Pengalaman Mengurus KTA Bank Permata

Catatan Asep Haryono

Saya mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) di Bank Permata cabang Gajah Mada Pontianak memang tidak disetujui (tidak diapprove) namun ada catatan dari proses pengurusan KTA tersebut yang ingin saya bagikan pada hari ini.  

Singkat cerita sekitar minggu pertama (saya tidak ingat persis tanggalnya-red) Pebruari 2014 saya mengisi formulir Aplikasi Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank Permata Cabang Gajah Mada Pontianak.   Saya diterima oleh salah seorang staf Bank Permata Gajah Mada bernisial Y.  


Singkat cerita Formulir aplikasi KTA pun selesai ditulis kemudian berkas ini diserahkan kepada petugas tersebut dan diharap menunggu hingga 14 hari kerja dari tanggal penyerahan. 

Saya mengajukan pinjaman KTA dengan plafon Rp.5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) untuk masa cician 12 (dua belas) bulan.  Syaratnya cukup mudah : Kebetulan gaji saya payrollnya memang di Bank Permata sejak beberapa tahun yang lalu.  Hanya fotokopi KTP yag masih berlaku dan foto kopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) saja.  Sederhana sekali.  Untuk mengecek status KTA saya maka saya pun melakukan calling atau kontak melalui permata Tel di nomor 021-500111 hotline. 

Dari telepon ke Permata Tel inilah saya mendapat informasi bahwa Aplikasi atau permohonan KTA saya tidak ada dalam sistem Permata Pusat. Saya pun tidak menaruh perhatian terhadap informasi dari Permata Tell tersebut.

Kemudian setelah melewati kurang lebih 14 (empat belas) hari dari yang dipersyaratkan , akhirnya didapat kabar kurang menyenangkan kalau aplikasi KTA saya ternyata tidak sampai ke permata Pusat karena "hilang" dalam perjalanan. 
Oleh staf Bank Permata Gajah Mada bernisial Y. tadi saya dibuatkan berita acara dan didapat kabar penyelesaian tanggal 3 April 2014 atau menghubungi permata Tel di nomor 021-500111 hotline


Bank Permata Cabang Probolinggo
Bank Permata Probolinggo.  Ilustrasi Foto Dari Panoramio

Akhrinya saya baru ngeh mengapa informasi dari Permata Tel Pusat menyatakan belum menerima Aplikasi KTA saya yang diajukan melalui bank Permata Cabang Gajah Mada.   

Akhirnya oleh staf Permata Tell disarankan saya mengajukan (Re-apply) Aplikasi Kredit Tanpa Agunan (KTA) kembali dan persis pada tanggal 3 April 2014 itulah saya mengajukan kembali - mengisi kembali
Aplikasi Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank Permata Cabang Gajah Mada.  Ini adalah aplikasi KTA saya yang kedua.  


Kemudian sesuai "tradisi" yang berlaku dalam Bank Permata, nasabah calon KTA harus menunggu hingga 14 (empat) hari kerja sebagaimana yang sudah sebelumnya.    Setelah menunggu selama kurang lebih Ini 14 (empat) hari kerja akhirnya saya ditelepon oleh Bank Permata Cabang Gajah Mada, suaranya dari staf perempuan. Saya tidak sempat menanyakan namanya di telepon.  

Dari informasi dari Bank Permata Gajah Mada via telepon itulah saya dapat kabar kalau Aplikasi KTA (Kredit Tanpa Agunan) saya di Bank Permata cabang Gajah Mada Pontianak direject (Ditolak).   Saya pun tidak percaya begitu saja. Saya pun segera mengontak permata Tel di nomor 021-500111 hotline dan didapat informasi yang mengejutkan bahwa dari Pihak Permata Tel Pusat tidak menerima berkas apapun atas Aplikasi KTA saya dari Bank Cabang Permata Gajah Mada.  Aplikai saya tidak ada di sistem Permata Tel Pusat

Penjelasan permata Tel di nomor 021-500111 hotline dan didapat informasi bahwa setiap Aplikasi KTA harus masuk dalam sistem di Permata Tel. Baik yang diterima (approve) ataupun yang tidak diterima (reject) harus sudah terdata dalam sistem.  Dari sini didapat kesimpulan sementara bahwa  oleh Pihak Permata Tell yang mengatakan seharusnya dari Pihak Bank Permata Cabang Gajah Mada Pontianak meneruskan atau mengirimkan data APlikasi saya kepada Pusat.   

Saya pun kroscek kembali kepada Bank Permata Gajah Mada.  Dari penjelasan Staf  bernisial Y dan didukung oleh staf lain berinisial S  (saya rasa ini atasanya staff Y dari busana kerjanya-dugaan saja sih-red) mereka membantah tidak mengirim data KTA saya ke Permata Pusat.   

Lantas kalau sudah klaim mengklaim gini siapa yang benar donk?   Sepertinya tidak sinergi antara Bank Permata Tell Pusat dengan Bank Permata Cabang Gajah Mada Pontianak.  Ini pendapat saya aja yang bisa saja keliru atau kurang akurat.     


Yang terbaru hari Selasa, 8 April 2014 jam13.50 WIB  saya menhubungi lagi permata Tel di nomor 021-500111 hotline dan didapat informasi bahwa ada kemungkinan Aplikasi  Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank Permata Cabang Gajah Mada.saya tidak memenuhi syarat kelayakan sebuah aplikasi.  Entah karena syarat Gaji yang kurang atau bagaimana saya kurang tau persis.   Yang jelas saya KTA saya ditolak.  Yang bikin saya penasaran adalah 
  1. Data Aplikasi KTA saya sebenarnya dikirim ke pusat atau di terminate di cabang sih?  Yang mana yang benar sih?
  2. Siapa yang berhak memutuskan approve atau reject sebuah aplikasi KTA nasabah - Pusat atau Cabang?.  3) Jika di reject , mengapa tidak ada penjelasan mengapa di reject? Kan saya bisa tau kekurangan  saya sehingga bisa melengkapi nya untuk aplikasi KTA saya berikutnya kan.  

Ternyata mengajukan
Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank Permata bukan hal yang mudah. (Asep Haryono)

45 comments:

  1. Aku juga ditolak sebelum mengajukannya, mungkin wajahku yang serem :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah sportif. hihi

      Delete
    2. ditolak cewek juga udah sering kan ya?

      Delete
    3. @Djangkaru Bumi : HIHiehiehiheiheie. Serem tapi hatinya selembut sutra ya

      @zachflazz : Hiheiheiheiheiee

      @Ocha Roshandha : Wahahahahahhaha

      Delete
  2. ya karena tanpa agunan itu Kang, ternyata bikin mereka mempersyaratkan hal2 yang beda dibanding bank konvensional lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : iya kah? wah saya juga bingung ya kenapa di reject. Soalnya tidak ada penjelasan mengapa bisa (direject)

      Delete
  3. ya karena tanpa agunan itu Kang, ternyata bikin mereka mempersyaratkan hal2 yang beda dibanding bank konvensional lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wah isinya sampai dua kali. Wahahahhaa. Korupsi komen ya
      Wahahahhahaa

      Delete
  4. kelihatan sekali memang sengaja dipersulit itu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nico Agung Wijaya : Istri saya sudah curiga sejak pengajuan KTA yang pertama. Kok ya bisa dikatakan "hilang" dalam proses pengiriman ke pusat?. Disuruh apply lagi sama pusat , ujung ujungnya ditolak juga

      Delete
  5. Tapi belum pernah nih yang kayak beginian mas hehehe

    ReplyDelete
  6. saya malah gk punya tabungan di permata :D

    ReplyDelete
  7. saya jadi kepikiran...lebih baik mengajukan lalu ditolak atau tidak ditolak karena tidak mengajukan ya ?? saya sampai pusing :O

    ReplyDelete
  8. pengalaman yang tentu tak terlupakan

    ReplyDelete
  9. Anonymous12:05:00 AM

    coba ajukan saja pinjaman di koperasi adil makmur pontianak pak, alamatnya Sungai Jawi jl.haji Rais A. Rahman, gg.gunung sahari (gg ini diantara garuda mitra dan pasar/terminal oplet)

    ReplyDelete
  10. Anonymous2:59:00 PM

    sebenarnya ada kbr dr permata pusatnya jika aplikasi tsb di reject atau approvenyaga bp / ibu yg berkenan bs menjawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous9:41:00 AM

      direject atau di approve akan tetap ada datanya di pusat. tapi alangkah bagusnya kita sendiri yang langsung nanya ke pusat.

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Anonymous9:54:00 PM

    KTA saya dari Bank Permata di approve, bahkan uangnya pun sudah cair ke rekening saya. Cuman yang bikin saya kaget, saya mengajukan pinjaman sebanyak 40 juta, tapi yg di approve sebesar 11 jutaan,-. Saya langsung telpon ke hotline nya Permata, dan penjelasan dari pihak Permata menyebutkan bahwa itu keputusan dari Tim Analis.

    Saya langsung minta kepada penerima telpon di hotline tersebut utk membatalkan pinjaman saya (entah bisa atau tidak, soalnya kejadiannya baru2 ini) dengan alasan tidak sesuai dengan yang di ajukan. Bahkan tidak sampai 30% dari total yang diajukan.

    Tapi untuk catatan saja, KTA yang saya ajukan adalah KTA Speed. Saya proses siang hari, dan malam hari ditanggal yang sama pinjaman KTA tersebut cair dengan jumlah yang tadi saya sebutkan.

    ReplyDelete
  13. Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    ReplyDelete
  14. Memang banyak pengalaman gan sis yang ditolak, sebagai seorang marketing senior KTA di Bank DBS, saya banyak menemukan pengalaman itu, saran saya sih mending ke sales atau marketingnya langsung, daripada langsung ke bank yang bersangkutan karena ada-ada aja data aplikasi harus lengkap benar, saya bisa dibantu sampai approve, saya sudahpengalaman bertahun-tahun dalam menangani hal itu.

    Silakan langsung ke website saya untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya.

    Makasih informasinya

    ReplyDelete
  15. Anonymous11:30:00 PM

    Hallooo....saya mau share pengalaman ambil KTA Permata bank...dan beneran cm 1 x 24 jam langsung cair. Hari kamis tgl.6 oct 2016 sekitar jam 14.30 sy ke permata bank jl. Kartini surabaya...diterima customer service...sy isi semua data2 via computer yg ada dikantor mereka...stl itu ngasih ktp, atm dan kartu npwp buat difoto copy...tanpa bayar apa2 sepeser pun...tanpa ditelpon...dll...dan hari ini jumat 7 oct 2016..dana tersebut sdh ditransfer ke rekening sy...
    Mungkin sy disetujui karena :
    1. Karyawan tetap yg payroll nya lewat permata bank. Walaupun sy br 2 th sbg nasabah
    2. Gaji sy 10x lbh tinggi dr nilai cicilan perbulan.
    Saya juga pernah diblacklist BI karena punya tunggakan di citibank selama 4 th tapi sdh sy lunasi 3 bln lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Makasih sudah memberikan masukan, komentar dan juga pengalamannya Saya sangat berterima kasih, da sangat menghargai semuanya. Sayang sekali, saya sudah keluar dari Bank Permata Setelah saya resign dari kantor, saya juga resign dari Bank Permata. Pada awalnya saya buka rekening bank Permata sebagai rekening PAY ROLL. Buat gahi saja

      Delete
  16. Saya jga mengajukan kta di permata dan tidak ada kejelasan sama sekali ...telpn ke permata tell pusat juga data nya belum masuk ...padahal syarat2 udah semua Permata bank masih blm layak disebut bank yang mapan dan canggih ...kalau ditolak ya ditolak ...kalau diterima ya terima tegas aja ini mah gk ada kejelasan sma sekali

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. Anonymous8:48:00 AM

    KTA Permata speed utk nasabah non payroll proses brp lama ya utj tahu di approve gak nya. Sy ngajuin selasa kmrn lsg di cab bank permata dng cs nys.rabu kantor dan rmh lsg ditelp buat verifikasi.ini hari ketiga tp blum ada kbr. Sy pny cc bank lain limit 15 jt udah 4 th dan tagihan bln saat ini enol rupiah. Gaji jg menenuhi. Kira2 aporove gak ya

    ReplyDelete
  21. Pantesan dah lewat 3hari dari 14hari Kerja kayanya ditolak juga nich bsguslah biar ga ada cicilan bank permata

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. Boleh donk kalu ad pinjaman tanpa agungan bisa email ke saya

    ReplyDelete
  24. Saya lg butuh sekali pinjam uang...saya juga sdg mengajukan di bank permata.. kurir sdg dtng ambil data.. to SD skrg blm ada yg TLP atau pemberitahuan di setujui atau di tolak.

    ReplyDelete
  25. Saya juga pengajuan permata KTA dr tgl 5 desember baru tgl 26 di tlvn survey dr permata pusat,tapi g tau g ada kabar lagi di aprove apa g ,capek nunggunya,kelamaan

    ReplyDelete
  26. Yg tau donk kta permata sy jg blm ada kabar... biasanya di SMS dlu y klo diaprove

    ReplyDelete
  27. yang namnya kTA itu pasti dipersulit..iklannya aja kaya yang mudah tapi pas diproses banyak sekali aturan aturan yang lainnya lumayan ribet

    ReplyDelete
  28. Pusing ajukan gagal terus

    ReplyDelete
  29. Setelah KTA permata yg saya ajukan tidak ada kejelasan approve atau tidak..Akhirnya saya tersadar Lebih baik sisihkan sebagian dari gaji untuk ditabung.Karena bagaimanapun juga KTA itu buat kita keok koq..yg kaya ya si pemberi KTA..Untung gk di approve,,gk pusing mikirin pembayaran bulanan nya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar juga. Terima kasih sudah mampir Salam dari Pontianak

      Delete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia