Pengalaman Mengajukan Kredit CU Keling Kumang

Catatan Asep Haryono


Urusan pinjam meminjam uang kepada lembaga keuangan non perbankan mungkin sering dilakukan oleh sebagian masyarakat kita di Indonesia.  Ada banyak tujuan mengapa seseorang itu harus mengajukan kredit pinjaman kepada lembaga keuangan Non Perbankan.  Beberapa tujuan orang meminjam uang dari Bank pada umumnya dapat berupa pinjaman untuk keperluan konsumtif

Beberapa contoh keperluan konsumtif ini misalnya untuk biaya nikah, rehab rumah, beli perabot rumah tangga dan masih banyak lagi lainnya yang masuk dalam katagori pinjaman Konsumtif.   Ada juga orang meminjam uang untuk keperluan lainnya yang juga tidak kalah pentingnya misanya untuk pengobatan ,  Pinjaman untuk pembiayaan kendaraan, Pinjaman pendidikan dan untuk tujuan sosial dan masih banyak lagi lainnya.

Credit Union Keling Kumang adalah salah satu lembaga keuangan masyarakat yang sudah cukup dikenal secara luas di Pontianak pada khususnya dan di seluruh kota di Kalimantan Barat pada umumnya.  Kantornya sendiri terletak di jalan Cokroaminoto Pasar Mawar No 11-8, 11-9 Pontianak.  Cukup dekat dengan kantor saya.  Saat saya mengajukan proposal kreditnya dengan Laura yang merupakan staf (Customer Service) nya. 


 
Gedung CU Keling Kumang yang berlokasi di Jalan Cokroaminoto Pasar Mawar No 11-8, 11-9 Pontianak   Foto diambil dari cukelingkumang


Saya mengajukan pinjaman kepada
Credit Union Keling Kumang sebesar Rp.50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah) dengan masa angsuran 5 Tahun dengan perkiraan pencicilan per bulannya sekitar Rp.1.450.000,-.   Semua syarat pengajuan kredit pun kami penuhi satu persatu :
  • Foto kopi Kartu Keluarga
  • Pas Photo terbaru suami dan istri
  • Foto Kopi Sertifikat Tanah atas nama istri selaku yang berkepentingan dalam proses pengajuan kredit ini.  Untuk seterusnya semua atas nama beliau.
  • Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Slip terakhir PDAM
  • Slip terakhir rekening Listrik
  • Slip terbaru lunas membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  • Mengisi formulir Pengajuan Kredit yang sudah diisi dengan lengkap

Akhirnya Kredit Belum Disetujui

Setelah semua persyaratan administrasi ini dipenuhi, sebelumnya kami juga sudah diterima sebagai anggota Tabungan SISKA dari Credit Union Keling Kumang  dengan Saldo awal mengendap sesuai yang dipersyaratkan yakni dana mengendap Rp.1.000.000,- (Satu Juta Rupiah).  Kemudian tabungan SISKA harus aktif dengan dana menabung minimal Rp.15.000,- (Lima Belas Ribu Rupiah) per bulan.  Semuanya sudah dipenuhi dengan baik.

Setelah berkas pengajuan kredit Credit Union Keling Kumang ini lengkap, kemudian dilakukan survey lapangan  oleh Tim Survey Credit Union Keling Kumang.  Ada banyak pertanyaan yang mereka ajukan dalam rangka survey ini mulai dari pendapatan rumah tangga, usaha bisnis sampingan yang dijalankan, status rumah yang kami tempati hingga tujuan awal atau tujuan sebenarnya dari rencana pinjaman ini.  Semua sudah dijawab dengan baik.   Foto foto pun sudah dilakukan. Foto kami semua , foto sebidang tanah yang kami agunkan sebagai jaminan hingga foto rumah kami itu sendiri.
Segepok uang ini milik rekan kerja saya. Saya cuma foto selfie saja.  Foto Asep Haryono
Segepok uang ini milik rekan kerja saya. Saya cuma foto selfie saja.  Foto Asep Haryono
Sempat nomor masuk nomor 2 urutan Google dengan keyword "kredit keling kumang"
Tulisan ini sempat bertengger nomor 2 urutan Google dengan keyword "kredit keling kumang"


Kami sendiri tercatat sebagai anggota nasabah
Credit Union Keling Kumang ini sejak bulan Mei 2015 yang lalu.   Nah pemberitahuan status pinjaman kami dari Credit Union Keling Kumang ini dak akan diberitahukan maksimal 20 (Dua Puluh) hari kerja.

Akhirnya datang juga pemberitahuan dari Credit Union Keling Kumang dalam bentuk SMS yang pada intinya adalah status pinjaman kami belum dapat disetujui.   Kemudian kami pun menerima surat pemberitahuan resmi dari Credit Union Keling Kumang dengan Nomor 015/CUKK/TP-PM/X/2015 dengan perihal surat "pemberitahuan penolakan Pinjaman" sudah kami terima dengan baik.

Alasan utama penolakan pinjaman kami itu adalah berdasarkan analisis 5 C dan hasil keputusan Komite Kredit atas proposal pinjaman untuk tujuan rehab rumah senilai pinjaman Rp.50.000.000 ini belum dapat disetujui karena belum memenuhi ketentuan perkreditan
Credit Union Keling Kumang.     Kami sendiri tidak tahu ketentuan perkreditan Credit Union Keling Kumang saja kami tidak tahu.  Jadi di bagian yang mana kami belum memenuhinya juga tidak diberitahu.

Secara logika seharusnya
Credit Union Keling Kumang menyampaikan secara tertulis dalam suratnya itu apa apa saja syarat dan atau ketentuan yang BELUM kami penuhi.  Kalau sudah tau kan kami tinggal Melengkapi atau memenuhi ketentuan atau syarat tersebut yang BELUM kami penuhi tersebut.  Mereka menolak proposal pinjaman kami namun tidak memberi tahu ketentuan yang mana yang belum dapat kami penuhi itu.  Ya sudah kalau begitu kami pun keluar dari keanggotaan Credit Union Keling Kumang ini. (Asep Haryono).

17 comments:

  1. wah ,,,, kg asep teh ,,, bnyk pisan pengalamannya euy ...
    itu uangnya boleh numpang selfi juga gk ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fiu S : Ieieiheiheiheie. Eh nggak juga banyal Cuma berbagi pengalaman aja hiehiehiheiheiheiee

      Delete
    2. klo ketimbang sy sepertinya banyakan kg asep deh ,,, hehehe

      Delete
  2. semoga karena urutan 2 di google, keling kumang bisa mereview lagi ajuan kreditnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Puputs : Hahahahaha. Nggak deh. Sudah berhenti dari keanggotaan kredit CU Keling Kumang ini hiehiehiehiheiee

      Delete
    2. Pak.asep apakah bs membantu sy??
      Sy di daerah pontianak dan usaha di pontianak.saat ini sy membutuhkan dana 25jt utk usaha sy.
      Yo.yongki@yahoo.com
      Kalaubada tlg email ke saya pak asep.no WA 0853 4664 3939
      Thx sebelumnya

      Delete
  3. banyak amat itu uangnya Pak hehehe... mengajukan kredit pinjaman lebih mudah ya pak tidak selau hrs ke bank, ug penting seluruh persyaratan terpenuhi...

    ReplyDelete
  4. intinya ada yang tidak beres neh hehehe....pengalaman berharga, dan apapun yang berhubungan dengan uang apalagi dalam jumlah yang besar memang harus ekstra hati-hati :D

    ReplyDelete
  5. Selamat ya kang... uang segepoknya berhasil didapatkan. walaupun masih minjem hehehehehehe

    ReplyDelete
  6. Hmm kirain uang asli punya mas asep. Kalau itu punya mas asep mau di beliin apa hayo? :D

    ReplyDelete
  7. Itu ada di page 2 gara-gara lagi login pake akun google mas

    ReplyDelete
  8. mesti banyak belajar dari kang asep nih

    ReplyDelete
  9. KABAR BAIK!

    Untuk benar memperkenalkan diri,
    Saya NADIRA MUHAMMAD dari [NADIRA MUHAMMAD PINJAMAN PERUSAHAAN]

    Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya menyediakan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tetapi mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
    Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  10. KABAR BAIK! KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibu saya SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman swasta, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Berbagi pengalaman di Credot Union. Salah satu syarat mengajukan pinjaman uang di CU tempat saya adalah memiliki tabungan atau simpanan uang di CU tsb. Nasabah boleh meminjam sebanyak tiga kali lipat dari saldo yg kita miliki.
    Contohnya apabila saya mempunyai tabungan lima juta, maka maksimal peminjaman adalah lima belas juta. Sehingga apabila saya ingin meminjam 50 juta setidaknya saya harus punya tabungan 17juta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lia Juliani : Oke mba terima kasih atas informasinya

      Delete
  12. Kalau rehab rumah,ada produk Pinjaman CU Keling Kumang yakni PERMATA. Selain kita harus punya 10% dari plafon di Siska, kita juga harus punya 10 % dari Plafon di PERMATA.

    setelah menjadi anggota yang cukup aktif, anggunan harus sesuai dengan persyaratan.

    saya beberapa kali pinjam di CU Keling kumang untuk hal "rumah", bunga cukup sedang, kalau tidak salah 0,8 % per bulan dari saldo hutang.

    Tapi kalau ada akses ke perbankan, lebih baik juga.

    salam

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia