Pengalaman Belanja CD Tutorial Online

Gambar depan Ilmu Website Store
Toko Store Ilmu Website
Oleh Asep Haryono

Selamat hari sabtu semuanya. Pada tulisan kemarin saya sudah paparkan pengalaman dalam berbelanja baju baju anak anak, wanita dan pria dari toko online Tanah Abang Dot Com yang juga ada versi dunia mayanya.

Saya sendiri pada awalnya kaget juga ternyata kreatif juga para pedagang baju dan pakaian sekarang tidak lagi mengandalkan jualan langsung di lapangan On the spot seperti kata Miss Syahdini.

Semuanya tergantung selera masing masing mau belanja cara online atau belanja langsung terjun bebas eh salah terjun langsung dengan mendatangi gerai gerai atau tokonya juga dipersilahkan. Banyak cara untuk memuaskan dahaga belanja kita (bagi yang suka belanja tentunya) dan saya sendiri sebenarnya bukan penggila belanja karena pada dasarnya memang kurang selera berbelanja.

Ya benar berbelanja karena memang barang yang diperlukan ada dan saya butuhkan saja baru melukan transaksi belanja baik di pasar tradisional, maupun lainnya. Belanja atau tidak belanja tetap terima kasih begitu kata slogan Jogger di Bali. Ah jangan sebut BALI donk, soalnya sudah pingin berangkat ke Bali lagi, namun masih menunggu kesempatan. Siapa sih yang tidak mau ke Bali dengan free alias gratis? Maklum saja saya termasuk Gretong Seeker alias pemburu gratisan. Anda suka gratisan? Berarti anda satu team sama saya hehehehe.

Tidak Mau DiTelpon. SMS Saja Katanya
Ada banyak memang toko toko online bertebaran di sana sini, dan orang bebas untuk memilih belanja di toko online yang mana, misalnya saja toko Buku Online yang sudah punya nama (papan atas kata orang) seperti toko buku Gramedia Online (Yang ini saya belum punya pengalaman belanja di Gramedia Online), Toko Kemana , Toko Jual Beli Bagus yang marak iklannya di TV Toko Bagus Dot Com , dan satu lagi toko yang mirip lirik lagunya Ayu Ting Ting yakni kemana dot com, dan masih buanyak lagi.

Silahkan aja kalaw mau belanja online di mana saja yang mudah , praktis, terpercaya , punya brand , harga terjangkau dan yang pasti tentu waspada tetap kita pegang. Di mana mana tentu banyak penipuan online di sana sini.

Jangankan belanja online, di inbox email saya saja sudah penuh "junk" tawaran tawaran belanja yang tidak jelas.  Saya sendiri sebenarnya tidak pernah menjadi member, registrasi atau berlangganan berita di situs situs belanja melalui email, tetapi kenapa email email tidak jelas (junk, dan spam) "berbondong bondong" ngantri di inbox email saya, mereka antre untuk  saya delet. Hehehe

Nah sekarang kembali kepada toko buku atau lebih tepatnya Toko Jual CD Tutorial Ilmu Komputer yang baru baru ini saya sudah berhasil belanja di sana dan terbukti benar adanya.   Saya sendiri tau toko jual CD tutorial ini juga hasil ngalap atau searching dari google, dan membaca testimoni mereka mereka yang sudah berhasil belanja di toko CD online itu.

Pada awalnya sama seperti yang lain , perasan skeptis, ragu ragum, dan juga sedikit rasa tidak percaya berkecamuk di dalam hati ini (Duile bahasanya).  Kata anak muda sekarang adalah perasaan Galau gitu deh (Lagi ngetop banged nih istilah "galau", jangan jangan nanti ada situs galau dot com). 

Setelah saya brosing (baca Browsing) dan ketemu nama itu, langsung saya baca baca menjelajah sana sini, dan memperhatikan cara pemesanan, cara pembayaran (method of payment) dan juga kontak yang bisa dihubungi.

Konon kata mereka yang sudah berpengalaman belanja online, untuk mengecek keaslian, dan kebonafidan alamat toko online adalah mencek alamat dan toko online itu , dan juga nomor nomor yang bisa dihubungi baik HOT LINE service atau nomor telepon Customer Service nya.  Jika bisa dihubungi berarti SAH kata penghulu.  Ooops.  Nah untuk Toko CD Tutorial ini agak nyeleneh saya rasa. Ada nomor CS Toko CD tutorial itu atau Nomor HP pemiliknya yang bisa dihubungi, namun ketika saya call tidak diangkat malah SMS yang saya dapatkan.

Gambar dari Internet

Belanja CD Tutorial di Toko Ilmu Store
"Maaf ini nomor hanya untuk SMS center saja" kata isi SMS dari toko CD Online tersebut, "Lha kok jadi gini sih" jawab saya dalam hati, jadi gimana donk kalaw ada hal hal yang kurang jelas kan harus tanya langsung via telepon ya nda sih.

Kalaw kena tipu orang walaupun cuma Rp.35.000,- (Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah) rasanya suedih bangeds, dan jangan sampai deh kena tipu belanja online yang tidak jelas, Emangnya saya masih keluarga Paris Hilton yang banyak duit?.  Mau tau nomornya?  Ini dia SMS 0838 55 90003 dan juga di nomor 0838 1937 7575 ,  nah jika kawan kawan mencoba call nomor itu bisa jadi nda dijawab karena hanya untuk SMS saja katanya.  Ada sih cuma suara mesin penjawab saja, dan anda diminta meninggalkan pesan, nda ah ogah.

Akhirnya saya coba liat liat ada aja sih jualan Toko CD Online yang dimiliki oleh Anggie Jatrasmara dan Loka Dwiartara yang beralamat di Jl KH Sholeh Iskandar KM. 2 No. 478 F. (Gedung Cyber Business School). Tanah Sareal, Bogor 16165 (Depan Kampus UIKA Bogor) Jawa Barat, Indonesia.

Nah jika kawan kawan saat ini berada sedang kebetulan berada atau bertempat tinggal di kota Bogor, bisa minta tolong di cek alamat tersebut apakah benar VALID atau tidak. Soalnya saya sendiri di Pontianak (Kalimantan Barat), agak sulit untuk mencek toko tersebut dengan datang ke TKP, jika tidak dibantu kawan kawan yang dekat dengan TKP. Ngarep dot com.


SAMPUL PEMBUNGKUS : Ini dia paket yang saya terima lengkap dengan nama dan alamat penerima dan pengirimnya. Mudah dihubungi dan jelas.  Foto Hak Cipta Asep Haryono

CD TEMPLATE :  Dalam segel dan kondisinya baik. Cukup rapih dan relatif aman sampai kepada saya.  Foto Hak Cipta Asep Haryono


Nah kembali kepada liat liat tadi, dan ternyata banyak judul judul CD Tutorial yang amat saya sukai, karena selera saya website content management dengan Joomla, Internet Marketing, SEO,  Toko Online (E commerce) , Animasi Flash, dan Adobe Photoshop untuk grafisnya. 

Daftar yang saya liat di Toko CD tutorial diantaranya adalah CD Tutorial Interaktif The Art Of Photo Manipuation Special Effect, Cara membuat Website Dengan Adobe Dreamweaver, Teknik Digital Aer, Digital Image, Mahir Flas ANimasi, dan lain sebagainya.  Akhirnya pilihan saya jatuh nyungsep kepada CD Template JOOMLA Premium Template Collections + CD Tutorialnya. Ahaaaaaaaaaa akhirnya datang juga.

CD Tutorial yang Saya beli
Saya senang dengan Template ini karena memang isinya kumplit banged mulai dari Template Rocket yang kondang itu, juga koleksi template dari MAMBO lengkap dengan ekstensinya. Wah mantaf boljug nih gan, dan harganya? 

Murah saja dan saya cek informasi teranyar khusus untuk  CD Template JOOMLA Premium Template Collections + CD Tutorialnya ini harganya masih dibandrol Rp.60.000,- (Enam Puluh Ribu Rupiah) dan harus merogoh kocek lagi dengan menambah ceban alias Rp.10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah) lagi sebagai ongkos kirimnya.

Ini jauh lebih murah dari belanja buku di KEMANA DOT COM yang ongkos kirimnya bisa menyamai harga bukunya.  Lah kok bisa ? Iya memang TOS nya begitu. Saya ada pengalaman belanja buku di toko Kemana Dot COm itu yang nanti akan saya ceritakan di episod selanjutnya.  Bayangkan jika Buku Joomla seharga Rp.36.000,- (Tiga Puluh Enak RIbuRupiha), maka ongkos kirimnya ke alamat saya di Pontianak bisa mencapai Rp.30.000,- juga.  Hampir sama dengan harga bukunya. 

Metode Bayarnya saya pake PayPal (Hasil gajian dari Blogsvertiser hehehe),  dan agak ribet.  Saya diminta untuk mengirimkan kembali skrinshot ID yang berisi transaksi pembayaran paypal saya atas buku dari Paypal untuk mereka untuk diverifikasi. Kata Kemana dot com di emailnya penting untuk mencega Fraud. Halah repotnya.

Yang agak sama antara belanja Baju dan Pakaian dari Tanah Abang Dot Com dengan Toko CD Tutorial Ilmu Komputer ini adalah waktu tempuh barang sampai ke alamat saya kurang dari 1 (Satu) Minggu.  Kalaw tanah abang menggunakan jasa kurir JNE atau TKI, maka untuk Toko CD Tutorial Ilmu Komputer menggunakan POS KILAT KHUSUS saja.

Uniknya dari Toko CD Tutorial Ilmu Komputer ini adalah kita bisa mencek STATUS paket pesanan kita sudah berjalan (Sedang dalam perjalanan) atau belum karena kita akan diberi nomor resi paket JNE atau Pos Indonesia saja. Mudah sekali memang.  Nah ini saja dahulu pengalaman saya pada tulisan saya hari ini. Terima Kasih. (Asep Haryono)

12 comments:

  1. betapa kemudahan dan efisiensi ditawarkan peradaban dari waktu ke waktu. luar biasa ya Kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Memang apa aja bisa di "jual" secara online, saya sih kalaw ada produk bisa juga nih coba peruntungan jualan online. Entah suatu saat nanti

      Delete
  2. mantap nih pak asep cd tutorialnya... :D
    bisa bagi2 dong... :p
    btw salam kenal ya pak asep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @widhi online : Iya nih sama sama belajar donk ye. Makasih juga udah mampir. Salam kenal juga. Salam dari bumi Khatulistiwa Pontianak, Kalimantan Barat

      Delete
  3. 1. Saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya dan juga komentarnya. Ini visit balik saya.
    2. Saya asli Jogja...suami yang kerja di kalimantan...demi sesuap nasi dan sebongkah 'batu hitam'.
    3. Pasar Tanah Abang kan udah jadi pusat grosir di Asia...tapi saya sendiri lebih suka belanja di pasar2 'satelitnya'spt pasar Senen, Cipulir, Cipadu dsb. Barang2 (konveksi) biasanya lbh dulu masuk ke pasar2 tsb sblm ke Tanah Abang...lagian rawan klo pergi belanja sendiri. Buanyak banget premannya yang ujung2 nya dibeckingi 'oknum' juga! Aneh? tp ini umum di negri kita.
    3. Maraknya jualan online juga jadi salah satu faktor penyebab turunnya penjualan di mall2 Jakarta, orang ke sana cuman mau nongkrong doang...klo belanja ya lwt ol...sama2 pake credit card/mobile banking, tapi bisa dapet harga lebih murah karena dari suplier maupun pembuatnya langsung.
    4. Saya juga mencoba peruntungan jualan online untuk karya2 saya, baik lewat blok maupun web. Sayangnya untuk yang blog koleksinya masih sedikit banget!! (bukanya juga baru minggu lalu). Saya masih kuwalahan melayani pesanan yang via offline dg datang langsung ke butik maupun workshop saya. Ditambah masalah kurangnya tenaga trampil yang membantu saya. Klo jualan online yang di web (oopsidaisy[dot]net) udah jalan hampir dua bulan dan hasilnya lumayan...terutama untuk pesanan baju. Tapi dagangannya nggak spesifik bikinan saya...sebagian juga 'kulakan' di Jakarta (hehehe...buka rahasia donk?!)
    5. Have a nice weekend!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yunims: Subhanallah. Lengkap sekali pencerahan dari mba, dan saya sangat senang membacanya. Sebagai user, saya hanya memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan orang melalui toko tokonya itu, dan pingin juga punya usaha sendiri kelak disuatu hari nanti, dan dipasarkan juga melalui dunia maya. Siapa tahu nanti saya yang order ke butik mba, Insya Allah

      Delete
  4. Aku hobi belanja online dan untungnya aku belum pernah kena tipu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Elfrida Chania : Iya kah, wah senangkah belanja Online? Syukurlah kalaw berhasil sukses shopping onlinenya, dan waspada teteup tentunya

      Delete
  5. Semangkin maju tekhnologi, semangkin banyak kemudahan yang ditawarkan. Saya juga lebih suka belanja Online terutama usurusan buku/barang yang susah dicari digramed/pontianak.
    Namun disayangkan, penjualan yang pesat saat ini tidak hanya dalam hal seperti pakaian, baju dan barang, namun juga dalam hal negatif seperti video p**no. Alahkah baiknya jika hal seperti itu dapat dicegah :)
    Dan satu lagi, penjualan online seperti ini juga meningkatkan omset Pengrajin yang biasanya pengrajin hanya mengorder kepada pendagang yang tentunya dengen harga pas-pasan. JIka online tentu bisa meningkatkan pendapatn pengrajin yang nantinya akan meningkatkan produk pengrajin khususnya indonesia:)

    Thanks and Nice blog, don't forget visit me on Leptop Gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Egi Andrea : benar banged. Sekarang pun UKM UKMI skala kecil dan menengah diminta membuat website usahanya agar bisa diakses dan juga bisa dipasarkan dengan sekmentasi yang lebih luas. Prospek bisnis di internet akan selalu menjanjikan. Makasih sudah mampir ya Mas Egi

      Delete
  6. waahhh,, saya belum pernah tes tuh belanja online mas..
    salam kenal yah.. ini kunjungan perdana saya..

    ReplyDelete
  7. Untung saja selama ini berbelanja online tidak pernah kena tipu.. insyaallah lancar terus.. share pengalaman belanja online yang berguna pak..
    terima kasih sekali,,,

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia