Tiap Bangsa Beda Budayanya

Catatan Asep Haryono


Baru pertama kali diluncurkannya Blog Simplyasep format Bahasa Inggris sejak tanggal 1 Januari 2014 lalu sudah menimbulkan friksi , benturan , dan juga cultural shock dengan kebiasaan blogger dari negara lain.  HIheiheiee.  Bagi saya ini hal yang biasa.  Perbedaan kebiasaan dari negara yang berbeda adalah sesuatu yang seharusnya dihargai dan dihormati oleh bangsa atau negara lainnya. Inilah yang sebenarnya sudah saya tunggu tunggu sodara sodara.

Waktu jaman saya kuliah dahulu (Era taon 90an-red) juga sudah dibekali wejangan mata kuliah Cross Cultural Understanding atau biasa disingkat dengan singkatan mata kuliah CECE-U (baca :CCU).  Dalam mata kuliah itu diberikan sejumlah teori teori dasar perbedaan kebudayaan , adat istiadat, kebiasaan (custom) dan juga behavior dari negara lain.   
Hal serupa di lapangan juga sudah banyak yang saya alami kaitannya dengan kebiasaan Bule yang sering saya bawa.  Saya 6 tahun pengalaman di lapangan sebagai Pemandu Wisata liar.  Alhamdulillah sekarang sudah punya WING alias punya lencana, dan sudah resmi tercatat sebagai pemandu wisata bersertifikat (Licensed Tour Guide) untuk Daerah Tingkat I Kalimantan Barat. 

Kembali ke topik ya.  Seperti yang sudah saya sebut di awal, sejak diluncurkannya Blog berbahasa Inggris saya di awal Januari 2014 sudah banyak benturan budaya (cultural shock), friksi, dan juga custom.  Baik saat blogwalking ke blog blog para bule itu atau melihat isi postingan mereka.  Blogger yang saya pernah kunjungi (BW) dan baca baca tulisa mereka misalnya dari blogger Rusia, Polandia, Venezuela, Jepang, Amerika Serikat, Malaysia , Korea Selatan , dan beberapa negara di Eropa Timur lainnya.

SANTAI : Lesehan saja sama Sue Rodger dan Alana Taliby,  Mereka staf pengajar IALF dari Australia. Lokasi Bali, 2008

GAYA : Cuma gaya aja pegang Bir. Padahal saya hanya milih Coca Cola. Lokasi Bali, 2008
SANDWICH : Sue Rodger dan Kevin Dalton  Mereka staf pengajar IALF dari Australia sedang membuat OZ Sandwich. Lokasi Bali, 2008

Bukan maksud menonjolkan blogger Indonesia, tapi setelah saya Blogwalking, ternyata kebanyakan isi postingan (content) blog mereka itu berisi tentang make up, fashion , tas sepatu, lipstik, hobi belanja, wisata kuliner (recipe) dan tentu saja GiveAway.   Hedonis lah rata rata kontennya.  Kalau nda bahas Make Up, Fashion ya acara FIlm Dah itu aja.  Nyaris blogger yang saya kunjungi sebagian besar adalah traditional blogging ladies.  Sebutan saya yang dalam prespektif saya adalah blogger yang tidak suka kotak komennya dibuat bersahut sahutan layaknya sebuah FORUM.   

Hanya sedikit Blogger kaum Adam (kaum laki laki, lanang maksud saya.  Bukan Kaumnya Mas Reo Adam ya hiheihee) yang saya temui.  Blogger cowok jarang saya temui.  Kalau pun ada bisa dihitung dengan jari.  Jarang ada blogger Bule yang membahas yang agak "serius" soal poverty , hak asasi manusia, korupsi, perang, ilmu komputer,  atau artikel yang untuk didiskusikan dalam blog. 

Nyaris rata rata konten Blogger Bule yang saya BW adalah female,  cewek bule, yang ternyata kontennya NARSIS TRAGIS.   Narsis yang jauh lebih narsis dari blogger Indonesia, kita kita ini.  Foto mereka dipajang dalam ukuran gede gede selebar lapangan bola.  Huahahahahhaa   Ternyata blogger BULE itu jauh lebih GILA Narsisnya daripada blogger Tanah Air.  Bad crazy lah.   Bukan bad lagi tap sudah tingkatan superlative alias WORST.   Narsis Parah

Ada yang membahas di postingannya tentang Wisata Kuliner.  Ada blogger Malaysia yang membahas tuntas Kuliner yang dia alami lengkap dengan terjemahannya dalam dua bahasa yakni Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris.  Ada juga blogger dari Jerman yang konsisten mosting pake Bahasa ibu mereka, Germany.  Jadi saya harus minta bantuan Google Translate untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yang.  Ada yang nulis Sejarah loh. Blogger Paman Sam (Amerika Serikat-red) nulis soal Sejarah  Tapi postingannya sedikuuittttttttttttttttt.  Nyaris kayak panjang Twitter x 2 alias 140 karakter dikali 2 sama dengan 280 kata aja.  Pendeknya eee

Para Blogger Bule ini juga kerap kali saya temui (blogwalking-red) juga mengadakan semacam kontes Blog atau lazim dikenal dengan sebutan GiveAway.  Hadiahnya juga macam macam mulai dari asesoeris wanita hingga peralatan kosmetik.  Maklum aja karena blogggernya bergender female alas perempuan.  Ada juga yang memberikan hadiah Non Benda berupa potongan discount jika berbelanja di situs shopping online mereka.  Tentu saja semuanya dalam hitungan American Dollars atau EURO. (Asep Haryono)

18 comments:

  1. Seneng ya bisa berkomunikasi dengan sesama blogger dari negara lain. :D jadi tambah pengalaman dan pengetahuan ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertamaxxx detected. :P

      Delete
    2. awal ng'blog saya pernah beberapa waktu temenan dengan blogger dari eropah...emang demikian seperti yang di ceritain diatas....kalau buat latihan cas cis cus bahasa inggeris seh...okeh lah...tapi nimba pengalaman utak atik jeroan blog mah ke'nya jagoan mas nazar deh...suwertekewerkewer deh.

      Delete
    3. saya ikut diboncengan saja...sambil bawa handuk..kiri kanan nglirak nglirik lihat bule bule bule bule buleeeeeeeee', pak dhe kemana yaaaaa ..

      Delete
    4. @Cilembu Thea : Wahahaha kalau urusan KOTAK KATIK Blog serta Jeroannya jelas sekali BLOGGE RKPK yang TOP. Unggul kualitasnya. Blogger Indonesia paling mumpuni urusan kotak katik jeroan Blog Hiehiehiehie. Kalau urusan kotak katik pramugari dan ESPEGEH sama pakarnya mas Rawins. Urusan kotak katik Mloroting Celana saya pakarnya

      @Mas Nazar : Iya pertamax digondol Wewe eh salah mas Nazar. Hiehiehiehiee. Iya seru banged. Benar kata mang Lembu, untuk mengasah cas cis cus WRITTEN ENGLISH bisa jajal jajal BW ke blog blog BULE. Tapi kalau urusan menimba Ilmu BLOG, IT dan diskusi lainnya enak sama Blogger INDONESIA

      Delete
  2. jadi kalau perbandingannya dengan blogger korslet ala KPK...ecek ecek dong mereka ya.....
    #sapah dulu ketuanya...coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapinya kalau yang udah ada GA mah ke'nya kudu ada persi inggrisnya kale...biar dollarnya makin bejibun....ya kang?

      Delete
    2. @Cilembu thea : Jelas. Mang Lembu donk.........Hheihieh GA bahasa Inggris waaaaaaaaa ngga kukuh

      @Zachflazz : Hiheiihiheie

      Delete
  3. apapun jenis blognya,,yang penting saya bangga kang Asep bisa muncul membawa nama dan budaya Indonesia di tengah tengah blogger dunia,
    btw- tali asih bukunya sudah tia di Makassar dengan selamat, terimakasih ya kang, keep happy blogging always, salam sukses selalu dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju. salam sukses kembali

      Delete
    2. @BlogsOf Hariyanto : Iya Insya Allah. Sekaligus juga mau memperkenalkan INDONESIA kepada Manca Negara,. Mereka harus tau apa itu PECEL LELE, Klepon, dan lain sebagainya. hHIheihehiehe

      Delete
  4. Kang Asep emang top deh :D

    ReplyDelete
  5. sungguh senang jika bisa berkomunikasi dengan blogger luar negri apalagi jika bisa berteman dengan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Insya Allah semoga tercapai. Banyak sahabat dari LN kan bisa menambah wawasan dan kecintaan kepada bangsa Sendiri. Aminnnnnnnn

      Delete
  6. Wah kapan saya bisa merilis blog bahasa Inggris, membaca saja sulit T_T

    ReplyDelete
  7. Selamat Kang Asep, saya malah belum sempat mikir untuk buat yang versi teks bahasa inggris nya :)

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia