Ketika KK dan AKTA LAHIR Hilang

simplyasep.blogspot.com  Ini benar benar terjadi.  Kartu Keluarga (KK) saya sekeluarga dan Akta Lahir putri kami, Tazkia Putri, juga raib entah kemana. Namun saya beruntung sudah mendokumentasikan kedua dokumen penting tersebud dalam bentuk foto.  Ya saya sempat memfoto beberapa dokumen dengan menggunakan Kamera Handphone saya d, an memp-rint kembali.

Mengapa tidak menggunakan mesin scanner? Saya sempat tidak berpikir sejauh itu atau tidak terlintas dalam benak pikiran saya kalau dokumen penting seperti Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga itu lebih bagus hasilnya jika menggunakan Mesin Scanner. 

Saya langsung spontanitas saja. Begitu ada dokumen penting di depan mata saya , dan saya reflek saja mengambil kamera dan memfotonya. Dan ternyata spontanitas itu .  ada manfaatnya.  Terbukti dengan kasus yang saya alami baru baru ini.

AMAN : Inilah dua dokumen yang penting yang berhasil saya cetak ulang dengan file file yang berasal dari kamera saku;  Foto Asep Haryono
AMAN : Inilah dua dokumen yang penting yang berhasil saya cetak ulang dengan file file yang berasal dari kamera saku;  Foto Asep Haryono

Kronologi Kejadian

Beberapa hari yang lallu saya mencek dokumen saya dalam arsip di rumah, dan tidak mendapatkan atau menemukan 1 lembar Kartu Keluarga (KK) ASELI Keluaran Kelurahan Bangka Belitung, Pontianak, Kalimantan Barat.  Kemudian 1 lembar Akta Kelahiran Putri kecil saya, Tazkia Miontessori Putri Haryono, juga hilang entah dimana. 

Sedangkan saya sedang ada perlu dengan kedua dokumen itu.  Lalu apa yang harus saya lakukan?

Saya teringat kalau saya pernag memfoto kedua dokumen itu. Dan langsung saja saya mencek dalam PC saya, dan menemukan dua file foto KK dan Akta Lahir, dan saya pun langsung ke toko ATK dan memprint nya masing masing sebanyak 1 lembar.

KK sebantak 1 lembar, dan 1 Akta difotokipi kopi juga sebanyak 1 lembar.  Kemudian dua dokumen penting itu di laminating atau di press .  Hasilnya? Tampak seperti ASELI padahal itu hanya hasil jepretan foto yang hanya di print saja. Sebaiknya memang di print dalam kertas berwarna, atau print warna agar hasilnya memuaskan.  Alhamdulillah langkah sederhana ini hasilnya cukup lumayan, cukup baik kalau menurut saya.

Hikmah Kejadian

Dari sinilah saya mengambil pelajaran yang sangat berharga atas apa yang sudah saya perbuat dan alami sendiri ini. Saya membagukannya kepada anda anda semua semoga bisa menjadi naseht terutama untuk diri saya sendiri.  Betapa pentingnya dokumen dokumen itu diamankan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan

Sebenarnya bukan hanya untuk Kartu Keluarga (KK) dan atau sebuah Akta lahir saja. Semua dokumen yang menurut anda penting dan dipergunkan dalam hal tertentu, maka file file dalam bentuk FOTO pun bisa menjadi hal yang sangat membantu atau berguna.   Kita tidak akan pernah tau sampai kapan hal hal yang sederhana ini ternyata bisa "menyelamatkan" orang lain dalam tanda kutip tentunya.

Nah jika kamu merasa ada arsip dan atau file dokumen penting dan sewaktu waktu dapat dipergunakan kembali di masa yang akan datang, maka langkah sederhana di atas bisa dapat ditindak lanjuti di masa yang akan datang.  Oleh karena itu maka segeralah abadikan atau amankan dokumen dokumen penting anda lainnya seperti Passpor, foto hitam putih, dan masih banyak lagi lainnya. 
 (Asep Haryono)



No comments:

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia