NgeBloG Juga Perlu Keikhlasan

Gambar dari Internet
Catatan Asep Haryono

Pernah suatu ketika seorang blogger menegur saya dengan indahnya "kok sekarang sudah jarang keliatan Blog Walking" nya sih.  Teguran halus ini terasa bagai palu godam yang meghantam kepala saya karena begitu tepat sekali menohok jantung tangan saya. Heheheh rupanya bukan cuma Jantung Hati aja ya sekarang tangan aja punya jantung ck ck ck ngarang bener sayah, Ngaco mode on
 
Lantas apakah saya harus berdiam diri dengan teguran ini wah tentu saja tidak. Saya jadi terpecut untuk kembali aktif menjalin tali silaturahmi sesama blogger dengan BlogWalking dan ngeblog seperti yang sudah sering saya lakukan dalam minggu minggu dan bulan bulan sebelumnya. Kenapa memang sekarang jarang saya jadi lebih sering jarang BW (Blogwalking), yah biasalah jawaban standar  "lagi sibuk pekerjaan nih". Hahahaa kok pekerjaan jadi alasan oleh sayah ya, kan kasian juga si pekerjaan nda salah apa apa dijadikan Kucing Hitam eh salah kambing hitam.

Apa Yang Salah Dengan NgeBlog?
Hahaha kalaw tulisan ini sampai terbaca sama "mantan" bos JPNN yang sekarang menjadi Menteri BUMN Mr Dahlan Iskan sudah pasti saya akan dijewer karena lebih fokus ke blogging daripada menomor satukan pekerjaan kantor yang sudah jelas memberikan penghasilan dan gaji daripada aktifititas Blogging. Salahkan himbauan yang pernah menjadi orang nomor satu di Group JPNN Surabaya itu? Tentu saja tidak. Beliau memang benar sekali.  Tapi  Apa yang salah dengan Blogging?

Tapi beliau lupa bahwa Blogging juga bisa memberikan penghasilan dalam arti kata bisa menghasilkan uang, duit, fulus, arto (Bahasa Jawa), money nah. Hanya saja mungkin dalam konteks pemahaman beliau GAJI atau Uang jauh lebih pasti diperoleh dari penghasilan dari kantor dalam bentuk salary alias gaji baik bulanan maupun berkala.

Kepastian memberikan penghasilan tetap itulah yang menjadi parameter beliau yang memandang ngeblog atau aktifitas menulis di blog tidak berpotensi mendatang uang dari gaji bulanan seseorang sebagai karyawan. Saya melihat statement beliau pada konteks profesi wartawan. Saya bukan wartawan, tapi senang menulis.  Jadi himbauan Mr Dahlan "Demi Indonesia " Iskan ini tidak kena sama sayah.  Menurut pandangan Mr Dahlan, wartawan sebaiknya fokus membuat  tulisan buat korannya saja yang sudah jelas memberikan gaji dan penghasilan tetap kepadanya bukan  ke blogging.   Itu untuk wartawan, bukan untuk saya.  Saya bukan Wartawan

Ilustrasi Asep Haryono


Beliau bilang kalaw wartawan menulis di blog pribadinya lebih moncer ketimbang buat korannya saya rasa masuk akal juga. Sebab fisik yang sudah terkuras karena mencurahkan seganap daya pikirnya di blog pribadinya menjadikan sang wartawn mengalami kelelahan (exausted) sehingga tidak optimal lagi dalam menulis buat korannya. Saya hargai pendapat beliau demikian, karen semua orang bebas menyampaikan pandangan dan pendapatnya bukan? Itulah demokrasi.  Perbedaan pendapat adalah hal yang indah. Saya tidak mau berpolemik di sini karena bisa menimbulkan huru hara di sana sini hheiheiheie.

Kita Tidak Sendirian
Saya memang orang kemarin sore dalam dunia persilatan Blogging  dan saya lihat dari aktifitas Blogging ke sana kemari alias BlogWalking saya melihat betapa heterogennya profesi Blogger dari A sampai Z.  Dari pelajar sekolah SMA, Mahasiswa Perguruan Tinggi , Karyawan Swasta, Pegawai Negeri Sipil, Ibu Rumah Tangga, Pengusaha Muda , Pedagang  dan lain sebagainya. Mereka aktif di masyarkat dan menjalankan fungsinya tapi mereka juga blogger.  Wow. Amazing

Dari kunjungan BlogWalking ini banyak manfaat yangbisa kita petik. Banyak yang ditulis dan dibagikan orang kepada dunia mulai dari pengalaman pribadi, cerita lucu, berbagi tips kesehatan, sharing ilmu pengetahuan informasi dan hiburan, teknologi informasi, Wisata Kulier (resep masakan), bahkan sampai pada hal yang remeh sekalipun dan kesemuanya menjadi kita semakin cerdas dan menambah wawasan. Ternyata dunia itu luas. Kita bisa banyak menyerap informasi dan menimbal ilmu dari tulisan orang lain.

Ada banyak orang di luar sana yang bisa "melihat" dan mereka akan "menemukan" kita di mana saja berada.  Dari postingan itulah mata dunia akan melihat kita, sekali kita memposting ke blogging, maka berita kita akan tersebar ke mana mana ke seantero dunia.  Luar biasa dampaknya.  Dalam dunia marketing, informasi dari mulut ke mulut (mouth to mouth system) jauh lebih berhasil .

Betapa senangnya jika hasil tulisan postingan kita diblog mendapat komentar dari orang atau pengunjungnya, rasanya di awan awan. Serasa bagai selebritis kalaw begini mah. Tapi yang jelas ada kebanggaan jika tulisan di blog mendapat komentar dari orang lain, dan itu berarti tulisan kita dihargai orang, ditemukan orang.

Semua aktifitas blogging dan atau blogwalking perlu dilandasi dengan niat yang tulus serta ikhlas. saya mengaku suka tidak ikhlas dalam memberikan komentar yang sesuai  ide dari sang penulis blog (blogger) dan terkesan "gugur kewajiban" atau  spamming seperti  "thanks ya udah sharing", "nice posting" , "mantaf gan" dll.  Hiehiheee.  Saya mengkritik diri saya sendiri yang sering melakukan spamming komentar, dan lebih sering ngaco komentarnya.  Hieiehiehie. Ngaku e. Hiheiheiee.  Maafkan diri ini ya hiheiheiheiee

Nah berbahagialah jika blog kawan kawan sudah "dilirik" orang  dan tinggal memanfaatkanya saja sebagai media promosi yang sangat efektif sesuai dengan kemauan dan kehendak kita semua. Hal itu menandakan bahwa kita tidak fana di dunia maya ini dan sekarang kita sudah bisa menjadi "dedemit maya" juga dan jangan heran kalaw banyak orang "gentayangan " ke sana kemari melalui blogwalking.  Hiyyyy  (Asep Haryono)

26 comments:

  1. hohoho
    nice info gan...xixixiix
    alamat dipentung kang asep nih...
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaaaaaaaaakakakakakakaka.
      Pisssssssssssssss

      Delete
    2. Tenang, ceu...
      Pak Asep pentungannya kecil kok. Yang gawat itu kalo mang lembu. Mentung sih engga, tapi dilempar ubi berikut keranjangnya...

      Delete
    3. @Rawins : Hiheiheiheihieee. Kalau mang Lembu mentung nanti saya bawain sekeranjang Klepon nya bang Zahcflazz atau bang Roni. Hiheiheiheiee

      Delete
    4. jangan mau kalah sama mang yono dong. sok aplut foto pake baju satpam, baru pada percaya pak asep punya pentungan :D

      Delete
    5. Pentungan macam macam ada nih. Mau pentungan yang aseli milik bangsa dan negara juga ada iehiheiheiheiheiee. Apa coba?

      Delete
  2. setiap orang mempunyai kesibukan masing-masing yang memang tak bisa disebutkan baik itu pak Asep, saya , maupun yang lainnya, jadi kalo gk BW satu atau dua hari ya wajar saja, tapi kalo udah satu minggu itu sih masing-masing. btw tulisannya seru pak Asep, sampe bawa-bawa menteri BUMN segala ckckck :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah hiaaihaiiaa. Itu Menteri BUMN adalah bos saya juga di Grup Jawa Pos News Netwiork. Tenang saja. Hiheiheiheiheehiehe Insya Allah beliau hadir di Pontianak dalam waktu dekat. Kami para relawan Dahlan Iskan akan menggelar tumpengan rakyat untuk pemenangan Dahlan Iskan sebagai Calon Presiden

      Delete
  3. saya ikhlas kok Pak, datang kemari...

    # hehe, kayaknya juga bakal kena pentung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaiheiheheiheihiehiehiehee
      iehiehiheiee Uhuiiiiiiiiiiiiiiiiii

      Delete
  4. Aku mah sesempatnya aja pak
    Sempat nulis ya nulis, ga sempat yasudah. Ada waktu buat jalan-jalan ya jalan engga juga ga bikin bisulan.

    Aku juga ga terpaku dengan falsafah lu follow gue folbek, lu komen gua komen balik. Ini soal berteman, bukan itung-itungan bisnis

    Saat waktu mepet, aku lebih mentingin balas komen masuk ketimbang BW. Bagaimanapun mereka tamu yang musti disambut. Masa di rumah banyak tamu, malah dicuekin ditinggal keluyuran..?

    Tapi itu prinsip pribadi, pak...
    Tidak sepakat sangat diperbolehkan
    *semoga ga dihapus hahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya salut dengan motto Mas Eko alias Mas Johan Budi alias Mas Rawins ini. Dibaca atau tidak yang penting menulis. Sungguh suatu motto yang benar benar Ikhlas dalam prespektif saya. Orang mau datang ke blog kita atau tidak , kita still tetap menulis. Saya harus belajar lagi dari mas Rawins dalam hal ini.

      Delete
    2. lihat aja jurnal jurnal beberapa tahun lalu. ada kali 3 atau 4 tahun jarang dikomenin orang. tapi itu bukan alasan untuk berhenti menulis, wong niatnya memang buat ngeluarin unek unek di kepala doang...

      sekarang aja komen komenan bisa jadi bahan penyegaran. kalo dulu mah repot ga bisa oot. blogger bawaannya serius semua. menyebalkan, haha...

      Delete
    3. Hahahah iya bener sekali. Ini khan blog, jadi saya rasa kaidah kaidah jurnalistik bisa dipakai bisa juga tidak. Sejauh itu bisa dipahami dan dimengerti tidak masalah. Galau juga kalau pada serius semuanya hiehiheiheiheiheiheheiee

      Delete
  5. Sepakat sama opini pak asep. Blogging memang butuh keikhlasan ya pak. Tidak hanya dari segi saat blogwalking saja (mengomentari-red) blog orang lain saja, melainkan juga kalau ada orang yang meng-kritik tulisan kita. Kita harus bisa menerima nya dengan lapang dada. Karena itu juga demi kebaikan kita untuk masa yang akan datang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya benar sekali. Kadang kalau saya harus Blogwalking saya ingin hati ini dibersihkan dahulu. Dijernihkan dahulu niatnya. Apakah niat BW sekedar "gugur kewajiban" dengan memberikan komentar normatif (spamming). Atau memang benar benar ingin belajar sesuatu dari tulisan penulis blog lain. Saya harus bersihkan hati saya dahulu sebelum melangkah ke blog orang lain

      Delete
  6. wuich,,,,, serasa di awan",,,, naik apa pak? ntar jatuh lo,,,,,,

    hehehehehe,,,,,, ngeblog emang banyak manfaatnya,,, selain dpat info,ilmu,pengetahuan baru jga pasti teman" baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. @MaYa KaYLa : Hiehheiheiheiee wah wah kalau naek ke awan pasti tinggi cekaleee

      Delete
  7. Anonymous2:44:00 PM

    wah artikelnya menarik banget,,,
    Ane suka nih Orisinil dan di kemas dengan kata2 dan bahasa yang sedikit humor...
    Memang ngeblog bisa dapet duit,,
    Pernah sih jualan Online sebenernya lumayan juga Incomenya,,tapi bingung membagi waktu,, ya jadi mundur tanpa kalah perang hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Terima Kash. Wah jualan online nya sudah dimulai ya. Wah itu harus dikembangkan tuh soalnya bisa prospek untuk menjadi pundi pundi penghasil uang kelak

      Delete
  8. Blogwalking nih, Pak... :D

    ReplyDelete
  9. saya ikhlas pak komen disini hehehe
    memang pak kalau baca blog itu rasanya kaya makan lotis campur campur manis asem asin segerrr semua
    seneng bisa mengenal banyak pemikiran orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iYA bene sekali. Seperti sedang mengikuti kuliah umum ada banyak ilmu dan informasi yang disebarkan oleh para penulis blog, jadi dengan blogwalking ini juga bisa saling mencerdaskan hehheheiheiee

      Delete
  10. hehe, menggelitik Kang. mengena banget kupasannya

    ReplyDelete
  11. Hahah Mas Asep aja bukan wartawan apalagi saya. kalo menurut saya ngeblog suka-suka yang ngeblog mau blogwalking atau mau posting aja atau mau dihapus blognya, namun yang jelas silaturahmi seama blogger itu yang tidak boleh putus sipppp

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia