Serupa Tapi Tak Sama

Joger. Foto Asep Haryono
Dikira Kaos Joger Bali Ternyata Benjo
Catatan Asep Haryono

Puas bernostalgia dengan cerita cerita happy di Bali tahun 2008 yang terinspirasi dari film jadul yang saya tonton kemarin malam di salah satu stasiun TV swasta yang berjudul "Eat Pray Love" yang dibintangi oleh Julia Roberts, yang cukup mendapat sambutan di sana sini (Sindrom Artis atau pede tingkat tinggi).

Cerita tentang Bali tidak akan ada habis habisnya, dan Alhamdulillah saya beruntung sudah beberapa kali berkunjung ke Pulau Dewata yang mendunia itu. Semoga kawan kawan yang belum ada kesempatan berkunjung ke Bali akan saya doakan semoga tercapai dan terkabul dengan gegap gempita. Kemarin siang ketika saya sudah larut (gula kali) di depan kokpit meja kerja saya di kantor, saya dikejutkan oleh kawan saya, rekan kerja di kantor.   Mengapa kaget?

Saya kaget dengan T-shirt atau Kaus yang dikenakan oleh rekan saya tadi yang polos putih yang sekilas saya duga itu pasti kaos dari Joger Bali karena logo dan gambar iconnya yang khas sudah bisa saya pastikan itu pasti T-shirt atau kaos dari Joger Bali. Namun ternyata saya keliru alias salah. Ah masa sih? Masa kan di dapur. Kaosnya bukan dari Joger Bali. Kok bisa?

Mirip Dengan Joger
Setelah saya amati dengan lebih teliti dengan memperhatikan bentuk dan logo dari T-shirt yang dikenakan rekan saya tadi bisa saya lihat ternyata T-shirt itu bukan Kaos Joger Bali yang sudah terkenal itu.  Apakah itu kaos dari Dagadu Jogja? Ah tidak juga.  Saya pikir tadi itu kaos dari Dagadu Jogja namun saya cek di website resmi Dagadu dan browse di gogle juga tidak ketemu kaos seperti itu.

BENJO? Yah namanya Kaos Benjo. Tercetak jelas di Kaos yang dia kenakan. Saya pun berusaha mencari tau apa dan bagaimana Kaos BENJO yang sepertinya  suatu produk jasa Kaos yang luput dari pengamatan saya. Apakah Kaos BENJO adalah pemain baru dalam dunia perkaosan.  Saya kurang tau banyak mengenai hal itu.   Saya cek di Toko Bagus ternyata ada yang jual kaos BENJO ini, dan bahkan tertera nomor kontaknya 085743211069.  Saya belum menghubungi nomor ini. 

Coba perhatikan foto dan gambar yang saya sertakan dalam tulisan ini.  Saya mencoba membandingkan antara foto yang saya ambil pada T-Shirt yang dikenakan Kekes rekan saya yang saya duga tadinya Kaos Joger BALI ternyata bukan.  Itu Kaos BENJO yang belum saya kenal. Silahkan dilihat lihat foto dan gambar di bawah ini :
BELAKANG :  Ini bagian belakangnya. Sekilas mirip Kaos Joger Bali ya.  Foto Asep Haryono

JOGER ASLI :  Ini bagian belakangnya Kaos Joger Bali yang aseli.  Foto Asep Haryono


Kemudian saya coba bandingkan lagi di bagian Bahu kaos BENJO ini dengan Gambar T-shirt JOGER yang saya comot dari Internet. Saya sebenarnya ada kaos Joger Bali yang saya punya namun tidak atau belum smepat saya foto jadilah saya ambul eh ambil dair internet dulu sebagai perbandingan di blog ini. Tentu saya sertakan sumber URL nya donk namanya juga copy paste hieehiee.  Kalau nda disebut URL aselinya nanti bisa kena tuduh plagiat hiehiehiehee.  Nah silahkan dilihat lagi ya

BAHU :  Ini bagian BAHU kaos BENJO yang berlogo sangat mirip logo Joger Bali .  Foto Asep Haryono
ASELI  :  Ini LOGO Kaos Joger Bali yang aseli.  Foto Asep Haryono


Siapa Niru Siapa

Agak puyeng juga saya berburu informasi sana sini mengenai Kaos BENJO ini karena nyaris belum ketemu yang benar benar pas, sepertinya kaos Benjo tidak atau belum memiliki website sendiri.  Beda dengan Kaos Dagadu Jogja yang memang sudah memiliki website resminya. 

Saya sebenarnya masih menunggu komentar kawan kawan blogger yang berlokasi atau domisili di kota Jogjakarta untuk menanggapi hal ini. Selaini itu juga mereka lebih paham tentang Dagadu Jogja daripada saya. Silahkan kawan kawan hunting sendiri kas Benjo di internet yang sering diasosiasikan dengan kaos Gapinjo (Gareng Caping Benjo) ini.

Ngomongin soal perkaosan (jangan diplesetkan menjadi perkosaan-red) saya jadi ingat dengan bisnis Kaos Serupa di kota Pontianak, ibukota Propinsi Kalimantan Barat ini.  Ternyata di Kota Pontianak yang saat ini ramai sekali dengan selebrasi IMLEK dan persiapan menjelang CapGoMeh ini juga punya usaha bisnis Kaos anak muda yang diberi nama SELEMBE. Yah namanya memang SELEMBE. Yang dalam bahasa Pontianak artinya "cuex tapi okey" itu.

Saya pernah melihat salah satu kaos produk SELEMBE yang juga serupa dengan Dagadu Yogya, C-59 Bandung namun demkian tidak dapat saya ragukan lagi kesemuanya bisa jadi saling mengekor satu sama lainnya entah siapa ikut siapa, atau siapa meniru siapa.  Apa ada yang bisa memastikan semuanya itu: Saya saja masih bingung, jadi tolol eh tolong dibantu agar saya tidak bingung lagi. (Asep Haryono)

44 comments:

  1. saya tidak akan membantu Kang Asep untuk memastikannya. biarin ajalahh, wong temen kita sendiri juga persis sama vokalis Jamrud. mau bilang apa saya coba. belum kalo Kang Asep pake kacamata item, kan Ian Kasela banget tuh. saya kan nggak tega mau bilang Kang Asep atau Kang Reo peniru kan??

    ketawa dulu ah..
    hiehiehie (tuh saya mengekor ketawanya orang lain. emang si pemilik tawa tega mau gugat saya? huhh.. terlalu!)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Hiehiheie Mas Reo Adam bukan mirip vokalis Jamrud, tapi terbalikkannya justru vokalis Jamrud itu yang mirip mas Reo hieheiheihee. Kata orang kalau pake kaca mata item udah kaya sapi atau kambing lepas hiehiheiehiehihee

      Delete
    2. hahahhah benernya mirip siapa.

      Delete
    3. mampir,jenguk saudara semua disini moga pada sehat selalu.
      maap ya mas asep....saya baru nongol lagi nih,rumah saya(template blog) dalemanya lagi rada erorr.
      sementara dalam misi perbaikan kalan....:D

      resiko ternyata jadi blogger dengan seo yg tinggi pointnya,banyak yg rusuh....mungkin iri.
      spam sana sini,jadi untuk saat ini sedang membaiki link2 yg rusak.

      Delete
    4. vokalis jamrud lagi mumet nih....blognya galau terus

      Delete
    5. saya setuju dengan kang zach, juga maaf juga mirip dengan kang Reo soal error blog, tapinya ngga nanggapi komennya Miz Tia.
      abis itu saya mau nongkrong dipojok sambil nungguin tukang baso lewat.
      numpang duduk ya

      Delete
    6. kenapa mesti nungguin tukang bakso lewat kang?

      ditempat saya tuh ada bakso spanyol. gratis kang kalau akang mau..

      Delete
    7. @Kstiawan : Hiheiheiheiee biasanya yang namanya gretong alias gratis pasti banyak yang nyari termasuk saya alias pemburuu gratisan bersertifikat. Hihiehehiheiehe tapi kalau gratisnya dapat cubit atau jitak nda ah hiheihehieee. Biar gratis teteup nda mau hiehiheiheiheihee

      @Cilembu Thea : hiehiheiehe ternyata kita toss sama sama suka sama Bakso alias menu berkuah seperti Bakso hiehiheiheiee hihirhihrhrihirrr

      @Reo Adam : Iya bener sekali blognya Mas Reo Adam memang kuenceng traffickya, laen dah kalau blognya vokalis Jamrud selalu SEO nya tinggi hiehiehiehiehee. Gemana nih mas Reo Adam, kawan kawan KPK pengen mas Reo Adam yang buatkan blognya KPK hiehiheiheiheiee

      Delete
    8. wah....untuk urusan buat web kpk serahkan sama mas rawins saja,dia master blogger kok.
      aku makmum saja.

      Delete
  2. wah kalo begini bingung nih, siapa yang niru siapa yang ditiru hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muro'i El-Barezy : Iya sama saya juga bingung. Bisa jadi memang terinspirasi sama Joger Bali tapi sekilas kalau dilihat memang punya kemiripan yang amat tinggi dengan Joger Bali. Saya mau konfirmasi ke Benjo namun tidak ketemu kontak numbernya

      Delete
  3. hihihi.. banyak ya kasus2 mirip kek gini. Sbnre ini bukan niru loh, tapi "cumi" cuma mirip.. Emang kita yg harus jeli.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @covalimawati : HIheihiee hahahahaha "cumi" ya hiehiehe. Dikalangan musik atau lagu juga gitu ya ada kemiripan di sana sini, wah sudah banyak contoh lagu kita yang amat mirip dengan lagu barat. Mungkin kebetulan saja amat mirip atau punya kemiripan.

      Delete
  4. hehe..bukan hanya baju pak, kalo kita lihat belakangan ini malah biskuit yang banyak duplikatnya .. lain lagi juga konten blog yang semakin marah terduplikat .. hheuu hheeuu ... siapa yang mulai? mari kita bersama bertanya bersama rumput yang bergoyang...

    ngomong2 kemarin saya kalo belanja di bali belanjanya ke karang kurnia pak .. murah pol

    ReplyDelete
    Replies
    1. @putra : Oh ya bener sekali, mulai dari Biskuit , dan juga minuman. Saya dulu pernah punya Tape Recorder jaman saya kukiah dulu era Taon 90 an mereknya "Sunny", Nah ini jangan jangan masih keluarganya SONY cuma beda emaknya aja hiehiheiehiehiehiehee

      Delete
  5. aku emang belum pernah kebali hiksss...... tapi aku punya bajunya ahahaha dapet oleh oleh .

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Miz Tia : soal oleh oleh ya Miz Tia? DUlu waktu pertama kali brkunjung ke Denpasar, Bali, saya ada banyan mborong oleh oleh mulai dari gantungan baju eh salah gantungan kunci , T-shirt dan Topi dari Joger , notes dan tas dari Erlangga dan masih banyak lagi. Habis dibagiin sama tetangga dan kawan-relasi

      Delete
    2. di Erlangga pasti kang Asep beli kupu-kupu ya..xixixi

      Delete
    3. @Kstiawan : Biasanya sih di ERLANGGA 2 kalau nda salah yang bersbelahan sama KRISNA. Biasanya sih yang kita buru di ERLANGGA kue kue kering yang bisa dibawa pulang ke Pontianak. Selain itu T-shirt , gantungan kunci, dan juga dodol dodolan.

      T-shirt di JOGER bagus bagus, tapi harganya juga bagus bagus hiehiehiehiee minimal 70 ribu ke atas hiheiheiheiheie. Di JOGER juga banyak souvenir, tas tas kecil dan juga tas pinggang seru hihiehiehiee. Ih jadi kangen BALI deh sayah

      Delete
  6. aduh COPY PASTE _ ERASE....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi iwan fals lebih uenak gan

      Delete
    2. yang Top itu ya kang...

      Delete
    3. @Kstiawan : ihiehiheie iya malu nyebutin merek ya. Lantang aja TOP KOPI ya. Hieiheiee kalau nda salah ya. Ada tiga jenis rasanya : Kopi Moka, Kopi SUSU, dan Kopi Gula hiehiehiiee.

      Saya baru nyoba satu jenis aja. Kopi SUSU karena saya suka saya SUSU nya. Kawan kawan suka SUSU kah? Hhiehiheeiee. Tapi kopi itu ada ampasnya ya.

      Delete
  7. mungkin bukan niru kali mas
    gak menutup kemungkinan pengusaha kaos tersebut memiliki ide yang sama dengan pengusaha kaos joger.
    tanpa dia tau ternyata sudah eksis idenya itu.

    serahkan saja semuanya sama pak penguhulu....beres dah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. disuruh nikah gitu ya bang?

      trus tar anaknya namanya apa bang. Made In Joger gitu ya..wuakaka
      Bali banget namanya..xixixi

      Delete
    2. @Reo Adam : Iya bener juga sih. Bisa jadi kreatifitasnya memang agak mirip mirip sama JOGER BALI yang sudah kondang itu. Tapi kemiripannya sangat tinggi dengan JOGER BALI. Sejauh ini saya belum dapat info apa apa dari kaos yang mirip banged dengan JOGER Bali. Kawan saya bilang kaos BENJO itu milik kakaknya yang baru pulang dari JOgjakarta.

      @Kstiawan : Made in Joger? hiehiheiheiee. Dikantor saya juga ada yang namanya Made. Saya kejar dengan pertanyaan apakah dia berasal dari Bali, dia jawabnya senyum senyum aja. Senyum kan sejuta artinya ya

      Delete
  8. menurut saya mah bukan siapa niru siapa,kalau diperhatikan seksama juga emang beda juga sih...kalau "idenya terinspirasi dari joger, C59,atau lainnya..mungkin.
    sama dengan saya dagang ubi cilembu, breng...banyak yang dagang ubi juga, saya blognya malah pake nama desa, padahal kan harusnya pake nama ubi cilembu lebih keyword gituh...tapi ya udahlah, malah bagus dunia PER-UBIAN jadi makin mendunia.
    tuh-kan kalau kesini kenapa bawaannya malah curhat sih...heran sayah?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan terselubung itu illegal Kang Hadi....

      Delete
    2. bisa ditangkap tuh kalau illegal..wuakakaka

      Delete
    3. @Cilembu Thea : Hihiehiehiee iya benar sekali. Ngomong ngomong soal UBI, di Pontianak juga sudah ada kok yang jual Ubi Cilembu kalau nda salah letaknya di jalan Adi Sucipto. Kebetulan istri saya pernah beli harga sekilonya Rp.30.000,-. Rasanya enak dan manisnya ada rasa rasa madu.

      @Harun Ar : hiehiheiehe iya iklan terselubung nih harus ditangkap dan dihukum makan bubur ayam semangkuk kecil heiieiehheiheee.

      @Kstiawan : HIhiehiehie iya iya nih kalau Ilegal harus ditangkap. Kalau Cilembu yang melakukan tindakan ilegal harus ditangkap. Boleh dilepaskan denghan sogoka atau suap Ubi 1 kilo huwoooo huwoooooooooooooo

      Delete
  9. Merk kaos yang tekenal bisa menjadi inspirasi bagi yang lain. Tapi sepertinya DAGADU pemain yang tertua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : DAGADU ya bener sekali. Saya malah langsung belanja di DAGADU aselinya di Jogjakarta. Padahal di depan DAGADU berjejeran para penjual dagadu "ASPAL" alias aseli tapi palsu di emperan jalanjalan Malioboro.

      Aspal di sini model dan bentuknya sama persis dari DAGADU ASELI, hanya mutunya yang kurang bagus. Mudah luntur. DAGADU aseli tidak mudah luntur

      Delete
  10. kemarin pun anak dan istri saya baru juga di ksh oleh2 kaos jogja dari adiknya... :)

    kalo soal ini sy ga bisa bantu kang asep...soale sy cuma sempet pke produk c59..itu juga udah lama sekali..ga tau sekrng msh da ato ga..

    mav bgt kang...baru bisa kmari...biz kurang sehat soale.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai C59 ya mas? dulu saya juga pakai C59 mas. tapi sekarang pindah hati.
      karena C59 sekarang mutunya jelek gak kayak dulu.

      Delete
    2. @Kstiawan : Kaos C-59 ya ya saya pernah liat waktu kuliah dulu, kebetulan yang pake kaos C-59 itu bodinya "sterk" alias kaya om Ade Rai gede gede gitu. Karena dalam iklannya juga sering menampilkan modelnya juga ada yang gede gede badannya hiheiheiheiiehiee.

      @budi os 19 : Wah kurang sehat ya mas? Semoga segera lepas segera sehat sepertii sediakala ya. Doa kami semuanya buas mas Budi

      Delete
  11. Biasanya orang akan menyebut yang asli yang dimilikinya.... Jadi kalo punya keduanya ya asli semua.... gampang to...... (??)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Harun Ar : hiheiheie iya benar sekali. Soal mirip dan nda mirip saya jadi ingat saat pertama kali punya atau beli Tape recorder ketika masih jadi wartawan kampus. Mereknya "SUNNY" hahahhaa.

      Saya diketawain temen temen karena nama merek Tape recordernya "SUNNY". Jangan jangann masih sodaranya SONY cuma beda emaknya aja hiheiheiheiheiheiee

      Delete
  12. bicara soal Joger. saya jadi pingi belaja nih kang..xixixi

    sapa yang gak kenal kaos oblong buatan joger satu ini. setiap ada pariwisata lokal. toko itu pasti rame banget, dan sampai macet.

    itu kaos yang mirip joger buatan mana ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kstiawan : Hiheiee iya sama saya juga. Walaupun di Bali banyak tersedia perkulakan kaos dan soupenir seperti KRISNA, ERLANGGA, namun tidak lengkap rasanya tidak mencari soupenir atau kaos di JOGER Bali. Karena bagi saya JOGER sama dengan Bali. Belum ke JOGER bagi saya belum ke Bali hiheiheiheiheiheiiee.

      Di hari hari tertentu JOGER sepi, tapi jarang terhadi. Bbeberapa kali saya ke Bali selalu menjumpai JOGER BALI yang penuh sesak. Waspada aja di Joger, karena tangan tangan jail alias copet mengintai disini. Makanya crew Joger selalu mengingatkan para pengunjung untuk waspada.

      Delete
  13. saya malah baru tau kang,namanya saja orang kampung he...he...,

    ReplyDelete
  14. aku jarang belanja di joger, cuman suka ke toko nya aja baca-bacain tulisan di kaos2, di tembok2, di ubin2... abis itu pulang. soalnya barang2nya dia mahal2. tp kan katanya jogger juga, beli ga beli tetep tengkyu hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mila Said : benar sekali mba. Beberapa dari kawan saya juga banyak yang bilang gitu Harga harga di JOGER memang mahal mahal terutama di Kaos nya. Saya rasa wajar juga karena brand juga sih secara mutu kaos JOGER memang keren keren dan bagus bagus mutunya. Hiheiieiee iya benar Joger paling pinter mengolah kata kata dalam menghibur para pengunjung hiheihieiee

      Delete
  15. hahaha... ide bisa di tiru yak

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia