Cara Mengetahui URL sumber Foto Yang Diambil dari Internet

Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Coba kawan kawan lihat foto yang saya pasang di sebelah kiri artikel saya hari ini?  Sudah pasti tidak nyambung bukan dengan artikelnya. Hiehiehiee. Memang sengaja aja. 

Foto itu saya ambil pada tahun 2010 saat berlangsungnya "Kuta Karnival" di daerah Denpasar, Bali. Tentu menarik sekali foto kebudayaan Bali.  Hayoo siapa yang sudah ke Bali?  Kalau saya sih baru 10 (sepuluh) kali ke sana sejak tahun 2005-2010. Nda nanya khan? Hiehiheie.

Ya sudah itu intermezonya.  Namun bukan soal Denpasar Bali yang mau saya bagikan pada hari ini.   Seperti yang sudah saya sebutkan pada tulisan blog saya yang diposting kemarin (Senin, 2 September 2013) yang berisi dan berjudul "Gambar atau Foto dalam tulisan blog" saya sudah menegaskan sekali lagi bahwa tidak ada "kewajiban" mencantumkan atau memasang foto atau gambar dalam setiap postingan atau artikel yang dipubishnya.  "No Picture, HOAX" sepenuhnya saya kurang setuju, dan juga kurang sependapat.

Jika informasi yang disampaikan penulis blog memang berupa informasi atau keterangan apa saya berdasarkan fakta dan mengandung kebenaran, tidak ada foto atau gambar tidak masalah buat saya pribadi. Namun dari segi estetis atau keindahan, memang tulisan atau artikel blog yang dilengkapi foto atau gambar yang sesuai memang jauh lebih appealing (memikat) dari yang tidak ada (gambar) sama sekali,   Saya ingin menjawab pertanyaan Mas Nazar

Pertanyaan beliau adalah "Maksudnya URL menuju sumber gambarnya itu gimana mas? apakah menunjukkan link url foto tersebut seperti ini https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0Pq7zMSq-oV9Ls-OXNyIMerYuRpMw_HgfQ2ZzMbgjgNlfMM33uHSJ49j5EYSqz88vLv3EOtP79ji8QTB4dhe2dVjdpit52TJ9FlZ6E20PzIcYcwX-F7_Ya47vZGv9f3sWuA9BCXEbAmk/s1600/DSCN4374.jpg, atau menuju blog/website yang kita ambil gambarnya? dan kalau misalnya link tersebut harus menuju blog/web yang kita ambil gambarnya, bagaimana jika gambar yang ada pada blog/web tersebut bukan merupakan gambar asli dari blog tersebut? Mohon pencerahannya mas :)"

Jawaban saya :

  1. Buka dahulu Google (atau search engine apa saja yang kawan kawan sukai).  Google sendiri ada dua macam Google Internasional dalam bahasa Inggris (www.google.com) dengan Google rasa Indonesia (www.google.co.id).  
  2. Misalnya saya pake Google Indonesia (www.google.co.id) lalu ketikkan dalam kata kunci (keyword ya)  misanlya "asep haryono " maka akan muncul banyak sehali gambar gambar yang bertema "asep haryono" seperti di bawah ini :


Nah dalam lingkaran warna kuning adalah kata kunci (keyword) yang saya pake misalnya "asep haryono"maka akan muncul banyak sekali foto foto saya.  Ada yang sudah saya kasih water mark atau label "simplyasep.blogspot.com" dalam foto dana ada juga yang tidak ada sama sekali.

Nah dalam lingkaran warna Merah itulah gambar yang ingin saya "curi". Misalnya saya orang lain yang ingin "mencuri" atau "mengambil" foto milik orang lain.  Saya klik lingkaran foto warna merah yang bergambar pawai karnival itu. Maka hasilnya akan muncul seperti gambar di bawah ini :





Nah jadi yang saya maksud dengan URL aseli atau Sumberaseli foto yang saya "curi" tersebut ada dalam lingkaran warna merah yakni URL aseli gambar itu adalah simplyasep.blogspot.com -   Caranya dengan select atau sorot lalu copy paste alamatnya.  nah sudah jelas di sini bahwa Sumber aseli tautan foto yang saya "curi" adalah alamat situs blog tersebut.    Sedangan ULR foto yang sudah diunggah dalam internet beralamat sangat panjang yakni -

https://www.google.co.id/search?q=asep+haryono&bav=on.2,or.r_cp.r_qf.&bvm=bv.51495398,d.bmk,pv.xjs.s.en_US.M4-36_38X9A.O&um=1&ie=UTF-8&hl=en&tbm=isch&source=og&sa=N&tab=wi&ei=5DAlUvCJBcGArgevhoCwBg&biw=1280&bih=830&sei=yDIlUobaA4HUrQet1oCgDA#facrc=_&imgdii=_&imgrc=Kf3-HIU5ryj88M%3A%3BoKboxy3OIKRECM%3Bhttp%253A%252F%252F3.bp.blogspot.com%252F-PH4kyy2hx5Q%252FT1hVuxHxX0I%252FAAAAAAAABH8%252FKBlQHqgAnZE%252Fs400%252F100_8849.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Fsimplyasep.blogspot.com%252F2012%252F03%252Fmemories-in-2008-at-kang-guru-indonesia.html%3B400%3B300


Nah untuk menyederhanakan URL tautan yang sudah diunggah, cobalah klik VIEW IMAGE nya, maka akan muncul gambar di bawah ini.  




Nah warna kuning yang saya lingkari itulah yang saya maksud dengan tautan atau URL yang diambil yakni beralamat "https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEha2sdRpBMKUk5lg4sIBg8bHpI-y4yDApE5pNVXIdFMfLl8R_jn4LmlLGw03CjmLcHVYruX6Mwd6guoWdGHl6dkgxbJ95kEuGTOUMB0Fhmdsl9hxiXlRw9dzDx3YgaPn0QuDdwYLrA6qX4/s400/100_8849.jpg


Nah yang menurut pendapat saya adalah alamat aseli situs atau blog yang merupakan "host" atau "resource" dari foto yang saya ambil tersebut yakni "simplyasep.blogspot.com" tersebut.  Namun ada juga cara lain yang merupakan solusi alternatif dalam mencantumkan URL aseli foto tersebut dengan cara klik "VISIT PAGE" dari gambar tersebut.   Lebih jelasnya lihat gamba di bawah ini :




Nah pencantuman alamat general dari sumber foto tersebut "simplyasep.blogspot.com" memang cara bermain "aman" namun tidak memberikan pencerahan. Maksudnya orang lain akan bingung atau tersesat untuk mencari cari dimana artikel atau tulisan yang mengandung gambar tersebut.  Kasihan juga kalau orang harus "ngubek ngubek" foto tersebut dan mencarinya keman mana.
 
Nah solusi jitunya adalah dengan diklik "VISIT PAGE" atau "Kunjungi Laman" maka akan muncul URL beriku tulisan yang lengkap yang menyertai foto tersebut yakni - http://simplyasep.blogspot.com/2012/03/memories-in-2008-at-kang-guru-indonesia.html gitu deh .  Saya kira inilah penjelasan saya buat Mas Nazar    Semoga penjelasan ini bisa menjawabBuat kawan kawan yang sudah membaca artikel ini saya ucapkan banyak terima kasih. (Asep Haryono)

37 comments:

  1. maksih sharenya Pak---komen umum ya?

    hari ini saya menemukan satu kesimpulan unik dari para sesepuh blogger KPK, beliau-beliau lagi gemar memajang foto tahun 2010---

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiehe iya lagi bernostalgia dengan foto foto kegiatan di Denpasar Bali. Duh duh kalau ingat Bali bawaannya jadi kangen Bali. Hiks kangen mau ke Bali lagi. Naek Garuda Indonesia lagi. Gratis lagi. Hiks ngarep dot kom

      Delete
  2. alhamdulillah saya juga sudah bisa pak baru2 ini, hehe

    pak, bagaimana caranya ikut blogger kpk, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Imam Boll : Langsung aja gabung di sini, dan bisa kontak dengan kawan kawan KPK yang sudah bertengger dengan manisnya di sini hiehiehie. Selamat bergabung buat Imam Boll.

      Delete
    2. wah, ternyata cukup mudah ya mas :D

      saya dari dulu pengen tahu, sampai nyari di internet mas web resminya kpk blogger community :D

      Delete
  3. oh begitu ya kang, saya jarang memperhatikan yang seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm ini biasa aja sih. Guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan soalnya menyangkut copy right alias hak cipta. Tentu baiknya baik foto atau gambar disertai alamat URL atau tautan aseli foto itu jika mengambil dari sumber lain.

      Untuk foto sendiri yang diupload dalam tulisan, kalau saya sih saya pasang "pengaman" dengan label ditengah foto alamat blog ini agar tidak digunakan oleh pihak III

      Delete
  4. kalo aku mah cukup tulis gambardari google
    keren kan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas Rawins.
      Itu juga solusi yang jitu, cepat dan sederhana.
      "Gambar dari Google" atau "Gambar dari Internet" sudah cukup mewakili kalau foto atau gambar yang kita pasang itu berasal dari sumber lain

      Very cool Mas Rawins. Top 2013

      Delete
    2. cool tapi gak sopan itu
      haha...

      yang penting kalo gambar nyomot tuh jangan dikasih label rawins.com aja ya...

      udah nyomot, dilabelin sendiri, pas orang laen pake dikomplen katanya ga ijin..?

      Delete
    3. @Rawins : hiehiehiheie. Iya donk pasti itu. Hihehiehiehehiee. bener benerrrrrrrrrrr

      Delete
    4. Topnya jadi bertiga dengan bang Zachflazz

      Delete
  5. Mencantumkan asal mula gambar yang kita pakai memang perlu loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya demikian. Soalnya bisa runyam kalau yang merasa memiliki file aseli foto tersebut "memergoki" atau "menangkap basah" kita. Urusan bisa runyam kalau si pemilik aseli foto tidak terima. Kalau dia sudah "nyanyi" di sosial media, bisa jatuh nama kita sebagai Plagiator

      Delete
  6. sy udah paham sejak jaman repelita I.... cb bayangkan. Hebat kan?

    ReplyDelete
  7. hehehehehe..tutorialnya keren kang, saya jadi bisa menerapkan jika ambil foto dari blog orang. Walaupun hape saya hp mochin tetep aja pake poto dari hp sendiri lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus Setya : Terima Kasih atas kunjungannya. Halah formal bangeds saya hiheiheiee. Dulu saya pernah "kecelakaan" ambil dari situs orang namun lupa dicantumkan sumbernya. Habis saya di "bantai" di twitter oleh sipemilik aselinya sumber itu. Pengalaman dan pelajaran berharga buat sayah

      Delete
  8. waduh kang asep, kok agak ribet ya aku rasa, aku biasa pake klik kanan, terus, save picture as, terkopi langsung fotonya. but thanks aniway buat tutornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yadi Baroos : Yang saya maksud di sini bukan mengambil foto dari internet loh. Inti dari tulisan saya kali ini adalah tentang pencatuman URL atau Sumber foto. Bagaimana cara mengetahui URL aseli atau alamat aseli dari foto yang kita ambil dari internet.

      Saya luruskan saja. Mudah mudahan tidak salah paham atau salah mengerti. Namun demikian ini masukan juga. Baiklah judul artikelnya akan saya ganti menjadi "Cara mengetahui URL sumber Foto yang diamnil dari Internet". Terima Kasih koreksiannya

      Delete
  9. iya, saya biasa kayak Bang Yadi.
    tapi Kang Asep juga bener.
    bener-bener pinter juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bang Zachflazz : Yang saya maksud di sini bukan mengambil foto dari internet loh. Inti dari tulisan saya kali ini adalah tentang pencatuman URL atau Sumber foto. Bagaimana cara mengetahui URL aseli atau alamat aseli dari foto yang kita ambil dari internet.

      Ini saya luruskan dahulu. Saya tidak membahas cara ambil foto dari internet. Kalau cuma cara ambil foto dari internet ya KLIK KANAN, save AS. Tapi tulisan ini bukan membahas itu.

      Saya luruskan saja. Mudah mudahan tidak salah paham atau salah mengerti. Namun demikian ini masukan juga. Baiklah judul artikelnya akan saya ganti menjadi "Cara mengetahui URL sumber Foto yang diamnil dari Internet". Terima Kasih koreksiannya

      Delete
  10. Jadi lebih mudah mengerti ini cara mengambil gambar dari internetnya Pak,terima kasih Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya artikel ini tidak saja tutorial cara mengambil atau "mencuri" foto dari internet. Tetapi yang menjadi fokus utamanya adalah bagaimana mencantumkan URL aseli atau alamat aseli dari Foto atau gambar yang kita "curi" dari Imternet.

      Soalnya hal ini cukup penting untuk selalu mencantumkan sumber aseli dari website atau blog mana tempat kita "curi" foto. Sehingga dengan demikian kita tidak dianggap sebagai tukang copy paster milik karya orag lain atau Plagiator

      Delete
  11. Mantap Kang tutorialnya. Semoga berguna bagi yang sedang emmbutuhkannya.


    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih. Semoga blogger menjadi blogger sejati yang selalu mencantumkan sumber aseli atau URL aseli jika foto atau gambarnya diambil dari milik orang lain. Ini menyangkut hak cipta soalnya

      Delete
  12. sambil baca tutorialnya , saya langsung praktek nih kang

    ReplyDelete
  13. makasih bgt mas atas jwbannya :D. Jadi intinya jika mencantumkan link host nya tdk masalah ya mas, tapi kalau mencantumkan link ke blog sumber akan lbh baik :)

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia