Pengguna Ingin Berperan

Gambar dari Internet
Catatan Asep Haryono

Salah satu kriteria sebuah situs web (baca : Website atau homepage) atau bahkan sebuah blog adalah adanya peran para pengguna atau pengunjung (user) di blog atau website kita.   Salah satu contoh yang paling mudah adalah dengan adanya komentar yang unik, lucu , kocak dari para pengunjung website atau blog kita.   Bahkan ada komentar yang paling nyeleneh atau bahkan ngajak berantem pun ada. Hiheiheiheiee.

Dari komentar yang masuk itulah sebagai bukti kalau website atau blog yang kita miliki ada pengunjung atau pembacanya. Inilah yang saya sebut kemudian dengan sebutan kerennya pengguna atau user.  Artikel saya kali ini memang mempunyai kemiripan yang amat tinggi dengan artikel teknik blogging, yah bolehlah dikatakan demikian karena yang namanya berbagi kan bisa apa saja baik informasi pengetahuan, ilmu website, money making , bahkan cerita kocak lucu, sampai curhat pun bisa berbagi hiehiehie.

Jangan salah loh yang namanya berbagi juga ada Akademi nya.  Eiits tunggu dulu yang saya maksudkan tentu saja bukan Akademi sebagai salah satu institusi Perguruan Tinggi (Sekolah Tinggi, Universitas , atau institut) ya tapi lebih kepada sebutan dengan menggunakan tanda petik , "Akademi".  Ada memang komunitas Akademi Berbagi yang tersebar di seluruh Indonesia, sedangkan Akademi Berbagi itu sendiri didirikan oleh Mba Ainun Chomsun @pasarsapi nah keren khan. 

Dalam blog kesayangan saya ini juga saya sudah siapkan beberapa perangkat sosialita untuk penghubung antara saya dengan para pengguna (pembaca) situs blog saya.,  Sebutan kerennya perangkat interaksi komunitas (interactivity communication tools) yang bisa dilihat dengan jelas di halaman ini mulai dari Shout Box , sampai pada halaman Contact Me (Hubungi saya) yang berisi alamat email yang saya persiapkan untuk kontak ke saya secara Japri (Jalur Pribadi).

Namun demikian tidak jarang atau bahkan kerap kali fitur fitur ini abuse alias disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan SPAM.  Bahkan banyak bots (program) yang dijalankan orang yang tidak bertanggung jawab yang mengisi tools tersebut untuk beriklan atau memasang link aktive sehingga bisa disebut sebagai junk atau SPAM.   Coba saja lihat Shout Box yang sudah saya sediakan di sini malah banyak isinya SPAM alias orang pada "jualan".

Begitupula dengan pencantuman alamat Email.  Saya kapok mencantumkan email utama atau email berbasis domain kantor yang akhirnya menjadi bumerang buat saya. Maksudnya bukan email berubah menjadi alat atau senjata khas Australia berupa bumerang loh.  Ini hanya kiasan saja. Artinya saya mencantumkan email agar mudah dihubungi via surat elektronik, malah dihantam oleh puluhan email JUNK atau SPAM yang isinya juga orang jualan dari urusan Tablet, PC,sampai obat kuat. Oalaaa nasib mu nak nak.  Akhirnya demi alasa keamanan, saya menggunakan email berbasis FREE alias gratisan saja.

SOSMED :  Twitter juga merupakan salah satu Sosial Media yang bisa digunakan untuk saling terhubung (connected) yang bisa digunakan. Twitter ini sangat populer akhir akhir ini.


Nah fitur terbaru yang saya pasang hari ini adalah Icon Yahoo Messenger.  Bisa kawan kawan lihat di navigasi kiri blog saya ini dan lihat di bagian top atau atas.  Kelak nanti posisi ini akan saya ubah ubah sesuai dengan mood saya untuk urusan desain atau tata letak.   Kadang kalau lagi moodnya baek, saya pasang normal, kadang kalau moodnya kurang ajar ya saya pasang tata letak acak kadut alias trial error berganti ganti hiehiehiehiheiee.

Walau tidak secanggih BBM (BlackBerry Message) atau sekelas WeChat ala program Android, namun fitur ini sebagai pemberitahuan saja bahwa saat itu sang pemilik blog sedang OnLine yang bisa diajak "ngobrol"  atau 'bercakap cakap". Jika kawan kawan juga punya ID Yahoo Messenger bisa add Id saya "cepot71" dan kalau beruntung saya sedang Online bisa langsung ngobrol dengan saya.  Jika pun saya sedang OFF LINE maka bisa meninggalkan pesan di sana.

Ketika dilakukan pengujian saat saya launch Yahoo Messenger ini lengkap dengan membuka tab dashboard Blogspot dan satu situs lain, kecepatan memuat (loading) menjadi agak slow atau melambat.  Saya sudah wanti wanti kalau loading situs blog atau dashboard saat editing menjadi slow karena "ulah" saya launch YM tadi maka ini sebagai pilihan saja.Namun ini akan sangat membantu jika saya Online YM melalui BlackBerry yang emmang sudah include banyak fitur termasuk WeChat, FB, BBM, dan beberapa program lainnya denan dukungan Paket lengkap BB dari produk pasca/prabayar merek tertentu.

Nah para pengguna (pengunjung atau pembaca) situs blog kesayanga saya ini kini memiliki banyak pilihan untuk bisa tetap terhubung (stay connected) dengan saya walau saya sudah sangat keterlaluan jarang blogwalking atau mosting tulisan karena memang kondisinya tidak oke saat ini.   Saya juga sudah menyediakan alamat Akun Twitter resmi saya @AsepHaryonoKGI yang bisa kawan kawan hubungi setiap saat yakni .  Nah bagaimana mau "bercakap cakap" atau "ngobrol" sama saya?.  (Asep Haryono)

19 comments:

  1. lama-lama nih blog Kang Asep mau dijadikan chat room ala yahoo messenger..xixixi. saya jadi inget tahun 2002 saat saya baru kenal chat room yahoo messenger..hehehe

    ada webcamnya nggak Kang? kalau ada enak nih bisa video call..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kstiawan : Hiheiheiehie iya kah masa sih mau dijadi kan chat room? hihiihiihi. Tapi itu ide Bli yang super sekali. Saya akan coba cari tau apakah ada software script atau apalah yang bisa embed chat roomdi blog kesayangan saya ini hiehiehiheee. Ken ken kabare Bali? Kangen Bali hiks hiks hiksssssssssss

      Delete
    2. oh bisa gitu ya? wah keren juga ya? sekeren kita bertiga ya?

      Delete
    3. Hiehiehie kita bertiga memang keren udah dari bayi bener khan? hiehiehiehiee. Three Kerenersss hiheiheiehiheiee. Mangcapssssssssssss

      Delete
    4. Three Kerenerss.. mantap banget kayaknya..xixixi

      kabar baik Kang..

      Delete
  2. pokoknya buat saya, yang penting saya udah tau nomor hp Kang Asep, so kalo pas ke Pontianak Insya Allah di suatu masa, bisa minta dianter keliling dan numpang tidur. hihi. tapi saya nggak bakalan tidur semaleman, tapi mau ngajak ngobrol di depan rumah Kang Asep. rasain!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Hiheiheiheiee silahkan mampirss kapan saja jika ada waktu dan kesempatan mampirs ke Pontianak, dan Insya Allah akan saya perlihatkan Kota Pontianak seutuhnya buat bang Zachflazz. Ditanggung serpis memuaskan hiehiehiehiehiehiee

      Delete
    2. ikuttt... boleh kan?

      Delete
  3. saya paling suka pake Id Yahom Messenger tapi aku copot karena error dan padahal dari ini banyak yang berkenalan dg saya hanya mau minta dibuatin puisi dan ucapan , dan bahkan ada yang minta nope , duh jadi repot jadi admin karena ada yg cemburu minta jangan pasang widget YM ..

    buku tamu ia kebanyaan yg ngisi tukang spam
    jadi hati sangat geram

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anisayu : Hiheiheie iya kah mba? wah wah keren sekali nih kalau banyak yang minta dibautin eh dibuatin puisi heiheihiee. Saya juga mau deh dibuatin puisi. Wahahahahaha ternyata ada yang cemburu juga ya. Siapa yaaaaaaaa

      Delete
    2. iya saya juga bukan ya hihihihie

      Delete
  4. jadi bisa deket dengan kang asep nih, karena percakapannya live bukan siaran tunda ala komen blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya : Hiehiehiehe iya kah? wah kala deket deket sama saya saya bisa jadi saudara hhehieiheie. Tapi memang relatif sih, mau pake live chat atau live comment ala chat room juga pilihan juga misalnya

      Delete
    2. kalau ada video call nya tambah mantap nih..:D

      Delete
  5. selamat malam Pak Asep, lengkap banget blognya, mau nyari atau pake apa aja juga bisa di sini

    saya pengunjung dan pembaca yang "aman" kok Pak, nggak bakalan mengganggu...(kalau ganggu, usir dengan kemenyan...#lho)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khusnu Khairunnisa : hiehiehiheie Malam juga. Eala nama belakang mba sama persis dengan nama rekan kerja saya di media. Namanya memang sama "Khairunnisa", dan dia wartawati kami yang berbakat. Dipanggilnya "Uun" hiehiheiehie,

      Iya sengaja sih agar kawan kawan tau kalau blog ini memang ada "penunggu" nya yang bersemayam dan bisa dihubungi setiap saat dengan berbagai tools dari komen, Yahoo Messenger, contact form, Twitter hingga SMS hiehiehiee. Kumplit plit plittttttttttttttt

      Delete
    2. menerima layanan simpan pinjam nggak?

      Delete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia