Hujan Atau Panas?

Catatan Asep Haryono

Cuaca di kota Pontianak sejak bulan Nopember sampai dengan bulan Desember 2012 yang lalu hampir selalu diwarnai dengan turun hujan. Ini memang unik juga buat saya pribadi dan kadang harus berpikir cepat dan bertindak mengantisipasi cuaca yang tidak bisa diprediksi ini.

Bayangkan saja misalnya pagi hari ini sang Matahari pagi bersinar dengan lembut dan kemudian disusul oleh panas terik yang menyengat namun turun hujan lebat di sore harinya. Kadang sebaliknya. Pagi sampai Siangnya hujan lebat disertai gelegar halilintar atau kilat, namun cuaca kembali ceria dan cerah ke esokan harinya. Ini benar benar tidak bisa diprediksi selama 2 (dua) bulan terakhir itu.

Konon bagi pendatang baru yang ke kota Pontianak akan kaget dengan perubaha cuaca atau anomali cuaca di sini karena memang tidak bisa diprediksi sama sekali. Hujan dan Panas seperti "balapan" untuk diperlihatkan kepada seluruh warga dan masyarakat di sini.  Jadi jika mereka hari ini kena hujan lebat, dan besoknya langsung panas terik konon sering membuat orang yang tidak terbiasa dengan perubahan cuaca yang mendadak seperti ini akan jatuh sakit

Tidak Bisa Ngapa Ngapain
Jika harus memilih lebih enak Hujan atau cuaca Panas? Jika pertanyaan ini ditujukan kepada saya tentu saya sangat sulit untuk menjawabnya. Karena keduanya (baik hujan maupun panas) adalah berkah dan karunia dari Allah SWT yang harus disyukuri. Jika tidak ada panas, tentu banyak orang yang kesusahan karena dari panas matahari jugalah banyak diperoleh manfaat baik bagi kehidupan manusia, satwa, tumbuh tumbuhan bahkan bisa berpotensi memberikan berkah bisnis dari panas matahari.

Jika tidak ada hujan, tentu juga sangat menyulitkan banyak orang, membuat susah satwa karena bisa jadi tidak bisa minum karena tidak ada air sama sekali.  Saya sudah banyak pengalaman betapa susahnya jika satu hari saja tidak ada air mengalir seperti yang sudah saya tuliskan dalam artikel yang saya tulis beberapa hari yang lalu yang berisi dan berjudul :"Air Bersih : kemana lagi harus dicari".  

Saya bahkan mengikut sertakan tulisan saya tersebut dalam lomba Blog bertema air yang diselenggarakan oleh BlogDetik bekerja sama dengan Pure It produk Unilever. Halah saya nyebut merek eui.

BANJIR :  Blok C tempat saya rentan banjir walau diguyur hujan yang curahnya biasa biasa saja. Ini foto lama sebelum di "bedah" oleh kerja bhakti warga. Foto Asep Haryono

SEGAR :  Nikmatnya hujan turun adalah tanaman hias depan rumah kontrakan kami segar semuanya. Cabe juga segar dan berbuah hiehiheiheiee. Alhamdulillah.  Foto Asep Haryono
MENGANCAM :  Jika hujan terus menerus mengguyur hingga lebih dari satu hari air bak "Tsunami mungil" mulai merayap dari depan sini hingga ke teras rumah.  Air bisa traveling naik ke dalam rumah. . Foto Asep Haryono
Nah kalaw sudah begini pertanyaan sederhana "Mau pilih Hujan atau Panas?" tentu saya sangat sulit menjawabnya. Namun demikian saya hanya bisa memberikan clue ataui petunjuka saja bahwa jika hari turun Hujan (terutama hujan lebat) saya nyaris tidak bisa berbuat apa apa.  Payung saja tidak punya. Tepatnya belum punya (belum sempat beli payung-red), selain cuma mantel atau jas hujan (Rain Coat) saja.. Nah jas Hujan itupun boleh dapat hadiah dari Kang Guru Indonesia. 

Mau kemana mana jadi sulit karena saat ini saya pake IRON MAN (baca : MIO) yang full angin alias beratap langit jadi jika hujan turun dengan lebatnya bisa dipastikan basah kena air semuanya. Sangat berisiko karena setiap hari saya nenteng Handphone Jadul, Dompet (lengkap dengan KTP, SIM beserta keluarga dan sodaranya-red), Charger, Pulpen dan beberapa "mainan" lainnya seperti laptop dan Ipad. Jadi jika kena air hujan bisa sangat berisiko sama sekali. (Asep Haryono)

56 comments:

  1. pertamax...*ingak inguk...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. panas terus, ga kepenak. ujan terus juga ga kepenak....*serba salah...hahaha

      Pak, ada award unt njenengan.silakan ditengok di blog sy yah...hehehe

      Delete
    2. @cii yuniaty : hiehiheieei iya selamat atas Pertamax nya ya mba cii yuniaty. Jarang jarang Pertamax ya. Mudah mudahan akan dapat pertamax terus menerus di sini hiehiehiee. Mumpung free alias gratis hiheiheiheiheiee. Wah ada Awardnya. Oke dokeeeeeeh meluncurr ke TKP

      Delete
    3. saya penerjemahnya Mbak Cii.
      Ingak-inguk itu tengak-tengok, gak kepenak itu nggak enak, Njenengan itu Sampeyan.. ehh Anda.

      Delete
    4. HIheiieiee iya nih perlu ada sofware penerjemahnya biar yang nda bisa kayak saya bisa mengikuti dengan sukses dan gemilag. Halah ngaco hiheiheiheiee

      Delete
    5. yah....pertamax nya dah di ambil mba cii yuniaty

      Delete
    6. sayalah pertamax yang sesungguhnya!

      Delete
  2. di tempat saya juga sama mas, pernah hujan 2 hari 2 malam, males ga kemana-mana....

    buat nyambung silaturrahim, saya follow blognya mas:}

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muro'i El-Barezy :hiheihee itulah kalaw sudah turun hujan kadang kuatir juga misalnya airnya sampai masuk ke rumah atau kawasan tempat tinggal kita dilanda banjir iieheheiheiee. Terima Kasih atas kunjungannya ya. Salam dari Pontianak

      Delete
    2. coba kalo yang turun hujan duit ya Kang..

      Delete
    3. Kalaw yang turun hujan duit wih pasti asyik sekali bisa jadi semua orang akan rame rame ngumpulin tuh duit kalaw sudah banyak bisa langsung digunakan untuk berbagai keperluan.

      Hiheiheiheie. Tidak ada yang tidak mungkin sekarang. Hujan Es sudah ada, Hujan Ikan juga pernah ada. Nah siapa tau kelak ada Hujan Duit

      Delete
    4. tapi kalo duit logam, perlu payungan juga sih ya Kang, haha

      Delete
  3. Dimana2 kayaknya gitu deh skrg2 ini, di jakarta juga gitu. Malesnya klomujan terjs, macet nya paraaaaah wkwkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mila Said : hiheiheie iya bener sekali. Mas Jokowi pasti dibuat pusing ya. Baru juga menjabat sudah harus berjibaku dengan PR kota Jakarta dari turun temurun masih menjadi masalah yakni MACET dan BANJIr hiehiehiee.

      Mantap blognya Mba Mila. Soal Melbourne ya. Hiheiheie aneh juga saya. Padahal saya mantan Perwakilan Kang Guru Australia di Indonesia tahun 2005-2010. Namun belum dapat kesempatan berkunjung ke OZ. Hmmm kapan ya hiheiheiee

      Delete
    2. Mbak Mila masih belum bangun tidur dengan sempurna. tuh.."klomujan terjs" apa .. hiehiehie

      Delete
    3. Hiehiehiee iya nih saya juga sering keselet kibod saking senangnya menulis artikel dan atau menuliskan jawaban reply atau membalas komentar kecepatan sampak beantakan hurufnya kemana mana hiehiheihiheiheiheiee

      Delete
    4. "berantakan" Kang, bukan "beantakan".. hihh!

      Delete
  4. Klo di Banyumas, setiap sore hujan terus sampai pagi bru brhenti. Klo siangnya sih panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dengan Cilacap

      Delete
    2. @Zevin : Wah Banyumas ya. Kadang saya suka tertukar sama Banyuwangi hiheiheiee. Kalau urusan Siang nih, boleh diadu sama kota Pontianak yang sudah terkenal puanasnya hiheiheiheihiehiehiehee

      Delete
    3. banyu itu air, mas itu emas. bayangkan betapa mahalnya kota itu.

      Delete
  5. iya Kang. cuaca memang given sifatnya, tapi kadang, kita sebagai manusia biasa, suka mengeluh panjang. yang penting buat saya, panas ya jangan sampe membakar, hujan ya jangan sampe banjir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Hiheiheiee iya bener juga sih. Kalaw dikasih panas ya jangan sampai kemarau panjang, air PDAM lancar, dan semuanya bisa happy. Kalaw dikasih hujan secukupnya aja, jangan berlebihan soale bisa banjir hiheiheiheiheiheiheiehiehiee

      Delete
    2. banjir rejeki aja yang kita pengin ya Kang. aamiin.

      Delete
  6. Sama kang di jambi pun cuacanya sekarang sering tidakmenentu juga, kadang panas tapi tiba2 malah turun hujan dan malah di sebagian wilayah ada yg terkena banjir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cik awi : Hiheiheie wah wah Jambi ya? Saya ingat waktu duduk di bangku SMA dahulu, yang namanya kegiatan karya tulis saya cari judulnya ke propinsi JAMBI di TMII. Jaman SMA saya di era taon 1989 lalu

      Delete
    2. jambi isdebes karena ada Bang Cik yang pengertian dan perhatian.

      Delete
  7. hujan, panas.. masih membingungkann... pilih ini ntar kena ini itu ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ahmad rizal samsi : hiehiehie iya yah kadang kalaw dikasih dua pilihan yang sama sama punya kelebihan dan kekurangannya. Mau pilih yang mana? Saya sendiri sangat sulit menjawabnya. Karena kedua duanya adalah berkah dari Allah SWT. Terima Kasih sudah berkunjung ya

      Delete
    2. saya pilih....
      nggak tau besok nyoblos atau nggak.

      Delete
    3. nyotreng aja, Mas zach,

      Delete
  8. pilih yang hujan seperlunya dan panas yang sedang-sedang saja kang hehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif : Hheuhehuee maunya saya sih juga gitu mas. Kalaw dikasih hujan ya boleh aja, dan kalaw dikasih panas juga tidak apa hiehheiehie. Semuanya berkah dari Allah SWT yang harus disyukuri

      Delete
  9. saya tidak memilh lah mas jika dkasih pilihan begitu,namun hujan ataupun panas sememangnya kita harus mensyukuri karena ia-nya nikmat yang ALLAH SWT karuniakan untuk kita.

    kalau tentang jatuh sakit karena perubahan cuaca itu bisa saja terjadi,saya juga pernah ngalami waktu pertama ke sumatera.....demam 3hari karena mungkin belum terbiasa dengan cuaca di sumatera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reo Adam : Benar sekali itu mas, namanya juga tubuh menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Saya masih ingat saat pertama sekali ke Pontianak tahun 1990 yang lalu juga sempat demam beberapa hari. Panas kota Pontianak luar biasa menyengat. Itu yang saya rasakan waktu pertama kali ke kota ini

      Delete
    2. kapan mas reo tinggal di sumatera? hebat banget nih temen satu ini. petualang tiada tara.

      Delete
    3. loh istriku kan orang medan mas zac....:)
      otomatis ya pulangnya ke medan,malah jarang pulang ke jawa...hihihihihi

      Delete
    4. mas asep....berarti kita sama donk,maksudnya mempunyai pengalaman yang sama tentang sakit karena beradaptasi di tempat lain.

      bubur,panci,klepon,jus lele....jangan lupa ya mas....bisa menyembuhkan demam loh :D

      Delete
  10. Anonymous1:28:00 PM

    ass.wr.wb
    permisi salam hangat dari newbie yang baru kenal dunia blogger nie..
    gan di tunggu yah kunjungannya ke blog saya ..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dhandiez123 : Hihieie wah saya senang sekali mendapat kunjungan dari sobat blogger lainnya. Silahkan mampir. Salam kenal kembali. Salam dari Blogger Pontianak. Nantikan kunjungan balik saya yah. :)))

      Delete
  11. benar sekali..hujan dan panas adalah salah satu nikmat ALLAH...jadi dinikmati sajalah dengan penuh rasa syukur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BlogS of Hariyanto : Benar sekali mas. Baik panas ataupun hujan adalah rahmat Allah SWT yang senantiasa harus kita syukuri setiap saat. Pandai pandai kita sajalah mengatur keduanya :)))

      Delete
  12. hujan terus di pontianak juga
    hati-hati anak-anak kecil ya
    takut main banjir
    harus diawasi
    hujan atau panas mana-mana pun ok buat momoy
    apa-apa pun semoga kak asep dan family di sana sihat-sihat aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Princess MOMOY from Malaysia.

      Thanks for dropping by. Rain or Dry in Indonesia should be respected due to they are given by Allah SWT , Master Of Universe. My family are in the best of health and hope you are in the same way either. Keep up the good work ya

      Delete
    2. Mbak Momoy ini pembaca serius. semua isi artikel kita, dibaca lengkap sama dia. salut.

      Delete
    3. mas zac....punyaku kok nggak ya......? ngarep dot com

      Delete
    4. haha. momoy baca jika ada masa aja. lagi pun suka bangat dengan artikel yang cerita tentang kehidupan warga Indonesia. menarik. kak asep pun serius membaca dan komentar. blog kak asep, kak rudy, dear indra dan beberapa lagi harus punya komentar dari kak zach, gayanya udah seperti forum. kadang ya momoy gelak saja baca komentar kak zach. lucu. hehe

      Delete
  13. handphone n mainan2nya taroh di jok iron man ga bisa ya kang? masukin kresek/plastik, trus simpen deh dalam jok.. saya biasanya gitu. kecuali kalo laptop sih, mana cukup hehee..

    musim hujan begini, ingin punya mobil sendiri aja ya kang rasanya.. supaya kalo keluar rumah tak perlu pake mantel hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diniehz : iyaaaaaaa benar sekali Miss Syahdini. You are absolutely right. Saya selalu menyimpan semua "mainan" saya tadi di jok "Iron Man" saya, setelah ditutupi oleh bantalan empuk atau ditutupi plastik. Biar pede.

      Iya enak juga yang sudah punya boil eh mobil ya. Aman terkendali hiheiheie. Tapi pake motor juga asyik bisa nyelit nyelit hehiehiheiheie

      Delete
    2. Iron Man dikendarai oleh Kapten Amerika yang senjatanya penggorengan, ehh panci.

      Delete
    3. @zachflazz : Iya bener kapten Amerika nya megang panci yang sudah di modifikasi sedemikian rupa sehingga tameng yang aseli sudah dipergunakan lagi hiehiehihehheieieh

      Delete
  14. tes. saya klik di "reply" di atas, tapi nggak bisa, kenapa ya Kang? apa karena ketauan sama operator niat saya jelak kali ya.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sudah beberapa kali mengalami hal yang sama saat di blognya mas Reo Adam. Klik "reply" tidak bisa. Namun begitu saya refresh/reaload bisa. Kadang muncul tidak bisa lagi.

      Coba teknik lain. Saya klik "hone" atau "beranda". Eh normal lagi bisa klik "reply". Kadang URL postingan yang sedang saya ketik reply di refresh/reload lagi. Sering berhasil normal klik "reply" nya

      Delete
    2. home kang, bukan hone kali..
      udah, cuci kaki, bobok sana..

      Delete
    3. wahahahaha...ternyata bukan cuma aq ya yang ngalami begitu.
      ya bener mas asep,kita klik home semua normal kembali.

      kira2 punca masalah itu apa ya mas?
      apa mungkin google atau bblogspot lagi ada proyek renovasi lagi ya,kok kode script yg ada diblog spot kadang suka error gitu.

      Delete
    4. @zachflazz : Iya bener yang saya maskud eh maksudkan adalah "home" hheheiheihehei. Saking semangatnya ngetik jawaban reply sampai salah salah ketik heiheiheiheihee. Kayaknya sedang tren nih blogger salah salah ketiknya hiehiheiheie

      @Reo Adam : Iya yah saya juga bingung kenapa sering sekali saya mengalami script error tadi. Bingung juga saya mas. Taunya sih klik "reload" atau "refresh" aja. Namun yang sering malah "booting" atau restart

      Delete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia