SBY Berbohong? | Asep Haryono - Official Blog- INDONESIA
Home » » SBY Berbohong?

SBY Berbohong?

Dear Blog

Dari kemarin saya sudah gatal ingin sekali menulis blog yang bertemakan bohong ini. Bukannya apa apa sih, cuma kepengen aja menulis setelah melihat dan membaca berbagai peristiwa di tanah air yang sempat mengguncangkan nusantara.

Ini terjadi setelah beberapa pemimpin dan pemuka lintas agama berkonperensi dan menyuarakan satu keprihatinan bersama bangsa Indonesia. Mereka melihat bahwa pemerintahan SBY sekarang ini melakukan kebohongan. Wah wah ini merupakan

Ada banyak versi yang menyebutkan beberapa kebohongan SBY. Namun yang saya coba copy pastekan adalah 9 (sembilan) kebohongan SBY yang saya ambil dari situs lintas Berita yang terangkum dalam susunan di bawah ini.

  1. Angka Kemiskinan. Janji/pernyataan: Pemerintah berkali kali mengatakan telah mengurangi angka kemiskinan hingga menjadi 31,02 juta. Faktanya, data penerima raskin 2010 saja sudah mencapai 70 juta. Sementara data Jamkesmas malah mencapai 76,4 juta jiwa.
  2. Kebutuhan Rakyat. Janji/pernyataan: Pemerintah berkali-kali menyatakan akan melakukan pengamanan sektor pangan. Bahkan, program 100 hari bukan hanya swasembada pangan, melainkan juga harus bisa surplus. SBY mengatakan, "ini tidak hanya beras, tapi juga daging sapi, kedelai, gula, dan komoditas yang lain. Faktanya, pemerintah hanya menyerahkan harga kebutuhan rakyat pada mekanisme pasar. Pilihan rakyat pun tinggal utang, kurangi makan, bunuh diri, lantaran kesulitan ekonomi secara massif di rasakan rakyat.
  3. Ketahanan Pangan dan Energi. Janji/pernyataan: SBY pernah ikut mendorong dan mempromosikan terobosan dalam ketahanan pangan dan energiberupa Verietas Supertoy HL-2 dan Program blue energi. Faktanya, sampai saat ini tidak pernah di umumkan secara resmi apakah hasilnya sukses ataukan malah gagal total.
  4. Pemberantasan Teroris. Janji/pernyataan: Tanggal 17-07-2009, SBY dalam konferensi pers menyatakan bahwa dirinya merupakan sasaran aksi terorisme dengan memperlihatkan foto teroris sedang latihan membidik wajahnya. SBY juga menyatakan sinyalemen ada operasi intelijen yang bertujuan menggagalkan pelantikannya sebagai Presiden, oleh pihak-pihak yang tidak bisa menerima kekalahan. Faktanya, fotonya tersebut pernah di tunjukan tahun 2004 dalam rapat DPR, atau lima tahun sebelumnya. Sementara untuk persoalan tuduhan operasi menggagalkan pelantikan SBY tidak pernah terbukti.
  5. Penegakan HAM Janji/pernyataan: Sejak tahun 2004, SBY berjanji akan menuntaskan kasus pembunuhan Munir dengan menyebut sebagai "a test of our history." Faktanya, hingga kini tidak ada perkembangan signifikan dalam penuntasan kasus Munir. Bahkan beragam aksi yang dilakukan di depan Istana untuk mengingatkan SBY seolah menjadi angin lalu.
  6. Anggaran Pendidikan. Janji/pernyataan: Sesuai UU Sisdiknas dimana anggaran pendidikan 20% berdasarkan APBN di luar Gaji guru & Dosen. Faktanya, hingga saat ini anggaran 20% APBN masih termasuk gaji Guru, Dosen dan Pendidikan Kedinasan.
  7. Kasus Lapindo. Janji/pernyataan SBY dalam debap capres 2009 menjanjikan sebuah Review untuk kasus Lapindo. Bahkan, dalam sidang kabinet (1/11/10) SBY menyatakan ingin ada solusi permanen dalam kasus lumpur Lapindo. Faktanya, hingga saat ini penyelesaian kasus Lapindo masih tidak jelas dan tidak tuntas.
  8. Kasus Newmont. Janji/pernyataan: Dalam pidato WOC/CTI (14/5/2009) di Manado, SBY minta semua negara di dunia melindungi dan menyelamatkan laut. Faktanya, SBY tak bisa berbuat apapun saat setiap hari Newmont membuang limbah tailing ke laut Teluk Senunu NTB sebanyak 120.000 ton tailing per hari.
  9. Kasus Freeport Janji/pernyataan: Tahun 2006 pemerintah membentuk tim audit yang melibatkan semua departemen terkait. Agustus 2007, tim merekomendasikan adanya renegosiasi kontrak. Faktanya, hingga awal 2011 belum ada upaya signifikan untuk renegosiasi kontrak.

Mereka sudah tentu memiliki alasan yang jelas hingga berani mengeluarkan statetemen keras tendensius seperti itu. Sebagian kalangan menyebut sebagai tuduhan yang sangat serius, dan pemerintah pun sudah mengadakan dialog dengan mereka. Lalu mengapa bisa disebut Bohong dan melakukan Kebohongan?

Biasanya orang berbohong ada dua maksud yang tersirat di dalamnya. Pertama seseorang berbohong karena menutupi kebenaran yang sebenarnya. Dan kebenaran itu jika terungkap atau diketahui oleh orang lain, maka akan menjatuhkan diri dan nama besarnya. Kedua, seseorang berbohong untuk maksud yang baik. Dan jika kebenaran itu terungkap atau bocor maka akan menjatuhkan nama baik orang lain. Bohong jenis ini disebut "white lies" atau kebohongan yang dilakukan dengan maksud melindungi seseorang atau orang lain. Banyak sekali contoh contoh bohong dengan maksud yang baik.

Contoh sederhana berbohong untuk tujuan dan maksud yang baik adalah seorang suami yang baru lelah sepulang dari bekerja dan menikmati santapan makan siang yang disajikan oleh istrinya. Saat sang istri meminta sang suami mencicipi hidangan buatannya, sang suami terkejut di dalam hati. Karena rasa sup yang dibuat istrinya terasa sangat asin.

Namun sang suami itu melakukan kebohongan dengan mengatakan bahwa sup buatan istrinya itu sangat enak dan penuh cita rasa. Sang istri merasa senang karena hidangannya disukai sang suami. Nah sang suami ini melakukan kebohongan dan kebohongan yang dilakukannya bermaksud baik. Dia tidak ingin menyakiti hati sang istri yang sudah bersusah payah memasak untuk dirinya. Walau kejadian sebenarnya rasa supnya sangat asin, namun ia berbohong dengan mengatakan bahwa supnya enak. Nah jelas bukan? Ini contoh yang sangat sederhana.

Kebohongan juga banyak terjadi di dunia kerja. Peraturan dan Undang Undang ketenagakerjaan di Indonesia yang sudah direvisi juga menyebutkan masa kontrak kerja seorang karyawan selama 5 (lima) tahun juga banyak dilanggar oleh perusahaan. Mereka melakukan kebohongan publik yang ingkar janji dengan terus menunda nunda menaikkan status karyawan kontraknya menjadi karyawan tetap atau organik.

Serta masih banyak lagi kebohongan kebohongan yang dilakukan oleh berbagai pihak di negara yang kaca balaw ini. Apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi kebohongan masif seperti ini? Adakah kalian mempunyai ide brillian untuk mengurangi kebiasaan orang berbohong seperti ini?

Nah jadi jika anda berbohong, sebaiknya mempunyai maksud yang baik. Walaupun mempunyai maksud yang baik pun sebaiknya anda tidak perlu berbohong. Sebab kata orang sekali anda berbohong maka anda harus menjadi pembohong sejati. Kebohongan yang anda lakukan hari ini akan menutupi kebohongan anda lainnya, dan itu akan terjadi seterusnya.

0 comments:

Post a Comment

Followers

About Me

My Photo

Just a simple man with simple goals in life.  A father of two children.  Love people around the world. Traveling, reading, music and blogging.  Currently I am working as one of full time Website Content specialists at local newspaper company Indonesia.

I used to be part of young volunteers of Kang Guru Indonesia under Indonesia Australia Partnership (IAP) period of 2005-2010.  My best hobbies are traveling, blogging, taking pictures , web designing, and reading. I have planned to continue my studies in Australia or America through American Fulbright or Endeavor Scholarship at sometimes in the future. I always consider the education is the most important thing of life in which people cannot loose.

I am so sorry since my workload is driving me insane , I am not able to visit your blogs every day, and write any comments there.  One thing to be sure of I will certainly visit back for those who visits this blog.   I will do my best to keep my blog is daily updated.  All articles written in Bahasa Indonesia.  I have not prepared the English version at present.  I have planned I will be.  Keep up the good work ya


Relawan Akademi Berbagi Pontianak

Follow @AsepHaryonoKGI

Yang Sedang ONLINE Saat Ini :

Select your language
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Asep Haryono - Official Blog- INDONESIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger