Catatan Asep Haryono

Saya mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) di Bank Permata cabang Gajah Mada Pontianak memang tidak disetujui (tidak diapprove) namun ada catatan dari proses pengurusan KTA tersebut yang ingin saya bagikan pada hari ini.  

Singkat cerita sekitar minggu pertama (saya tidak ingat persis tanggalnya-red) Pebruari 2014 saya mengisi formulir Aplikasi Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank Permata Cabang Gajah Mada Pontianak.   Saya diterima oleh salah seorang staf Bank Permata Gajah Mada bernisial Y.  


Singkat cerita Formulir aplikasi KTA pun selesai ditulis kemudian berkas ini diserahkan kepada petugas tersebut dan diharap menunggu hingga 14 hari kerja dari tanggal penyerahan. 

Saya mengajukan pinjaman KTA dengan plafon Rp.5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) untuk masa cician 12 (dua belas) bulan.  Syaratnya cukup mudah : Kebetulan gaji saya payrollnya memang di Bank Permata sejak beberapa tahun yang lalu.  Hanya fotokopi KTP yag masih berlaku dan foto kopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) saja.  Sederhana sekali.  Untuk mengecek status KTA saya maka saya pun melakukan calling atau kontak melalui permata Tel di nomor 021-500111 hotline. 

Dari telepon ke Permata Tel inilah saya mendapat informasi bahwa Aplikasi atau permohonan KTA saya tidak ada dalam sistem Permata Pusat. Saya pun tidak menaruh perhatian terhadap informasi dari Permata Tell tersebut.

Kemudian setelah melewati kurang lebih 14 (empat belas) hari dari yang dipersyaratkan , akhirnya didapat kabar kurang menyenangkan kalau aplikasi KTA saya ternyata tidak sampai ke permata Pusat karena "hilang" dalam perjalanan. 
Oleh staf Bank Permata Gajah Mada bernisial Y. tadi saya dibuatkan berita acara dan didapat kabar penyelesaian tanggal 3 April 2014 atau menghubungi permata Tel di nomor 021-500111 hotline


Bank Permata Cabang Probolinggo
Bank Permata Probolinggo.  Ilustrasi Foto Dari Panoramio

Akhrinya saya baru ngeh mengapa informasi dari Permata Tel Pusat menyatakan belum menerima Aplikasi KTA saya yang diajukan melalui bank Permata Cabang Gajah Mada.   

Akhirnya oleh staf Permata Tell disarankan saya mengajukan (Re-apply) Aplikasi Kredit Tanpa Agunan (KTA) kembali dan persis pada tanggal 3 April 2014 itulah saya mengajukan kembali - mengisi kembali
Aplikasi Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank Permata Cabang Gajah Mada.  Ini adalah aplikasi KTA saya yang kedua.  


Kemudian sesuai "tradisi" yang berlaku dalam Bank Permata, nasabah calon KTA harus menunggu hingga 14 (empat) hari kerja sebagaimana yang sudah sebelumnya.    Setelah menunggu selama kurang lebih Ini 14 (empat) hari kerja akhirnya saya ditelepon oleh Bank Permata Cabang Gajah Mada, suaranya dari staf perempuan. Saya tidak sempat menanyakan namanya di telepon.  

Dari informasi dari Bank Permata Gajah Mada via telepon itulah saya dapat kabar kalau Aplikasi KTA (Kredit Tanpa Agunan) saya di Bank Permata cabang Gajah Mada Pontianak direject (Ditolak).   Saya pun tidak percaya begitu saja. Saya pun segera mengontak permata Tel di nomor 021-500111 hotline dan didapat informasi yang mengejutkan bahwa dari Pihak Permata Tel Pusat tidak menerima berkas apapun atas Aplikasi KTA saya dari Bank Cabang Permata Gajah Mada.  Aplikai saya tidak ada di sistem Permata Tel Pusat

Penjelasan permata Tel di nomor 021-500111 hotline dan didapat informasi bahwa setiap Aplikasi KTA harus masuk dalam sistem di Permata Tel. Baik yang diterima (approve) ataupun yang tidak diterima (reject) harus sudah terdata dalam sistem.  Dari sini didapat kesimpulan sementara bahwa  oleh Pihak Permata Tell yang mengatakan seharusnya dari Pihak Bank Permata Cabang Gajah Mada Pontianak meneruskan atau mengirimkan data APlikasi saya kepada Pusat.   

Saya pun kroscek kembali kepada Bank Permata Gajah Mada.  Dari penjelasan Staf  bernisial Y dan didukung oleh staf lain berinisial S  (saya rasa ini atasanya staff Y dari busana kerjanya-dugaan saja sih-red) mereka membantah tidak mengirim data KTA saya ke Permata Pusat.   

Lantas kalau sudah klaim mengklaim gini siapa yang benar donk?   Sepertinya tidak sinergi antara Bank Permata Tell Pusat dengan Bank Permata Cabang Gajah Mada Pontianak.  Ini pendapat saya aja yang bisa saja keliru atau kurang akurat.     


Yang terbaru hari Selasa, 8 April 2014 jam13.50 WIB  saya menhubungi lagi permata Tel di nomor 021-500111 hotline dan didapat informasi bahwa ada kemungkinan Aplikasi  Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank Permata Cabang Gajah Mada.saya tidak memenuhi syarat kelayakan sebuah aplikasi.  Entah karena syarat Gaji yang kurang atau bagaimana saya kurang tau persis.   Yang jelas saya KTA saya ditolak.  Yang bikin saya penasaran adalah 
  1. Data Aplikasi KTA saya sebenarnya dikirim ke pusat atau di terminate di cabang sih?  Yang mana yang benar sih?
  2. Siapa yang berhak memutuskan approve atau reject sebuah aplikasi KTA nasabah - Pusat atau Cabang?.  3) Jika di reject , mengapa tidak ada penjelasan mengapa di reject? Kan saya bisa tau kekurangan  saya sehingga bisa melengkapi nya untuk aplikasi KTA saya berikutnya kan.  

Ternyata mengajukan
Pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank Permata bukan hal yang mudah. (Asep Haryono)
Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia