Strategi Blogwalking Ala Simplyasep

Catatan Asep Haryono

Senangnya jika website atau blog kesayangan kita dibanjiri oleh puluhan bahkan ratusan pengunjung setiap harinya? Sungguh menggembirakan dan membuat senang tuan rumah (admin) yang bersangkutan melihat blognya "ramai" oleh pengunjung. Terlebih lagi jika ada banyak komentar baik berbentuk saran bahkan kalau perlu kritikan yang diterima membuat si administratornya juga sangat berterima kasih.  Apakah rahasianya sehingga blog atau website Sahabat Blogger itu bejibun pengunjungnya?  Tentu senang sekali, dan ingin sekali seperti itu bukan? Saya sendiri juga senang melihatnya dan juga turut bergembira karenanya.

Namun demikian, ada memang banyak kendala yang dirasakan banyak penulis (blogger) dalam melakukan aktifitas ala Anggota DPR/MPR yang blusukan atau berkunjung ke daerah konstituantenya istilah kerennya "kunjungan kerja" ala blogger yang dikenal dengan Lintas Blog atau Blogwalking.   Beberapa kendala yang dianggap menjadi biang keledai eh keladi adalah waktu yang terbatas atau bahkan tidak punya (waktu) sama sekali.  Setiap orang tentunya punya kesibukan masing masing di alam nyata (kehidupan sebenarnya sehari hari-red).  Jadi jika Sahabat Bloggger jarang update tulisannya tentu bisa dipahami.

  1. Tulisan sudah ada
    Maksudnya di sini adalah seorang penulis blog (blogger) minimal sudah memiliki tulisan atau artikel yang sudah dipublish dan sudah tayang di blognya baik untuk hari ini atau mempersiapkan tulisan tersebut untuk tayang di keesokan harinya. Sistim schedule gitu deh kira kira.  Jadi untuk bisa leluasa dan punya banyak waktu untuk melakukan Blogwalking strategi yang pertama adalah Sahabat Blogger sudah mempublish postingan untuk hari ini.  Jadi konsentrasi penuh untuk melakukan kunjungan ke situs atau blog sahabat lainnya tanpa terganggu.
    Pengalaman juga sih.  Hari itu saya belum buat postingan apa pun,.  saya langsung kunjungan dinas (blogwalking) ke blog sahabat. Semampuya saja.  Saya tidak pake blogroll.  Umumnya Blogwalking saya karena memang saya harus membalas kunjungan para Sahabat pada artikel saya sebelumnya. Bukan hari itu.  Karena hari itu saya blum nulis artikel postingn apa apa.   Nah karena asyiknya blogwalking ujung ujungnya saya malah lupa nulis postingan pada hari itu.  Semakin lama fokus terpecah dua. Satu sisi sedang menulis postingan sisi lain berkunjung blogwalking pada waktu yang bersamaan.  Jadi sebaiknya sahabat blogger sudah mempublish postingan hari itu baru deh blusukan blogwalking kemana saja yang disukai.
  2. Membalas Kunjungan
    Walau secara teknis bersifat PASIF saja.  Ada aksi maka ada reaksi.  Begitu tau blog saya dikunjungi oleh para pengunjung, saya pun segera membalas (reply) komentar komentar yang masuk dalam blog saya tersebut hari itu.  Selanjutnya setelah menjawab atau membalas (reply) komentar para Sahabat , maka saya tentu saja langsung menuju TKP alias melakukan kunjungan Balasan. Sebagai ucapan terima kasih atas kunjungan mereka maka saya pun melakukan kunjungan Balasan.  Ini adalah strategi Blogwalking yang saat ini masih sering saya gunakan.  Membalas Kunjungan
    Yang menjadi pertanyaan menggelitik adalah: apakah yang datang berkomentar saja yang dikunjungi balasan?  Tentu saja tidak. Yang WAJIB bagi saya adalah membalas kunjungan Balasan para Sahabat Blogger sebagai ucapan terima kasih karena sudah dikunjungi.  Sedangkan untuk melakukan  Blogwalking secara murni adalah kegiatan Aktif. Yakni melakukan kunjungan secara langsung ke Blog Sahabat karena memang berniat untuk "bertamu" atau "studi banding:" atau bersilaturahmi.   Ada NIAT nya.

  3. Menuliskan Komentar 
    Berkunjung ke blog sahabat blogger lainnya tentu saja tidak sekedar memberi komentar asal (walaupun komentar OOT juga boleh aja tergantung kesepakatan). Jika sama sama setuju, dan sama sama bisa diajak bercanda atau bergurau komentar ngawur pun mantap saja. Oke oke aja.   Ini akan menjadi masalah jika berkunjung ke blogger serius alias tidak bisa dibecandain.  Tidak semua orang bisa diajak becanda.   Jangan kuatir kalau berkunjung ke blog Simplyasep, komentar terngawur pun selalu diapreasiasi,.  Jangakan komentar, kirim duit via transfer juga boleh.  Nanti saya kasih nomor rekenening sayah ya.  Tenang
 
Gambar dari Internet



Saya kira dua hal di atas yang saat ini sering saya terapkan. Seperti yang sudah saya sebut di atas adalah membalas kunjungan.   Membalas kunjungan adalah sesuatu yang wajib saya lakukan.  Betapa senangnya jika kita dikunjungi oleh Sahabat Blogger lainnya dengan mereka berkunjung ke website atau blog kita tentunya diri ini merasa sangat dihargai.  Apakah mereka datang berkunjung juga karena mereka melakukan kunjungan balik atas kunjungan kita kepada mereka, Wallahu Alam. Yang jelas siapa pun yang datang berkunjung (memberi komentar) adalah tamu agung yang harus dilayani dan diberikan perhatian yang baik penuh cinta. Halah  *gubrak


Secara matematis, misalnya.  Jika kita berkunjung blogwalking ke salah satu blogger misalnya.  Nah jika saat itu ada sekitar 40 (empat Puluh) komentar yang menuliskan komentar dalam blog dia, berarti secara teknis ada 40 (Empat Puluh) alamat blog yang harus kita kunjungi dari daftar pengunjung di blog si dia.   Nah jika ke 40 (empat Puluh) alamat Blog tersebut tentu ada pengunjung (komentar) di masing masing blog nya bukan?  Nah jika masing masing dari 40 (empat Puluh) alamat blog tersebut terdapat masing masing 10 (Sepuluh) pegunjungnya tentu akan banyak sekali alamat Blog yang kita kunjungi.  Secara teori Banyaknya blog yang dikunjungi + diberi komentar jumlahnya relatif akan sama dengan jumlah yang datang dan berkomentar di blog kita.  Ini hanya teoritis saja. (Asep Haryono)

37 comments:

  1. aku punya blogroll, jadi kalau mau bewe selalu dari blogroll tersebut, random sih blogger yang aku ikuti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sari widiarti : Ini memang sudah menjadi wacana juga sih. Dalam arti kata setiap bloggeer tentunya punya blogger kesayangan atau blogger yang menjadi favenya. Mau posting terbaru atau tidak mosting sama sekali, blog tersebut akan dikunjungi dengan suka rela , Namanya juga blogger kesayangan.

      Setiap blogger punya blog kesayangan yang dia kunjungi setiap hari, walaupun dia jarang update situs blognya. Namanya juga kesenangan. Kadang sudah memasuki wilayah Selera. Kalau sudah memasuki Selera tidak akan bisa diperdebatkan. Selera memang tidak dapat diperdebatkan

      Delete
    2. sejak blogrolku error, terpaksa tak lepasin dan rada kesulitan mau bw, seperti ke blog ini deh, dibawa ke G+ dulu, padahal adminnya ngga pernah ng'bagiin posts nya ke G+, kepasa kudu liat profilnya dulu...klik lagi deh...bukan apa apa seh...koneksi di cilembu kan lemot...ya akhirnya ngga pernah bisa pertamax deh....padahal dulu top markotop sebagai pertamax murni disini...hiyah kan kang?
      #nyindir....banget kan....;o)

      Delete
    3. @Mang Lembu : Wahahahahha saya malah nda Ngerti. Saya aja aseli kagak ngeri G + segala macem Beberapa blog yang saya kelola memang mensyaatkan share di G+ Namun khusus untuk simplyasep kesayangan saya ini saya malah bemgong aja. Kagak ngerti share lewat G + . Jadi saya malah nda ngerti siapa nyindir siapa. Wakakakakkakakakaka

      Delete
    4. pasti maksudnya kang tea bukan G+ deh.

      Delete
  2. Mantap! Tapi, kalau nulisnya misalnya 10 post piye Pak Asep? Punya cara yang simple juga nggak? Bisa buat ide tulisan juga ahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lilih Prilian Ari Pranowo : Wah wah wah keren sekali. Saya aja paling kuat nulis artikel atau tulisan postingan paling banyak 2 saja dalam satu hari. Selebihnya sistim skedul alias sistim celengan. Nulis hari ini untuk diterbitkan hari ini. Kalau ada tenaga lagi nulis lagi 1 artikel postingan lagi untuk diterbitkan keesokan harinya. Sistim Skedulllllllllllll

      Delete
  3. 1 kendala saya buat blogwalking akhir-akhir ini Pak Asep, koneksi internet yang lumanyun eh lumayan berat. Komputer yang agak lelet waktu buka tab banyak-banyak (kalo buka satu-satu malesnya menjadi-jadi, apa lagi bisa lupa mana yang udah di kunjungi).

    OOT, untuk menulis sih biasanya saya rapel, misal sehari ada 5 ide dan semuanya jadi 5 artikel, saya publish pake jadwal sotomatis di blog, saya pecah jadi 5 hari. Jadi kalo kedepannya nggak ada ide atau sibuk ya bisa tenang. Selama ada waktu, ada ide, pasti saya paksain buat nulis. Perkara besoknya ada waktu dan ide lagi, ya di taruh di hari keenam dan seterusnya sih.

    o iya mata saya yang agak kurang baik atau memang font diblog ini berubah kecil ya Pak Asep?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aditiya Zamrud : Terima kasih sudah berkunjung. Bagaimana dengan kabar mu hari ini? Semoga sehat sehat saja ya. Hiheiheihe. Alhamdulillah kami sekeluarga juga sehat sehat saja. Semoga kita semua dalam lindungan dari Allah SWT Amin Amin AMin ya Robbal Alaminnnnnnnnnnnnnn.

      Iya sistim atau pattern yang sama juga sering saya terapkan. Dulu memang pernah juga menulis secara langsung 5 tulisan sekaligus untuk tanggal berurutan besok, lusa, dan beberapa hari kedepannya. Ujung ujungnya bukan waktu Blogwalking yang semakin banyak, saya malah justru asyik edit sana sini dan menambahkan artikel tambahan lainnya. Hieiheiheiheiihe.

      Untuk FONT nya saya biasa pake ukuran NORMAL saja. Dulu pernah make ukuran LARGE. Namun untuk menyiasati hal ini mungkin mas Aditiya Zamrud bisa memperbesar tampilan screen layarnya dengan mengklik Control + maka hurufnya akan menjadi lebih besar

      Delete
    2. Iya pak akhirnya saya zoom hehehehe...
      Alhamdulillah saya dan keluarga saya juga sehat :)
      Saya bikim banyak tulisan dalam satu hari terus dipost di tanggal yang berurutan bukan buat nyediain waktu buat BW sih pak, tapi takut-takut kalau besok nggak ada waktu hehehehe...

      Delete
    3. @Aditiya Zamrud : iya benar Ada memang bLoggger yang tidak perduli sama blogwalking. Dia cuek aja mau dikunjungin orang atau tidak ada yang baca si blogger ini tidak perduli. Tidak ambil pusing. Mau dibaca orang atau tidak dia tidak perduli. Yang penting Nulis nulis nulis.

      Jadi jika stok buat tulisan untuk beberapa hari ke depan juga tidak ada masalah kok jika juga tidak BW. Soalnya saya juga sering begitu kok. Saya stok tulisan 6 hari ke depan berurutan misalnya. Nah karena sudah stok 6 hari ke depan tayang, otoomatis saya "LIBUR" 6 hari tidak buka internet. Alias hepi hepi di alam nyata. Wahahahahahahhahaa

      Delete
  4. Blogwalking emang seru banget yaa mass :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Munawir Alfikri : Iya Tentu. Blogwalki itu menyenangkan. Bisa membaca artikel dan tulisan dari para Sahabat Blogger lainnya yang unik dan berbeda beda karakternya dari satu blogger ke blogger lainnya. Serasa membaca banyak artikel dan tulisan dari banyak para pakar dari disiplin Ilmu yang berbeda beda. Saya sangat suka pada artikel atau tulisan yang bergenre pengetahuan umum dan praktis yang bisa diterapkan seperti tips tips

      Delete
  5. kalau saya sering menjumpai admin blog yg berkomentar OOT, maksudnya si empunya blog malah suka berkomentar OOT di postingannya sendiri, hehehe :D

    kalau blogger yg super serius mendingan gak usah dikomentari mas daripada ribut, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Indri Lidiawati : Wahahaha iya saya pun mendeteksi ada memang beberapa Admin Blogger yang sudah dari "sono" nya senang bercanda , bersenda gurau atau humoris. Syukurlah kalau kita sama sama setipe dengan Admin yang konyol, lucu, dan humoris. Namun tidak semua ADMIn bisa diajak Bercanda atau bersenda gurau. Maksudnya bercanda malah menjadi BENCANA.

      Dulu pernah ada Blogger yang tersinggung hanya disebut TANTE oleh salah seorang pengunjung blognya. Berseteru akhirnya hanya karena Salah Paham saja. Dalam pengertian dia sebutan TANTE itu berkonotasi Negatif. Tante Girang atau Tante yang doyan kehidupan bebas. Ini pendapatnya yang harus dihormati karena penafsiran orang berbeda beda tentunya.

      Disisi lain, sang pemberi komentar juga tidak tau kalau kata TANTE yang ditulisnya di kolom komentar yang bermaksud canda atau humor dianggap serius. Nah kalau sudah begini gimana cara mengatasinya? nah ini adalah contoh kasus saja.

      Delete
  6. wah saya ikut berkunjung di sini pak
    kadang kalau kuota mepet gak bisa bw juga, kadang mood mood an juga sih
    sebisa mungkin jawab komentar saja hehe sementara itu dulu


    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dedaunan : Wahahah iya sama sama. Saya juga kalau Kuota Modem saya sudah mendesak mau habis alias sudah berasa SENIN- KAMIS, maunya sih ditunda tunda aja Blogwalkingnya. Heiiehiehiehiehehiehiihe

      Delete
  7. Blusukan cari simpatisan kang...
    Sambil kampanye blog kita,
    Klo posting artikel kmudian BW, seolah sdah menyediakan menu untuk tamu blog yg balas BW

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wongcrewchild : Iya benar sekali mas. Sambil blusukan ke blog sahabat blogger lainnya, sekalian kampanye mempromosikan Blog kita ya. Hieiehhee. Ini sudah mirip CALEG aja kalau gt ya Hiheihiehieehehie

      Delete
  8. Selain blogwalking, ada hal lain yang lebih efektif bisa menarik perhatian para pengunjung. Yaitu serin2 ngadai Giveaway. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Lutfi Hakim : Exactly mas. Benar sekali. Sebagian orang setuju bahwa salah satu daya tarik dan daya pemikat orang untuk datang dan datang lagi adalah ada sesuatu yang bisa dibawanya pulang. Entah itu ilmu, tips dan trik bermanfaat, atau informasi umum lainnya. Selain itu GiveAway atau semacam Kontes berhadiah juga menjadi daya tarik yang luar biasa bagi orang untuk datang da berpartisipasi

      Delete
    2. Jadi, kapan nih giveaway edisi bulan ini? :)

      Delete
  9. kadang nih ya Om, malah blogwalking lebih asyik daripada ngelahirin postingan.
    Kendala saya sih, ya itu banyak tugas, haduuuuuuuuuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ocha Rhoshandha : Iya Ocha. Santai aja. Kita kita yang konon sering disebut "dedemit maya" memang banyak di blog, Twitter dan sosial media lainnya. Yang sedang ada PR atau Tugas ya diprioritaskan saja dahulu pekerjaan rumah (PR) dan Tugas tugas sekolah nya. Kita kita bisa menunggu toh,, dan tidak akan lari kemana mana. Kami selalu menanti Ocha di Blog

      Delete
  10. oo gituh ya caranya kang asep bewe..
    yang penting ngge betewe atau bete lah yah...;o)

    ReplyDelete
  11. hoho... wajib di coba nich... iya sech kalau saya juga ngerasanya begitu apa yang di tanam ya itu yang di petik hehheh... blog walking berapa ya kunjungannya segitu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @uli mayang Sari : Ieiheiheie ini hanya terori saja. Dan yang perlu dicatat bahwa dari semua total komen yang tercetak di blog sahabat itu SETENGAH nya mungkin berasal dari jawaban (reply) admin sendiri. Jadi jika ada sebuah blog dikunjungi atau mendapat TOTAL komentar ada 100 , maka bisa berarti 50 adalah komentar aseli dari pengunjung, dan sisa 50 lagi adalaha REPLY atau jawaban dari Admin Heiheiheiheiheiheiee

      Delete
  12. Ooooh ternyata itu ya strategi blusukan ala kang asep.. hehe

    ReplyDelete
  13. ya gk jauh beda lah ma yang saya lakukan Kang, yang membuat malas BW cuma karena koneksi internet yang pas gk mau kompromi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhahaha sebenarnya banyak faktor kenapa koneks modem atau internet itu lelet atau lambat.

      Delete
  14. untuk blogwolking secara maksimal buat saya akhir2 ini agak berat mas, disamping kesibukan ofline yang lumayan padat, koneksi internetnya juga lagi gak bersahabat..

    ReplyDelete
  15. saya terkendala soal kesempatan kang. berat banget bagi waktu kalo udah di kantor sama di rumah. paling ideal tu ya pas di jalan naik kereta, bisa puas ngeblog, komen, BW, sama ngerumpi. ehhh

    ReplyDelete
  16. Bukan blogger namanya kalo males blogwalking. Hehe

    ReplyDelete
  17. Setelah lama tak berselancar, Alhamdulillah hari ini saya menemukan blog ini. Terima kasih mas atas masukan yang luar biasa. Izinkan saya menempatkan alamat blog ini pada blog saya. salam kenal dari Dumai.

    ReplyDelete
  18. Salam kenal Mas Asep.... Salam Blogwalking hehehe

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia