Apa Itu "INSERT JUMP BREAK"?


Dalam lingkaran itulah INSERT JUMP BREAK
Gambar 1.  INSERT JUMP BREAK dalam Lingkaran Warna Merah

Catatan Asep Haryono Ketika saya blogwalking saya mampir ke blognya mba Muya Devoteeshonesty dan menemukan keluhan beliau dalam kotak komennya.  Skrinshotnya sudah saya sertakan di bagian atas artikel ini. So eh jadi saya tidak perlu mengulang keluhannya Muya Devoteeshonesty tersebut.  Sebenanya sudah banyak ditulis kok oleh penulis bloggernya tentang cara membuat atau memasang "read more" dalam artikel tulisan di blog agar rapijh dan tidak terlalu panjang. Bisa search di Google pasti ketemu buanyak sekali tutorial Bagaimana memasang atau mencantumkan "read more" dalam tulisan.
skrinshot nya
Add caption

Tulisan penulis blog (baca:: Blogger) yang panjang akan semakin menarik jika "dipotong" sebagian agar tampak rapi dan bisa muat banyak di halaman depan blognya.  Nah sisa dar artikel itulah akan dilanjutkan dengan mengklik "read more" atau "selanjutnya".  Apa saja bisa dipakai sebagai kata ganti "read more" kok.  Bisa "baca selengkapnya" dan lain sebagainya.   Ada dua cara untuk memasang "read more" ini.  Dengan memasang di EDIT HTML atau menggunakan "INSERT JUMP BREAK" 

Caranya mudah kok :
  1. Masuk ke Login blog dulu atau Blogger Dashboard
  2. lalu klik Go to Post list
  3. Lalu New Post
  4. Buatlah tulisannya dulu.  Minimal satu paragraf.  
  5. Lalu letakkan kursor di ujung paragraf tersebut 
  6. cari ICON "Insert Jump Break" seperti dalam gambar No 1 di atas  lalu klik
  7. Setelah diklik maka akan muncul garis bar. 

Nah itulah garis bar yang muncul di halaman blognya nanti sebagai penggalan atau "read more".   Mudah mudahan bisa dipahami tutorial sederhana ini.  Jadi untuk menambah "read more" tidak perlu pusing pusing lagi dengan mengotak atik EDIT HTML.   CUkup dengan menggunakan "Insert Jump Break" seperti yang diperagakan di atas.   Jika masih belum jelas bisa search di Google lagi, dan atau dengan penulis blog yang lainnya yang lebih menguasai.  Semoga bisa membantu
mba Muya Devoteeshonesty  (Asep Haryono)

46 comments:

  1. sebelum jump break,pertamax dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkakakaa. Kangen sayah sama mas Reo Adam
      Piye kabare mas Reo Adam di Kuala Lumpur?
      Hihihi selamat selamat PERTAMAX nya hihihi

      Delete
  2. betul sekali caranya mudah kalo kita mau lebih dalam lagi mempelajarinya.
    saya sendiri tidak memasang read more otomatis yg tertanam di html,tapi lebih sering menggunakan insert jump break

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reo Adam: Kadang tergantung template nya juga sih Dalam template tertentu memang sudah ada SCRIPT di dalamnya yang sudah memotong dengan otomatis seperti template yang saya pakei dari Maskolis ini. Sudah AUTO ada INSERT JUMP BREAK nya

      Delete
  3. Telat dapat pertamax, kena macet.. Alhamdulillah tika dah pake tuh Kang, cuman kalau posting nya via handphone, tika belum tahu gimana caranya? Tau gak Kang? Xixixi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Etika Maria : Ahaaaaaaaaaaaaaaaaa saya belum pernah mosting pake HP hiehiehiehe. Jadi NOL besar tidak tau caranya kalau pake HP

      Delete
    2. @Tika, kalo mau posting lewat hape (yang bukan Android lho) agak sulit. Aku biasanya pake UC Browser. Cukup user friendly. Kalo pake Opmin susah banget.

      Atau kamu juga bisa kirim via email dari hp kamu - khusus smartphone.

      Kamu coba cek disini @Tika >> https://support.google.com/blogger/topic/12462?hl=en&ref_topic=12457

      Kalo kamu pake Android, gampang banget tinggal donlot aplikasi blogger for Android or iOS. Atau bisa langsung lewat browser.

      Delete
  4. wah mas asep mulai bikin tutorial perbloggeran nich, hehehe :D
    makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mba Indri Lidiawat bisa aja deh. HIheiheihiee. Sebenere nda maksud buat tutorial aja, cuma mau menjawab keluhan kawan blogger aja dalam tulisan. Soalnya malu juga sih bikin tulisa tutorial seperti ini. Soalnya banyak Mastah mastah bersliwera di sana sini hihihihihihi

      Delete
  5. kalau di daerah saya jump break (jumbrek) itu merupakan salah satu jajanan yang cukup enak mas. jadi jump break di sini memang enak (enak dipakae juga enak dilihat). hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah hihihihi iya sip sip markosipssssssss

      Delete
  6. aku malah pasrah sama bawaan templet, pak
    males bener mau utak atik kaya lik reo...

    ReplyDelete
  7. kapan-kapan bisa saya coba nih Pak Asep

    ReplyDelete
  8. saya kira tentang apa,an kang. pake read more memang gak perlu code lagi cukup pake insert jump break sekarang. tapi yg saya terkejut karna baru hari ini melihat bacaan icon tersebut justru bertuliskan insert jump break. Judulnya bikin penasaran, tetapi pemahamannya udah lama tau hehehe.. Great Judul !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha iya bung Penho/
      benar sekali
      Hiehiehiheiheiheiheie

      Delete
  9. ooo jadi gambar kertas sobek itu bahasa inggerisnya insert jump break ya...sayah mah bilangnya kertasnya disobek azh...masa?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh iya mang Lembu. Lupa saya tadi menambahkan bentuk ICON nya memang berupa kertas yag disobek atau patahan heiheiheie. Makasih mang Lembu sudah menambahkan dan mengingatkan

      Delete
    2. kembali kasih....kecup hangat dulu atuh

      Delete
    3. Crooott sss aaww awwwwwwwww

      Delete
    4. ini orang tetep...
      hehehe

      Delete
  10. Asyik nih kalau Kang Asep sudah buat tutorial, jadi bisa nimba ilmunya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiehie wakaakakaka

      Delete
    2. jangan pak
      udah ada bagian masing-masing
      pak asep kan seksi bagi bagi hadiah
      pak indra seksi jalan jalan

      Delete
    3. Mas Rawins seksi apa donk

      Delete
  11. Hahahaaa terima kasihh buwaaanyyaakkk..
    Aku ngerti siih tapi nggak bisa prakteknya..
    Soalnya aku ngeblig pakai hp..
    Nggak bisa nulis melalui mode cpmpose

    ReplyDelete
    Replies
    1. wAAAAaaaaaaaaaaaaahahahahahah Hieeiehiee
      Iya sama sama hieiehiehiehiee
      Ini memang untuk PC atau LAptop aja dipraktekkin. Kalao pake HP nda tau heihehiehiehiee. Terima Kasih

      Delete
    2. Heheheee horeeeee aku sudah bisa praktekinnn makasih yuahhh
      Jadi diperbarui niihh postku dengan read more
      Trimmmmssss

      Delete
    3. Oh ya kah waaaaaaaaa
      Membahagianya diri ini cetar cetor membahana hiehiehiee
      Oh ya mba, saya mau kasih AWARD buat mba karena sudah menjadi FOLLOWER blog SIMPLYASEP yang ke 300. Akan segera dikirim atau dipublikasikan

      Delete
  12. saya sudah menerapkannya di blog saya pak asep,hehehe

    ReplyDelete
  13. saya dulu pernah coba pakai jump break gini, tapi kok tiap kali posting kudu klik icon tsb...karena takutnya lupa jd lbh pilig\h yg setting template utk bikin readmore deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh boleh. Kadang bawaa template juga sih.

      Delete
  14. jump break, sampai sekarang saya jarang memakainya, lebih sering pakai kode html yang instan :D

    ReplyDelete
  15. saya belum pernah nyoba nih kalau yang ini, hehehehe

    ReplyDelete
  16. dulu aku pk read more yg otomatis yg harus edit html itu kang, tp ternyata gak bisa kesemua template hhii
    jadi pake Jump Break ini yg plg enak, bisa naro-nya dimana aja :D

    ReplyDelete
  17. ooowh...kirain itu masukin, lompatin, dan hancurkan hehe

    ReplyDelete
  18. Saya selalu pake jum break kalau posting artikel. Gak ribet dan gak perlu pake edit html .. hehe

    ReplyDelete
  19. Saya juga sudah lama mempraktikkan ini. Tapi masalahnya, Kang Asep, kadang ada renggang antara paragraf yg saya pisah itu. Bagaimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @MLH: Kalo gitu, coba buka "Html" ada di "Compose" pada postingan yang mau kamu utak-atik. Terus coba cari
      . Nah, biasanya untuk postingan normal
      ini ada dua.

      Jadi:



      Kalo ada lebih dari itu hapus saja. Nanti jarak spasinya lebih dari satu kali klo lebih dari dua.

      Mudah2an membantu ^^

      Delete
    2. Aduh kok kodingnya ilang ya? Hahaha... maafkan aku MLH. Settingan di blog ini nggak memungkinkan untuk masukin koding di komentarnya.

      Delete
  20. pake readmore yang tanpa javascript juga nggak memberatkan blog kok ^^
    yang berat readmore pake javascript

    ReplyDelete
  21. terima kasih artikelnya sangat membantu...jangan lupa ya kunjungi http://desrior.blogspot.co.id/ terima kasih

    ReplyDelete

Obrigada pela visita.. Não deixe de expressar sua opinião. Seu comentário é muito importante pra mim :)

Vielen Dank für Ihren Besuch. Sagen Sie Ihre Meinung. Ihr Kommentar ist mir sehr wichtig

Grazie per la tua visita .. Assicurati di esprimere la tua opinione. Il tuo commento è molto importante per me

Merci pour votre visite .. Assurez-vous d'exprimer votre opinion. Votre commentaire est très important pour moi

Spasibo za vash vizit. Obyazatel'no vyskazhite svoye mneniye. Vash kommentariy ochen' vazhen dlya menya

Thank you for your visit.. Be sure to express your opinion. Your comment is very important to me :)

Terima kasih atas kunjungan anda. Pastikan untuk mengekspresikan pendapat Anda.

Komentar Anda sangat penting bagi saya :)

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog From Indonesia