Belajar Forex Trading

Catatan Asep Haryono

Saya sudah sering mendengar cerita cerita dari orang orang yang pernah berinvestasi di Forex Trading baik yang mendapatkan profit atau keuntungan yang besar dan berlipat lipat sampai ada yang rugi (lost) hingga ratusan juta rupiah. 

Bahkan diberitakan tidak sedikit yang menjadi "lupa diri" alias serakah hingga "lupa ingatan" alias menjadi gila.  Tadinya saya juga tidak begitu ngeh dengan aktifitas jual beli Valas (Valuta Asing) ini, dan mungkin akhirnya saya pun diperkenalkan oleh para pemain Forex kota Pontianak

Saya sendiri temasuk "pemain baru" atau "anak bawang" untuk urusan gituan (Kalau sudah nyebut gituan ingatan saya langsung ke mas Rawins aja yang sering melontarkan candaan "seru" nya itu-red), mungkin boleh dibilang belum sampai 1 (satu) bulan hingga artikel ini tayang tepatnya saya ikutan program ini awal minggu kedua bulan Maret 2013 yang lalu..

Sebelumnya saya memang masih ijo royo royo untuk bidang ini, dan hanya bengong bengon saja saat kawan kawan saya diskusi tentang Forex Trading. Mulai dari ngomong Pips , set jual (Sell), pasang beli (buy), margin cells, free margins, indikator , hingga kepada teknik fundamental dan teknikal. 

Saya persis jadi patung, aja, mirip kerbau yang dicucuk hidungnya, mau manggut nanti dibilang ngerti (padahal bengong), mau ketawa juga tidak ada yang lucu. Jadilah saya "butak kayu" (Istilah melayu Pontianak yang artinya tidak tau apa apa-red).  Jadilah saya pendengar yang tidak baik.  Kalau pendengar yang baik kan biasanya  memahami , nah saya mendengar tapi masuk dari telinga kiri ke telinga kanan.

Dibuat Senang Senang
Ada salah seorang rekan istri saya, beliau juga seorang kepala sekolah di sebuah SMA di Kabupaten Kubu Raya yang begitu semangat membicarakan "apes:" nya nasib sobatnya yang merugi hingga ratusan juga rupiah serta beberapa lagi yang lainnya yang merugi puluhan juta rupiah.  

Sejenak saya yang dari awal sudah bingung apa dan bagaimana Forex Trading itu menjadi semakin bingun dengan bonus Galau segalau galaunya. Dari sinilah timbul niat saya untuk pengen tau cara kerja Forex Trading yang sering saya dengar langsung dari beberapa "pialang" atau trader kota Pontianak.  Istilahnya "nyantri" ilmu Forex Trading gitu.

METRA TRADER : Inilah platform yng sering saya gunakan dalam Forex Trading. Foto Asep Haryono

Adalah Nono Sutiono, yang saya kenal cukup baik ini, dulu pernah satu kantor dengan saya. Namun pilihan hidupnya menentukan lain dia pun resign (Mengundurkan diri-red) dan beralif profesi menjadi Agen Voucher Handphone dan asesoriesnya di sebuah kawasan di bilangan Kota Baru Pontianak. Toko vouchernya yang diberi nama VIVI SELINDO itu cukupmeriah dan ramai pengunjungnua. 

 Selain menjual aneka pulsa semua operator, juga ada warnetnya. "Saya di sini tidak menjual modem kang Asep, sebab kalau ada jual ya sama saja bunuh diri hihihihi" katanya suatu ketika.  Saya punya foto dia namun untuk dimuat dalam blog tentu saya harus mendapatkan izin dulu darinya.

Nono Sutiono
Beliau sendiri sudah lebih dari 3 (tiga) tahun meninggalkan zona amannya di kantor sebagai salah satu staff marketing yang cukup disegani. 

Passion Garis hidupnya sepertinya tidak dikantor yang konon sering dipersepsikan sebagai "kerja kantroran, gaji tinggal ambil di bank", dan dia pun memutuskan untuk wiraswasta atau buka usaha sendiri.  

Pak Nono senang saya "nyantri" ilmu Forex kepadanya, dan mungkin karena sifatnya masih baru, maka saya pun dibiarkan saja olehnya untuk mencoba "main" Forex dengan aplikasi Metra Trader 4 ini dengan menggunakan "uang uangan"alias dalam sebuab akun DEMO

Ya Demo saja dulu.  "Buat latihan aja Kang Asep, belajar dulu teorinya, dan pake akun Demo dulu biar terbiasa trading" kata Pak Nono.  Nanti kalau sudah terbiasa dengan Akun DEMO baru kemudian bisa langsung praktek beneran dengan Akun Rel. "Tapi kalau bisa pake size kecil dulu, modal kecil dulu" pesan Pak Nono

Dari beliau pulalah saya banyak belajar tentang Forex Trading.    Dan atas syaran bijak kawan kawan saya pun main "aman" saja yakni dengan menggunakan akun demo, dan bukan transaksi trader dengan uang sungguhan.  Walaupun akun DEMO namun transaksinya adalah real.  Karena DEMO maka profit yang didapat tidak dapat ditarik atau dicairkan. Namanya juga demo.  Buat latihan aja 

Saya pun "larut" ikut progam ini tanpa harus memakai uang aseli, tapi cukup mengaktifkan akun DEMO saja biar aman terkendali hiheiheiheiee.  "Jadi kalau pake uang Demo, rugi pun tidak masalah karena demo, nah dalam kesempatan itulah pertajam naluri bisnis mu, dan trial error teknik baru" kata Pak Nono. OOoooo saya pun manggut manggut lagi. Kali ini saya manggut mengerti. 

Belum Mau Serius
Setelah beberapa hari "berguru" dengan Pak Nono tentang ilmu basic Forex Trading dan melihat salah seorang rekan Pak Nono panen puluhan US Dollar dari Forex Trading, maka saya pun menjajal teknik dan teori yang saya dapatkan untuk masuk pasar Forex Trading beneran dengan uang sungguhan.  Sayang sekali Bank yang direkomendasikan sebagai media penarikan dan pendepositan akun Forex hanya berlaku buat Bank Man**ri, Bank B*I, dan Bank B*I yang saya tidak punya rekeningnya sama sekali.

Insta Forex.  Ini referensj utama jika mau ikutan
Jadilah saya "nebeng" rekeningnya Bank B*A nya Pak Nono untuk membantu men DEPOSIT kan ke rekening akun Forex Trading saya sebesar Seratus Ribu Rupiah atau setara kurang lebih 10 USD.  Jadilah saya masuk pasar Forex Trading dengan real money alias uang sungguhan. 

Minggu pertama saya mencoba praktek membaca chart tabel posisi trade SELL atau BUY dengan pasangan mata uang EURO terhadap US DOLLAR.   Mingggu pertama "cuma" untuk 0,10 USD,  0,20 USD, tidak tentu. Tapi nyaris dapat profit setiap hari.  3 Minggu sudah berlalu Balance saya sekarang sudah 23,86 USD.  

Ini artinya dari "modal" cuma 10 USD saya sudah untung (profit) 100 %. Nah asyik juga bukan?.  "Ini sesuai pasar Kang Asep, dan Forex bukan tebak kancing banyak parameter yang harus dilihat juga seperti teknik Fundamental seperti mempelajari berita keuangan di LN, selain Teknikalnya sendiri cara membaca tabel gitu" kata Pak Nono.

Selama ini saya ngeruk American Dollar dari Google Adsense yang sudah memberikan saya 2 (dua) kali pencairan dananya lewat Western Union.  Selain itu saya sudah seret menangguk profit dari "PR" menulis review dari beberapa situs paid reviews yang ternyata juga seret pemasukannya.  Barangkali Forex Trading ini bisa saja menjadi salah satu pemasukkan profit buat saya nantinya kelak dikemudian hari.  I am not sure.  I don't know.

Begitu tau saya sudah profit 100 % dari modal awal 10 USD , pak Nono hanya berkomentar singkat "Wah tangguh nih modal 100 ribu rupiah sudah bisa trading" katanya.  Ini muji atau nyindir nih? Hiehiheihee.  Beliau sendiri balancenya sudah di atas 200 USD atau senilai lebih kurang Rp.2000.000,- (Dua Juta Rupiah). Lalu "Bagaimana dengan orang yang rugi ratusan juta dari Forex Trading ini Pak Nono?" tanya saya kepadanya."Itu oranng keblinger, maunya cepat kaya, mau aja uangnya dikelola orang lain, kan bisa belajar sendiri" kata Pak Nono

"Kalau mau serius di bisnis Forex Trading, boleh saja asal itu tadi jangan serakah" kata Pak Nono.  Saya sendiri masih belum mau Invest di bisnis Forex Trading yang masih baru buat saya ini.  Yah buat hepi hepi sajalah.   Lalu mau diapain profit saya sekarang?  "Kalau mau ditarik ke rekening mu bisa, lumayan kan bisa buat ngopi Kapucinoh hahahahhaa"  kata pak Nono. Nah ada yang tertarik buru Dollar dari Forex Trading?
Bagi yang tertarik untuk terjun bebas di bisnis Forex Trading, bisa juga kok ikutan forum diskusinya yang mudah dan bisa diikuti oleh siapa saja.   Baik Pemula maupun yang masih penasaran seperti apa itu dunia Forex Trading bisa JOIN di sini.   (Asep Haryono)

25 comments:

  1. kirain belum ada postingan baru, masih bahas modem tri, jadi baru ke sini. begitu kesini, udah ngantuk dan pengin bobo'. ya sudah besok aja deh memperdalam jurus baru yang bernama forex.

    btw mamang klepon lewat jam berapa tadi Kang?

    ReplyDelete
  2. Selamat pagi, Kang. Gara-gara dapet mensyen lagi di twitter dari Kang Asep, akhirnya aku jadi terdampar disini deh muehehee...

    Saat baca tulisan Kang Asep ini, terus terang aku juga hanya bisa melongo dan sesekali manggut gak ngerti, bingung juga aku, kayaknya memang harus belajar sambil praktek gitu deh.

    Oh iya, saat ini kan Kang Asep masih menggunakan akun demo, nah kalo untuk akun yang benerannya, apa kita harus mengeluarkan dana untuk itu, misalkan untuk membeli sebuah akun atau apapun itu lah? hadoh aku masih bleng banget soal gituan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra : Terima Kasih sudah mampir. Sekarang saya sudah pake Akun REAL alias Akun Sungguhan dengan uang sungguhan. Memang beda feeling antara menggunakan Akun DEMO dengan "uang uangan" dengan "uang beneran". Sebab kalau di Akun Demo bantai bantai aja. Biasanya akun DEMO dipakai bagi mereka yang pemula.

      Saya sudah coba Akun DEMO beberapa hari, dan langsung masuk pasar sungguhand engan Akun Sungguhan. Dari modal awal 10 USD balance saya sekarang sudah 22,12 USD. Artinya untung 100 Persen dari modal awal hanya dalam waktu 3 mingguan

      Delete
    2. tuh, bisa kaya deh bisnis ini pasti

      Delete
    3. Kang Asep : Lha, ternyata sambungannya dalam postingan ini juga tho? kirain sambungannya bakal diposting pada postingan berikutnya hihihi...tadi kan cuma sampe akun demo :D

      Mas Zach : Iya tuh Mas.

      Delete
    4. @Rudy Arra : Iya tadinya mau saya buat bersambung alias to be continued, tapi akhirnya tidak jadi ah. Enak juga dituntaskan saja biar tuntas tas tasssssss. HIheiheihiehieee. Gimana dengan sarapan paginya tadi saya baca dari tweetnya mas Rudy Arra. EHiheihiehiee. Kalau ada yang gangguin diusir aja hiehiehiehiee

      @zachflazz : Hmmmmmm masa iya sih bisa kaya dari bisnis Forex Trading ini? Nanti deh saya tanyakan dulu sama "belukar" Forex lainnya

      Delete
    5. aku ikut melongo....urusan bisnis internet aku nol besar :D

      Delete
  3. kalo yang soal ini, saya mikirnya lama buat paham. kenapa ya?
    OK-lah Kang, saya pelajari lebih lanjut sebelum saya komen lalu salah. huhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz :Hiheiheie masa iya sih? saya aja juga masih newbie alias masih bau kencur untuk urusan ginian. Saya aja belajarnya langsung dari para pialang atau pemain forex di kota Pontianak. Tidak banyak yang bisa saya jumpai, dan yang bisa diajak bertukar pendapat dan pikirannya soal Forex Trading.

      Komen salah di KPK sudah hal yang biasa, malah kalau nda OOT ya bukan KPK Troops namanya. Hiehiheiehie eh itu mas Indrayana sudah hilang belum ngabeknya hiheiheiheheie

      Delete
  4. wah hebat mas, saya juga penasaran banget pengen tau seluk beluk forex ini. dimana ya saya bisa belajar beginian? hhe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah informasi mengenai Forex Trading banyak sekali tersaji dengan free alias gratis di Internet. Namun yang mau saya rekomendasikan di sini adalah situs yang memberikan basic knowledege tentang dunia Forex Trading. Salah satu alamat belajarnya di ->http://ww5.sekolahforex.com/?

      Delete
  5. Hmmm..... Oliv sih pingin mempelajari lebih lanjut,
    Tapi kalo mau ikutan, mikir 5 kali dulu deh..
    hehe.. gak ada modal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Olivia Mimin Trisnawati : Wah untuk belajar Forex Trading bisa dilihat di http://ww5.sekolahforex.com/? dan sumbernya yang lainnya juga banyak kok.

      Modal? Hiehiheihee. Kata saya sih nda perlu modal gede, untuk pemula atau beginner seperti saya cuma modal 100 ribuan saja sudah bisa balik m0dal malah profit dalam waktu kurng dari satu bulan.

      Delete
  6. Pingin ikut tapi masih bingung, yg kebaca cuma dari 10$ mendapat keuntungan 23$. mbok ya langkah2nya cara mendaftar di buatin postingan juga toh mas mas. biar yg masih OON spt saya ini bisa sukses seperti panjenengan.
    Ditunggu posting selanjutnya langkah2 daftar forex. heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indah P : Hiehihee saya juga masih bingung bagaimana memprediksi profit dengan hanya membaca tabel tabel chart yang turun naik ini. Aseli saya aja bingung sendiri. Cuma ya memang ada beberapa Guideline dalam ikut progam Forex Trading ini.

      Untuk belajarnya bisa dari berbagai situs web yang memang banyak menyajikan informasi tentang forex trading. Salah satu referensi yang biasa saya gunakan adalah www.sekolahforex.com

      Secara umum langkahnya adalah ;
      1. Buka situs http://www.instaforex.com/downloads.php buat download software Metatrader 4 nya. Lalu jalankan

      2. Buka rekening DEMO Sebagai latihan. Nah trading lah dengan DEMO walah DEMO tapi trade pasarnya sungguhan.

      3. Deposit ke akun forex kita, dan mulailah trading dengan melihat chartnya apakah harnya naik atau turun. Lalu tentukan SIZE nya, dan siap meraup US Dollarnya.

      4. Bisa ditarik ke rekening bank kita di Indonesia

      Delete
    2. saya mulai terpengaruh nih...

      Delete
  7. saya pernah instal sopwerenya, dan cukup lama belajar, inipun diajari oleh blogger Sakahayangdotcom, adminnya kang asep juga, tapi gantengan kang asep itu dari pada kang asep ini mah...ehehehe
    dan akhirnya tepar sendiri, soalnya selalu bingung maennya.
    semoga sukses tradingnya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga sukses trading masing-masing. Kang Asep di forex, Kang Hadi di ubinya.

      Delete
    2. @Cilembu Thea : Hahahahahaha ternyata masih ada yang mengaku dirinya ganteng selain saya, Sungguh percaya diri sekali dia hahahahaa. Gini gini kegantengan ada sertifikatnya. Kang Asep yang itu harus ujian sertifikasi kegantengan dulu deh

      @zachflazz : Hhahaha nanti Ubi Cilembunya dibuat aneka rasa. Ada rasa jengkol, dan rasa pete

      Delete
    3. numpang nanya....
      kalo bisnis forex ini halal apa haram coba?

      #Bingung

      Delete
  8. wuih forex trading keknya lagi happening banget ya mas. Tp aku kok ga mudeng2 ya, kliatannya njlimet *males mikir*. Keknya aku ga bakat kek gini2 deh.. hehe

    ReplyDelete
  9. ajari saya kang asep, kok bisa profit 100 % pake indikator apa tuh atau pake signal hehehe

    ReplyDelete
  10. untung2ngan ya kalo ikut itu?

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia