Apa pola kebiasaan Makan mu

Catatan Asep Haryono

Setiap hari kita makan minimal 2 (dua) kali bukan?  Memangnya ada yang sampai lebih dari 2 (dua) kali makan dalam sehari?   Sebelum penulis meneruskan tulisan ini, baiklah penulis mulai dengan pertanyaan sederhana.  Berapa kali makan dalam sehari sahabat blogger semuanya?   Ada yang menjawab 2 (dua) kali sehari.  Ada juga yang dengan gegap gempita menyebut angka lebih dari 2 (dua) kali.    Menurut kebiasaan penulis sendiri adalah makan  2 (dua) kali dalam sehari yakni makan pagi (breakfast) dan makan siang (lunch) saja.  Sedangkan malam harinya biasanya penulis tidak secara khusus bersantap malam (dinner), namun menggantinya dengan menu bukan karbo (nasi).

Nah makannya pakai tangana atau pakai sendok?  Pertanyaan ini agak ambivalensi karena pada prinsipnya adalah makan memang memakai tangan.  Namun agar tidak melebar kemana mana penafsirannya maka penulis memberikan batasan bahwa yang dimaksud "makan pake tangan" adalah makan dengan menggunakan tangan terbuka tanpa  ada alat bantu sendok sama sekali.    Makanan apa saja yang enak disantap tanpa pake sendok?  Ya tentu tidak semua makanan bisa disauk dengan sendok dan hanya biisa dilakukan dengan tanyan misalnya cemilan jagung bakar, Ayam cepat saji (friend Chicken) dan masih banyak lagi.

makan apa ini
SENDOK.   Penulis saat menyantap semangkuk kolak pisang buatan istri tercinta.  Kolaknya pake es, dan berkuah.  Asyik dengan sendok tentunya  Pasti pas.  Foto istimewa

Sedangkan makan dengan menggunakan alat bantu sendok pada umjumnya bentuk makanan yang disantap berwujud cair seperti Kuah Bakso.   Berbentuk padat misalnya nasi, Bubur Ayam, dan masih banyak lagi.  Beberfapa makanan memang nyaris mustahil dilakukan tanpa sendok seperti menyauk hidangan berkuah.  Masa iya sih untuk menyantap kuah Bakso misalnya harus memakai tangan?   Nanti bukannya makan malah cuci tangan di kuah bakso.    Memang ada juga sih yang tidak pake Sendok melainkan garpu seperti menyantap spaghetti yang justru semakin menyulitkan jika menggunakan sendok.  Nah penulis kembali ke soal pake tangan atau sendok ya.

Walau penulis sendiri berdarah blaster Sunda dan Jawa, namun penulis bisa mengguankan sendok atau tanpa alat (Sendok) itu.  Misalnya menyantap makanan berbentuk nasi.  Memang keliatan jauh lebih nikmat jika memakan memakai tangan saja bukan sendok.  Ini menyangkut tipe dan selera makan sahabat blogger sekalian.  Penulis sering memperhatikan orang yang makan makanan organik (nasi lengkap) setelah selesai tangannya dicelupkan dalam kobokan (mangkuk kecil berisi air jernih untuk membersihkan jari jari tangan setelah makan-red)

 Mau pake apa saja boleh kok, mau pake Sendok atau dengan tangan saja silahkan.   Penulis sendiri jika menyantap Bakmi Ayam misalnya tidak akan "ikhlas" kalau dalam mangkuk pesanan Mie Ayam nya tidak disertai dengan Stik (tongkat kayu) untuk makan.  Rasanya bukan sedang makan Mie Ayam kalau cuma dengan sendok saja.  Ya cuma kalau mie nya sudah habs dicocol pake stik, nah  finishing touch nya kembali pake sendok.  Nyeruput kuah Mie Ayam nya yang enak, tapi jangan dihabiskan ya kuahnya   Nanti malah minum kuah donk. (Asep Haryono)..

79 comments:

  1. Waah.. kebiasaan makan mie ayamnya sama kayak saya. Harus ada sendok dan sumpit. Satu buat mie nya, satu buat kuahnya. Mantabbb.. Jadi pengen makan mie ayam nih pagi-pagi. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heiheihe iya kah? Wah sama donk. Kalau makan Mie Ayam rasa rasanya tidak lengkap kalau nda pake sumpit. Heiheiheihee. Iya bener bener Sumpit . Terima kasih sudah mengingatkan

      Delete
    2. iya kang, sumpit adalah stick versi kang asep. stick golf juga boleh buat makan mie ayam

      Delete
    3. Belum pernah Nyoba saya Makan Miayam Sama Steak. Gimana ya rasanya?

      Delete
  2. Kolaknya enak tuh mas,,boleh cicipp

    ReplyDelete
  3. saya malah seneng makan pakai tangan walaupun hidangannya berkuar macam, jangan asem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya kah> Wah keren keren ya. Soalnya kan jarang jarang makanan berkuah disantapnya tidak pakai sendok

      Delete
    2. saya jadi membayangkan Mas Agus makan es buah pake tangan. seksi banget ya

      Delete
    3. hahahah seksi apa seksi ya. Bukannya yang seksi seksi itu yang setipis silet ya

      Delete
  4. kalau saya mau pakai sendok atau enggak, itu gak jadi masalah. yang paling enak itu kan makanan yang gratis.
    jadi kapan Kang Asep mau traktir saya? *kedipin mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Haris Luqman Hakim : Wheiheie Kapan ya. Hieiehe nunggu mas Haris pulang dari Luar Negeri aja ya hihiheiheihee.

      Delete
  5. pk sumpit kok rada ribet yah... *gak kebiasaan sih.

    kl mie ayam pk sendok ajalah.. mie-nya dpet kuahnya juga dapet... h-hee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mie-nya sebesar batang daun kelapa, sumpitnya harus pake linggis ya Mas

      Delete
  6. Kang Asep makan dua kali? wahh, pantesan nggak gemuk-gemuk. tiga kali dong Kang, biar kayak saya, gemuk. atau kalo perlu empat kali, biar kayak Kang Hadi, gendut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAHAHAHAahaha kang Hadi gendut bukannya kebanyakan ngemil UBI CILEMBU ya

      Delete
  7. Anonymous11:03:00 AM

    kalau saya sih juga 3x kang dan jarang pakai sendok

    ReplyDelete
  8. kalau makan pakai sendok atau tangan tergantung situasi juga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Ini menyangkut kebiasaan masing masing aja sih. Maunya gimana ya masing masing juga. Hiehiheiheiee

      Delete
  9. Ngiler liat kolak pisangnya :)

    ReplyDelete
  10. Dalam sehari-semalam, saya makan 3 (tiga) kali. Pagi = roti, siang = nasi, malam =roti.

    ReplyDelete
  11. makan mie ayam pakai sendok pak saya gak pake sumpit, gak bisa
    sehari dua kali ya makan hehe saya bisa lebih pak hihi malu
    seringnya makan pakai sendok, kalau pake tangan lebih ribet

    ReplyDelete
  12. buburnya mana bubur.....?
    saya makan 2X sehai,siang dan malam....
    pagi minum kopi sudah cukup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiehe iya asma eh sama juga Minimal 2 kali dalam sehari. Kalau Pagi juga kadang dengan minum Kopi juga asal tidak kental

      Delete
  13. Makan Nasi Paling Nikmat Pakai Tangan dengan Tiga jari. Nyunah Rosul Banget Pokoknya

    ReplyDelete
  14. kalo saya makan mie ga bisa pake sumpit , ma lum saya wong deso jadi pake sumpit juga bisa , wkwkwkk :D

    ReplyDelete
  15. terkadang saya makan nasi dalam sehari cuma 1 kali mas tapi jajannya yang banyak sekali. hehe

    ReplyDelete
  16. wah kalau ngomongin makanan pasti bikin laper nih mas, tapi saya sih kalau makan sesuai dengan menunya saja mas, kalau menunya enak pasti makannya nambah-nambah hehe...

    ReplyDelete
  17. saya malah kadang sampai empat kali makan Kang hehehe, pakai sendok ma piring pastinya :D

    ReplyDelete
  18. makannyapake sendok, tangan, sumpit?!
    makan yang aneh......soalnya saya mah makannya pake mulut kang

    ReplyDelete
  19. Akh stik.. saya masih bingung makenya, hahahahaa

    ReplyDelete
  20. wah jadi kang asep ini blasteran ya...pantesan guanteng sekali kang :D
    iya kang, kalau saya sendiri sih lebih enak rasanya kalau makan pake tangan langsung ndak pakai sendok..lebih nikmat rasanya, termasuk ketika makan sayur *Lah ??

    ReplyDelete
  21. mas kolaknya bisa dikirim ke banjarmasin? :D

    ReplyDelete
  22. wah kalau saya sih pola makan nya kurang teratur pak , sehingga kesehatan saya juga kurang bagus ;)

    ReplyDelete
  23. ga berlaku untuk aku pak
    disini makan senemunya aja. ketemua makan enak ya diembat. kalo adanya yag ga enak ya cari ke warung.. :D

    ReplyDelete
  24. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    ReplyDelete
  25. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    ReplyDelete
  26. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    ReplyDelete
  27. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    ReplyDelete
  28. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang besar pada teknologi baru. Terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
  29. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.

    ReplyDelete
  30. Artikelnya sangat luar biasa menakjubkan sekali, di tunggu update selanjutnya yang lebih menarik dan bagus lagi

    ReplyDelete
  31. Terima kasih atas postingan yang fantastis.

    ReplyDelete
  32. memakai jilbab Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini

    ReplyDelete
  33. music downloads
    Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    ReplyDelete
  34. ariel aura kasih Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    ReplyDelete
  35. Mau cari Kemasan Makanan untuk makanan yang berkuah ataupun berminyak?
    Dijamin anti ngompol dan bocor. Selengkapnya dapat Anda baca di sini.

    ReplyDelete
  36. pacar sandra dewi saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    ReplyDelete
  37. daniel sturridge Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini

    ReplyDelete
  38. putra samarinda Mantap, teruslah untuk berbagi

    ReplyDelete
  39. Anonymous11:56:00 AM

    samarinda pos terimakasih atas postingannya

    ReplyDelete
  40. handphone android muraah. Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  41. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    ReplyDelete
  42. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    ReplyDelete
  43. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    ReplyDelete
  44. melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    ReplyDelete
  45. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    ReplyDelete
  46. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    ReplyDelete
  47. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang

    ReplyDelete
  48. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya

    ReplyDelete
  49. Terima kasih atas postingan yang bermanfaat

    ReplyDelete
  50. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!
    gosip Lyra Virna

    ReplyDelete
  51. artis indo yang montok
    Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    ReplyDelete
  52. games barbie
    Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    ReplyDelete
  53. Anonymous1:22:00 PM

    peta malang terimakasih atas postingannya

    ReplyDelete
  54. Cerita Seks Khusus Dewasa Hot Tante Manis
    saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    ReplyDelete
  55. Foto Model Indo Bugil Berpose Telanjang Bulat
    Postingan yang sangat bagus, Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang.

    ReplyDelete
  56. Anonymous11:59:00 AM

    Bottomless Sunbathing Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    ReplyDelete
  57. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.
    Korea Seks Virgin

    ReplyDelete
  58. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia