Lomba Desain Blog Kubu Raya-HIPMI 2013 Sukses Digelar

Catatan Asep Haryono

Alhamdulillah gelaran even Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang berjudul dan berisi Kubu Raya - HIPMI Expo and Fair 2013 memang sudah resmi ditutup secara resmi pada tanggal 15 Juni 2013 yang lalu, namun Alhamdulillah saya berhasil mendokumentasikan beberapa foto even kedua tersebut mulai dari ajang Pameran Kubu Raya-HIPMI Expo and Fair 2013 itu sendiri hingga kepada ajang lomba lomba di dalamnya.

Salah satu even lomba yang berhasil saya dokumentasikan dengan baik adalah lomba Desain Blog Kubu Raya-HIPMI Expo and Fair 2013 yang digelar pada hari Selasa, 12 Juni 2013 yang baru lalu.   Sayang sekali saya tidak sempat menggali informasi lebih jauh mengenai komposisi, daerah asal, nama lembaga atau jumlah peserta yang ikut dalam lomba Blog Kubu Raya-HIPMI Expo and Fair 2013.  Namun dari foto foto yang saya unggah nanti kawan kawan bisa memperkirakan berapa jumlah peserta yang ikut di ajang lomba desain Blog ini.

Walaupun syukur Alhamdulillah saya Juara I dalam lomba Desain Blog Kubu Raya-HIPMI Expo and Fair 2013 yang digelar ini, namun ada baiknya saya ceritakan sedikit lengkap dengan dokumentasi foto fotonya yang berhasil saya rekam pada saat berlangsungnya kegiatan lomba tersebut.  Jadi dengan demikian kawan kawan semua bisa mengikuti bagaimana "jalan cerita" lomba Desain Blog yang saya ikuti tahun ini.

Tanpa Ada Presentasi
Lomba Desain Blog Kubu Raya-HIPMI Expo and Fair 2013 yang berlangsung pada tanggal 12 Juni 2013 yang lalu ini sangat berbeda dengan Lomba Desain Blog pada even yang pertama di bulan Juni , 2012 yang lalu yang mengharuskan para finalis melakukan presentasi.  Mereka yang sudah masuk finalis diharuskan melewati sesi presentasi di hadapan 3 (tiga) juri, dan  kemudian ditentukan pemenang I, II, dan III nya.

CEWEK : Agak jarang blogger wanita di Kabupaten Kubu Raya atau kota Pontianak pada khususnya. Kalaupun ada jumlahnya mungkin terbatas. Saya kurang tahu persis.  Foto Asep Haryono

IKUT LAGI :  Lihat cowok di sebelah paling kiri. Dialah Abdul Rohmansyah, Juara 2 Lomba Blog Kubu Raya tahun 2012 yang lalu.  Ikut lagi ya? Sama donk. Hihihihi.  Foto Asep Haryono

LUCU :  Blogger yang paling kiri ini menirukan gerak Kelinci kah? Unik aja. Takut di foto ya. Dengan mimik wajah seperti itu jadi lucu hiehieiheihee.  Foto Asep Haryono

KPK MANIA : Nah blogger yang ini memasang stiker warna merah bertuliskan berani anti Korupsi. Ahaaaa ini calon anggota KPK kita bisa direkrut nih hiheihee.   Foto Asep Haryono


"Tolong ya itu ayam jangan lupa dikandangin" kata blogger cewek yang sedang ber HP ria saat bertanding.  Kok bisa tau sih saya. Iya donk kan nebak nebak. HIheiheihiee.  Foto Asep Haryono


Pada
Lomba Desain Blog Pemda Kubu Raya Tahun 2012  , para peserta dipersilahkan mendesain di rumah masing masing, dan kemudian sesuai deadline menyerahkan atau mengirimkan URL blognya. Jika masuk dalam finalis atau masuk dalam finalis diharuskan melakukan presentasi. Pada waktu itu terdapat 25 (dua puluh lima) orang finalis dari sekitar 40 (empat puluh) orang peserta.  Dari 25 finalis itulah harus melakukan presentasi atas rancangan blognya, kemudian dipilih Juara I, II, dan III.

Pada Lomba Desain Blog Kubu Raya-HIPMI Expo and Fair 2013 yang berlangsung pada tanggal 12 Juni 2013 kemarin ini semua peserta on the spot langsung mendesain blognya di hadapan para Juri.  Lomba dimulai sekitar pukul 09.00 WIB - dan harus sudah selesai sebelum pukul 13.00 WIB.  Jadi dalam waktu sekitar 3 (tiga) jam para peserta harus sudah selesai dalam desain blognya.   Sedangkan gambar (image) dan postingan (artikel-red) dapat dipersiapkan sendiri di rumah masing masing.

Yang unik dari lomba Lomba Desain Blog Kubu Raya-HIPMI Expo and Fair 2013 yang berlangsung pada tanggal 12 Juni 2013 kemarin ini LOGIN dan PASWORD blognya diberikan oleh panitia. Jadi setiap peserta mendapatkan 1 alamat email GMAIL + passwordnya untuk memulai desain blognya di Laptopnya masing masing.   Menurut saya ini juga termasuk hal yang unik, dan mencegah terjadinya kecurangan diantara para peserta.  Sebagian besar peserta , yang saya intip , kebanyakan menggunakan platform Blogspot, sebagian lagi lainnya adalah wordpress dan lain sebagainya.


Akses Internet WIFI Yang Payah
Saat dimulai lomba Desain blog, saya mengambil posisi duduk di sebelah agak ke kanan di bagian depan. Tempat duduk saya bersebelahan dengan dua orang cowok. Sebelah kiri, saya lupa namanya, adalah peserta juga berkulit putih wajah ganteng (ternyata doi adalah Juara Pemilihan Duta Pariwisata-Kalbar 2013 - pantes aja wajahnya ganteng kayak saya.  Gubraak).   Sebelah kanan saya tidak jelas, mungkin juga peserta merangkap pantia, Karena sejak awal sampai akhir jam pertandingan doi ini nyantai aja hahahahaa.

Saya sempat bingun dengan koneksi WIFI yang disediakan oleh panitia. Dengan login dan password WIFI dari panitia, menurut pendapat saya koneksi internetnya payah alias agak slow, walau kadan slow banged. Membuka halaman depan Blogspot aja loading lumayan lama.  Lalu secara kebetulan saya memang sudah menyiapkan diri dengan Modem sendiri dengan paket Internet Dari Telkomsel -Paket Internet 20 ribu perak atau sekitar 600 MB gitu deh. Ternyata amat bermanfaat,.

Saya menggunakan modem sendiri untuk akses internet dalam situasi krusial semacam lomba desain blog tersebut tentu saya harus kebut dalam akses internet, maka saya memilih Telkomsel Flash-Internet paket Flashh Uptima 20 ribuan rupiah untuk masa 7 hari dengan 340 MB (170 MB + Tambahan 170 MB di Network 3G).  Nah keren sekali khan paket yang saya pilih ini. Ahaay. 

Saya geber habis habisan akses itu di ajang lomba ini, dan memang saya sangat puas dengan koneksi modem Internet dari Telkomsel ini.   Cukup kuenceng akses internet dari Telkomsel Flash Uptima ini. Two thumbs deh. Tunggu, peserta lomba desain blog memakai WIFI kok saya pakei Modem sendiri?   Ya tentu saya sudah izin sama panitia donk.  Namanya Bang Hasanuddin (Panitia lomba desain dari BSI-Pontianak). 

GAYA : Saya sempat serahkan kamera Nikon Coolpix 12 Piksel saya ke panitia."Mas tolong donk djepret ya, biar bisa jadi dokumentasi aja" kata saya waktu itu.  Dadaaaaaaaaaa. Klik. Gaya

MENANG : Inilah draft rancangan blog saya. Bisa dilihat di sini tampilan blog aselinya.  Saya masih menyimpan file aseli, gambar, dan script rancangan saya ini.   Foto Asep Haryono
PINJAM :  Thanks buat Gunawan yang sudah meminjamkan Laptopnya untuk saya gunakan dalam lomba desain blog Kubu Raya-HIPMI 2013 ini. Gelar juara I ini adalah milik mu Gunawan.  Foto Asep Haryono


Karena saya sudah pernah Juara I dalam lomba Blog Pemda Kubu Raya-BSI tahun 2012 yang lalu, jadi bisa dikatakan saya cukup hafal "medan" dan "juga apa yang diperlukan" untuk menghasilkan desain blog yang baik dan bagus menurut ukuran saya.  Saya harus menampilkan desain Blog yang harus menampilkan "sesuatu yang baru" yang belum pernah saya buat dalam lomba blog Kubu Raya Tahun 2012 lalu misalnya penggunaan Map (google Map) dan juga Video Youtube Player

Sedangkan dalam desain blog ini saya masih tetap menggunakan TEMPLATE andalan saya dengan format 3 baris 2 kolom.  Permah liat bentuk website DETIK COM nah.  Desain format seperti itu yang saya suka yakni 3 Baris 1 kolom yang terdiri atas Navigasi Kiri, Content di tengah dan navigasi kanan.  Lalu di atasnya Banner Blog, dan dibawahnya kosong atau ada Banner putup.  Nah itulah format blog yang sering saya pakei dalam ajang lomba blog karena itu format kesukaan saya. Hahahaa buka rahasia nih saya hiehiehiehiehiheiheie.

Saat itu jam menunjukkan pukul 12.00 WIB, berarti saya masih ada "sisa" waktu sebelum jam 13.00 WIB, dan walaupun saya sudah kelar alia sudah selesai, saya masih duduk duduk sambil memeriksa kembali rancangan desain blog saya saat itu. Mulai dari pengecakan ulang tautan (LINK-red) agar saat diklik muncul URL nya dan tidak broken link.  Tes kecepatan image (gambar) loadingnya cepat atau tidak. Kalau lamat file gambarnya diperkecil dan lain sebagainya.  (Asep Haryono)


FOTO FOTO TAMBAHAN

Berita selengkapnya
PEMENANG : Yang berbaju putih sebelah kiri saya itulah Bupati Kubu Raya Bapak Muda Mahendrawan. Foto ini diambil oleh anak saya, Abbie.


Inilah Piala Juara I Yang saya peroleh



41 comments:

  1. Semoga sukses dengan lombanya ya pak Asep.., nampak semua kelihatan tegang. menang kalah itu biasa dalam sebuah pertandingan. Yang penting kita bisa belajar pengalaman dari lomba tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi saya belum pernah lomba desain blog, soalnya gak pinter. kalau lomba balap karung sama makan krupuk saya pernah pak..

      Delete
    2. @Boku No Blog : Lombanya sudah sukses mas. Ini rekaman kegiatan saat saya bertanding lomba desain Blog. Saya keluar sebagai juara I. Jadi tulisan ini hanya "memory" atau kenangan saja. Lombanya sudah sukses mas Alhamdulillah

      Delete
    3. @Boku No Blog : Wah kalau lomba balap karung saya nda pernah menang. Biasanya saat momen 17 agustusan selalu digelar lomba lomba seperti ini. Kalah terus. Tapi kalau lomba makan kerupuk biar nda menang, tapi kenyang makan kerupuknya hihihihhie

      Delete
    4. saya pengin lomba balap karung melawan mas boku.

      Delete
    5. Kalau jadi bertarung balap karung sama mas Boku, yang jadi jurinya siapa donk? Hadiah apa juga donk? Kalau hadiahnya klepon boleh juga nih hieiehieiehiehieiehheiee

      Delete
  2. kang asep judulnya kok 2003 apa memang tahun pendirian hipmi apa memang perlu di edit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya : Wah wah saya jadi salah ketik ya hiehiehiee. Wah terima kasih atas koreksiannya ya bang Agus Setya. Terima kasih. Koreksi bang Agus luar biasa. Hal sekecil ini tak luput dari pantauan bang Agus. Artikel sudah diperbaiki. Terima Kasih atas masukannya

      Delete
    2. diedit sampai blog saya berubah bagus kayak kang asep

      Delete
    3. Whahe ehieeehiehiee iya kah? Kalau yang edit hasilnya bisa kacow balau. Karena apa? Ya karena saya jeroji sama orang hebat dan berprestasi nasional seperti bang Zachflazz. Saya pasti nunduk dengan wajah tersipu malu hieiehiheie

      Delete
    4. ahh kang asep, bikin saya pengin pipis ajah

      Delete
  3. setelah tamat baca ternyata seru juga ikut lomba desaain blog seperti lomba pada umumnya, jadi serasa dalam lomba blog nih kang baca tulisan kang asep. tapi kriteria penilaian itu apa saja ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya : Yang menjadi kriteriannya ada dalam brosur lombanya. Tapi sepanjang yang saya tahu kriterianya sebagai berikut : Bentuk font (pemilihan font), kesesuaian antara judul blog dengan isi (kontent), tautan blog (Hiperlink) harus mengacu pada potensi Kubu Raya , konsistensi dan arsitektur rancangan blog. Untuk lomba kali ini artikel blog (postingan) bukan yang utama.

      Delete
    2. dan yang pasti, blognya harus bergambar panci

      Delete
    3. Masih ada kriteria lainnya yakni Interaktifitas. HIehiheiheie. Wah wah kalau blognya bergambar panci pasti website atau blognya KPK. Oh ya Bli Kstiawan SMS saya nanyakan profil atau VISI MISI Blog KPK ya saya jawab saja bahwa jawaban saya sama persis dengan ulasan kawan kawan KPK lainnya

      Delete
  4. wah seru banget kang Asep, selamat sudah jadi campium-nya, maaf baru mampir lagi kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru mampir nggak papa yang penting lama mampirnya

      Delete
    2. @Muroi El-Barezy : Wah terima kasih atas kunjungannya. Saya yang malu juga karena jarang blogwalking ke blog atau website kawan kawan. Mungkin Insya Allah kelak suatu saat akan hadir seperti dulu lagi

      @zachflazz : Iya bener banged. Jauh dekat harga sama biar pun BBM sudah naik hiehiehiehiehihee

      Delete
  5. wah hebat ya bisa mengadakan lomba design blog seperti itu...jarang loh yg ngadain lomba semacam itu..komen back yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang, sejarang jaring buat nangkep ikan paus

      Delete
    2. @Rizal Ical : Iya kah? Benar kah demikian. Bisa jadi. Tapi kalau lomba atau kontes blog banyak bertebaran dimana mana. Mulai dari hadiah uang tunai, pulsa elektrik, buku buku, nah kan bisa saling ikut dan meramaikan kontes tuh hieiehieiehiehiehieheiee.

      @zachflazz : Ikan Paus pasti menang sama Lele. CUma Lele enak dibuat jus karena ukurannya kecil. Kalau Ikan Paus dibuat Jus pasti besar sekali ukuran gelasnya heheheheheheheee

      Delete
  6. ohh saya baru ngeh, ternyata lombanya itu dilaksanakan di tempat ya Kang? bukannya kita ngirim URL saja buat dinilai. wahh menegangkan juga tuh.. wahh, hebat emang koq. salut Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Iya bang Zachflazz. Ini lomba on the spot alias langsung mendesain ditempat. Sedangkan file gambar (image) dan artikelnya boleh dibawa atau disiapkan dari rumah. Menegangkan sudah pasti. Tapi saya pun pasti merasa tegang juga dan juga agak cemas mengingat waktu 3 jam disediakan terasa pas banegd.

      @Cilembu Thea : Wahahahahaa iya so pasti bang Zachflazz memang keren

      Delete
    2. keren memang Mamang Hadi

      Delete
  7. kang, apa resepnya buat jadi juara? harus dijawab dengan tanpa syarat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Zachflazz : Resep apa ya. Hmmm. Biarpun saya juara I selama dua tahun berturut turut untuk lomba desain Blog Kabupaten Kubu Raya ini (2012 dan 2013), saya tetap bingung kalau diminta resep juaranya. HIheihiehiee. Soalnya mengalir saja seperti air sih.

      Tapi saya coba jawab aja. Mungkin persiapan harus lebih baik, dan sedapat mungkin mematuhi ketentuan yang dibuat oleh juri. Ini unik juga karena pengalaman menunjukkan sering peraturan Juri malah dilanggar oleh juri sendiri, atau peserta yang lolos juri padahal tidak sesuai ketentuan juri.

      Semakin sering bertanding seperti ini akan menambah "jam terbang" kita. Yah namanya juga semacam game atau permainan. Menang atau kalah adalah hal yang biasa dalam pertandingan atau perlombaan

      @zachflazz : Iya benul eh betul sekali. Ganti gambar profil yang lebih keren hiihihihie

      Delete
    2. air memang sering jadi juara

      Delete
  8. liat draf blog sang juara....emang layak banget jadi no. 1

    besok2 sudah saatnya kang asep mah jadi juri...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cilembu Thea : Oh ya kah? Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah SWT. Sayang sekali LOGIN EMAIL dan Passwordnya sudah dipegang panitia pelaksana. Namun script , images, dan filenya masih saya punya, Sayang juga kalau nda bisa diapa apain. Kan ini rancangan desain saya juga, dan tidak ada draft atau MoU atas hak cipta blog ini sudah diserahkan kepada panitia.

      Tahun depan jika Pemkab Kubu Raya melaksanakan lomba serupa mungkin saya nda ikut lagi. Bukannya takut kalah, atau kemaruk mau hatrik juara I sampai tiga kali, tapi malu aja. Hiheiheiee. Mungkin saran dari kang Lembu bisa dipakai. Jadi juri aja hiehiheiehiehiehe

      Delete
    2. kang cilembu seksi konsumsi ajah

      Delete
  9. Kalau cewek yg dibelakang bupati itu sapa gan? bening kayanya tuh gan,,kunjung balik ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hair Celeb : Hahahahhaa kaget juga saya membaca komentar dari mu hiehiee. Wah view mu bagus juga ya, entah siapa yang dibelakang pak Bupati. Tapi kalau dicari tau dan ditelusuri pasti ketemu juga, dengan kontak ke panitia pelaksana hiehiheiheiee. Naksir nihyeee:PP

      Delete
  10. wahh.. kalo saya ikut bisa menang tuh,,,

    menangis kali

    ReplyDelete
  11. Wah..... saya harus lebih banyak belajar nih dengan Kang Asep. Biar ketularan. Selamat ya kang atas prestasinya.

    Salam wisata,

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia