa aktif 5GB selama 30 hari. Enaknya sih kalau pake XL secara online , kita bisa memantau sisa kuotanya secara real time seperti skrinshot yang saya tampilkan dibawah ini


Gambar dari Internet


Jadi karena masih 2 (dua) hari jadi belum banyak yang bisa saya ceritakan untuk pengalaman paket 5GB dari XL ini. Memang sih lumayan murah banged dibandingkan dengan paket 2GB nya kartu 3 yang dibandrol seharga sekitaran Rp.49.000 (Empat Puluh Sembilan Ribu) rupiah itu.    Hanya saja kendalanya suka harus mengconnectkan lagi saat browsing biar jalan.  Mungkin karena murahnya, jadi kadang sebel juga kalau harus disconnect dan meng connect kan lagi biar "laju" jalan internetnya.

Paket begadang XL 5 GB harga Rp25.000,- Ini juga jauh lebih ekonomis daripada memilih paket XL "ketengan" seperti Paket XL 200 MB selama 1 Mingguan yang sudah saya singgung di atas.   200 MB?  Wah kecil sekali itu.  Saya pernah pake paket 200 MB tersebut dan habis dalam 1 hari padahal nda "ngapa ngapain" .  Harga ceban cuma dapat 200 MB saja   Nah perlu berapa ribu rupiah untuk dapat 5 GB?   Dalam hitungan matematika maka diperlukan biaya Rp.250.000,- bisa beli kuota 5 GB.  Bener kan?  5 GB = 5000 MB.  Jadi harga 200 MB= Rp.10.000,-.  Untuk mendapatkan 1 GB diperlukan biaya Rp.50.000,- x 5 = Rp.250.000,-

Hanya saja untuk paket murah meriah 5 GB seharga Rp.25.000,- (Dua puluh Lima Ribu Rupiah) ini adalah paket Begadang sesuai dengan nama Paketnya.   Jadi yang dimaksud paket Begadang ini ya karena hanya bisa dipake mulai dari jam 00.00 WIB tengah malam sampai pada pukul 09.00 WIB saja. Diluar dari jam tersebut kartu atau paket ini tidak bisa dipakai.  Nah nah bagi yang doyan begadang, ini memang jalan keluar yang baik.  Selain pintu tentunya sebagai jalan keluar.  Pintu juga buat keluar khan? Buat masuk juga bisa lewat Pintu.  Nah mau keluar masuk lewat pintu? Mau pintu yang mana? Pintu belakang atau pintu depan?  Atau pintu hatimu?  (Asep Haryono)

36 comments:

  1. memang betul kang dari XL terutama paket Kuota Hotrod 3G+ Mingguan memang cepat ... sayah pernah tuh pakai xl baru isi pulsa 50 ribu daptar paket mingguan 10 ribu, eh sisnya ngikut habis juga.... wusss... wuuuus dan langsung habisnya. kalau sayah masih setia pakai 3, dah hampir 1 tahu, ya mulai sayah ikut di dunia blog aja, karena BTS 3 yang paling terdekat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yono Karyono : Hiehihei wah keren ya dekat sama BTS 3 wah kalau gitu cepet sekali donk ya kan dekat sam BTS 3 ya idealnya juga pke 3. Kebetulan saya di luar kota Pontianak, yang cukup baik kalao pake XL dan 3.

      Sedangkan kartu 3 tidak cocok atau lelet kala di kota Pontianak. Hmmmm bingung juga saya. Apa sih yang menyebabkan akses modem cepet. Hmmmmmmm musti tanya tanya nih

      Delete
  2. Anonymous2:04:00 AM

    tapi perlu sayah coba juga nih paket begadangnya dari xl, sayah kan banyakan begadangnya heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah? Wah kalau saya jarang jarang begadang. Hiehiehiee. Sudah lama nda begadang. Cuma kebetulan aja ada paket murah meriah Kuoate gede 5GB cuma 25 ribu aja. Keren banged. Jadi ya diakalin aja deh hiehiehiehiehiee.

      Bikin tulisan blognya OFF LINE dan pas mau uploadnya di blog baru deh pake internetnya di atas jam 00.00 WIB seperti sekarang ini. Woaaaaaaah,, dah ngantuk Wis Turu sek. Makasih ya mas dah mampir.

      Delete
    2. klo saya paket begadang cukup kopi dan pisang goreng aja, suhu....

      Delete
    3. wahahahahah Cak Budi ada ada aja hiehiehiheiheiheihee

      Delete
  3. mmang msing2 krtu pnya klbhn msing2 ya...trgntung kbtuhn kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali. , semuanya ada kelebihan dan kekurangannya masing masing. Terserah dari masing masing kita tentunya. Saya setuju mas Sigli Cyber

      Delete
    2. saya selama ini belum pernah mencoba berinternet ria pakai kartu. tapi pengalaman suhu asep bisa saya jadikan referensi apabila saya butuh berinternet ria pake kartu kelak

      Delete
  4. memang sangat paten speed telkomsel, namun alhamduliilah mahalnya pak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Intan Sudibjo : Hiehiehie iya sebenarnya harga sih relatif. Jika perlu cepat, atau ada keperluan mendesak perlu akses kuenceng, harga bisa jadi tidak ada masalah. Tapi masing masing orang punya prinsip dan pandangannya masing masing

      Delete
  5. XL emang payah.

    *pernah ilang pulsa gara2 disedot internetnya XL

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rie Rie : Nah itu dia. Pernah waktu itu saya daftar paket Hot Rod 200 MB seharga Rp.10.000,- masa untuk 7 hari. Begitu saya cek di XL personal info secara online kuota kosong.

      Saat itu pulsa saya masih sekitar 15 ribu perak. Nah saya langsung BUY PACKAGE secara online dari XL Online itu juga. Begitu proses selesai, ternyata EROR Pulsa sudah ke sedot 10 ribu tadi. Oalaaaaa kok jadi gini

      Next time, saya keluarkan kartu dari MODEM , lalu masukkan kartu SIM ke BB dan STOP LANGGANAN dahulu di paket tersebut. Setelah ada konfirmasi STOP LANGGANAN berhasil, maka saya pun BELI PAKET itu dan berhasil.

      Delete
  6. saya dong pake 3.
    nggak pernah ngeluh, di rumah, di jalan, di mudik, maupun di kantor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : HIeiheiee keren keren dah. Siapa dulu bang Zach.. Topppppppppp

      Delete
    2. yang keren 3-nya Kang

      Delete
  7. walah kaya pengalaman ane mas,,, hehhehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya kah? Heihiehiehiehel Asyik nih bisa berbagi hiehiehiehiee

      Delete
  8. masing2x kartu memiliki keistimewaan sendiri kang, kebetulan aja pas kartu yg dipakai koneksinya jelek

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak....harus pintar2 memilih :D

      Delete
    2. @Mba Iis : Sebenarnya banyak faktor mengapa koneksi MODEM itu lelet. Saya pernah menanyakan hal ini kepada salah seorang teknisi jaringan Pemda Kalimantan Barat. Salah satu faktornya adalah frekuensi user yang Online saat itu dan juga lokasi BTS nya

      @Kang Zeer El-Watsi : iya benar sekali

      Delete
  9. Kalo saya di kantor ya nebeng pake internet kantor mas hehe
    Tapi kalo di rumah saya pake im3 aja, soalnya dari sekian banyak provider, im3 termasuk yang paling cepet di rumah.

    Bagi saya yang terpenting adalah sinyalnya, yang kedua baru bicara harga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Segate : Wah ini masukan juga nih. Harga memang tidak terlalu dipikirkan jika kecepatan yang diutamakan. ATau ada pertimbangan tertentu yang mendesak misalnya, atau sedang butuh koneksi internet cepat , soal Harga bisa tidak ada masalah

      Delete
  10. saya pakek aha esia bikin galau terus nih... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm masukan yang berharga juga bagi para Penggemar kartu Esia. Hmmmm. Tambah wawasan nih. Terima Kash

      Delete
  11. kalau saya masih pake smartfren aja mas, meskipun terkadang lemot, tapi masih bisa membantu saya mas untuk ngonline dan ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Imam Boll : Wow masukan yang baik sekali. Hiehiehiehe. Jadi banyak referensi nih. Hmmm tinggal pilih sesuai kebutuhan aja ya

      Delete
  12. Kalau saya dari pertama ngenet saya pakai flexi kang, mau download mau browsing sepuasnya juga tetp 2500 perhari, tapi biasa kecepatannya, lambat nggak cepet nggak. lumayan tamba ngalamun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Azie Thea : IHeihiehiehiee. 2500 perak sehari ya. Hmmm . Kalau di XL ada tuh paket HotRod harian juga cuma koutanya kecil dan dibandrol harga 3 ribuan juga

      Delete
  13. xl cuma buat kriiiing ajah....
    klo inet pake cap tiga pak....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah seru seru. Kalau saat ini sih XL dipake buat kriiing dan Ngenet. Cuma ya itu karena nomor hanya satu kartu aja ya gantian gntian. Kalau mau ngenet kartunya dilepas dan dipasang di MODEM

      Delete
  14. Hmmmmm... saya masih setia pake Esia... speed standar utk ngeblog... quota 16GB seharga 100ribu sebulan,, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woawwwww 16 GB sebulan hanya 100 ribu rupiah Wiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih buanyak sekali hiheiheiee. Itu keren keren. Hmmm. Menarik menarik

      Delete
  15. Wah saya dulu pakai internet spee*y pak untuk internetan. Hanya dengan berlangganan bulanan sebesar 220 ribu per bulan. Koneksinya bener-bener ngebut banget sampai bingung ingin mengakses apa dan bingung ingin mendownload apa hehe :D Tapi kemudian lama kelamaan kok akses internetnya sering putus-putus getu nggak jelas. Ada hujan dikit putus. Ada listrik mati juga ikut putus. Nggak ada apa-apa juga sering putus. Sehingga saya sering kali bolak balik dalam satu minggu ke kantor tel*om untuk menanyakan masalah itu. Hanya 3 bulan saja pakai internet itu. Setelah itu sudah tidak lagi, soalnya kapok hehehe :D sekarangs saya pakai nya modem aja, pakai kartu smartpreet. Alhamdulillah lancar banget nggak ada masalah. Tapi agak boros sedikit sih, soalnya pakai internet kuota 50 ribu untuk 3 GB hehe :D

    ReplyDelete
  16. Koneksi internet memang suatu hal yang vital ketika ngeblog ya pak. Jadi diuasakan koneksi nya lancar dan kalau bisa juga ngebut hehe ^^

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia