Safari Ramadhan 1438 H - Masjid Besar Islamiyah

Catatan Asep Haryono

Tidak terasa waktu berjalan secepat kilat. Dari awal permulaan Silaturahmi antar masjid yang saya lakukan dalam Taraweh Backpacker malam tadi sudah memasuki Ramadhan 1438 Hijriah malam ke 27.  Pilihan hati kali ini jatuh kepada Masjid Besar Islamiyah yang terletak di Jl. Imam Bonjol No.88, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Yang menjadi Khatib sekaligus pemberi Kuliah Sepuluh Menit (Kulsum) nya adalah Bapak Ir H.Nasrullah Chatib MT.

Setelah berbuka puasa dan Shalat Magrib berjamaah di Masjid Munzalan Mubarakatan 2 Serdam , sekitar pukul 18.45 WIB saya sudah berada di plaza Masjid Besar Islamyah itu.  Saya sempat kebingungan mencari tempat Wudhlunya namun berkat informai dari jamaah setempat lokasi wudhlunya ada di bagian belakang.  

Begitu selesai, saya pun memasuki masjid besar Islamiyah yang memang besar bagian dalam Masjidnya yang sudah dilengkapi dengan AC di beberapa sudut, dan beberapa kipas yang menggantung di langit langitnya. Udara di dalam pun cukup baik sirkulasinya, dan saya merasa segar berada di dalamnya.   Sangat recommended untuk beribadah di masjid besar Islamiyah ini di waktu malam seperti qiyamul lail Shalat Taraweh ini.  Sirkulasi udaranya cukup baik dan saya merasa tidak gerah di dalamnya.

Masjid Besar Islamiyah ini lokasinya berada sangat strategis dipinggir jalan dan mudah dilalui oleh berbagai kendaraann dari arah yang berlawanan.  Masjid besar ini sepertinya berada di dalam sebuah kawasan sendiri yang sudah termasuk SMP dan SMA nya. Fasilitas masjid ini antara lain  Masjid yang diperkirakan mempunyai luas 
1.920m2 juga memiliki banyak faslitias yang nyaman untuk jamaahnya seperti halaman Parkir yang luas, Sound System dan Multimedia,  Kantor Sekretariat, Penyejuk Udara/AC, Pembangkit Listrik /Genset, Kamar Mandi/WC,  Perpustakaan dan masih banyak lagi lainnya

Sedangkan untuk kegiatan internal masjid juga tidak kalah semaraknya misalnya Pemberdayaan (BAZIS) atau Zakat, Infaq, Shodaqoh , TPA, Madrasah, Menyelenggarakan Sholat Jumat,  serta agenda kegiatan lainnya seperti 


Mencari Malam Kemuliaan
|Dalam uraian Tausyiah Kulsumnya Bapak Ir H.Nasrullah Chatib MT menyampaikan tema kemenangan bagi umat Islam yang menjalankan Ramadhan dengan niat mengharap ampunan dari Allah SWT.  "Dalam lantunan adzan sholat pun kita disuruh oleh Allah SWT untuk mencapai kemenangan, dan itulah hakiki dari ibadah Saum umat islam di seluruh dunia agar bisa mencapai kemenangan dari segala godaan hawa nafsu" tegas sang khatib.

"Apalagi di malam malam terakhir bulan Suci Ramadhan kita senantias terus meningkatkan amal ibadah kita terus ditingkatkan juga baca Al Qurannya, bersodaqahnya, dan Insya Allah kita bertemu dengan Malam Kemuliaan yakni Lailatul Qadr di mana ibadah yang kita lakukan di malam datangnya Lailatul Qadar itu seperti beribadah selama 1000 bulan atau sekitar 80 tahun, Subhanallah" kata Bapak Ir H.Nasrullah Chatib MT
Bertemu Bapak Kos
Salah satu yang saya sukai dari kegiatan Taraweh Keliling atau bahasa gaulnya Taraweh Backpacker ini adalah bertemunya dengan kawan atau sahabat lama yang sudah puluhan tahun jarang bertemu secara langsung.  Sejak kemarin Alhamdulillah saya sudah bertemu seorang sahabt lama saat saya masih tercatat sebagai mahasiswa, yakni Syaifurrahman.  Sama sama aktif di kegiatan kegamaan kampus kira kira gitu.  Saya sudah hampir 27 tahun tidak jumpa debgan beliau secara langsung.

Yang cukup mengesankan adalah silaturahmi kembali dengan Bapak Kos saya dahulu,  Sebagai informasi saja, saya ngekos di rumah keluarga Bapak Drs Sabirin yang beralamat di komplek Tanjung Sari Nio.143 Pontianak selama kurang lebih 4 tahun dari tahun 1990 - 1994.  Saat itu beliau bertugas sebagai Kesubab Akademik Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura.  

"Eh Asep, masih kenal saya ndak? "
sapa seorang bapak berkain sarung kepada saya setelah sholat Taraweh usai.    "Oh Bapak Sabirin?"  jawab saya, Saya masih ingatan wajahnya walau sekarang beliau terlihat sudah cukup lanjut.  Kami pun bertukar nomor telepon.  Saya ingin sekali mengambil foto beliau padahal Android Samsung J1 saya sudah dalam posisi on.  Namun ntah kenapa saya ragu ragu saat itu. (Asep Haryono)

KULSUM : Kuliah sepuluh menit disampaikan oleh Bapak Ir.H.Nasrullah MT menjelang Shalat Tarawih.  Foto Asep Haryono
KULSUM : Kuliah sepuluh menit disampaikan oleh Bapak Ir.H.Nasrullah MT menjelang Shalat Tarawih.  Foto Asep Haryono

BERKURANG : Sudah seperti tradisi menjelang akhir Ramadhan, masjid sudah mulai berkurang jamaah Tarawehnya begitu pula di masjid Besar Islamiyah ini.  Foto Asep Haryono
BERKURANG : Sudah seperti tradisi menjelang akhir Ramadhan, masjid sudah mulai berkurang jamaah Tarawehnya begitu pula di masjid Besar Islamiyah ini.  Foto Asep Haryono

AKHWAT : Shaf perempuan berada di bagian belakangnya. Masjid Besar Islamiyah ini memang benar benar besar di dalamnya.  Foto Asep Haryono
AKHWAT : Shaf perempuan berada di bagian belakangnya. Masjid Besar Islamiyah ini memang benar benar besar di dalamnya.  Foto Asep Haryono

LUAR :  Masjid Besar Islamiyah diambil gambarnya dari luar menjelang masuk waktu adzan Sholat Isya.  Foto Asep Haryono

Referensi




No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia