Monday, December 24, 2018

Mengikuti Kelas Gapura Digital Google Di Pontianak

www.simplyasep.com  Pemanfaatan media daring (dalam jaringan) untuk keperluan usaha usaha atau bisnis di era perdagangan bebas yang semakin mengglobal ini sudah tidak dapat ditawar lagi sekarang ini. Pemanfaatan media internet untuk menunjang usaha atau bisnis sudah harus mendahului dari usaha yang dilakukan secara konvensional.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika menjalankan usaha atau bisnis dengan memanfaatkan jaringan internet. Salah satu manfaat dari penggunaan media Online sebagai sarana pengembangan usaha atau bisnis adalah mendapatkan pengunjung yang berlimpah: Besar pengunjung suatu situs web berbanding lurus dengan peluang atau kesempatan uang yang mungkin bisa anda dapatkan.

Dalam training GAPURA DIGITAL yang diselenggarakan oleh GOOGLE bekerja sama dengan BUKA LAPAK yang diselenggarakan di Warung Upnormal Jalan Gajah Mada Ppntianak dari tanggal 22 sampai dengan tanggal 23 Desember 2018 menghadirkan pemateri Hari Pertama adalah Eddy Setiawan dan Dodon Jerry (Google) dan Pembicara hari ke 2 oleh Anita dan Muhammad Syafril atau Om Pink dari Buka Lapak berhasil dengan sukses


Pelaksanaan Kegiatan

Eddy Setiawan dari Google tampil sebagai pembicara pertama dengan topick bahasan tentang “Branding Bagi Perusahaan” 


Pertanyaan pertama yang mengemuka adalah kesan atau gambaran apa yang terlintas dibenak kalian jika mendengar kata "branding"? secara sederhana "Branding" adalah salah satu konsep pemasaran yang digunakan untuk menciptakan awareness (kesadaran) terhadap jasa, produk, atau perusahaan. Jadi bisa dikatakan "Branding" adalah brand atau merek, image, atau simbol sebuah produk dari perusahaan.

Persoalan yang muncul di saat orang mulai aktif menggerakan "branding" ini adalah takala sebuah merek yang kuat dapat membuatnya sangat mudah untuk dikenal dan dijual kepada konsumen atau pemakai.

Perlu diketahui bahwa untuk mempelajari bagaimana awal mulanya suatu Proses Branding itu berlangsung harus dilihat terlebih dahulu. Proses Branding biasanya dimulai dari tahap pengenalan hingga menimbulkan suatu kesetiaan atau loyalitas atas sebuah produk, Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan sebuah kesetiaan konsumen terhadap sebuah produk.

Membangun branding memerlukan banyak sumber daya, tenaga dan juga waktu. Ditengah persaingan yang semakin global, sebuah perusahaan dituntut untuk dapat merebut pangsa pasar yang potensial dengan membuat sebuah brand image bagi produk yang merupakan jualan utamanya tentunya dengan segala harga yang harus dibayar untuk mencapai semua itu,kalau perlu menghabiskan banyak budget demi menciptakan sebuah brand image yang melekat di hati masyarakat terhadap suatu produk


Sebagi penutup session hari Pertama ini, Eddy Setiawan menekankan tentang pentingnya pencantuman harga PRODUK dalam produk yang kita tawarkan kepada konsumen sangat dianjurkan.


Perlu dibedakan antara pencantuman produk konvensional dengan pencantuman produk secara daring (Online) walaupun secara substansinya sama yakni untuk perlindungan konsumen juga pada akhirnya karena ini juga akan berarti bahwa informasi seputar produk (termasuk harganya) pada produk tersebut harus dinyatakan dengan benar dan tidak menyesatkan konsumen agar tidak menimbulkan kerugian terhadap konsumen

Mengenai penjelasan diatas penting bagi konsumen untuk mengetahui pentingnya pencantuman harga pada produk yang ditawarkan hal ini ditujuakan guna terciptanya pasar yang sehat,tertib, mempunyai daya saing kuat serta memberikan kepastian hukum terhadap masyarakat .


Dodon Jerry dari Google tampil sebagai pembicara kedua dengan topic bahasan tentang “Foto Produk Meningkatkan Penjualan”   Sebagai informasi awal sang keynotr speaker Dodon Jerry adalah salah satu influencer ternama di kota Pontianak.  Dodon yang punya segudang pengalaman ini sudah sering melakukan perjalanan wisata ke berbagai negara di dunia.  "Saya ini makan dan tidurnya aja dibayarin orang" katanya sambil tersenyum

Pertama, Sebagai penutup dari materi 2 hari Training GAPURA DIGITAL yang diselenggarakan oleh GOOGLE dan BUKALAPAK ini adalah praktek FOTO PRODUK secara langsung di kelas dengan menggunakan studio foto MINI yang disiapkan oleh pembicara DODON JERRY.

Peralatan portable Studio MINI ini bisa dibuat sendiri dengan bahan bahan dasar warna hitam atau kuning sebagai backdropnya. Lampu LED juga digunakan agar foto produk yang dihasilkan bisa tampil memukau. Alat fotonya bisa dengan handphone masing masing peserta sebagai bahan latihan Adapun software yang digunakan untuk memfoto produk adalah Lightroom CC berbasis Adobe Photoshop yang diinstal melalui PlayStore sebagai bahan latihan di HP masing masing peserta

Kedua, Dari BUKA LAPAK sendiri yang diwakili oleh ANITA dan dan Muhammad Syafril lebih mengarah kepada pemanfaatan website BUKA LAPAK sebagai media promosi produk. Para peserta membuat akun di BUKA LAPAK dan bisa langsung berjualan dengan panduan diberikan langsung oleh ANITA dan dan Muhammad Syafril atau biasa disapa dengan Om Pink

Catatan :


Apa sebenarnya Gapura Digital itu sebenarnya?  Menurut halaman resmi Gapura Digital Pontianak menyebutkan bahwa Gapura Digital adalah Program yang mendukung Usaha Kecil Menengah Indonesia untuk memajukan bisnis melalui digital. Terdapat serangkaian topik yang lengkap mulai dari tren digital, membangun portal usaha hingga SEO/SEM yang bisa anda pilih sesuai dengan topik yang diinginkan atau ikuti semua kelasnya untuk mendapatkan sertifikat dari Google.

Pelaksanaan Gapura Digital Kota Pontianak kali ini mengambil lokasi di Warung Upnormal Lokasi kelas berada di lantai 2 Warung Upnormal Pontianak yang beralamat di Jalan Gajah Mada, tepatnya di seberang Pasar Flamboyan dan di samping gedung Bank Sinarmas. (Asep Haryono)


FOTO PRODUK : Inilah Dodon Jerry saat memberikan materi tentang Foto Produk di kelas hari kedua. Kelas Gapura Digital Pontianak kali ini diselenggarakan di warung Upnormal Pontianak.  Foto Asep Haryono
FOTO PRODUK : Inilah Dodon Jerry saat memberikan materi tentang Foto Produk di kelas hari kedua. Kelas Gapura Digital Pontianak kali ini diselenggarakan di warung Upnormal Pontianak.  Foto Asep Haryono

SANTAI : Suasana kelas kelas hari kedua, Kelas Gapura Digital Pontianak di lantai 2  warung Upnormal Pontianak.  Foto Asep Haryono
SANTAI : Suasana kelas kelas hari kedua, Kelas Gapura Digital Pontianak di lantai 2  warung Upnormal Pontianak.  Foto Asep Haryono

FOTO PRODUK : Dodon Jerry saat memberikan materi tentang Foto Produk di kelas hari kedua. Kelas Gapura Digital Pontianak menggunakan bejana khusus untuk foto studio mini sebagai bahan praktek. Foto Asep Haryono
FOTO PRODUK : Dodon Jerry saat memberikan materi tentang Foto Produk di kelas hari kedua. Kelas Gapura Digital Pontianak menggunakan bejana khusus untuk foto studio mini sebagai bahan praktek. Foto Asep Haryono

MAKAN SIANG : Para peserta di kelas hari kedua. Kelas Gapura Digital Pontianak saat menikmati makan siang yang disediakan secara gratis oleh penyelenggara.   Foto Asep Haryono
MAKAN SIANG : Para peserta di kelas hari kedua. Kelas Gapura Digital Pontianak saat menikmati makan siang yang disediakan secara gratis oleh penyelenggara.   Foto Asep Haryono


MY TEAM : Inilah team yang saya bawa, team dari ADI ANUGRAH Wedding Organizer, Wahyu Eko Cahyono (Kiri) dan Muhammad Rizal (Kanan) hari kedua. Kelas Gapura Digital Pontianak . Foto Asep Haryono
MY TEAM : Inilah team yang saya bawa, team dari ADI ANUGRAH Wedding Organizer, Wahyu Eko Cahyono (Kiri) dan Muhammad Rizal (Kanan) hari kedua. Kelas Gapura Digital Pontianak . Foto Asep Haryono



No comments:

Post a Comment

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)