Sudah Saatnya Berbisnis ONLINE


Catatan Asep Haryono

Sebelumnya saya mengucapkan Alhamdulilah kepada Allah SWT Maha Pemurah dan Maha Kaya yang sudah memberikan kepada saya sekeluarga berkali kali mencatat sukses dalam meraup pundi pundi rupiah dan sen sen American Dollar.

Semuanya, baik dari program Paid To Click (PTC),  Sponsored Review , Adsense Camp, dan Google Adsense memang sejenak membuat saya terlena betapa nikmatnya bisa "panen" dari Internet. Selain itu usaha bisnis yang saya jalankan yang berbau Internet juga sudah menunjukkan hasilnya. Namun demikian saya merasakan apa yang saya alami ini lebih bersifat "passive income".  Mangap eh maaf kalau saya kurang paham dalam bahasa Ekonominya, yang penting sama sama ngerti aja lah hiehiehiehiehiee.

Sebagai contoh yang real adalah usaha jasa saya membuatkan website atau blog untuk klien, semuanya datang dari apa yang dinamakan sistim pemasaran "mouth to mouth system" alias bisnis dari mulut ke mulut. Sebagian orang mengatakan teknik marketing (pemasaran) dengan pola "dari mulut ke mulut:" itu lebih efektif dan cepat :"menyebar" kemana mana. 

Hal ini agak kontas dengan pedoman yang dipake orang selama ini kalau marketing dengan Sosial Media (blog, internet, facebook dan twitter) membuat informasi produk kita terkenal. Mana yang benar? Saya rasa dua duanya juga tidak salah untuk dicoba bukan?.   Nah karena sering kali ada orang yang datang tanpa saya kenali sama sekali minta tolong dibuatkan website atau klien, saya langsung berucap Syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT. Walau diucapkannya di dalam hati saja.


GAYA : Ini cuma gaya aja. Duit dari kawan kantor yang saya pinjem buat gaya. Nah bayangkan jika bisnis anda berhasil gemilang, Tentu akan banyak uang mengalir ke kocek anda. Wow. Aminn. Foto Asep Haryono

BISNIS : Inilah portal Jasa Buat Web atau Blog yang masih dalam tahap pengerjaan atau istilah kerennya Under Construction. Hiehiehie. Gaya e    

Tanpa mengurangi rasa hormat akan niat iklhas dari calon klien website saya itu, saya jadi bertanya dalam hati dari mana orang itu tau kalau saya punya usaha kecil kecilan membuatkan webite atau homepage.  Beberapa dari mereka saya tanyakan hal ini sekedar basa basi saja. Jawabannya cukup mengejutkan kalau orang itu dapat kabar dari si "FULAN"  (bukan nama orang ya-red).  Nah si :"fulan" ini adalah salah satu klien yang sudah saya buatkan.

Hal ini jadi timbul pertanyaan dalam hati saya. "Benarkah informasi dari mulut ke mulut" ini bisa menjadi besar dan besar?  lalu sampai kapankah saya harus "duduk manis" menunggu Ubi jatuh di depan saya.  Maaf sudah bukan menunggu Durian jatuh lagi. Sekarang tahun 2013 sudah diganti sama Ubi.  Nah kalau menunggu Ubi Jatuh terus tentu ini tidak optimal ya, Bagaimana kalau giliran saya saja yang menjemput Ubi.  Nah dulu menjemput BOLA , sekarang bOla sudah diganti juga sama Ubi.   (Asep Haryono)

37 comments:

  1. Kang Asep kerjanya nggulungin duit melulu.
    mantep Kang, juara tuh namanya.
    besok traktir kita-kita makan klepon yang suka lewat depan rumah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiheiheie iya kah hieiehiheiee

      Delete
    2. saya mau juga Pak...kleponnya banyakin kelapanya ya...

      Delete
    3. kleponya yang bisa mrocot ya kang

      Delete
  2. Semoga sukses dengan usaha dan bisnisnya sahabat aamiin

    ReplyDelete
  3. from mouth to mouth, long time-long time become as mountain.

    ReplyDelete
  4. Pak Asep kalau sumuk, kipasan pakai duit...hmmmm...top banget ya...

    maaf Pak, komen ngaco karena belum baca sampai tuntas nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiheie eiya kah? hieiheiehe. Sumuk itu apaan ya? iehiehiehiee

      Delete
  5. bisnis online, bingung produk apa yang akan dipasarkan ya, nunggu yang pakai klik-klik nggak sabar atau klepon dionlinekan kan nggak mutu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiwehiehie untuk urusan KLEPOn enaknya konsultesien sama Bang Zachflazz

      Delete
  6. kang asep memang siip...nanti kalo saya minta dibuatin web, diskonnya 90 persen ya kang, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiehiehiehiehiee. Ih jadi malu
      *mlorotin celana*

      Delete
  7. saya rasa ada impak nya sendiri sendiri kang, yang dari mulut ke mulut, bukan berarti adu mulut lho ya, gethok tular, itu memang lama dan hasilnya akan ada pelanggan setia, atau intinya pelanggan dari gethok tular itu lebih lengket, awet dan setia, bahkan rela memasarkan punya kang asep.
    sedangkan jika explosive melalui iklan atau marketing lainnya, paling rame cuma beberapa tahun atau menang di gebyar aja, yang setia bisa di hitung kang, itulah salah satu yang saya ketahui dan rasakan. tidak ada penelitian ilmiah sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar juga ya. Hmmm menarik juga analisa bang Agus Setya

      Delete
    2. setia seperti namanya...

      Delete
  8. sekali dua kali dapet order dapet duitnya segitu banyak, mau juga dong kang...ajarin dan bagi ilmunya atuh.

    ReplyDelete
  9. Salut sama Pak Asep, master bisnis online,. ajari saya pak supaya bisa sukses di bisnis online. Bagi-bagi tips nya donk. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya kah? HIhiheiheiiee wah sama sama belajar

      Delete
  10. ubinya ubi cilembu ya mas? hehehe..
    keren deh bisnis onlinenya..
    mau donk lemparin selembar duitnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIheihee boleh boleh.
      Hap tangkap ya hiehiheiheiee

      Delete
  11. wah bikin ngiler tuh uangnya #mataduitan #normal

    ReplyDelete
  12. semoga lancar bisnis on line nya.
    kapan ya saya bisa bisnis on line...

    ReplyDelete
  13. mantap mas bisnisnya semoga uang yang merah-merah itu bisa jadi kenyataan yah mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Amin Amin Aminnnnnnnnnnn

      Delete
  14. wah hebat pak Asep, sukses terus pak
    ajarin saya dong pak, blog saya masih gitu gitu aja,biar bisa py ikan eh iklan hehe

    ReplyDelete
  15. Kok ubi sih? Bukannya singkong ya?

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia