Pameran Komputer : Sekedar Rutinitas?

Potongan Karcis Masuk
Catatan Asep Haryono

Tanggal 29 Oktober 2012 kemarin saya  saya berkesempatan datang mengunjungi Pameran Kompter tahunan yang diselenggaakan di Pontianak Convention Center (PCC) yang berlokasi di Jalan Sutan Syahrir (Kota Baru) ini.    Pameran komputer tahunan yang diberi nama "Ponti Comtech 2012" ini direncanakan akan berlangsung selama 6 (enam) hari saja yakni dari tanggal 28 Oktober s/d 2 November 2012 yang akan datang.



Sepanjang yang saya ketahui, ajang pameran komputer ini memang rutin di selenggarakan di kota Pontianak, namun amat jarang saya datangi, ntah karena sibuk atau memang sibuk nda sempat mampir. Akhirnya kesempatan itu datang juga sekembalinya saya dari Kantor Pos Dan Giro Kota Baru untuk mengirin paket Pos ke Jakarta, saya sempatkan mengunjungi Ponti Comtech 2012 ini.

Dengan memicu eh memacu Motor Honda SupraFit jadul kesayangan saya dengan nomor plat KB 3815 HY, saya pun bergegas untuk mencairkan kiriman uang dari Google Adsense yang kedua melalui Western Union di Kantor Pos Giro Besar I Pontianak.  Setelah urusan selesai, saya langsung cabut menuju Gedung PCC yang jaraknya cukup dekat sekali dengan Kantor Pos Giro Besar I Pontianak itu.  Dengan kecepatan kendaraan melaju biasa biasa saja ya sekitar 40 Kilometer lah gitu hehehehee.  . Orang bilang kecepatan segitu (40 KM-red) sangat lambat,  ah masa seh, lagian bagi saya enak juga pelan pelan hieheiheieie.  Biar lambat asal selamat.  Maunya sih sih cepat tapi selamat hiehiehiehieie.

Di Buka Jam 10.00 WIB?
Singkat kata saya pun masuk ke dalam gedung PCC yang terletak di bilangan jalan  Sultan Abdurahman tepat pada pukul 11.45 WIB dan saya pun menggiring motor Bebek Honda Jadul saya ke dalam ruangan parkir yang sudah disediakan di sebelah kanan bangunan PCC dan harus membayar karcis Parkir khusus kendaraan roda dua sebesar Rp.1.000,- (Seribu Rupiah).   Sedangkan untuk memasuki arena Ponti Comtech 2012 ini harus membayar lagi tiket atau karcis sebesar Rp.2.000.- (Dua Ribu Rupiah).

Saya pun memarkir motor saya di bagian agak ke dalam khusus ruangan untuk parkir motor, dan saya pun menaruh jaket dan helm, dan motor tidak perlu saya kunci stang, karena toh ini pasti juga di jaga sama petugas parkir ya khan?  "Pamerannya sudah dibuka pak sama pejabat" kata tukang Parkir yang tidak mau disebutkan namanya itu.  Dan  sebenarnya di acara pembukaan (Opening Ceremony) nya sendiri saya sudah hadir di sana namun karena saya datang "kepagian" atau terlalu awal sekitar jam 09.00 WIB sedangkan acara pembukaanya jam 10.00 WIB.

Saya pun melenggang masuk ke dalam gedung PCC tempat diselenggarakannya Ponti Comtech 2012 ini dan begitu saya masuk sudah buanyak orang yang hadir di dalam gedung itu ada bapak dan ibu beserta anak anaknya, dan ada juga remaja remaji, orang kantoran, mahasiswa, pelajar SMA hingga bapak ibu dengan baju dinas nya masing masing tentunya. 

PCC : Inilah gedung Pontianak Convention Center (PCC) tempat berlangsungnya acara rutin taunan Pameran Komputer di Pontianak.  Foto Asep Haryono


PENJELASAN  : Tidak melulu Gadget saja, bahkan untuk mesin cetak (printing machine) pun disajikan dalam pameran ini. Tampak salah seorang staff menjelaskan produk jualannya kepada seorang pengunjung.  Foto hak cipta Asep Haryono

PILIHAN :  Pilihlah sesuai dengan pilihan dan budget anda.  Selamat berbelanja.  Foto hak cipta Asep Haryono

TES URINE : Mungkin para pengunjung bisa tes URINE secara langsung di stand Polda Kalbar di pameran ini. Foto hak cipta Asep Haryono

Sambil menunggu  jam 12.00 WIB tepat jam makan siang, saya pun melanjutkan "Sidak" dari satu stand ke stand yang lain yang ada di gedung PCC tersebut hingga tak terasa perut saya perih alias kelaparan juga iehheiehiehieiee.  Setelah saya memesan snack ringan dan minum segelas es teh yang ada di luar gedung PCC maka acara "kunstand" alias kunjungan stand pun saya lanjutkan.  Seperti biasa saya pun dengan sigap mengambil gambar atau foto di dalam pameran komputer tersebut

Kurang Daya Tarik
Beberapa pengunjung Ponti Comtech 2012 yang saya liat tampak beberapa gerombol mahasiswa yang keliatan dari Jaket almamaternya yang jelas sekali sekali, begitu juga dengan kerumunan anak anak sekolah selevel SMA  atau SMP yang bisa saya liat dari busana sekolah yang mereka kenakan.  Saya pun mulai "menyisir" semua materi pameran yang rata rata di dominasi oleh produk Printer , Laptop, Gadget , Kamera Digital, Smart Phone dan tidak lupa perusahaan pembiayaan seperti Adhira juga hadir hehehe.   Nah kembali ke materi pameran PCC itu tadi, cukup menarik karena produk yang ditawarkan mempunyai kualitas baik dan harga yang kompetitif.

Saya sempat bertanya beberapa produk Laptop dan Gadget dan tidak ketinggalan juga Kamera Digital jenis KODAK yang saya sudah terbiasa dengan produk tersebut.  Saya sempat bertanya ke salah satu stand dan menanyakan Jenis Kamera KODAK Z812 IS yang pernah saya miliki beberapa tahun yang lalu. Artikel dan tulisannya sudah diposting juga di sini yang bisa kawan kawan liat.   "Ini aja pak jenis kamera NIKON Presumer 14 piksel yang kualitas gambarnya tidak kalah sama produk KODAK yang bapak cari, murah kok cashnya hanya 2 juta aja" kata mba penjualnya. 

LAPTOP : Yang menjadi highlight dalam pemeran ini tentu saja PC dan Laptop dengan harga , spesifikasi dan model yang beraneka ragam. Luar biasa kerennya pameran ini.  Foto hak cipta Asep Haryono

LORONG : Salah satu sudut dalam pameran Ponti Comtech yang berlangsung di gedung Pontianak Convention Center (PCC). Lorong yang cukup luas memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya.  Foto hak cipta Asep Haryono

Spanduk Ponti Comtech.  Foto hak cipta Asep Haryono  Foto hak cipta Asep Haryono


CAFE :  Anda lapar?  Jangan kuatir di sela sela Pameran, banyak kuliner dijajakan di sini.  Foto Asep Haryono

Ada yang kurang yang saya liat dari pameran Komputer Ponti Comtech 2012 ini  ini dalam prespektif dan pandangan saya tentunya.  Satu hal yang mungkin terlewatkan oleh panitia penyelenggara Pameran Komputer kali ini adalah tidak adanya ragam hadiah hadiah seperti Door Prize atau kuiz  berhadiah yang bisa dimenangkan oleh para pengunjung pameran.  Bukan isapan jempol kalau hadiah hadiah kuis atau door prize merupakan salah satu daya tarik yang luar biasa bagi para pengunjung.  Tidak membeli produk tetapi bisa bawa pulang hadiah door prize kan lumayan.  Ini yang saya liat tidak ada di penyelenggaraan Ponti Comtech 2012 kali ini.

MINI : Inilah Speaker Mini yang saya beli di ajang pameran tersebut.  Merek BumbleBee Honey seharga Rp.47.000,- (Empat Puluh Tujuh Ribu Rupiah).  Gambar dari Internet
Selain itu mungkin gedung PCC nya yang masih kurang besar, atau memang peserta pameran komputernya yang banyak sehingga gedung PCC terlihat jadi kurang besar. Hal ini saya rasakan saat berkeliling keliling melihat lihat isi pameran Komputer ini yang menyisir dari kiri ke kanan melingkar lingkar , dan jarak antara satu stand dengan stand yang lain terlihat "couple" atau berdamping dampingan.  Setiap kali saya lewat di sebuah stand, petugas SPG yang rata rata manis dan postur tubuh tinggi berkulit putih itu dengan sigap "menculik" anda untuk datang di standnya, dan memberikan brosur produk. Wal hasil keliling stand stand, tidak terasa Tas travel Garuda Indonesia saya penuh sama brosur brosur hehehe.

Tak lengkap rasanya jika saya mengunjungi sebuah pameran komputer tanpa belanja belanji biar sedikit asal shopping hiheiheiheiee.  Kebetulan saya sedang mencari Speaker mini buat Laptop saya di rumah maka saya pun menghampiri salah satu stand komputer di ajang pameran Ponti Comtech 2012 tersebut. Dan akhirnya saya ketemu speaker bulat ukuran mini merek Honey Bumble Bee seharga Rp.47.000,- (Empat Puluh Tujuh Ribu rupiah) atau sekitar USD 5 $.  Hiheihee murah meriah, dan setelah saya tes ternyata ruarr biasaa. Kecil bentuknya namun maksi suaranya ihiehiheiehiee.  


Tidak sampai satu jam saya berkeliling tuntas sudah di gedung PCC itu, atau mungkin saya aja yang tergesa gesa melihat liatnya karena jam di tangan saya (eh salah saya nda punya jam-red) maksud saya Handphone jadul saya menunjukkan pukul 11.10 WIB sudah hampir memasuki waktu Makan Siang  .  Dan saya pun menuntaskan kunjungan saya di pameran Ponti Comtech 2012 di PCC ini, dan segera bergegas mencari pintu keluar yang ternyata sama persis di tempat saya masuk itu tadi hanya bersebelahan saja hiehiehiehieieieieiehie. (Asep Haryono)

27 comments:

  1. biasanya ada foto melankolisnya, yang bikin pengunjung pada nggak fokus - meski betah disini... hiehiehie

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : hiheiheiheiheiheiee iya sip lah bueres. Namanya juga menceritakan kejadian atau even kan sang penulis tidak harus tampil fotonya khan. Macam Dalang gitu deh yang penting "wayang"nya aja diliat orang. Dalangnya mah dibelakang layar aja

      Delete
    2. Hayo..pagi2 udah pada BW an.....pasti lagi pada nyambil kopi + gorengan pisang ya wkwk. :D

      Delete
    3. @Budi Os 19 : Hiheiheieheie ya nih Mas Budi, Wah saya sih kalaw pagi biasanya nyeruput Bubur Ayam karena memang letaknya persis di depan kantor saya, jadi tinggal nyebrang aja hiehiheiheiheiee. Bubur Ayam yang murah meriah namun asyiiik. Hiheihiehiehiheiheiheieie

      Delete
    4. Wah..memang asyik tuh bang asep..pagi2 nyeruput bubur ayam..hmm di tambah 3M lagi..Murah Meriah Mantap pula hehe..:D

      ya hati2 loh bang..sama mas zach..dia di knal sgt kritis ngomenin mslh foto di tiap post kita.. Hehe...
      Piss ..kabur akh..ngindar dari mas zach wkwk :D

      Delete
    5. @Budi Os 19 : hahahaha tenang aja Mas Zachflazz itu baik hatinya seperti salju. Dia sebenarnya kagum dengan foto foto yang ada di blog kita. Cuma kekagumannya tidak diungkapkan yah bisa dikatakan malu malu gitu deh

      Delete
    6. ya Allah... di sini juga pada ribet bubur ayam? Kasihan ayam-ayamnya tuh, disembelih terus dijadikan bubur dan tinggal di dalam perutnya om Asep..

      Ohya, om Asep kok blak-blakan banget ya tentang plat nomor nya?

      Delete
    7. ya disinilah pembicaraan tentang bubur itu berasal. biangnya disini.

      Delete
    8. @Ocha Rhoshandha : hahaha tidak masalah dengan plat KB mengapa pula harus ditakuti. Tidak ada masalah kan ada Buku Pemilik Kendaraan Bermotornya?. Kenapa takut dipalsuin? Takut ditiru? Silahkan saja saya tantang.

      Delete
    9. asiik, mulai dah superheronya keluar..

      Delete
  2. Ea...nih bang..gi nunggu jg di jskarta kapan ada pameran seperti ini..biasanya sethn 2x di JCC...

    Apa sy udah ktinggln info nya ya...hehe

    Mav ya bang asep koment di atas ngeflud..maklum bw by hp...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budi Os 19 : Hiehiheiee ah nda apa kok. Saya aja sering menulis komen ah munculnya sampai dua kali seperti yang sering terjadi sekarang ini. Santai aja mas Budi hiehiheiheiheiee.

      Biasanya kalaw ada ajang Pameran Komputer di Jakarta di publish besar besaran di media cetak nasional, TV swasta bahkan di spanduk spanduk besar di Jakarta.

      Saya malah yang mau mendapatkan informasi dan masukkan dari kawan kawan Blogger di Jakarta. Biar tau perkembangan gitu deh

      Delete
    2. Sipp deh bang...ta cari info nya hehe.. :)

      Delete
    3. kita ke pontianak aja yuk Mas Budi. nyobain bubur. (halahh). btw tu Kang Asep ada 3 postingan di list nggak bisa dibuka semua.

      Delete
  3. hadir lagi mewarnai hari para blogger Kang Asep.
    sayang tidak semua daerah ada kegiatan pameran seperti ini. padahal kalo ada di daerah saya, pasti banyak yg bakalan gue pengen ganti di kompi saya!
    btw, udah pencairan yg kedua adsensenya ya? saya belum sama sekali tuh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @penho : iya mas sudah dapat kiriman lagi dari Google Adsense lewat Western Union saja lebih mudah dan tidak ada banyak syarat lain. Hanya mengisi Blanko pengambilan uang, Money Control Number , satu lembar fiti eh fotokopi KTP yang masih berlaku. Sebentar aja udah cair ieiheiheiehe.

      Delete
  4. pas ini sob setelah dapat dari adsens langsung belanja-belanja di sini hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif : Iya mas Alhamdulillah sudah cair yang kedua sudah habis dibelanja belanji sana sini iehiehiheeheie.

      Delete
  5. pasti asik ya mas kliling pameran sambil belanja...:D
    oiya mas saya dah follow blog ini. d tunggu follow backnya..:D

    makasih mas Asep Haryono salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nakusan : Hiheiheiiee terima kasih atas kunjungannya ya mas Nakusan. Saya sudah follow back loh, dan sudah mampir ke blognya mas Nakusan. Iya bener sekali keliling pameran apa pun tidak lengkap rasanya jika tidak belanja belanji iheihiehiehiehiehiee. Salam dari Pontianak

      Delete
  6. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    berkunjung mas,maaf ya akhir-akhir ini jarang hadir maklum sibuk diladang trus modem baru di isi hihihie

    pasti duit dari mbah google adsense ya mas,yg untuk beli speaker bulat ukuran mini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @M haykal : ALhamdulillah, rezeki dari ALLAH SWT, dana dari Google Adsense sudah habis dibelanjakan , juga buat bayar bayat tagihan alias hutang hiehiheiheiee. Walah jadi curcol hiheiheiheiieiee. Ah santai aja mas M. Haykal, saya pun sibuk juga setiap harinya. Tak usah risau. Santai aja ihiheiheihiehiehiehe

      Delete
    2. mas curcol itu apa? saya sering baca dikomentar sobat2 yg lain juga,tapi tidak tahu artinya

      Delete
    3. curhat colongan. nggak disuruh curhat tapi nekad curhat. itu hobi Kang Asep.

      Delete
    4. owalah...gitu toh :D
      terimakasih informasinya mas zac

      Delete
    5. sama-sama Mas Haykal

      Delete
  7. hari pertama jam 12an udah kesana juga, seperti biasa isi stannya dan lokasi stan pun gx berbeda sebelumnya, masih sama, seperti pameran komputer sebelumnya. Namun enggak tahu deh, apa yg berbeda di pameran kali ini...
    Eh, waktu Apkomtech Mei, ikut isi stan, rasanya lebih seru yg di apkomtech deh :D :D

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia