Fungsi Twitter Dalam Blog Saya

Twitter Saya
Sebagai Breaking News Tercepat
Catatan Asep Haryono

Salah seorang pramugari yang bernama Ekaterina Solovyova dari sebuah maskapai penerbangan terbesar di Rusia akhirnya kehilangan pekerjaannya (dipecat) hanya karena “kicau” annya di social network Twitter yang telah mencoreng nama maskapai penerbangan tersebut. Ini hanya contoh saja.

Masih banyak contoh lain Twitter digunakan sebagai media untuk bertengkar dan berkelahi atau bahasa kerennya Twit War ah ada ada saja orang sekarang ini.  Ternyata bukan hanya Blog, dan FaceBook saja yang digunakan untuk fight atau berantem kini sudah menjalar ke Twitter. Besok apa lagi.  Saya tidak mau seperti mereka. Social Network bagi saya sebagai media untuk bersilaturahmi dan tukar menukar informasi.  Hiheiheiheiiee.  Gaya lu Sep.

Nah banyak kawan kawan yang memanfaatkan Twitter untuk berbagai keperluan baik untuk kepentingan promosi usaha, brand pribadi, sharing ilmu dan informasi, pertukaran link , publikasi kegiatan dan masih buanyak lagi lainnya. Menarik memang secara Twitter juga masih sodara sama blogging hanya saja karakter yang dapat diposting di social media Twitter terbatas hanya sebanyak 140 (Seratus Empat Puluh) karakter. Wajar saja Twitter disebut juga sebagai mini blog atau dalam bahasa kerennya Micro Blogging. Apa ada yang mau menambahkan? Silahkan jangan malu hiehiehiheiee.

Kawan kawan yang mampir di Blog saya ini bisa melihat Widget Twitter terpasang di navigasi sebelah kiri tentunya bukan?  Nah saya sudah memasangkan widget Twitter ini sejak beberapa minggu yang lalu.  Salah satu alasannya saya memasang Widget Twitter ini adalah sebagai postingan Blog tercepat karena hanya dengan menggunakan Short Message Service (SMS) dari handphone jadul saya sudah bisa "mejeng" di blog saya dengan mudah. Tanpa harus bukan akun Blogspot terlebih dahulu.

Praktis Dan Tercepat
Saya memanfaatkan Twitter dalam blog saya ini sebagai cara untuk memposting berita terhangat terbaru atau semacam Breaking News atau juga laporan pendek lapangan yang bisa tampil dengan segera di blog saya ini.  Salah satu alasannya saya memanfaatkan Twitter yang diintegrasikan dalam blog ini adalah sebagai "papan informasi "tercepat yang saya posting dengan hanya menggunakan SMS dari handphone jadul saya sudah sangat membantu.  Membantu dalam hal apa?

TWITTER :  Nah kotak "Papan Informasi" inilah yang saya pasang di Blog saya.  Papan info ini menggunakan Twitter, dan mosting Breaking Newsnya via SMS dari HP.  Praktis mudah dan akal akalan aja hiehiehheeie

Membantu para pembaca blog saya bisa tahu apa yang sedang terjadi tanpa harus masuk ke dalam Twitternya masing masing.  Jadi saya harapkan para pengunjung Blog saya bisa melihat berita terbaru (Breaking News) hanya dengan melihat kotak Twitter  di blog saya di sebelah kanan atas.  Dan saya pun tidak harus ke warnet, atau membuka akun blogspot untuk memposting berita pendek atau Breaking News. Dengan demikian para pengunjung blog saya bisa dapat info update dan fresh dari kotak hitam Twitter di blog saya tersebut.  Nah praktis bukan?  Hiheiheiheiheiee.

Tentu tidak gratis ya. Soalnya satu kali saya menTweet satu postingan via Twitter melalui SMS dari Handphone jadul saya kena charge sebesar Rp.110.- (Seratus Sepuluh Rupiah).  Nah ini jika mengirim SMS dari handphone saya.  Jadi saya bisa kirim pesan pendek 140 (Seratus Empat Puluh) karakter buat para pembaca blog saya dengan Praktis n mudah dan juga cepat dan langsung tayang di Blog. Karena kotak Twitternya sudah dipasang di blog saya di sebelah kiri atas. 

"Papan Informasi" berbasis Twitter
Nah ini dia inti nya.  Sebenarnya kotak Twitter dalam Blog saya berfungsi atau difungsikan sebagai "Kotak Papan Informasi" atau "Majalah Dinding" akal akalan saya saja. Yang mana untuk "mengisi" nya menggunakan SMS yang dikirimkan ke Twitter dengan nomor 89887.  Panjang isi beritanya hanya sebatas 140 (Seratus Empat Puluh) karakter saja yang diperkenankan.   Jika kelebihan maka akan muncul pesan error dari mbah Twitter "Oops! Your tweet was over 140 characters. We shortened it a bit. It now ends with ........... Nah yang dititik titik itulah penggalannya.  Jadi jangan lebih dari 140 karakter ya

Kok bisa pake SMS sih? Ya register dahulu donk. Daftar nomor Handphone mu di Twitter, dan jika sudah terdaftar maka akan mudah digunakan.  Jadi selain Twitter memang digunakan untuk NgeTweet, juga bisa dimanfaatkan sebagai "papan info"  yang dipasang di tampilan Blog saya. Hiheiheihieiee. Nah kan ini namanya Papan Info "akal akalan" dari saya hiehiheiee.  

Kapan memostingnya?  Dalam keadaan normal saya tentu tidak akan memosting "breaking news" melalui SMS karena selain kena charge sebesar Rp.110,- (Seratus Sepuluh Rupiah), juga nda lucu lah. Kok nda lucu? Yalah kalau keadaan normal ini adalah saat saya sudah di kantor, di kokpit saya memang sudah membuka semua jaringan internet termasuk Twitter.   Saya mosting "breaking news" untuk "papan informasi" akal akalan ini saat saya tidak di depan Internet,  namun ingin menyampaikan pesan untuk para pengunjung blog saya. Maka saat itulah SMS berisi postingan 140 karakter dikirimkan ke 89887.

Nah dimana pun saya berada sekarang, dan walaupun tidak terhubung dengan Internet, saya masih bisa menyampaikan laporan langsung *real time* dan atau informasi apa saja saya ingin pembaca blog saya tahu, maka saya gunakan SMS dan mengirim breaking news 140 kata melalui Twitter dikirimkan ke 89887.  Dan hasilnya muncul dalam blog saya. Begitu mudah, cepat dan praktis. HIheihieieiehiheie

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan artikel pendek saya hari ini adalah saya memanfaatkan Twitter hanya untuk memposting Breaking News atau informasi lapangan atau berita pendek sepanjang 140 (Seratus Empat Puluh) karakter yang dikhususkan sebagai papan informasi di blog saya.  Jadi untuk berita pendek, ataupun informasi pendek saya ini tidak perlu membuat postingan secara manual dengan membuka akun blogspot. Cukup posting saja di Twitter, dan saya pasang Widget Twitternya di blog dan bisa langsung tayang hieiehiheiheiee.  Nah praktis bukan?  (Asep Haryono)

34 comments:

  1. Anonymous1:04:00 AM

    bear grylls messer
    Also visit my webpage : bear grylls messer

    ReplyDelete
  2. Suka!, ini adalah salah satu bentuk pemanfaatan MedSos Mocro Blog yang tepat dan cerdas. Kang Asep ini memang setia kawan, selalu ingin memberikan informasi terkini dan menyapa sahabat-sahabat Bloggernya.

    Tapi sepertinya Kang Asep gak bisa diajak mensyen-mensyen-an ya kalo di twitter hehe...aku jadi malu mau polow twitter-mu Mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra : Pada prinsipnya Twitter kan MicroBlogging artinya ngeblog atau mosting hanya 140 karakter saja. Jadi info pendek ini saya coba akal akalin menjadi "papan informasi" yang cepat, pendek, dan langsung tayang di blog. Tanpa harus buka akun blogspot hanya untuk membuat sapaan.

      Maskud eh maksud lainnya adalah Blog ini "update" setiap saat atau setiap menit atau kapan saja sesuka saya. Walau informasi tayang diblog "hanya" 140 kata saja, dan itu munculnya di papan informasi "akal akalan" asya ini hiheiheiheiheiee

      Delete
    2. iya, bener Mas Rudy. beliau ini blogger yang setia kawan dan perhatian dengan itikad beiau ini. salut.

      Delete
    3. idem dengan pendapat mas Zac
      mas Asep memang seorang blogger yg baik,bijak dan pintar.

      semoga aq keularan pintarnya...mas asep dan mas zac

      Delete
    4. @zachflazz : Alhamdulillah, Segala Puji hanya milik ALLAH SWT. Terima Kasih

      @Reo Adam : Alhamdulillah, Segala Puji hanya milik ALLAH SWT. Terima Kasih

      Delete
    5. Mas Reo pinter. saya suka kepuntal-puntal kalo baca postingan beliau yang bahas soal tutorial. duhh.

      Delete
  3. widget Twitter sudah saya hapus. Sebenarnya bisa membantu untuk mempromosikan blog atau sebaliknya. Saya juga sering bertweet walau hanya sekedar melampiaskan amarah keadaan/situasi :D
    Sekarang diblog hanya menampilkan logo/link twitter saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : Oh ya kah? sudah dihapus ya. Iya benar sekali Twitter sangat bermanfaat juga untuk mempromosikan kegiatan atau aktifitas kita dan ataupun melaporkan situasi di lapangan melalui sosial media Twitter.

      Saya memanfaatkan itu semuanya, sekaligus juga di "akalin" sehingga bisa jadi mosting informasi 140 karakter dan di tayangkannya di "cantelin" di Blog

      Delete
  4. wahh, kalo saya nggak punya akun twitter nih Kang, haha... Tapi setidaknya ikut menerima manfaat dari titternya orang, hiehie..

    makan bubur yuk Kang.. hiehie

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Zac...aq punya akun twitter aja ga aq pasang,takut jadi gosip....hehe (resikone dadi wong gagah)

      mas Asep masih setia dengan twitternya yah....heee

      Delete
    2. @zachflazz : Kalaw saya sih kebetulan aja memanfaatjan Twitter untuk mempublish tulisan blog atau website sekaligus "mengundang" orang orang untuk datang berkunjung iheheiehiehiee. Maunya sih gitu. Walah makan bubur ya? horeee

      @Reo Adam : Huihahhahaihaia oh jelas Mas Reo Adam memang gagah kok, dari penampilannnya yang Macho. Iya masih aktif Twitteran ya cuma buat majangin promosi artikel dan tulisan aja. Jarang ada yang mereTweet hiehiheiheihieiee

      Delete
    3. wong gagah dilarang twitteran. hehe. makannya saya anti twitter, hiehie

      Delete
  5. Replies
    1. @sewa mobil disurabaya : Iya sama sama mas. Terima Kasih sudah berkunjung ya. Salam

      Delete
  6. ditunggu postingan berikutnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sewa Mobil Disurabaya : Wah namanya blog mas unik juga iheiheihieiee. Sepertinya bisnis nih sip mantaf narkotap eh markotops. Insya Allah tulisan dan artikel saya sudah siap untuk edisi tanggal 5 s/d 10 Nopember 2012 dan di set tayang ditanggal masing masing tersebut tepat pukul 00.00 WIB karena sudah dischedulle.

      Terima Kasih atas kunjungannya ya. Salam dari Pontianak

      Delete
  7. Replies
    1. @♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ : Oh ya jarang buka Twitter ya? Its oke kok :)))))))))))))))

      Delete
  8. gadget yang sangat bagus gan jadi headline news untuk info ya gan.oh iya hampir lupa kunjungan perdana ke rumah agan.
    banyak ilmu yang saya dapat disini,terima kasih info dan sharingnya.sekalian tambah sahabat saja gan/follow+like.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zigzoor Blog : Oh ya kah? Iya seperti membuat headline news yang dipasang di Blog, mudah dan sangat praktis ya. Seperti membuat "papan pengumuman" online yang mengirim data atau pesannya dengan menggunakan Twitter. Ini cuma akal akalan saya aja. Hiheiheiheie.

      Terima kasih atas kunjungan perdananya, silahkan mampir lagi karena blog ini diusahakan akan update setiap hari. Salam dari Pontianak. Kalimantan Barat

      Delete
  9. wah makanya harus hati2 kalo lagi berkicau ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sang Cerpenis Bercerita : Bener bangeds. Generasi sekarang memanfaatkan sosial media buat berantem, cari gebetan, dan juga gontok gontokkan. Padahul eh padahal banyak manfaat yang bisa kita petik dengan memanfaatkan jejarinh sosial media itu. Terima Kasih sudah mampir ya

      Delete
  10. hmmm... Saya malah blas gak pernah twitteran semenjak iklan saya di twitter minta upgrade... Hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Ihsan : Hiheiheie iya kah mas Ihsan? Wow, keren lah tuh memanfaatkan Twitteran untuk beriklan. Itu "sesuatu" banged.

      Saya aja jarang memanfaatkan Twitter untuk hal diluar bisnis dan pertemanan. Enak bersahabat aja hiheiheiheihiee. Terima Kasih sudah berkunjung ya mas Ihsan. Salam kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
  11. tweetmu harimau mu #eh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harimau atau burung?

      Delete
    2. @isti : Walah ada Burung atau Harimau nih? Dahulu saya pernah punya burung dan memeliharanya hingga beberapa bulan. Namun nda sanggup lagi, burung apa ya namanya burung Puter kali ya. Benarkah ada yang namanya Burung Puter?

      Delete
  12. wahaha, ceritanya memanfaatkan dan menggunakan twitter untuk kebaikan buat diri sendiri dan orang lain ya.. nice pak .. bgus banget idenya .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EY Surbakti : Hiheiheiiee ini cuma cara membuat "papan informasi" berbasis Twitter. Dengan kata lain membuat "papan pengumuman" yang ngarang saja dengan memanfaatkan Twitter. Hiheiheiheie. Secara saya gunakan Twitter sebagai media untuk menyampaikan informasi dan dipajang di blog, Ngakalin aja hiheiheiheiheiieee

      Delete
  13. saifudin abu izzudin9:44:00 AM

    salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @safudin abu izzudin : Salam super juga buat mu. Terima Kasih sudah mampir ke blog pribadi saya yang sederhana ini. Hiheiheiheie. Terima Kasih sudah mampir dan salam kembali ya. Siap ke TKP

      Delete
  14. Hoalah, jadi bisa tho pake SMS gitu apdet twitter...
    Aku udah lama gak pake twitter, pusing... @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Tebak Ini Siapa : Oh ya jelas bisa donk mba Una. Update Twitter atau bikin status Twitter via SMS bisa saja donk. Caranya mudah Ketik TW kirim ke 89887 nah kalaw nda salah sih hiheiheiheiee Mohon mangap eh maaf kalaw salah.

      Tentu ada biayanya, 1 (satu) kali kirim 14 karakter huruf ke Twitter akan dikenakan biaya sebesar Rp.110,- (Seratus Sepuluh Rupiah). Ini mahal memang. Beda dengan buat status di FB yang free alias gratis.

      Eh mba Una, saya punya foto foto boneka sondesip anak saya, Buanyak juga. Mau saya kirimkan ke email mba Una. Mau nda?

      Delete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia