AIR KELAPA : Segar , Sehat Dan Kaya Manfaat

Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Jika mendengar "Klamud" alias Air Kelapa Muda, apa yang terlintas dalam benak kita masing masing? Bagi pecinta kuliner seperti saya tentu akan sepakat kalau itu salah satu minuman yang asyik, dan menyegaran dahaga apalagi jika hari sedang panas panasnya.

Meneguk minuman dingin baik dari minuman berenergi seperti suplemen atau minuman buah buahan yang diolah sedemikian rupa seperti diblender dan lain sebagainya memang menyegarkan. Saya sendiri tentu punya beberapa jenis minuman yang sering saya icip icip jika sedang dalam perjalanan atau sedang di jalan misalnya Jus Jeruk, Jus Apel, Es Cendol, Es Dawet, Es Teler (Heran saya bisa ada namanya teler gitu ya), Es Sari Kacang Ijo, Es Tebu dan Air Kelapa Muda.


Air kelapa mudanya boleh dengan campuran es atau langsung dari buahnya. Tapi taukah bahwa Air Kelapa Muda selain bisa langsung diminum atau dijadikan campurn es campur, ternyata Air Kelapa Muda baik untuk menurunkan panas? Ini yang ingin saya share bersama kawan kawan di sini

Lemas dan Throw Up
Air kelapa muda dipercaya konon bisa digunakan sebagai obat tradisional menurunkan panas anak anak, dan informasi ini saya terima dari obrolan BBM istri saya.  Benar tidaknya informasi mengenai manfaat Air Kelapa Muda sebagai penurun panas badan anak anak ini juga saya tidak tau kebenarannya.  Mungkin secara kebetulan barangkali, Abbie, anak saya mengalami gejala seperti fatigue (kelelahan-red) setelah saya jemput dari sekolahnya di TK Islam Al Azhar.

DIBELAH : Pak penjual Kelap Muda ini sedang membelah kelapa muda pesanan saya. Harga perbutirnya 5 ribu rupiah saja. Saya minta beliau untuk memilihkan buah kelapa yang baik.  Foto Asep Haryono
DIPISAH : Isi kelapa mudanya dikeluarkan dengan menggunakan sendok Air Kelapa Muda dan dagingnay dijadikan satu dalam kantong plastik kue yang bening.  Foto Asep Haryono
Kejadiannya kemarin siang sekitar pukul 11.45 WIB saat saya menjalankan "tugas negara" menjemput Abbie di sekolah (jadual jemputnya 5 kalii dalam seminggu : Senin s/d Jumat-red), ditengah perjalanan Abbie tampak seperti mengantuk. 

Minuman Pulpi Orange yang digenggamnya dengan erat selama di perjalanan juga kurang disentuhnya.  Hingga akhir sampai di rumah, Abbie, langsung rebah ditempat tidur.  Makan siangnya saja belum disentuhnya sama sekali.  Pahadal eh padahal menu makan siangnya sudah disiapkan bundanya. Abbie pun 2 (dua) kali throw up (muntah) walau sedikit namun cukup membuat saya cemas.

Akhirnya saya pun mencoba menerapkan informasi tentang Air Kelapa Muda yang konon dipercaya bisa menurunkan panas langsung saya praktekkan.  Saat Abbie terlelap dalam nap (tidur siang) nya, saya pun ngacir dengan mengendarai IRON MAN di daerah kawasan sekitar Komplek PIL.  PIL disini bukan singkatan Pria Idaman Lain ya, PIL di sini artinya "Pondok Indah Lestari". Ya salah satu kawasan elit di daerah Kabupaten Kubu Raya.

Sebagai Penurun Panas?
Begitu Air kelapa Muda diperoleh dengan harga Rp.5.000,- (Lima Ribu Rupiah) itu sudah ditangan, saya pun langsung ngacir ke rumah, dan nenyajikannya kepada Abbie.  Oleh bundanya, air kelapa muda ini kemudian dituangkan kedalam mangkuk kecil. 

Dengan menggunakan tangan, diusap usapkan air kelapa muda itu kesluruh tubuh Abbie mulai kening, kepala , tengkuk - leher, badan , punggung dan akhirnya ke kedua belah kakinya.  Haslnya sungguh mengejutkan.  Abbie berkeringat dengan derasnya.  Abbie pun akhirnya bisa menikmati makan malamnya (Makan siangnya lewat) dengan lahap.  Menu Sop Ayam ala KFC yang saya beli pun dilahapnya , sesekali dicampur dengan Bakso yang juga saya beli di Kedai Bakso Pawan  Alhamdulillah. Nafsu makannya kembali normal.

dan saat menjelang waktu bada Isya tadi malam (sekitar pukul 19.15 WIB, Abbie akhirnya bisa terlelap tidur dengan pulasnya. Panasnya hilang dan Insya Allah subuh tadi.  Namun dalam perkembangannya hari ini Abbie tidak bisa masuk ke sekolahnya di TK Islam Al Azhar agar bisa lebih fit lagi seperti sedia kala.  Hari ini Abbie mau total nyantai di rumah pengasuhnyauntuk recovery totalnya.  Apakah akan segera diperiksakan ke Dokter?  Masih diliat liat dahulu perkembangannya. (Asep Haryono)

33 comments:

  1. Replies
    1. puas rasanya bisa dapat pertamax....serasa minum air kelapa muda

      Delete
    2. @Reo Adam : hiehiehie ini dia mas Reo Adam, kini sudah kembali hadir di tengah tengah kita. Semoga semakin banyak project yang banyak mendatankan ringgit di sana ya mas Reo Adam. Hiehiheiheihe. Iya suegerr kayak minum air kelapa muda.

      Delete
    3. di kampung halaman mas reo, banyak banget varian kelapa. ada kelapa gading, kelapa gada, kelapa apa lagi ya?? lupa.. pokoknya tempatnya subur, anti kelapa.. ran.

      Delete
  2. yang muda-muda itu memang kesannya lebih fresh dan sueger.
    menambah semangat dan vitalitas tubuh badan loh....
    kelpa muda is degan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pulang akh....mau cari yg muda,eh kelapa muda maksudnya
      #tarik selimut

      Delete
    2. @Reo Adam : Iya benar sekali mas Reo Adam. Kelapa Muda memang asyik sekali. Dahulu saya sering minum air kelapa muda dijalanan. Markir motor dulu, lalu duduk duduk lesehan sambil nyeruput air kelapa muda wah seruu asyikkkkkkkkkkkkkkk

      Kalau cari daun muda, biasanya sih bang Zachflazz suka daun muda. Hiheiheiheiheiee

      Delete
    3. iya dong, lalapan daun muda plus sambel trasi, wuahhh.. juara!

      Delete
    4. pasti yang muda-muda di cari...

      seperti istri muda juga enak buat sarapan pagi...

      Delete
    5. satu cukup mas KS,nanti tambah yg muda bahaya...
      polygaminya ikut sunnah...prakteknya menyimpang dari jalur kereta api :D

      Delete
  3. Alhamdulillaah senangnyaaa abbie sudah mau sembuh ^^

    minuman paporit saya niiih air kelapa.. apalagi kalo bulan Ramadhan, segerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : Alhamdulillah Abbie sekarang break istirahat di rumah pengasuhnya. Istirahat total - recovery - smoga besok Insya Allah sudah kembali seperti biasanya. Mohon doanya dari kakak, om, tante, mas , uncle semuanya di sini. Terima kasih kami sekeluarga

      Delete
    2. saya ikut mendoakan Kang, selalu.

      Delete
    3. saya juga polepel..

      Delete
  4. jadi keinget hari sabtu kemarin, saya manjat pohon kelapa untuk cari kelapa muda.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiehie manjat pohon Kelapa ya. Wah untuk urusan manjat memanjat sih di KPK sudah ada pakarnya, sudah ada ahlinya. Mas Rawins. Beliau ini untuk urusan panjat memanjat sudah kondang. Jangankan Tower, yang dirumah aja sudah dipanjat

      Delete
  5. syukurlah Abbie udah baikan. sehatlah selalu Nak..

    soal kelapa, di kampung halaman saya tempatnya. orang tua saya punya kebun kelapa yang lumayan luas. saya bener2 puas kalo pas saatnya panen kelapa. saya tinggal ngambilin aja mana kelapa yang pas (makanya saya jago banget milih kelapa yang muda dan joss). saya pun jago naik pohonnya, jago mengupas pake linggis, dan jago meminumnya. sekarang di bogor, susah banget dapet kelapa bagus. akhirnya malah minum hydro sebagai penawarnya. huhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu kirimin donk bang. katanya banyak pohon kelapanya..hehe

      Delete
    2. @zachflazz : hiheiheieie kayaknya bang Zachflazz perlu menulis tentang "tips dan kiat jita dalam memilih Kelapa Muda" kayaknya seru sekali tuh hiheiheiheiheihee. Iya sekarang ada minuman Suplemen yang isinya konon murni air kelapa. Ah masa iya sih hhieieiheiheee

      Delete
    3. ra percoyo kang zach bisa naek pohon kelapa

      Delete
    4. hehe... gak popo. padune pengiin. halahh, modus terdeteksi.. hihi

      Delete
    5. he...em,paling kalo mau petik kelapa muda minta tolong lik darmin.

      Delete
  6. jujur kang, saya tidak baca artikelnya.
    gara-gara liat kelapa muda saya jadi pingin beli..hohoho

    beberapa hari ini tema artikelnya ko' makanan terus.
    bikin perut laper aja nih..:D

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata manjur ya tipsnya... siplah dapet info lagi tentang air kelapa di sini. di puhun dekat empang banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uzay : hieiehihhe sok atuh eh. Air Kelapa Muda kalau pake es seger sekali ya. Kalau dicampur sama soda dan susu kira kira bikin teller nda ya hiheihiehieee

      Delete
  8. kemaren bolak balik kesini memburu pertamax, ngga taunya yang nongol tulisn "page yang ente cari masih diedit sama adminnyah"..huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cilembu Thea : Hiheiheihe iya nih kadang saya suka kambuh "kumat" nya yakni menulis artikel lalu di preview dengan "publish" eh lalu setelah okeh dokeh kemudian di save untuk terbit di tanggal berikutnya.

      Jadi kadang saat "preview" itulah terbaca di blog list kawan kawan, Begitu diklik eh halaman website (page) nya tidak ada hieiheiheiheiheiee

      Delete
    2. Kang Hadi....belum kenal triknya Mas Asep rupanya....:D

      Delete
  9. minum kelapa lumayan tongkrongan murah hehe

    http://oldsunday.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. saya baru tau air kelapa muda ijo, selain bagus untuk ibu hamil, ternyata ampuh buat penurun panas anak2 setelah pindah kedesa, tadinya mah air kelapa ya cuman buat nyegerin rasa haus doang.
    semoga jagoannya sudah ceria kembali y kang.

    salam sehat selalu untuk seluruh keluarga diPontianak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cilembu Thea : Iya benar sekali. Informasi tentang manfaat Air Kelapa bisa digunakan untuk menurunkan panas juga saya peroleh dari kawan kawan.

      Juga istri saya yang dapat info serupa dari BBM dengan kawan kawannya. Begitu dicoba dan dipraktekkan ternyata lumayan ampuh untuk menurunkan panasnya. Terima Kasih atas doa doanya kang Lembu. Insya Allah Abbie akan sehat seperti semula

      Delete
  11. wow, memang kaya manfaat. subhanallah

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia